sederet kamus
Translate: Tutorial:

Arti Kalimat Warning dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kalimat warning cukup sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya pada buku atau film berbahasa Inggris. Di Indonesia sendiri, kalimat warning berbahasa Inggris kerap digunakan terutama pada tempat-tempat umum. Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai kalimat warning dan beberapa contoh kalimat warning.

Apa Itu Kalimat Warning?

Kata warning sendiri memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu peringatan, teguran, tanda, atau sinyal. Kalimat warning berarti kalimat-kalimat yang bertujuan memberikan peringatan kepada orang lain. Kalimat warning biasanya digunakan di tempat-tempat umum yang ditujukan ke banyak orang dan masyarakat luas.

Peringatan yang tertulis dalam kalimat warning sebagian besar berisi peringatan akan bahaya tertentu. Dengan menggunakan kalimat warning, diharapkan orang yang membaca atau mendengarnya bisa menghindari dan menjauhi bahaya tersebut.

Kalimat warning juga bisa digunakan sebagai peringatan untuk memberikan arahan tertentu, seperti arahan rambu lalu lintas. Kita tentu sering mendapati peringatan seperti jalan licin dan jalan menikung tajam saat berkendara di jalan raya. Kalimat warning yang kerap digunakan untuk memberikan peringatan tersebut sehingga orang lebih dapat berhati-hati dan mengikuti arahan.

Contoh Kalimat Warning

Seperti yang telah diulas pada bagian sebelumnya, kalimat warning banyak digunakan di berbagai tempat dan konteks. Berikut beberapa contoh kalimat warning yang sering ditemui dan perlu dipahami maknanya:

  • Do not enter! Authorized personnel only. (PERINGATAN. Dilarang masuk! Hanya untuk petugas yang berwenang.)

Kalimat warning ini cukup sering ditemui terutama ditempat-tempat seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, restoran, dan lain sebagainya. Biasanya tempat-tempat yang dipasang kalimat warning ini merupakan tempat umum yang banyak didatangi orang selain pegawai tempat tersebut. Kalimat warning ini bertujuan agar tempat itu tidak dimasuki oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.

  • Danger! High voltage. (PERINGATAN. Bahaya! Tempat atau area bertegangan tinggi.)

Kamu mungkin akan mendapati kalimat warning ini di dekat tempat-tempat kontrol listrik atau yang memiliki kontak dengan listrik. Misalnya seperti pada gardu listrik, soket listrik, SUTET, dan tempat-tempat atau area-area sejenis lainnya.

Kalimat warning ini bertujuan untuk menyampaikan bahaya tegangan listrik tinggi pada tempat atau area tersebut. Dengan begitu  diharapkan agar orang menjauh dan menghindar, serta tidak melakukan kontak langsung dengan area tersebut.

  • Laser radiation. Do not stare into beam. (PERINGATAN. Radiasi laser. Jangan menatap langsung ke arah sinar.)
    WARNING. Eye protection required in this area. (PERINGATAN. Perlindungan mata dibutuhkan pada area ini.)

Jika kamu pernah mendatangi pabrik atau workshop (tempat pengerjaan) suatu produk, mungkin tidak asing dengan kalimat-kalimat warning ini. Kalimat warning diatas biasa digunakan pada tempat industri yang menggunakan laser dalam proses kerjanya. Kalimat warning tersebut juga dapat digunakan untuk tempat yang menggunakan teknologi atau bahan tertentu yang berbahaya bagi mata.

Tentunya teknologi, bahan, atau alat tertentu yang dimaksud dapat berbahaya bagi kesehatan orang yang ada di sekitarnya, terutama kesehatan mata. Bisa jadi hal-hal tersebut akan mengakibatkan sesuatu yang buruk pada mata orang yang terkena kontak langsung. Jadi diharapkan dengan memberikan kalimat-kalimat warning ini, orang dapat lebih berhati-hati dan melindungi matanya.

  • Do not place in direct sunlight. (PERINGATAN. Jangan diletakkan dibawah sinar matahari langsung.)

Biasanya kalimat warning ini didapati pada kemasan atau kardus benda-benda tertentu, mulai dari benda elektronik hingga kosmetik. Peringatan ini ditujukan untuk memberi tahu pembaca, terutama konsumen, bahwa sinar matahari langsung dapat mempengaruhi benda tersebut.

Bisa jadi sinar matahari akan membuat benda tersebut rusak, atau setidaknya membuat benda tersebut tidak dapat berfungsi secara optimal. Atau pada kosmetik, meletakkan di bawah sinar matahari langsung dapat mempengaruhi kandungan bahan-bahan yang ada di dalamnya.

  • Highly inflammable. (PERINGATAN. Mudah terbakar.)

Hampir mirip dengan kalimat warning sebelumnya, kalimat warning highly inflammable ini juga biasanya diletakkan pada benda tertentu. Kalimat warning ini digunakan pada benda-benda yang mudah terbakar atau dapat memicu terjadinya kebakaran. Dengan begitu diharapkan pengguna lebih berhati-hati dan menjauhkan segala sesuatu yang dapat membuatnya terbakar.

  • Keep Out! Unstable Cliff. (PERINGATAN. Menjauh dari sini! Jurang ini rapuh.)

Jika kamu pernah berjalan-jalan ke daerah yang memiliki medan terjal seperti bukit atau pegunungan, kalimat warning ini mungkin pernah kamu lihat. Kalimat warning ini biasanya diletakkan pada tempat-tempat yang disinyalir memiliki resiko bahaya, terutama yang berlokasi di alam terbuka.

Dengan menggunakan kalimat warning ini, diharapkan orang-orang yang melintas atau datang dapat lebih berhati-hati dan menghindari area tersebut. Sehingga resiko bahaya lebih bisa diminimalisir, dan menjadi lebih baik lagi jika bisa menghindari munculnya korban berjatuhan.

  • High Surf. Can cause drowning and injury. (PERINGATAN. Ombak tinggi. Dapat menyebabkan tenggelam dan cedera.)

Mirip dengan kalimat warning sebelumnya, kalimat warning yang satu ini juga kerap ditemui di tempat-tempat pada alam terbuka. Dan seperti yang tertulis pada kalimat warning tersebut, kamu bisa menemuinya di tempat yang memiliki ombak tinggi seperti pantai dan laut.

Kalimat peringatan ini bertujuan untuk memberitahu para pengunjung, terutama mereka yang sedang dan akan melakukan surfing. Dengan adanya peringatan mengenai ombak yang tinggi, diharapkan orang-orang lebih berhati-hati dan sebaiknya tidak melakukan aktivitas di pantai atau laut tersebut.

Itulah beberapa contoh kalimat warning yang bisa kamu temui di berbagai tempat, area, benda, dan berbagai konteks lainnya. Seperti yang kita tahu, kalimat warning ini bertujuan memberikan peringatan akan bahaya tertentu dan agar kita lebih berhati-hati. Jadi jangan sampai kita mengabaikan kalimat warning tersebut dimanapun itu, ya!