sederet kamus
Search Articles
Translate: Tutorial:

Apa itu Adjective Modifier?

Dalam Bahasa Inggris, kita menemukan ada kata di depan noun (kata benda) yang berfungsi menjelaskan noun tersebut. Kata itu disebut dengan modifier atau penjelas, dan beberapa modifer yang sering digunakan adalah Adjective Modifier serta Noun Modifier. Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai Adjective Modifier dan Noun Modifier serta penggunaan dan contohnya dalam Bahasa Inggris.

Memahami Modifier

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Adjective Modifier dan Noun Modifier, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu Modifier. Seperti yang telah diulas pada bagian awal, modifier adalah penjelas yang digunakan untuk menjelaskan suatu noun. Modifier dapat berupa noun (kata), phrase (frasa), maupun clause (klausa) yang digunakan untuk menjelaskan kata atau kelompok kata lainnya.

Jika dibandingkan dengan Bahasa Indonesia, kita tentu pernah mempelajari tentang kata menjelaskan dan dijelaskan, bukan? Modifier dalam Bahasa Inggris kedudukannya seperti kata menjelaskan yang kemudian mengacu pada kata lain yang dijelaskan. Sedangkan kata atau kelompok kata yang dijelaskan dalam Bahasa Inggris disebut dengan head.

Contoh Modifier dapat dilihat dalam penggunaan kalimat berikut:

Dinda really give her best to look pretty and doll up, she even buy a white dress only  for this event (Dinda benar-benar mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk terlihat cantik dan bersolek, dia bahkan membeli gaun putih hanya untuk acara ini)

Pada contoh kalimat diatas, white dress merupakan perpaduan kata yang menggunakan Modifier. White merupakan Modifier yang menjelaskan kata dress sehingga menjadi benda yang lebih spesifik yaitu gaun putih. Dress sendiri merupakan head yang merupakan kata benda yang dijelaskan oleh Modifier white dalam kalimat tersebut.

Untuk Adjective Modifier dan Noun Modifier sendiri, kesamaan keduanya adalah sama-sama berfungsi sebagai modifier yang menjelaskan kata lain atau head. Sedangkan perbedaannya adalah Adjective Modifier menggunakan adjective (kata sifat) sebagai modifier, dan Noun Modifier menggunakan noun (kata benda) lagi sebagai modifier. Lebih lanjut mengenai kedua Modifier ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Memahami Adjective Modifier, Penggunaan, serta Contohnya

Adjective Modifier adalah modifier atau penjelas yang menggunakan adjective (kata sifat) untuk menjelaskan bagian head. Atau bisa dipahami juga dengan adjective berfungsi memberikan sifat kepada noun yang menjadi bagian head. Adjective Modifier dapat berupa satu kata adjective maupun beberapa kata atau frasa yang memiliki sifat adjective.

Secara garis besar, penggunaan adjective sebagai modifier dapat terbagi ke dalam dua jenis, yaitu:

1. Adjective Modifier Sebelum Noun

Penggunaan jenis ini bisa dibilang merupakan penggunaan Adjective Modifier yang paling sering ditemukan dalam kalimat-kalimat Bahasa Inggris. Pada jenis ini, adjective diletakkan sebelum noun yang merupakan head atau kata yang akan dijelaskan. Adjective menjadi modifer atau penjelas langsung untuk menjelaskan noun yang terdapat setelahnya.

Lebih jelasnya mengenai penggunaan Adjective Noun sebelum noun bisa dilihat dalam contoh berikut:

    • Thantri really likes her striped skirt, and she always wear it every week (Thantri sangat menyukai rok bergarisnya, dan dia selalu memakainya setiap minggu)

Pada contoh diatas, striped (bergaris) merupakan Adjective Modifier yang menjelaskan head yaitu skirt (rok). Kata striped sebagai Adjective Modifier ini diletakkan sebelum noun skirt. Adjective Modifier ini menunjukkan bahwa rok itu menjadi lebih spefisik dengan sifat tertentu, yaitu rok yang bergaris.

    • At her birthday, Manda got a delicious chocolate cake from her parents (Di hari ulangtahunnya, Manda mendapatkan kue coklat yang lezat dari orangtuanya)

Jika contoh sebelumnya menunjukkan Adjective Modifier dalam bentuk kata, contoh ini menggunakan frasa atau kumpulan kata sebagai modifier. Frasa delicious chocolate (coklat yang lezat) merupakan penjelas dan memberikan sifat kepada head yaitu cake (kue). Sehingga head dalam bentuk noun cake itu menjadi lebih spesifik, yaitu kue coklat yang lezat.

