sederet kamus
Translate: Tutorial:

Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu

Mempelajari bahasa Inggris seakan telah menjadi kewajiban bagi semua orang saat ini mengingat bahasa asing satu ini paling sering digunakan di seluruh dunia. Oleh karena itu, semua orang berlomba untuk menguasainya dengan cara apapun.

Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris. Lagu adalah sumber yang sangat tepat untuk mengenali kata-kata yang biasanya digunakan dalam sebuah bahasa. Selain itu, lagu juga bisa digunakan untuk melatih berbagai macam keahlian bahasa lainnya. Paling penting lagi, mendengarkan lagu adalah cara yang paling menyenangkan dan paling mudah untuk menguasai bahasa Inggris.

Untuk dapat mempelajari bahasa Inggris melalui lagu dengan baik dan benar, berikut ini adalah sejumlah cara dan hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Keuntungan Memelajari Bahasa Inggris Melalui Lagu

Mungkin Anda bertanya-tanya untuk apa belajar bahasa Inggris melalui lagu? Apakah metode pembelajaran ini bahkan efektif? Jawabannya, iya. Hal ini dikarenakan musik baik untuk pikiran Anda. Terdapat cukup banyak bukti saintifik yang menunjukkan bagaimana musik bisa membantu pembelajar bahasa asing menangkap tata bahasa dan kosakata serta memperbaiki penulisan mereka. Kemudian ada juga yang dinamakan Efek Mozart, konsep bahwa belajar sambil mendengarkan musik klasik dapat membantu otak dalam mencerna pengetahuan.

Selain itu, musik juga dapat menunjukkan bahasa yang digunakan sehari-hari. Musik berbahasa Inggris hampir selalu memiliki banyak kosakata, kalimat, dan peribahasa yang berguna. Karena target pendengarnya adalah pembicara bahasa Inggris asli, maka lagu biasanya menggunakan bahasa yang paling terbaru. Bahasa yang digunakan dalam lagu sebenarnya sangat kasual dan bisa digunakan dalam keseharian jika Anda dapat memilih musik yang tepat.

Anda juga akan semakin familiar dengan bunyi bahasa Inggris. Mendengarkan lagu juga akan membuat Anda dapat berfokus pada pelafalan dan pengertian Anda terhadap ritme, nada, dan ketukan bahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga akan menjadi terus berada di dalam kepala Anda. Banyak kata-kata dan pola bunyi yang berada dalam lagu yang repetitif, hal itu yang membuat kalimatnya dapat selalu menempel di kepala. Anda mungkin sudah tahu ini, namun musik memiliki kemampuan hebat untuk bisa menetap di pikiran kita. Nada dan lirik seringkali bisa tiba-tiba muncul dalam pikiran kita dan terulang-ulang tanpa sengaja. Semua itu akan membantu Anda mempelajari bahasa Inggris dengan menggunakan lagu karena Anda jadi dengan mudah mengingat kosakata dan kalimat. Bahkan, setelah tak lama Anda akan menyadari bahwa sulit untuk melupakannya lagi.

Kemudian, lagu memiliki sisi emosionalnya. Hubungan kita dengan musik adalah sesuatu yang dalam, kuat, dan sangat bermanfaat. Ini adalah kunci yang dapat membuka emosi kita, mengubah perasaan, dan memperbaiki kondisi mental serta fisik kita. Ketika sesuatu dirasa emosional, maka jelas akan lebih mudah untuk diingat.

Mendengarkan musik juga merupakan kebiasaan yang mudah dan hampir semua orang miliki. Salah satu alasan orang-orang kesulitan memelajari bahasa asing adalah karena mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berfokus pada pembelajarannya. Namun ketika Anda memelajari bahasa Inggris melalui lagu, Anda tidak perlu menyisihkan terlalu banyak waktu karena Anda bisa mendengarkan musik kapanpun di mana pun. Anda bisa mendengarkan lagu Inggris di mobil, dapur, bahkan kamar mandi. Lalu dengan memilih sendiri musik yang Anda sukai, Anda bisa mendengarkan bahan pembelajaran yang sama lagi dan lagi tanpa merasa bosan.

