sederet kamus
Translate: Tutorial:

Awalan Negatif Bahasa Inggris: UN-, DIS-, NON-, A-, AB-, AN-, ANTI-

Negative Prefixes in English: UN-, DIS-, NON-, A-, AB-, AN-, ANTI-

Prefix adalah huruf atau kelompok huruf yang diletakkan di awal kata yang dimaksudkan untuk memodifikasi makna dari kata tersebut (awalan).

Prefix terdiri dari dua tipe yaitu negative prefixes dan positive prefixes yang memiliki fungsi dan arti masing-masing.

Dalam artikel ini akan dibahas khususnya mengenai negative prefixes in English  yang terdiri dari :

1. UN-

Un-  menyebabkan kata yang ditempel memiliki makna tidak atau berlawanan dari makna kata yang sebenarnya. Un- paling sering muncul dan digunakan dalam bahasa inggris, meskipun tidak semua kata atau root dapat di sematkan Un-.

Namun, menggunakan Un- ketika kita tidak begitu yakin merupakan pilihan yang tepat.

Contoh:

  • “Un + Able = Unable” (Tidak bisa)

They sad because they unable to login to their account” (mereka sedih karena mereka tidak bisa masuk ke akun mereka)

  • “Un + happy = unhappy” (Tidak Bahagia)

“They are unhappy just because they didn’t get to work with the handsome man” (mereka tidak bahagia hanya karena mereka tidak bisa bekerja dengan laki-laki tampan itu)

  • “Un + interesting = uninteresting” (Tidak menarik)

It is uninteresting, I won’t watch the movie” (Itu tidak menarik, aku tidak akan menonton film itu)

  • “Un + real = unreal” (Tidak nyata)

“I don’t know, it looks unreal to me! They may just made that up before we are coming” (Aku tidak tahu, itu terlihat tidak nyata bagiku! Mereka mungkin membuatnya sebelum kita datang)

  • “Un + comfortable = uncomfortable” (Tidak nyaman)

“Sisca look uncomfortable, her clothes is little bit tight” (Sisca terlihat tidak nyaman, bajunya sedikit ketat)

  • “Un + friendly = unfriendly” (Tidak bersahabat)

“The waiters is unfriendly, I won’t come to this restaurant ever again!” (Para pelayannya tidak bersahabat, aku tidak akan datang ke restoran ini lagi!)

2. DIS-

Prefix atau imbuhan dis- pada kata bahasa inggris juga memiliki makna kebalikan dari makna kata sebenarnya. Penggunaanya juga sama seperti Un-.

Contoh:

  • “ Dis-charge = Discharge “ (Melepaskan, membebaskan)

“Sony was Discharge from the army three days ago due to his mental state” (Sony dibebaskan dari tentara tiga hari yang lalu karena kondisi mentalnya)

  • “Dis-able = disable” (Tidak memiliki kemampuan)

“Rona was disable to write because she injured her fingers badly” (Rona tidak memiliki kemampuan menulis karena dia melukai jari-jarinya dengan sangat parah)

  • “Dis + Agree = Disagree” (Tidak setuju)

“Mathew disagree about the water policy” (Mathew tidak setuju tentang peraturan air itu)

3. Non-

Karena juga merupakan negative prefixes, tentu Non- juga menyebabkan kata yang diberi imbuhan non- akan bermakna kebalikannya meskipun mungkin akan memiliki makna yang berbeda dengan ketika kata tersebut diberi imbuhan Dis- atau Un-.

Contoh:

  • “Non + sense = Nonsense” (Omong kosong / tidak masuk akal/tidak berdasar)

“Everything Lucas talked about was nonsense; he knows nothing about the group chats” (Semua yang dibicarakan oleh Lucas adalah omong kosong, dia tidak tahu apa-apa mengenai perbincangan kelompok)

  • “Non + Fictional = Nonfictional” (Nyata/fakta/nonfiksi)

“Sandra Loves to read nonfictional story, she said something real is more fun than imaginary thing” (Sandra suka membaca cerita nonfiksi, dia bilang sesuatu yang nyata lebih menyenangkan daripada hal yang imajinatif)

4. A-

Imbuhan A- juga merupakan negative prefixes yang biasa digunakan untuk menyatakan makna kebalikan dari suatu kata, dimana huruf awal dari kata tersebut adalah berupa konsonan.

Contoh:

  • “A+ theist = Atheist” (Tidak memiliki kepercayaan/tuhan)

“Wanda just tell everyone that her brother may become atheist in this rate” (Wanda baru saja mengatakan kepada semua orang bahwa saudara laki-lakinya mungkin menjadi atheis pada keadaan seperti ini)

  • “A + Sexual = Asexual” (Tanpa hubungan seksual)

“You know that some animals are breed Asexual” (Kamu tahu bahwa sebagian hewan berkembang biak tanpa berhubungan seksual)

5. AB-

Imbuhan atau prefix Ab- adalah imbuhan yang digunakan untuk membentuk kata baru yang mungkin akan memiliki kata yang benar-benar berbeda dari kata sebenarnya. Ab- juga biasanya tidak terbentuk dari kata namun root. Prefix ab- memiliki arti jauh,dari dan terpisah.

Contoh:

  • “Abbreviation” (Singkatan)

“What is the Abbreviation of United Nation Organization? “ (Apa singkatan dari Perserikatan Bangsa-bangsa?)

  • “Abhor” (Benci)

“She just abhor, that’s why she never come to the place again after the day she fell in front of the house” (Dia hanya benvi, itulah mengapa dia tidak pernah datang ketempat itu lagi setelah hari dia jatuh di depan rumah itu)

6. An-

Seperti sebelumnya, imbuhan An- juga digunakan untuk membentuk kata baru yang memiliki makna kurang, atau tanpa. An- biasa ditempetkan pada root yang bukan merupakan noun ataupun Verb.

Contoh:

  • “Anhydrous” (Anhidrat (senyawa yang tidak mengandung air)

“I’m not a chemical person, when Dylan talking about anhydrous I just stood there and do nothing” (Aku bukan seorang yang aham akan kimia, ketika Dylan membicarakan tentang anhidrat aku hanya berdiri disana tanpa melakukan apapun)

  • “Anonymous” (Tidak bernama/ tidak diketahui identitasnya)

“It was anonymous; Samuel just found it out of the door.” (Itu tak bernama, Samuel menemukannya di luar pintu)

7. Anti-

Imbuhan Anti- digunakan untuk memberikan makna kebalikan dari makna sebenarnya.

Contoh:

  • “Anti + septic = Antiseptic” (Penangkal infeksi)

“You know that you need to treat your wound with antiseptic, before it become an infection” (Kamu tahu bahwa kamu perlu merawat lukamu dengan antiseptic, sebelum terjadi infeksi)

  • “Anti + Social = Antisocial” (Sulit bersosialisasi/tidak mau bergaul)

“That’s fine mom, I can fine my own friends, it’s not like I’m an antisocial girl!” (Tak apa-apa ibu, aku bisa menemukan temanku sendiri, aku bukan gadis yang tidak mau bergaul)

Demikian adalah beberapa prefix dan contohnya, serta kegunaannya.