2. Adjective Modifier Setelah Verb be

Selain digunakan sebelum noun, Adjective Modifier juga bisa diletakkan setelah verb (kata kerja) atau to be dalam sebuah kalimat. Fungsinya tentu saja masih sama, yaitu menjadi penjelas untuk head dalam kalimat tersebut. Lebih jelasnya mengenai penggunaan Adjective Noun setelah verb be bisa dilihat dalam contoh berikut:

    • Many people like Andy’s artwork because it is beautiful (Banyak orang menyukai karya seni Andy karena itu indah)

Dalam contoh ini, beautiful (indah) berfungsi sebagai Adjective Modifier yang menjelaskan kata it (itu) yang mengacu pada artwork (karya seni). Kata adjective beautiful ini diletakkan setelah to be is, dan dimaksudkan untuk menjelaskan noun yang berada sebelum is yaitu it. Sehingga head dalam bentuk it (karya seni itu) menjadi lebih spesifik menjadi karya seni yang indah.

    • I don’t really like him, because I think his smile looks strange (Aku tidak terlalu menyukainya, karena menurutku senyumnya terlihat aneh)

Pada contoh di atas, strange (aneh) merupakan Adjective Modifier yang menjelaskan kata his smile (senyumnya). Adjective strange ini diletakkan setelah verb looks (terlihat), dan dimaksudkan untuk menjelaskan kata yang terdapat pada sebelum looks yaitu his smile. Dengan begitu, head dalam kalimat ini yaitu his smile dijelaskan menjadi lebih spesifik dengan adjective strange.

Memahami Noun Modifier, Penggunaan, serta Contohnya

Setelah memahami tentang Adjective Modifier, selanjutnya kita akan membahas mengenai Noun Modifier. Sesuai dengan namanya, Noun Modifier menggunakan noun (kata benda) untuk menjadi penjelas terhadap head. Noun Modifier ini selalu diletakkan sebelum noun yang menjadi head dalam kalimat.

Penggunaan noun sebagai modifier terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Menggunakan Dua Noun Atau Kumpulan Noun

Seperti halnya Adjective Modifier, Noun Modifier juga dapat berbentuk lebih dari dua kata atau kumpulan beberapa kata. Contoh penggunaan Noun Modifier ini dapat dilihat dalam contoh berikut:

It’s been three years since Kania became a Jakarta college student (Ini sudah tiga tahun semenjak Kania menjadi seorang mahasiswa kampus Jakarta)

Pada kalimat tersebut, Jakarta college (kampus Jakarta) merupakan penjelas bagi head yaitu student (mahasiswa). Terdapat dua noun yang menjadi Noun Modifier yaitu Jakarta dan college, yang menjelaskan kepada noun student.

  • Sebagai Bagian dari Sesuatu

Penggunaan Noun Modifier yang pertama adalah untuk menjelaskan head sebagai bagian dari sesuatu yang lain. Penggunaan Noun Modifier ini lebih jelasnya dapat dilihat dalam contoh berikut:

Bayu attended the meeting yesterday as class representative (Bayu menghadiri rapat kemarin sebagai perwakilan kelas)

Dalam kalimat tersebut, class (kelas) merupakan Noun Modifier yang menjelaskan head yaitu representative (perwakilan). Noun class menjadi penjelas bagi noun representative yang menunjukkan bahwa perwakilan itu merupakan bagian dari suatu kelas.

  • Menunjukkan Sesuatu Terbuat dari Apa

Noun Modifier juga digunakan untuk menunjukkan sesuatu yaitu head terbuat dari apa, seperti bahan-bahan pembuatan tertentu. Contoh penggunaan Noun Modifier tersebut dalam dilihat dalam contoh berikut:

In the break time, Maria brags to us about her gold necklace (Saat jam istirahat, Maria memamerkan pada kami mengenai kalung emasnya.)

Dalam kalimat tersebut, gold (emas) merupakan Noun Modifier yang menjelaskan head yaitu necklace (kalung). Noun gold menjadi penjelas bagi noun necklace yang menunjukkan bahan pembuatannya, yaitu kalung yang terbuat dari emas.

