sederet kamus
Translate: Tutorial:

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Bahasa Inggris

Reading atau membaca adalah kemampuan berbahasa Inggris yang tak kalah pentingnya dengan kemampuan speaking (berbicara), listening (mendengar), dan writing (menulis). Pasalnya, kemampuan membaca seseorang bisa menentukan seberapa baik ia bisa menyerap informasi yang ia dapatkan dari teks tulisan.

Reading juga salah satu kemampuan yang akan diuji ketika kita sedang melakukan tes IELTS, TOEFL, dan tes Bahasa Inggris lainnya. Tak hanya itu, kemampuan reading juga sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari utamanya saat kita sedang mencari informasi di dalam buku atau di dalam suatu tulisan berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kita tidak boleh mengesampingkan kemampuan reading.

Karena kemampuan reading ini penting, kita harus mengasah kemampuan reading kita. Semakin tinggi kemampuan reading kita, semakin tinggi juga tingkat pemahaman kita terhadap suatu tulisan. Selain itu, kita juga akan lebih cepat menangkap garis besar suatu teks bacaan, sehingga kita akan lebih menghemat waktu.

Untuk meningkatkan kemampuan reading kita, kita harus sering melatihnya. Lantas, bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris kita? Tulisan di bawah ini akan menjawabnya. Mari kita lihat langsung tulisannya.

Improving Reading Skill

Sebenarnya ada beberapa tahap yang harus kita lakukan pada saat kita membaca. Tahap-tahap itu di antaranya adalah:

  1. Menentukan tujuan kita membaca
  2. Memilih teks bacaan yang tepat sesuai tujuan bacaan kita
  3. Memilih teknik membaca yang tepat

Dengan melakukan tahap-tahap ini saat kita membaca, kita bisa melatih kemampuan reading kita. Untuk mengetahui penjelasan lebih rinci tentang tahap-tahap di atas, silakan baca uraian berikut ini:

1. Menentukan Tujuan Membaca

Sebelum kita mulai memilih dan membaca sebuah teks bacaan, sebaiknya kita harus menentukan tujuan kita membaca terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kegiatan membaca kita lebih efektif. Kemampuan reading kita juga akan lebih terasah. Itu karena jika kita tahu apa tujuan kita, kita akan lebih fokus kepada tujuan tersebut dan teknik membaca kita pasti akan lebih terarah.

Ada berbagai macam tujuan membaca. Di bawah ini adalah sebagian kecilnya:

  • Membaca untuk mencari tahu informasi terkini
  • Membaca untuk bersenang-senang atau hiburan
  • Membaca untuk membuat laporan bacaan
  • Membaca untuk mencari informasi yang akan dicantumkan dalam esai, makalah, atau skripsi
  • Membaca untuk mencari tahu jawaban tentang topik tertentu
  • Membaca untuk belajar

Masih banyak lagi tujuan membaca selain yang telah disebutkan di atas. Pada intinya, tujuan membaca akan membantu kita mengidentifikasi jenis bacaan dan teknik baca seperti apa yang harus kita pilih.

2. Memilih Teks Bacaan

Setelah kita sudah tahu apa tujuan membaca kita, kita bisa memilih teks bacaan yang sesuai dengan tujuan membaca kita. Misalnya saja jika kita ingin mencari tahu tentang berita terkini, kita bisa memilih koran atau artikel berita di internet sebagai teks bacaan kita. Jika kita ingin tahu cara membuat suatu makanan, maka bacaan yang harus kita pilih adalah buku resep. Jika kita ingin bersenang-senang, kita bisa membaca novel atau komik.

Untuk memilih teks bacaan (terutama buku) yang sesuai dengan tujuan membaca kita, kita bisa mengikuti beberapa tip berikut ini:

  • Lihat tanggal diterbitkannya bacaan. Apakah informasi di dalamnya merupakan informasi terbaru?
  • Baca deskripsi singkat yang terletak di belakang sampul buku.
  • Lihat daftar isi untuk mencari tahu apakah ada bab yang relevan dengan informasi yang sedang kita cari

3. Memilih Teknik Membaca

Apabila kita telah menemukan teks bacaan yang sesuai dengan tujuan kita, kita bisa langsung membacanya. Ada beberapa teknik membaca yang harus kita ketahui. Teknik membaca ini berdasarkan tujuan kita membaca. Teknik membaca ini akan membantu kita mencapai tujuan membaca kita lebih mudah dan cepat.