Terakhir, musik mengajarkan Anda budaya Inggris. Ketika Anda memelajari bahasa Inggris melalui lagu, Anda mendapatkan lebih dari hanya kemampuan berbahasa. Musik memberikan pengetahuan lebih pada budaya berbahasa Inggris dan bagaimana orang Inggris berpikir dan merasa. Mengenali lagu-lagu terkenal akan memberikan Anda bahan obrolan dengan kawan-kawan berbahasa Inggris yang Anda miliki juga.

Cara Jitu Memelajari Bahasa Inggris Melalui Lagu

Terdapat sejumlah keharusan yang perlu dilakukan dalam memelajari bahasa Inggris melalui musik. Mulai dari memilih lagu yang cukup membuat Anda berpikir hingga memilih lagu yang cukup mudah untuk Anda dengarkan. Apapun pilihannya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan hanya dengan mendengarkan dan menyanyikannya.

1. Pilih Lagu Secara Tepat

Ini mungkin terlihat sangat jelas, namun banyak pembelajar yang gagal bahkan pada tahap sederhana ini. Alasannya? Mereka mungkin mendengarkan lagu acak di radio atau memilih lagu apapun yang sedang terkenal di YouTube.

Meskipun ini terdengar sederhana, untuk dapat belajar bahasa Inggris melalui lagu, Anda harus memilih lagu yang Anda sukai. Lagu yang akan Anda dengarkan berulang kali tanpa bosan. Dengan begitu, Anda akan ingin mendengarkannya dan ingin memelajari bahasa yang ada di dalamnya.

2. Pilih Genre Secara Efektif

Telah terbukti bahwa genre seperti hip-hop memiliki dampak yang lebih dalam memelajari bahasa dibandingkan pop. Hal ini disebabkan oleh lagu hip-hop biasanya memiliki kosakata yang kaya, ritme yang kompleks, dan penggunaan bahasa terkini yang bagus untuk komunikasi sehari-hari.

3. Cari Lirik Lagu

Jika Anda menemui kata-kata yang tidak Anda ketahui sebelumnya dan tidak bisa ditebak apa artinya dari konteks yang Anda, gunakanlah lirik lagunya. Situs seperti genius.com menyediakan lirik lagu yang tepat untuk banyak lagu bahasa Inggris di luar sana.

4. Cari Tahu Kosakata Tak Dikenal

Sambil Anda mencari lirik lagu yang sedang Anda dengarkan, coba cari tahu juga kosakata yang tidak Anda ketahui dalam lagu tersebut. Jadikan sebuah kebiasaan untuk selalu mencari tahu arti sebuah kosakata ketika Anda tidak tahu. Tidak ada salahnya menjadikannya kebiasaan karena dapat membantu Anda memelajari lagu yang Anda sukai sekaligus memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris Anda juga.

5. Coba Karaoke

Bukan hanya menyenangkan, karaoke juga dapat membantu Anda untuk melatih pelafalan bahasa Inggris. Selain itu, Anda juga jadi mengetahui kalimat-kalimat yang ada di dalam lagu kesukaan Anda. Cara ini akan membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi sangat menyenangkan!

6. Saling Membagi Lagu

Anda memiliki sahabat dari negara yang menggunakan bahasa Inggris? Coba bagikan musik Indonesia dengan mereka yang Anda anggap bagus. Sebagai gantinya, mereka juga harus mengirimkan Anda rekomendasi musik Inggris. Anda bisa berbagi opini mengenai lagu-lagu tersebut sehingga membuat Anda memiliki teman berbicara bahasa Inggris juga.

7. Diskusikan Musik

Bicarakan musik dengan teman-teman dan keluarga Anda sebagai metode untuk memperbaiki kemampuan berbicara Anda sekaligus menambah kosakata. Ketika Anda mendiskusikan musik, mau tidak mau pasti Anda akan menggunakan istilah-istilah  musikal yang tidak sering digunakan dalam obrolan sehari-hari.

Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu Untuk Anak-Anak

1. Cara Memilih Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris

Mempelajari sesuatu dengan baik biasanya bisa juga dilakukan dengan sambil bersenang-senang. Terutama jika pembelajaran bahasa untuk anak-anak, mendengarkan lagu akan sangat cocok bagi mereka. Maka dari itu, amatlah penting untuk memilih lagu yang akan disukai oleh anak-anak. Tahap pertama dari pembelajaran adalah mengetahui lagu mana yang cocok untuk digunakan sebagai bahan belajar.

Beberapa jenis lagu yang tepat untuk mempelajari bahasa Inggris di antaranya adalah:

    • Tidak memiliki bait yang terlalu panjang
    • Tidak terlalu cepat dan bisa diikuti nyanyiannya
    • Memiliki penggunaan kata sehari-hari dalam bahasa Inggris
    • Tidak menggunakan kosakata yang terlalu sulit
    • Jelas dilafalkan setiap katanya

Bagi anak-anak berumur 5 hingga 12 tahun, ada baiknya mereka menggunakan lagu yang memiliki banyak kosakata yang berirama dan ritme yang berulang. Lagu seperti itu akan membuat anak-anak lebih mudah mempelajari kosakata baru dan mulai ikut bernyanyi juga. Anak-anak juga bisa mencoba mengikuti nyanyian anak kecil dan melatih banyak kosakata baru. Sebagai contohnya, berikut ini sejumlah nyanyian anak-anak dan jenis kosakata yang ada di dalamnya:

    • Nyanyian dengan kosakata angka bisa menggunakan Ten in the bed (Angka sepuluh di tempat tidur)
    • Nyanyian dengan kosakata binatang bisa menggunakan Old MacDonald had a farm (MacDonald tua memiliki peternakan)
    • Nyanyian dengan kosakata warna bisa menggunakan I can sing a rainbow (Saya bisa menyanyikan pelangi)
    • Nyanyian dengan kosakata cuaca bisa menggunakan Incy Wincy Spider (Laba-laba berjalan)
    • Nyanyian dengan kosakata alat transportasi bisa menggunakan The wheels on the bus (Roda bis)
    • Nyanyian dengan kosakata arah kiri dan kanan bisa menggunakan You put your right mitten in (Masukan sarung tangan kanan)
    • Nyanyian dengan kosakata tindakan bisa menggunakan If you’re happy and you know it (Jika kau senang dan kau tahu itu)
    • Nyanyian dengan kosakata bahan material bisa menggunakan This is the way we lay the bricks (Ini cara kita menaruh batu bata)

Untuk anak-anak berumur 13 hingga 18 tahun, belajar bahasa Inggris melalui lagu adalah kesempatan yang bagus untuk menyatukan ketertarikan mereka sambil mempelajari bahasa. Jika mereka sedang tertarik pada sebuah lagu, mereka akan ingin dapat mengerti lagu itu. Namun harus diingat bahwa biasanya lagu pop yang disukai remaja menggunakan bahasa yang tidak formal. Penting untuk mengetahui bahwa bahasa Inggris digunakan secara berbeda dalam situasi yang berbeda. Sebagai contohnya, bahasa Inggris yang digunakan di lagu pop mungkin tidak akan cocok untuk digunakan dalam penulisan formal.

