sederet kamus
Translate: Tutorial:

Bagaimana Memulai Percakapan di Tempat Kerja?

Manusia merupakan mahkluk sosial, ia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu mengapa sangat penting supaya kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dan bisa bersosialisasi dengan orang lain dengan baik. Tujuannya supaya kita memiliki orang-orang yang nantinya bisa membantu kita ketika kita membutuhkan bantuan. Salah satunya adalah ketika kita bekerja. Ketika kita bekerja, maka kita akan berinteraksi dengan banyak orang tidak hanya 1 orang saja. Kita akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda, tentu saja membuat kita harus beradaptasi dengan banyak orang dengan mudah.

Ketika anda bekerja tentu saja penting untuk memiliki relasi dengan rekan kantor. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai how to start a conversation in english at work (bagaimana memulai percakapan Bahasa Inggris di tempat kerja?). Bagaimana memulainya? Terutama bagi anda yang merasa bahwa dirinya introvert dan tidak bisa memulai percakapan terlebih dulu, kali ini kami akan memberikan topik bahasan untuk anda. Simak ulasan pentingnya di bawah ini!

Why socializing is important in business? (Kenapa bersosialisasi sangat penting untuk bisnis?)

Membangun hubungan yang tulus merupakan salah satu hal yang juga penting dalam bisnis. Mengenal orang baru merupakan hal yang banyak disukai orang-orang, ketika kita terjun ke dunia kerja maka kita tidak hanya bertemu dengan 1 orang saja. Melainkan kita akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter. Oleh karena itu mengapa kita perlu sekali pandai memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Sebelum memberitahu anda beberapa informasi mendasar mengenai how to start a conversation in english at work work (bagaimana memulai percakapan Bahasa Inggris di tempat kerja?) kami akan memberitahu beberapa alasan why socializing is important is business? (kenapa bersosialisasi sangat penting untuk bisnis?). Berikut merupakan beberapa alasan kenapa bersosialisasi dalam dunia kerja atau dunia bisnis itu sangat penting:

  • Untuk bertemu orang baru

Mengapa sosialisasi sangatlah penting? Karena ketika sedang berada di dunia kerja atau ketika melakukan bisnis kita akan banyak bertemu dengan banyak orang baru, sehingga itu membutuhkan kemampuan komunikasi dan sosialisasi dengan baik sehingga anda bisa membicarakan mengenai pekerjaan atau bisnis anda dengan baik. Ketika anda melakukan pekerjaan misalnya saja anda membutuhkan negosiasi dengan perusahaan di luar negeri. Tentu saja anda akan bertemu dengan orang baru bukan? Dan anda harus pandai bersosialisasi dengan orang yang anda temui nanti, jika anda tidak segera memulai berkenalan dan mengobrol dengannya maka tentu saja anda tidak bisa memulai negosiasi itu kan?

  • Untuk meringankan suasana

Untuk bisa memulai percakapan dengan orang lain, terutama menyangkut pekerjaan maka anda harus mengenal terlebih dulu orang yang akan berbisnis dengan anda. Sebelum memulai percakapannya tentu saja anda harus membangun situasi atau kondisi yang nyaman dan bersahabat.  Dengan anda memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik maka bisa membantu anda untuk meringankan suasana ketika memulai percakapan dengan rekan bisnis atau rekan kerja anda.

Useful ways to start a conversation in english at work (Cara yang bisa dilakukan untuk memulai percakapan Bahasa Inggris di tempat kerja)

Sekarang anda sudah tahu kan apa saja kegunaan atau manfaat kita pandai bersosialisasi di tempat kerja? Seringkali banyak orang yang merasa kesulitan untuk memulai percakapan dengan orang lain atau orang baru di tempat kerjanya. Karena mereka sebelumnya tidak pernah bertemu sehingga merasa kesulitan untuk memulainya. Pada dasarnya ketika anda ingin berbincang dengan rekan kerja anda, maka anda harus memulainya terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai useful way to start a conversation in english at work atau yang memiliki arti cara yang bisa dilakukan untuk memulai percapakan Bahasa Inggris di tempat kerja. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

  • Introductions (Pengantar)

Sebelum masuk ke bahasan yang lainnya, maka untuk tahap awal anda harus memulai percakapan dengan introductions atau pengantar sehingga terdengar lebih sopan. Berikut adalah beberapa kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa anda gunakan sebagai introductions atau pengantar ketika memulai percakapan :

  • How are you? (Bagaimana kabar anda?)

