sederet kamus
Search Articles
Translate: Tutorial:

Beberapa Cara Menggunakan “Could” dalam Tata Bahasa

Membahas dan mempelajari tata Bahasa Inggris memang tidak akan ada habisnya, apalagi kalau ini dilakukan untuk menambah pengetahuan akan bahasa yang satu ini. Selalu ada saja pembahasan mengenai tata kata dan kalimat dalam Bahasa Inggris yang menarik dan patut untuk kita bahas serta pelajari.

Seperti topik yang akan kita angkat dalam artikel kali ini.

Kita akan membahas tentang penggunaan salah satu modal dalam Bahasa Inggris, yaitu “could”. Dalam Bahasa Inggris sendiri, modal adalah salah satu jenis kata kerja bantu (auxiliary verbs) atau tambahan yang tujuannya untuk menunjukkan probabilitas atau kemungkinan, dan permintaan akan sesuatu. Modal juga berfungsi membantu melengkapi kata kerja utama.

Kata kerja modal, sekalipun diletakkan sebelum kata kerja utama, tidak akan mengubah tata atau struktur bahasa dari kalimat yang ada. Karena fungsinya yang membantu kata kerja utama, modal juga seringkali disebut sebagai kata kerja ganti.

Sekarang, setelah kita mengetahui pengertian dari modal, kita akan membahas tentang kapan saja kita dapat menggunakan “could” dalam kalimat berbahasa Inggris dan contoh kalimatnya.

1. Sebagai bentuk lampau dari “can”

Untuk fungsinya ini, “could” diartikan sebagai “bisa”, “dapat”, atau juga “mampu”, yang menunjukkan bahwa kita memiliki kekuatan dan kemampuan melaksanakan atau mengerjakan sesuatu.

Karena “could”, seperti yang dijelaskan di atas, adalah bentuk lampau atau masa lalu dari “can”, maka kalimat yang kita buat haruslah dalam bentuk kalimat lampau sederhana (simple past tense).

Contoh kalimat:

  • You could say that you like her yesterday. I don’t understand you, Matt (Kau bisa berkata bahwa kau menyukainya kemarin. Aku tidak mengerti denganmu, Matt).
  • We could rent a car and drive to Grandmother Nelly’s house. We can split the bill, if that’s your concern (kita bisa menyewa mobil dan berkendara ke rumah Nenek Nelly. Kita bisa patungan, jika itu yang kau khawatirkan).
  • She could sing exactly like Celine Dion, you have to believe me! You just listen and I bet you are going to agree with me (dia bisa bernyanyi persis seperti Celine Dion, kau harus percaya padaku! Kau dengarkan saja dan aku bertaruh kau akan setuju denganku).

2. Untuk menunjukkan kemungkinan

Fungsi kedua dari modal “could” adalah sebagai penunjuk akan suatu probabilitas atau kemungkinan. Kita dapat membuat kalimat dengan menggunakan “could” untuk menyatakan akan adanya kemungkinan suatu hal akan terjadi atau dugaan-dugaan yang kita miliki, walaupun kemungkinan atau dugaan itu belumlah pasti.

Contoh kalimat:

  • We have to be hurry, Gloria. They could be at our house by now and you know those uncles and aunts. It’s annoying to listen to their complaints about why we arrive home so late from work (kita harus bergegas, Gloria. Mereka bisa saja sudah berada di rumah kita sekarang dan kau tahu bagaimana para paman dan bibi itu. Menjengkelkan mendengar keluhan mereka tentang bagaimana kita pulang terlambat dari tempat kerja).
  • Look at this particular number. What do you think, Joel? The answer could be A, but… it also could be C. I’m super confused with this question (lihat nomor yang satu ini. Bagaimana menurutmu, Joel? Jawabannya bisa saja adalah A, namun… bisa jadi jawabannya juga C. Aku benar-benar bingung dengan pertanyaan ini).
  • I found this journal in front of the Biology class. It has no name in it and it could be anyone’s journal (aku menemukan buku jurnal ini di depan kelas Biologi. Tidak ada nama di dalamnya dan buku jurnal ini bisa jadi milik siapa saja).

3. Untuk menyarankan sesuatu/memberikan sugesti

Kita juga dapat menggunakan ”could” apabila kita ingin memberikan saran atau sugesti kepada seseorang.

Contoh kalimat:

  • If you want, you could make a reservation on a hotel managed by my friends in Savvanah, Georgia. The hotel and the view are nice. You and your husband are going to like it and your honeymoon will be a blast (jika kau mau, kau bisa memesan kamar di hotel yang dikelola teman-temanku di Savvanah, Georgia. Hotel dan pemandangannya bagus. Kau dan suamimu akan menyukainya dan bulan madu kalian pasti akan jadi menyenangkan).
  • You could wear that Santa Claus costume for Christmas. I will wear the Tinkerbell costume instead. How does it sounds to you, Andrei? (kau dapat menggunakan kostum Sinterklas itu untuk Natal. Aku akan memakai kostum Tinkerbell sebagai gantinya. Bagaimana kedengarannya menurutmu, Andrei?)
  • I would say Nathaniel could stay at my apartment for tonight. It will be much easier for him to go to his university entrance exam from my apartment (aku bisa mengatakan Nathaniel dapat menginap di apartemenku malam ini. Akan lebih mudah baginya berangkat ke tempat tes masuk universitasnya dari apartemenku).

4. Untuk meminta sesuatu kepada seseorang

Terakhir, fungsi dari “could” adalah sebagai bentuk permohonan izin untuk meminta sesuatu kepada seseorang, baik berupa barang maupun jasa, atau permintaan bantuan.

Contoh kalimat:

  • Doni, could you please move that brown table to the corner over there? I’m going to put this big clock in here and we will look for other areas in this house to fill in with a furniture (Doni, dapatkah kau memindah meja cokelat itu ke sudut di sebelah sana? Ibu akan menaruh jam dinding besar ini di sini dan kita akan melihat-lihat area lain di rumah ini yang butuh untuk ditaruh barang mebel).
  • Could I borrow one of your pens? I lost mine on the way here (bisakah aku meminjam salah satu pulpenmu? Aku kehilangan pulpenku dalam perjalanan ke sini).
  • Mom, could you please lower your voice when talking on the phone? I can’t concentrate on my study (Bu, bisakah Ibu memelankan suara ketika sedang berbicara di telepon? Aku tidak bisa berkonsentrasi pada pelajaranku).

Itulah dia beberapa fungsi dari kata “could” yang dapat teman-teman gunakan ketika membuat kalimat-kalimat menggunakan Bahasa Inggris.