sederet kamus
Translate: Tutorial:

Apa itu Discussion Text?

Ada berbagai macam teks dalam Bahasa Inggris, seperti narrative text, descriptive text, procedure text, discussion text, dan sebagainya. Teks-teks tersebut memiliki fungsi dan tujuannya tersendiri untuk memudahkan kita mengidentifikasinya. Pada kesempatan ini, kita akan belajar tentang discussion text melalui artikel di bawah ini. Artikel ini juga akan memberikan contoh narrative text beserta dengan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Tanpa menunggu lama lagi, mari kita langsung lihat pembahasannya.

Pengertian dan Tujuan Discussion Text

Discussion text adalah sebuah teks dalam Bahasa Inggris yang menyajikan suatu topik permasalahan yang didiskusikan dalam berbagai sudut pandang. Dengan kata lain, discussion text membahas suatu hal berisikan pandangan pro dan kontra terhadap suatu hal tersebut. Topik yang dibahas dalam discussion text biasanya adalah isu-isu kontroversial yang terjadi di masyarakat.

Tujuan dari discussion text adalah untuk memberikan informasi baru kepada pembaca terkait suatu isu. Informasi ini berupa sudut pandang baru, sehingga pembaca dapat melihat suatu isu dari sudut pandang yang berbeda.

Bedanya Discussion Text dengan Persuasive Text

Banyak yang masih keliru ketika membedakan discussion text dan persuasive text. Hal itu dikarenakan struktur keduanya sangat mirip. Walaupun demikian, keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sangat berbeda. Mari kita lihat perbedaan keduanya berikut ini:

  • Persuasive text bersifat persuasif atau membujuk. Tujuannya adalah untuk membujuk pembaca untuk setuju dengan opini si penulis dan untuk condong ke dalam suatu pihak.
  • Discussion text bersifat logis dan objektif. Si penulis tidak mengajak pembaca untuk condong ke dalam suatu pihak. Tujuan si penulis hanyalah untuk memberikan informasi dari berbagai sisi yang berbeda.

Karena discussion text bersifat objektif, kita tidak boleh menunjukkan kecenderungan kita terhadap suatu sisi. Kita harus tetap netral dan menjaga nada kenetralan dalam tulisan kita. Biarkanlah pembaca yang menentukan kecenderungan mereka sendiri.

Struktur Discussion Text

Di dalam discussion text kita harus mencantumkan elemen-elemen di bawah ini:

1. Issue

Jabarkanlah isu atau masalah yang ingin kita diskusikan di paragraf pertama. Cantumkanlah latar belakang informasi agar pembaca tahu argumen apa yang akan disajikan di dalam teksnya.

2. Supporting point

Setelah menceritakan isu yang akan dibahas, kita bisa langsung menyantumkan opini dan fakta dari sudut pandang yang pro terhadap isunya.

3. Contrasting point

Selanjutnya, tuliskanlah pendapat dan fakta yang menyanggah sudut pandang pro. Pada bagian ini, kita memberikan informasi dari sudut pandang pihak yang kontra atau penentang isu.

4. Conclusion

Bagian terakhir untuk menutup teksnya adalah kesimpulan. Dalam kesimpulan, kita bisa menuliskan saran, pendapat, atau rekomendasi kita terkait dengan isunya. Perlu diingat bahwa kita harus terus bersifat netral sampai akhir.

Unsur Kebahasaan Discussion Text

Berikut adalah unsur kebahasaan (language features) dalam suatu discussion text:

  • Tense: Present simple tense
  • Modals: Should, must, may, could, can, dll
  • Conjunction (kata hubung): Gunakanlah logical connector untuk menghubungkan antar kalimat agar nyaman dibaca. Contoh logical connector: However, on the other hand, furthermore, for instance, since, but, as a result,
  • Respected source: Gunakanlah sumber yang terpercaya dalam teks diskusi kita

Contoh Discussion Text

Di bawah ini adalah tabel yang berisi contoh discussion text beserta dengan penjelasan struktur dan unsur kebahasaannya.

Contoh 1

The Use of Computer in Education (Penggunaan Komputer dalam Pendidikan) –> Judul

Struktur Teks Terjemahan
Penjabaran isu

 

The use of technology, such as laptops and tablets, in class, has been increased. One side says that this is a positive development, while the other one disagrees and thinks that it will generate unfavorable consequences. This essay will discuss both points of view. Penggunaan teknologi, seperti laptop dan tablet, di dalam kelas mengalami kenaikan. Satu sisi mengatakan bahwa ini adalah kemajuan yang positif, sedangkan sisi lain tidak setuju dan berpikir ini akan menimbulkan konsekuensi yang merugikan. Esai ini akan mendiskusikan kedua sudut pandang.
Pendapat yang mendukung isu It has been proved that students have been given access to more information ever since the internet became a common thing. Moreover, the internet allows them to research and to learn about any subject at the touch of a button. Therefore, it is agreed that technology is a very useful tool for education. Wikipedia is one of the examples. It is a website where students can simply type in any keyword and can find any information quickly and easily. Sudah terbukti bahwa siswa diberikan akses ke lebih banyak informasi semenjak internet menjadi hal yang umum. Terlebih lagi, internet memungkinkan mereka untuk mencari dan mempelajari tentang subjek apapun dengan satu sentuhan tombol. Itulah mengapa disepakati bahwa teknologi adalah alat yang sangat bermanfaat untuk pendidikan. Wikipedia adalah salah satu contohnya. Itu adalah situs web yang mana siswa cukup mengetikkan kata kunci apa saja dan bisa menemukan informasi apapun dengan cepat dan mudah.
Pendapat yang menentang isu However, many disagree and feel that technology prevents people from having real human interaction. Many valuable skills, such as empathy, debate, and discourse, can be obtained only through human interaction. Namun, banyak yang tidak setuju dan merasa bahwa teknologi menghalangi orang-orang untuk mendapatkan interaksi manusia yang sesungguhnya. Banyak keterampilan berharga, seperti empati, debat, dan wacana, hanya bisa diperoleh dari interaksi manusia.
Kesimpulan dan pendapat penulis To conclude, while the benefits of technology, especially the internet, allow students to access to limitless sources of information, some still feel that people should be careful of this new phenomenon and not let it curb physical interaction. Even so, the educational benefits of technology are positive as long as we keep in mind the importance of face to face interaction in education. Kesimpulannya, walaupun manfaat teknologi, terutama internet, mengizinkan siswa untuk mengakses sumber informasi yang tak terbatas, beberapa orang masih merasa bahwa orang-orang harus berhati-hati terhadap fenomena baru ini dan tidak membiarkan itu membatasi interaksi fisik. Meskipun demikian, manfaat pendidikan teknologi itu positif selama kita mengingat pentingnya interaksi langsung dalam pendidikan.