  • Sebagai Penjelas Noun -er

Penggunaan Noun Modifier yang selanjutnya adalah sebagai modifier atas noun dengan akhiran -er yang sifatnya merupakan kata benda. Contoh penggunaan modifier tersebut dapat dilihat dalam contoh berikut:

Doni graduated from university last year and now he is a office worker (Doni lulus dari universitas tahun lalu dan sekarang dia merupakan pegawai kantoran)

Dalam kalimat tersebut, office (kantoran) merupakan Noun Modifier yang menjelaskan head yaitu worker (pegawai). Noun office menjadi penjelas bagi noun worker yang menunjukkan bahwa Doni adalah seorang pegawai yang lebih spesifik, yaitu pegawai kantoran.

  • Sebagai Penjelas Ukuran, Waktu, Nilai

Noun Modifier dapat digunakan untuk menjadi penjelas dalam hal measurement (ukuran), time (waktu), dan value (nilai). Contoh penggunaan Noun Modifier tersebut dapat terlihat dalam contoh-contoh berikut:

    • After come back from his hometown, Jono brought ten kilograms rice along with other ingridients (Setelah kembali dari kampung halamannya, Jono membawa nasi 10 kg dengan bahan-bahan lainnya.)

Dalam kalimat tersebut, ten kilograms (10 kg) merupakan Noun Modifier yang menjelaskan head yaitu rice (nasi). Noun ten kilograms menjadi penjelas terhadap noun rice yang menunjukkan jumlah dari nasi yang dibawa Jono. Dengan begitu, noun rice menjadi lebih spesifik dengan adanya jumlah yang diletakkan pada bagian depannya yaitu ten kilograms.

    • The coach really strict today, he only gives us five minutes break (Pelatih benar-benar tegas hari ini, beliau hanya memberikan kami istirahat lima menit)

Pada kalimat di atas, five minutes (5 menit) merupakan Noun Modifier yang menjelaskan head yaitu break (istirahat). Noun five minutes berperan sebagai penjelas terhadap noun break, sehingga menunjukkan bahwa waktu istirahat yang diberikan adalah lima menit. Dengan begitu, noun break menjadi lebih spesifik dan jelas berapa lama waktu yang diberikannya.

    • Mia panicked because she lost her five million dollar bracelet at the college yesterday (Mia panik karena dia kehilangan gelang lima juta dolarnya di kampus kemarin)

Dalam kalimat tersebut, five million dollar (lima juta dolar) merupakan Noun Modifier yang menjelaskan head yaitu bracelet (gelang). Noun five million dollar berperan sebagai penjelas terhadap noun bracelet, yang menunjukkan nilai dari bracelet tersebut. Dengan begitu, noun bracelet menjadi lebih spesifik dengan adanya nilai atau harga yang tertera padanya.

  • Digunakan dalam Bentuk Noun -ing

Noun Modifier bisa berbentuk sebagai noun dengan akhiran -ing dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan head. Penggunaan Noun Modifier ini dapat dilihat dalam contoh berikut:

After drowned last year, Nia started to take a swimming lesson to avoid it happen again (Setelah tenggelam tahun lalu, Nia mulai mengikuti les renang untuk mencegah hal itu terjadi lagi)

Dalam contoh diatas, swimming (renang) merupakan penjelas bagi head dalam kalimat yaitu lesson (les). Noun swimming merupakan Noun Modifier dalam bentuk noun berakhiran -ing untuk menjelaskan noun lesson menjadi lebih spesifik yaitu les berenang.

  • Diletakkan Setelah Adjective

Dalam kaidah Bahasa Inggris, Noun Modifier dengan adjective dapat digunakan dalam satu kalimat yang sama. Peletakkan Noun Modifier dalam kalimat ini adalah setelah adjective, yang dapat dilihat dalam contoh berikut:

Joe plans to repair the old kitchen door on this weekend (Joe berencana untuk memperbaiki pintu dapur tua pada akhir pekan ini)

Dalam kalimat ini, yang menjadi Noun Modifier adalah kitchen (dapur) sebagai penjelas terhadap head yaitu door (pintu). Namun karena dalam kalimat tersebut juga terdapat adjective yaitu old (tua), maka kata kitchen diletakkan setelahnya. Kata old sendiri merupakan penjelas terhadap gabungan kata kitchen door (pintu dapur).

Demikianlah pembahasan mengenai modifier, yaitu Adjective Modifier dan Noun Modifier beserta penggunaan dan contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat!