sederet kamus
Translate: Tutorial:

Apa Pengertian Informal Greeting

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang terlihat cukup rumit bagi beberapa orang. Akan tetapi, bahasa asing satu ini sangatlah penting untuk dikuasai dan digunakan dalam segala kebutuhan sehari-hari. Bukan hanya untuk urusan pekerjaan atau pendidikan, bahasa Inggris juga bisa digunakan untuk berbincang dengan kawan sehari-hari. Oleh karena itu, penting juga untuk mengenal penggunaan bahasa Inggris dalam sehari-hari.

Salah satu penggunaan bahasa Inggris sehari-hari adalah yang dapat disebut sebagai informal greeting (salam informal) yang biasa digunakan kepada orang-orang terdekat seperti teman, anggota keluarga, teman sekelas, atau teman sekantor.

Ketika memberikan salah kepada orang lain dalam bahasa Inggris, sebaiknya Anda menggunakan salam yang cocok atau sesuai dengan hubungan Anda dengan orang tersebut. Sebagai contohnya, salam Anda kepada atasan Anda pasti berbeda dengan bagaimana Anda melakukan salam kepada teman yang Anda temui di pasar. Dengan atasan Anda, Anda pasti menggunakan bahasa yang lebih formal. Sedangkan dengan teman Anda, Anda pasti menggunakan bahasa yang infomal atau tidak kaku.

Dari penjelasan singkat tersebut, dapat dimengerti bahwa salam informal dalam bahasa Inggris adalah salam yang biasanya digunakan kepada orang terdekat yang sepantaran dengan Anda. Terdapat berbagai macam jenis salam informal dalam bahasa Inggris, untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa jenis yang bisa digunakan kepada orang-orang terdekat Anda.

Menyingkat Kata

Salah satu tanda informalitas dalam bahasa Inggris adalah kebiasaan menyingkat kata-kata dalam sebuah kalimat untuk membuat ucapannya terlihat lebih kasual. Hal ini juga sama dalam memberikan salam secara informal dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Morning (Selamat pagi)
  • How you doing? (Bagaimana kabarmu?)

Menggunakan Hey

Kata hey (hai) dalam bahasa Inggris adalah bentuk salam informal yang paling sering digunakan dengan teman atau orang yang paling Anda kenal. Tentu saja jika Anda berpapasan dengan atasan kerja di kantor, tidak terlalu sopan untuk memanggil mereka dengan kata ini. Akan tetapi, Anda bisa menggunakannya dalam sebagian besar situasi informal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan hey dalam sebuah salam informal.

  • Hey, what’s up? (Hai, apa kabar?)
  • Hey, how are you? (Hai, bagaimana kabarmu?)
  • Hey, you! (Hai, kau!)
  • Hey, boy! (Hai, cowok!)
  • Hey, girl (Hai, cewek)
  • Hey, can we talk? (Hai, bisakah kita bicara?)
  • Hey there (Hai yang di sana)

Pembuka Salam Informal

Terdapat beberapa cara juga untuk mengucapkan salam ketika Anda baru bertemu atau melihat kenalan dekat Anda. Sebagai catatan, beberapa hal yang menggunakan tanda tanya tidak harus selalu dijawab. Jika menjawab pertanyaan tersebut, terdapat beberapa bentuk jawabannya tertentu juga yang biasanya digunakan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa jenis pembuka salam informal beserta contoh penggunaannya dalam sebuah percakapan singkat.

  • Hi (Hai)

A: Hi! (Hai!)
B: Hi, Jenna! (Hai, Jenna!)

  • How are you / How are you doing? (Bagaimana kabarmu?)

A: How are you? (Bagaimana kabarmu?)
B: I’m great. Thanks. You? (Saya baik-baik saja. Terima kasih. Bagaimana denganmu?)
A: I’m fine too (Saya juga baik-baik saja)

  • What’s up? (Apa kabar? / Apa yang sedang kau lakukan?)

A: What’s up, Bob?  (Apa yang sedang kau lakukan, Bob?)
B: Not much. I’m just watching some TV series right now (Tidak banyak. Saya hanya sedang menonton serial TV saat ini)

Salam Informal Setelah Lama Tak Bertemu

Jika Anda sudah lama tidak bertemu dengan teman atau anggota keluarga, gunakan salah satu dari beberapa salam informal berikut ini.

  • It’s great to see you! (Senang bertemu denganmu!)
  • How have you been? (Bagaimana kabarmu selama ini?)
  • Long time no see (Lama tidak berjumpa)
  • How are you doing these days? (Bagaimana kabarmu akhir-akhir ini?)

Penutup Salam Informal

Salam informal juga biasanya memiliki penutup yang informal atau tidak kaku juga. Gunakan beberapa jenisnya berikut ini ketika berpisah dengan seseorang dalam sebuah situasi informal.

  • Nice seeing you! (Senang telah bertemu denganmu!)
  • Goodbye / Bye (Selamat tinggal / Dadah)
  • See you later (Sampai jumpa nanti)
  • Later! (Sampai jumpa!)

Contoh Percakapan Informal Greeting

Selain mengetahui kata-kata atau kalimat yang biasanya digunakan dalam melakukan salam informal, penting juga untuk mengetahui cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh percakapan singkat yang menggunakan salam informal dalam bahasa Inggris.

A: Hey there, Jane! How you doing today? (Hai, Jane! Bagaimana kabarmu hari ini?)
B: Hey, girl! I’m doing great lately. How about you? (Hai, cewek! Aku sangat baik akhir-akhir ini. Bagaimana denganmu?)
A: I’m fine. I’ve just been busy with school stuffs. (Aku baik-baik saja. Aku hanya sibuk dengan urusan sekolah)
B: I see. Well, I haveto run. See you later! (Aku mengerti. Aku harus pergi. Sampai jumpa nanti!)
A: Alright. Bye! (Baiklah. Dadah!)

A: Bob? Is that you? (Bob? Apakah itu kau?)
B: Hey, Anna! It’s great to see you. It has been so long since we last met. (Hai, Anna! Senang bertemu denganmu. Sudah lama sekali sejak terakhir kali kita bertemu)
A: Yeah, I know. I last saw you during our graduation ceremony. How have you been? (Iya, aku tahu. Aku terakhir kali melihatmu saat acara kelulusan kita. Bagaimana kabarmu?)
B: I’m doing great. I’m studying in New York now. What about you? (Aku sangat baik. Aku sedang bersekolah di New York sekarang. Bagaimana denganmu?)
A: Oh, that’s great. I’ve actually decided to settle down and live with my husband here in Seattle. (Oh, itu bagus. Aku sebenarnya memutuskan untuk menikah dan tinggal dengan suamiku di sini di Seattle)
B: Oh, wow. That’s amazing. Congratulations on the wedding then! (Oh, wah. Itu luar biasa. Selamat atas pernikahannya kalau begitu!)
A: Thank you. I actually have to go back home now. My husband is waiting for me. (Terima kasih. Aku sebenarnya harus pulang sekarang. Suamiku menunggu)
B: Alright. Nice seeing you! (Baiklah. Senang bertemu denganmu!)
A: Later! (Sampai jumpa!)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu informal greeting, bagaimana saja bentuknya, dan contoh penggunaannya dalam suatu percakapan singkat. Semoga dengan ini, Anda dapat menggunakan bahasa Inggris lebih leluasa dalam kehidupan sehari-hari.