How are you (Bagaimana kabar anda?) merupakan salah satu jenis pertanyaan yang sopan untuk menanyakan kabar seseorang atau rekan kerja atau rekan bisnis yang anda temui. Kalimat ini sangat cocok untuk situasi bisnis yang santai. Bisa diucapkan ketika anda baru saja bertemu dengan rekan kerja atau bisnis yang baru anda temui setelah sekian lama tidak bertemu.

  • I don’t think we’ve met before. I’m.. (Saya kira kita belum pernah bertemu sebelumnya. Saya…)

Jika contoh kalimat pertama tadi bisa anda gunakan ketika anda bertemu dengan rekan kerja / rekan bisnis yang sudah pernah ditemui sebelumnya, maka kalimat yang selanjutnya ini bisa anda gunakan jika anda belum pernah bertemu dengan orang yang anda ajak bicara. Merupakan ungkapan dasar yang sangat cocok digunakan untuk memperkenalkan diri dengan sopan, selain itu kalimat ini juga memberikan kesempatan kepada orang yang anda ajak bicara untuk mau mengenalkan dirinya.

  • Where are you from? (Darimana anda berasal?)

Jika anda baru saja bertemu dengan rekan bisnis anda atau rekan kerja anda, dan ingin menggunakan kata pengantar yang ringan maka anda bisa bertanya menggunakan kalimat ini. Merupakan sebuah pertanyaan yang sopan untuk mengetahui dimana seorang itu berasal atau dilahirkan atau mungkin dibesarkan. Namun kalimat ini tidak bisa anda tanyakan pada semua orang, karena mungkin ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman ketika ditanya seperti ini.

  • Can I have a word with you? (Bisakah saya berbicara dengan anda?)

Ketika anda ingin berbicara dengan rekan kerja anda, maka tak ada salahnya untuk mencoba kalimat ini. Anda bisa menggunakan kalimat ini ketika anda ingin berbicara secara pribadi dengan rekan kerja atau rekan bisnis anda.

  • Ask about their business trip (Tanya mereka mengenai perjalanan bisnis mereka)

Setiap kali anda terlibat dalam pertemuan bisnis, maka anda tentu saja akan bertemu dengan orang baru dan anda bisa menjadikan perjalanan bisnis mereka sebagai salah satu pertanyaan untuk memulai percakapan dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa anda gunakan untuk menanyakan mengenai perjalanan bisnis orang yang anda temui untuk memulai percakapan :

  • How was your business trip? (Bagaimana perjalanan bisnis anda?)

Ketika anda bertemu dengan orang baru yang akan menjalin bisnis dengan anda, misalnya saja mereka datang dari luar negeri atau mungkin datang dari kota lain, maka anda bisa mengajukan pertanyaan bagaimana perjalanan mereka selama datang ke sini. Ini merupakan sebuah pertanyaan yang sopan, yang menanyakan apakah orang itu datang dengan baik.

  • How long are you staying in here? (Berapa lama anda tinggal disini?)

Jika anda bertemu dengan rekan kerja atau rekan bisnis dari negara atau tempat lain maka ada banyak sekali hal yang bisa anda tanyakan. Salah satunya adalah kalimat ini, anda bisa menanyakan berapa lama mereka akan tinggal di sini? Ini mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang, namun bisa digunakan basa-basi memulai percakapan.

  • Is this your first time coming here? (Apakah ini kali pertama anda datang kesini?)

