sederet kamus
Search Articles
Translate: Tutorial:

Apa yang Harus Dikatakan Bila Ingin Menyatakan Putus Cinta

Tidak ada orang yang menyukai putus hubungan cinta. Meskipun demikian, terkadang suatu hubungan harus diberhentikan karena alasan tertentu. Putus dengan kekasih memanglah tidak mudah, apalagi jika harus melakukannya dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris misalnya.

Akan tetapi, terdapat beberapa frasa dalam bahasa Inggris yang bisa kita ikuti ketika kita ingin putus hubungan cinta dengan seseorang. Di bawah ini adalah beberapa frasanya:

  • I think we need to break up

“I think we need to break up.” (aku rasa kita harus putus) adalah kalimat dalam bahasa Inggris yang jelas, singkat, dan padat untuk mengungkapkan keinginan kita putus dengan kekasih kita. Ingatlah bahwa ketika ingin memutus hubungan cinta, jangan banyak berbasa-basi karena bisa jadi kita memberikan harapan palsu. Cara terbaik untuk memutuskan hubungan adalah dengan langsung mengatakan bahwa kita ingin putus. Salah satunya adalah dengan menggunakan kalimat “I think we need to break up”.

  • I feel like it would be best if we ended our relationship

“I feel like it would be best if we ended our relationship.” (aku rasa akan lebih baik jika kita mengakhiri hubungan kita) adalah kalimat lain untuk mengungkapkan keinginan kita untuk mengakhiri hubungan cinta dengan pasangan. Sama seperti kalimat “I think we need to break up”, kalimat ini juga merupakan kalimat yang langsung dan jelas yang mengatakan bahwa kita tidak ingin melanjutkan hubungan dengan pasangan kita.

  • I no longer want to continue our relationship

Kalimat langsung dan jelas lainnya yang bisa mengutarakan keinginan kita untuk berpisah dengan pasangan kita adalah “I no longer want to continue our relationship.” (aku tidak ingin lagi melanjutkan hubungan kita).

  • After some thought, I think we should end our relationship

Kalimat “after some thought, I think we should end our relationship.” (setelah direnungkan, aku rasa kita harus mengakhiri hubungan kita.” adalah kalimat lain yang bisa kita ucapkan ketika kita ingin putus dengan pasangan kita. Kalimat ini juga menunjukkan bahwa keinginan kita untuk putus bukanlah keinginan yang spontanitas. Untuk itu, kita bisa memberikan kesan bahwa kita sudah memikirkannya matang-matang dan kita memiliki alasan yang solid.

  • I have not been feeling fully satisfied in this relationship and I think it would be best if we broke up

“I have not been feeling fully satisfied in this relationship and I think it would be best if we broke up.” (aku tidak merasa puas dalam hubungan ini dan aku rasa lebih baik kita putus) adalah kalimat lain yang bisa diucapkan ketika kita ingin putus dengan pasangan kita. Selain menyebutkan keinginan kita untuk putus, kalimat ini juga mengandung alasan mengapa kita ingin mengakhiri hubungannya.

  • I don’t feel the same way about you as I used to

Ketika kita mengutarakan keinginan kita untuk mengakhiri hubungan dengan pasangan kita, kita harus jujur mengapa kita ingin berpisah dengannya. Meskipun demikian, kita harus tetap menjaga perasaannya dengan cara memilih kata yang tidak terlalu menyakitkan. Misalnya saja apabila alasannya adalah kita tidak mencintainya lagi, jangan mengatakan kalimat seperti “I don’t love you anymore.” (aku tidak mencintaimu lagi). Sebaiknya, kita mengatakan kalimat “I don’t feel the same way about you as I used to.” (aku tidak merasakan hal yang sama tentangmu lagi seperti dulu).

  • I don’t feel right continuing a relationship that I can’t see making it long term

“I don’t feel right continuing a relationship that I can’t see making it long term.” (aku rasa tidak benar melanjutkan hubungan yang menurutku tidak dapat bertahan lama) adalah kalimat lain yang bisa diucapkan ketika kita ingin mengakhiri hubungan dengan pasangan kita.

  • I am not comfortable staying together knowing that we are on two very different paths

Apabila alasan kita ingin putus karena perbedaan, baik itu perbedaan pemikiran, keyakinan, dsb, kita bisa mengucapkan kalimat “I am not comfortable staying together knowing that we are on two very different paths.” (aku tidak nyaman kita tetap bersama mengetahui bahwa kita berada di dua jalur yang berbeda).

  • I do not think our relationship is healthy for me to continue being part of and I think we should break up

Jika alasan kita ingin mengakhiri hubungan adalah karena kita merasa hubungannya sudah tidak sehat lagi, kita bisa mengatakan kalimat “I do not think our relationship is healthy for me to continue being part of and I think we should break up.” (aku rasa hubungan kita tidak sehat dan aku rasa kita harus putus) ketika kita mengungkapkan keinginan kita untuk putus.

  • I no longer feel happy in our relationship and I think we should end it

“I no longer feel happy in our relationship and I think we should end it.” (aku tidak merasakan kebahagiaan lagi pada hubungan kita dan aku rasa kita harus mengakhirinya) adalah kalimat yang cukup jelas menunjukkan mengapa kita ingin mengakhiri hubungan kita sehingga kalimat ini bisa digunakan ketika kita putus dengan seseorang.

  • I am having a difficult time communicating my needs to you, and I think it would be best for us to break up

Kalimat ini berarti “aku  kesulitan mengkomunikasikan keinginanku kepadamu dan aku rasa sebaiknya kita putus.”. Kalimat ini sangat cocok digunakan jika alasan putus adalah karena masalah komunikasi dengan pasangan.

Demikianlah beberapa kalimat dalam bahasa Inggris yang bisa diucapkan ketika kita mengakhiri hubungan dengan seseorang. Mengakhiri hubungan memang tidak mudah, namun itu bisa menjadi pilihan terbaik. Semoga hubungan yang telah berakhir bisa menjadi kenangan indah alih-alih luka yang mendalam.