Keterangan: Kata yang digarisbawahi adalah conjunction (kata hubung) dan modal.

Sumber teks: ieltsadvantage.com (dengan berbagai perubahan)

Contoh 2

Sekarang mari kita coba baca contoh discussion text berikut ini dan cobalah untuk menganalisis struktur dan unsur kebahasaannya seperti yang telah dicontohkan pada contoh 1 di atas.

Does the Internet Bring People Closer Together?

Modern technology has given a huge influence on people’s lives. The internet is one of its attributes. Some people believe that the internet has been able to connect people, while others argue that it can cause social isolation and confinement. This essay will discuss these views.

Technology developments and advancements, which bring convenience to us all, have been increased since the last two decades. The internet is one significant product of this modernization. It has made our lives more convenient in many respects, including our way to communicate. In the past, mail and the telephone were the only tools we used to send messages across the globe, while today, there is the internet which allows us to communicate with almost everyone in an instant. There is no inconvenience of long distances anymore because we can talk and even see distant friends or relatives anytime we want. For instance, people whose families are abroad can connect through Facebook, Twitter, or Skype anytime and anywhere.

On the other hand, this technological development has its downsides. It has been observed that some people tend to spend a lot of time surfing the internet or opening their social networking sites. Communities meet online via private Facebook groups, instead of in a community building to discuss matters. Since this does not allow them to socialize face to face with people, they isolate themselves in this virtual world. Teenagers and adults use much of their time online. This hinders their interpersonal skills to develop. A study from 2015 by The Social Media Explorer stated that over 93% of teenagers aged 16-19 have tried social media. This study also found that each person has more than three social accounts. 

In conclusion, it is true that the internet has provided convenience to society and brought many people to be closer. Nevertheless, people should balance the use of the internet with other aspects of their lives.

Sumber: ieltsachieve.com (dengan berbagai perubahan)

Terjemahan:

Apakah Internet Mendekatkan Orang-Orang?

Teknologi modern memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan orang-orang. Internet adalah salah satu atributnya. Beberapa orang percaya bahwa internet sudah mampu untuk menghubungkan orang-orang, sementara yang lainnya menentang bahwa internet dapat menyebabkan isolasi sosial dan pengurungan. Esai ini akan mendiskusikan pandangan-pandangan ini.

Perkembangan dan kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan kepada kita semua, telah mengalami kenaikan semenjak dua dekade terakhir. Internet adalah satu produk penting dari modernisasi ini. Internet telah membuat hidup kita lebih mudah dalam berbagai aspek, termasuk cara kita berkomunikasi. Zaman dahulu, surat dan telepon adalah satu-satunya alat yang kita gunakan untuk mengirimkan pesan lintas dunia, sementara hari ini, ada internet yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan hampir semua orang secara instan. Tidak ada lagi ketidaknyamanan jarak jauh karena kita bisa berbicara bahkan melihat teman atau saudara kita yang jauh kapanpun kita ingin. Sebagai contoh, orang-orang yang keluarganya tinggal di luar negeri bisa terhubung melalui Facebook, Twitter, atau Skype kapanpun dan di manapun.

Di sisi lain, kemajuan teknologi ini memiliki kekurangannya. Telah diamati bahwa beberapa orang cenderung menghabiskan waktu untuk berselancar internet atau membuka situ jejaring sosial mereka. Komunitas-komunitas bertemu secara daring melalui grup pribadi Facebook alih-alih di gedung komunitas untuk mendiskusikan permasalahan. Karena ini tidak memungkinkan mereka untuk bersosialisasi secara langsung dengan orang-orang, mereka mengisolasi diri mereka di dalam dunia virtual ini. Remaja dan orang dewasa menggunakan banyak waktu mereka untuk daring. Ini menghalangi kemampuan interpersonal mereka untuk berkembang. Sebuah studi tahun 2015 oleh Penjelajah Media Sosial mengungkapkan bahwa lebih dari 93% remaja berusia 16-19 tahun telah mencoba sosial media. Studi ini juga menemukan bahwa setiap orang memiliki lebih dari tiga akun sosial.

Kesimpulannya, memang benar bahwa internet telah menyediakan kemudahan untuk masyarakat dan membuat orang-orang menjadi lebih dekat. Namun, orang-orang harus menyeimbangkan penggunaan internet dengan aspek lainnya di kehidupan mereka.