  • Skimming

Teknik membaca pertama adalah skimming. Skimming adalah membaca cepat untuk mengetahui gambaran umum yang dituliskan di dalam teks bacaan. Teknik ini sangat berguna terutama ketika kita dihadapkan pada teks bacaan yang sangat panjang. Dengan skimming, kita bisa mencari tahu garis besar teks tanpa harus membaca keseluruhannya.

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan ketika skimming:

    1. Lihat daftar isi
    2. Baca paragraf pembuka.
    3. Hanya baca kalimat pertama dan terakhir dalam paragraf selanjutnya.
    4. Baca judul tabel, ilustrasi, atau chart jika ada
    5. Berikan perhatian lebih pada kata atau kalimat yang digarisbawahi, ditebalkan, atau dimiringkan. Perhatikan juga tulisan yang berbentuk list atau daftar
    6. Baca paragraf kesimpulan

Skimming memang bisa menghemat waktu. Akan tetapi, ketika kita skimming, kita mungkin akan melewatkan poin atau informasi penting. Itulah mengapa kita harus menggunakan teknik skimming ketika kita hanya ingin mengetahui garis besar bacaannya saja dan ketika kita ingin menentukan apakah bacaan tersebut patut untuk dibaca secara keseluruhan atau tidak.

  • Scanning

Jika teknik skimming adalah untuk mencari tahu gambaran umum tentang suatu teks bacaan, teknik scanning adalah untuk mencari tahu informasi spesifik di dalam suatu teks bacaan. Sama seperti skimming, scanning juga merupakan metode membaca cepat.

Lalu bagaimana bisa kita menemukan informasi spesifik apabila kita membaca dengan cepat? Beberapa teks bacaan mengandung indeks yang mencantumkan sejumlah kata kunci penting beserta dengan halaman di mana informasi terkait dengan kata kunci tersebut bisa ditemukan dalam teksnya. Untuk menemukan informasi tertentu, kita hanya tinggal mencari kata kunci relevan dengan informasi tersebut dalam indeks.

Bagaimana jika tidak ada indeks? Di sinilah teknik skimming membantu. Untuk mencari informasi tententu dengan teknik scanning, kita harus menggunakan teknik skimming terlebih dahulu.

Informasi spesifik yang sedang kita cari mungkin saja tertimbun dalam teks bacaan yang panjang. Kita bisa menyortir yang mana saja bagian dalam teks yang kira-kira mengandung informasi yang sedang kita cari dengan cara skimming.

Setelah menyortir dengan teknik skimming, kita bisa scanning bacaan yang telah disortir tersebut. Cara untuk scanning di antaranya:

    1. Tentukan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan informasi yang ingin kita ketahui
    2. Cari keyword tersebut pada teks yang telah disortir
    3. Saat menemukan keyword, bacalah tulisan di sekitar keyword tersebut dengan hati-hati

Scanning adalah teknik membaca yang membutuhkan konsentrasi yang penuh. Scanning juga bisa cukup melelahkan. Namun, apabila kita telah menguasai teknik ini, kita akan dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan tanpa harus membaca teks bacaan secara keseluruhan.

  • Extensive Reading

Extensive reading sering disebut sebagai teknik membaca untuk bersenang-senang. Saat kita menggunakan teknik membaca ini, kita tidak harus mencari tahu arti dariĀ  kata, frasa, atau idiom asing jika kita menemukannya saat membaca. Apabila kita menemukan kata yang tidak kita ketahui, kita bisa mengira-ngira artinya dari konteks yang tertera pada teksnya.

Teknik extensive reading juga tidak menantang pemahaman kita terhadap teksnya. Itu karena pada dasarnya, teknik extensive reading ini bertujuan untuk bersenang-senang. Itulah mengapa teknik extensive reading ini lebih sering diterapkan oleh orang yang memang suka membaca dan menjadikan membaca sebagai hobi mereka. Adapun jenis bacaan yang biasanya sering menggunakan extensive reading untuk membacanya adalah novel, komik, majalah, dsb.

Hanya saja jika kita menggunakan teknik membaca ini, kita akan melewatkan detail-detail kecil yang mungkin penting. Teknik ini juga kurang bisa membantu jika tujuan kita membaca adalah untuk memahami grammar dan memperkaya pembendahaan kosakata, frasa, dan idiom Bahasa Inggris kita.