Kalau anda bingung ingin bertanya apalagi mengenai perjalanan mereka, maka anda bisa menggunakan kalimat ketiga ini. Mungkin jawaban yang diberikan mereka ketika anda menanyakan pertanyaan ini adalah yes or no. Kemudian, anda bisa mengajukan pertanyaan yang lainnya.

  • Ask about their opinions (Tanya mengenai pendapat mereka)

Hal selanjutnya yang bisa anda tanyakan kepada rekan kerja di tempat kerja dalam Bahasa Inggris adalah menanyakan mengenai pendapat mereka. Banyak sekali hal yang bisa anda tanyakan selain yang sudah kami sebutkan di atas, anda bisa menanyakan pendapat kepada orang-orang mengenai hal yang ada dalam pikiran anda. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa anda tanyakan kepada orang lain di tempat kerja anda mengenai pendapat mereka tentang suatu hal :

  • Hi, can I ask for your opinion? Which workshop can you recommend to me? (Hai, bisakah saya meminta pendapat anda? Workshop mana yang anda rekomendasikan pada saya?

Ketika kamu ingin mengetahui opini atau pendapat rekan kerja atau rekan bisnis anda. Maka anda bisa menggunakan kalimat di atas. Misalnya saja anda ingin mengetahui pendapat mereka mengenai workshop rekomendasi dari mereka. Dengan menggunakan kalimat di atas, maka kalimat itu merupakan kalimat sopan untuk meminta pendapat seseorang.

  • Do you agree with the idea? What did you think? (Apakah anda setuju dengan itu? Apa yang kamu pikirkan?)

Tak hanya menggunakan kalimat di atas ketika anda ingin menanyakan pendapat kepada orang lain atau kepada rekan kerja anda saja ya. Anda juga bisa menggunakan kalimat seperti ini, anda menanyakan dulu kepada orang yang anda ajak bicara apakah mereka setuju atau tidak dengan ide itu? Kemudian tanyakan apa yang mereka pikirkan? Kalimat ini merupakan salah satu contoh kalimat yang sopan untuk menanyakan ide dan pendapat seseorang secara bersamaan. Anda bisa mencobanya bertanya kepada rekan kerja atau rekan bisnis anda.

  • Ask about their time (Tanya mengenai waktu mereka)

Ketika anda ingin memulai percakapan yang lebih detail dengan rekan kerja atau rekan bisnis anda, maka tentu saja tidak enak jika anda mengobrol di tempat yang ramai atau yang banyak orangnya. Tentu akan lebih enak jika anda berbicara secara lebih pribadi, terutama jika percakapan itu membutuhkan waktu. Tentu saja anda tidak bisa langsung berbicara begitu saja kan, anda harus meminta waktu mereka lebih dulu. Berikut ini merupakan beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa anda gunakan untuk meminta waktu rekan bisnis atau rekan kerja untuk berbicara dengan kita :

  • Hi, can I see you for a minute? (Hai, bisakah saya berbicara dengan anda sebentar saja?)

Jika anda ingin berbicara kepada seseorang atau anda ingin bertanya kepada mereka apakah mereka memiliki waktu sebentar untuk berbicara dengan anda, maka anda bisa bertanya kepada mereka dengan menggunakan kalimat sopan di atas. Ketika anda ingin berbicara dengan orang lain maka jangan langsung pergi ke topik pembicaraan tapi tanyakan dulu apakah mereka punya waktu luang atau tidak.

  • Hi, have you got a minute? (Hai, apakah anda punya waktu sebentar?)

Kalimat kedua ini bisa juga anda gunakan untuk bertanya kepada rekan kerja atau rekan bisnis anda apakah mereka memiliki waktu kosong atau tidak untuk berbicara dengan anda. Dengan menggunakan kalimat ini maka anda akan lebih sopan karena meminta waktu mereka terlebih dulu.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai how to start a conversation in english at work (bagaimana memulai percakapan Bahasa Inggris di tempat kerja?). Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda semuanya!