2. Melatih Pelafalan Lagu

Bernyanyi adalah cara yang bagus untuk mempelajari ritme sebuah bahasa. Tindakan ini dapat membantu kita untuk mempelajari bagaimana tiap kata menyambung dengan kata lainnya dalam sebuah kalimat. Ikut menyanyikan lagu bahkan bisa cukup sulit bagi orang Inggris asli, oleh karena itu, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah pelafalan lagu seperti berikut ini:

    • Cari lirik lagu atau video musik yang akan dinyanyikan bersama
    • Baca lirik lagunya dengan lantang
    • Cari tahu kosakata manapun yang belum pernah diketahui artinya dalam kamus
    • Dengarkan lagunya dan baca liriknya secara bersamaan
    • Jika sudah siap, coba ikut nyanyikan tanpa melihat liriknya
    • Ulang secara terus menerus hingga ritme dan liriknya tertanam di kepala

Beberapa anak merasa kesulitan berbicara bahasa Inggris karena mereka malu atau kurang percaya diri. Dengan bernyanyi bersama orang lain, mungkin mereka akan terbantu. Hal itu akan menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak untuk berlatih mengekspresikan diri mereka.

Ketika Anda mempelajari bahasa baru, ada banyak suara yang tidak biasa dilafalkan oleh mulut Anda. Bernyanyi dapat membantu mulut membuat bentuk yang tepat dan membuat suaranya terdengar dengan jelas. Bernyanyi juga bisa membantu kita untuk mempelajari bagaimana beberapa kata dilafalkan dalam bahasa Inggris.

Bagi anak-anak berumur 5 hingga 12 tahun, coba nyanyikan lagu yang menunjukkan suara abjad dalam bahasa Inggris. Cara ini akan melatih dengan baik perbedaan suara dalam bahasa Inggris. Anda bisa mencari lagu seperti ini dengan kata kunci phonic songs english language (Lagu fonik bahasa Inggris).

Bagi anak-anak berumur 13 hingga 18 tahun, coba cetak lirik dari lagu kesukaannya. Garisbawahi beberapa kata yang ada. Lalu tebak jumlah suku kata yang ada dalam tiap kosakata yang digarisbawahi. Dengarkan lagunya dan periksa berapa banyak jawaban yang benar. Setelah itu, baru coba nyanyikan bersama lagunya.

3. Melatih Membaca, Menulis, dan Mendengar Dari Lagu

Kesempatan untuk mendengarkan bahasa Inggris akan sangat membantu. Meskipun hanya datang dari memasang musik saat sedang makan atau di perjalanan. Namun untuk sungguh menguasai bahasa Inggris, anak-anak harus mendengarkan dengan seksama. Beri sedikit waktu untuk sungguh mengerti lirik lagunya dan pikirkan apa artinya.

Untuk melatih menulis dari mendengarkan lagu, mulai dengan mendengarkan lagunya. Lagu bisa menjadi inspirasi yang baik untuk penulisan kreatif. Setelah mendengarkan selama 10 hingga 20 detik, hentikan musiknya. Setelah itu sang anak bisa menggambar apapun yang muncul di kepala mereka. Ulangi lagi mendengarkan dan menggambar hingga lagunya habis. Pada akhir lagu, sang anak seharusnya memiliki beberapa gambar yang dapat ia jelaskan sesuai dengan isi lagu tersebut yang bisa ia jadikan tulisan.

Untuk melatih membaca dengan menggunakan lagu, coba cetak beberapa lirik lagu dan potong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, coba buat bagian-bagian tersebut menjadi teratur dengan benar. Pastikan kebenarannya dengan mendengarkan kembali lagunya.

Selain itu, melatih membaca dengan menggunakan lagu juga bisa digunakan untuk mengerti ide utama dan pesan dalam sebuah teks. Gunakan lirik lagu untuk melatih keahlian membaca ini. Baca sebuah lirik lagu dan pikirkan apa arti dan emosi yang ada dalam lagunya.

Untuk melatih mendengar dengan menggunakan lagu, pilih 10 kata dari sebuah lagu. Kemudian minta teman Anda untuk menambahkan dua atau tiga kata yang tidak ada dalam lagu tersebut. Tuliskan 13 kata tersebut dalam urutan acak dan lihat daftarnya. Selanjutnya, putar lagunya sambil mencentangkan kata-kata yang terdengar muncul dalam lagu.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai berbagai macam cara untuk memelajari bahasa Inggris melalui lagu. Semoga dapat membantu Anda dalam memelajari bahasa asing satu ini secara menyenangkan.