  • Intensive Reading

Intensive reading pada dasarnya teknik membaca dengan mendeskontruksi teks bacaan. Maksudnya adalah saat kita membaca dengan cara intensive, tidak hanya memahami maksud dari bacaannya saja, kita juga menganalisis sekaligus belajar grammar, kosakata, frasa, dan sintaks teksnya.

Teknik Intensive reading ini sangat cocok bagi kita yang ingin belajar Bahasa Inggris melalui sebuah teks. Melalui intensive reading, kita bisa menerjemahkan dan mencari tahu arti kata, idiom, atau frasa dalam Bahasa Inggris yang belum kita ketahui yang terdapat dalam teksnya. Selain itu, kita juga bisa menganalisis dan mempelajari grammar yang dipakai dalam teksnya. Terlebih lagi, kita juga bisa lebih paham maksud dari teksnya, dan kita bisa lebih tahu detail-detail kecil dalam teks yang mungkin akan kita abaikan saat kita melakukan extensive reading.

Kekurangan dari intensive reading adalah teknik membaca ini membutuhkan konsentrasi penuh. Teknik ini juga bisa melelahkan, karena saat kita membaca kita diharuskan menganalisis teksnya dan mempelajari keseluruhan kata.

Adapun jenis bacaan yang bisa menggunakan intensive reading untuk membacanya adalah artikel berita, tulisan pendek, esai singkat, postingan blog, dsb. Tulisan yang sering digunakan dalam intensive reading biasanya adalah teks pendek. Itu karena tujuan utama dari intensive reading adalah untuk memahami teks secara mendetail. Jika teksnya terlalu panjang, akan membutuhkan waktu yang lama untuk dibaca dan kita pasti akan terlalu kelelahan untuk menyelesaikannya.

Tips Meningkatkan Reading Skill

Di atas kita sudah melihat cara meningkatkan kemampuan reading. Selain melakukan cara yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar kemampuan reading kita bisa meningkat. Berikut adalah tipsnya:

  • Berhentilah saat kita mengalami kebingungan saat membaca. Ada kalanya kita tidak mengerti apa yang sedang kita baca. Saat ini terjadi, berhentilah membaca dan cobalah untuk menyimpulkan apa yang telah kita baca sejauh ini.
  • Bacalah kembali atau skimming bab atau bagian sebelumnya yang telah kita baca. Ini untuk mengingatkan kembali informasi yang telah kita dapatkan sehingga kita akan lebih mudah memahami teks selanjutnya yang akan dibaca.
  • Cobalah untuk membaca nyaring. Terkadang membaca nyaring bisa membantu kita memahami teksnya. Selain itu, membaca nyaring juga bisa melatih pelafalan kita
  • Perbanyaklah pengetahuan kosakata Bahasa Inggris kita. Untuk memahami teks Bahasa Inggris yang kita baca tentunya memerlukan pengetahuan kosakata yang cukup luas.
  • Cobalah untuk membaca berbagai jenis teks.
  • Luangkanlah waktu tertentu untuk membaca.
  • Kenalilah sudah sampai level mana kemampuan reading Hal ini agar kita bisa memilih bacaan yang sesuai dengan level membaca kita. Misalnya saja level membaca kita ada level beginner, maka lebih baik kita harus memilih bacaan dengan level beginner. Kita bisa meningkatkan level bacaan kita tersebut apabila dirasa kemampuan reading kita sudah meningkat.
  • Catatlah informasi penting atau ide-ide penting dalam teks jika diperlukan.
  • Tuliskanlah ulasan atas apa yang telah kita baca dalam bentuk ringkasan untuk memastikan bahwa kita benar-benar sudah memahami apa yang dimaksudkan oleh teksnya.
  • Jadikanlah membaca menjadi kegiatan yang rutin.
  • Pilihlah tempat membaca yang tepat. Kita harus fokus dan konsentrasi saat membaca, jadi kita harus membaca di tempat yang tidak akan merusak fokus dan konsentrasi kita.

Meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris memang terdengar sulit. Namun, jika kita berusaha, disiplin, dan konsisten untuk melakukan cara-cara kemampuan membaca di atas, tidak mustahil kemampuan membaca kita akan meningkat dalam waktu singkat.