sederet kamus
Translate: Tutorial:

Bertanya dan Memberikan Petunjuk Arah dalam Bahasa Inggris

Seringkali kita bepergian ke suatu tempat apalagi di luar negeri dan kemudian kita tidak tahu arah atau bahkan tersesat. Kadang kita merasa kesulitan untuk menentukan arah dan salah satu cara untuk dapat menemukan lokasi yang kita cari adalah dengan bertanya dengan orang sekitar atau justru sebaliknya ada orang yang bertanya kepada kita tentang petunjuk arah.

Lalu bagaimana cara kita bertanya atau memberikan petunjuk arah dalam bahasa Inggris? Apakah ada ketentuan atau panduan khusus agar kita mudah dalam bertanya atau memberikan petunjuk arah dalam bahasa Inggris kepada orang lain?

Pernahkan anda merasa bingung ketika seseorang memberikan arah? Contohnya seperti berikut :

Q: How do I get to the main street?

A: Just straight and left and err…I guess right and there you go. 

Penjelasan tersebut di atas mungkin bisa membawa kita ke tempat yang akan kita tuju namun sesaat pasti kita akan merasa bingung dengan apa yang coba A katakan. Oleh karena itu mempelajari cara bertanya dan memberikan petunjuk arah cukup penting.

Bertanya Arah Dalam Bahasa Inggris

Untuk bertanya dalam bahasa Inggris yang harus anda lakukan adalah menggunakan kalimat pembuka sebagai berikut:

Q: Hi sorry to bother you, how do I get to the main street?

Q: Could you tell me how to get to the main street?

 Atau gunakan menggunakan bahasa sederhana sebagai berikut:

Q: Excuse me, where is the nearest hotel here?

Untuk bertanya menggunakan bahasa Inggris yang perlu diperhatikan adalah sopan santun dan pemilihan kata menggunakan kata sapaan seperti hi, hello, atau excuse me baru dilanjutkan dengan pertanyaan merupakan hal yang umum dilakukan.

Memberikan Petunjuk Arah Dalam Bahasa Inggris

Menanyakan arah dalam bahasa inggris mungkin terdengar lebih mudah, namun bagaimana jika suatu saat anda bertemu dengan native speaker bahasa Inggris dan dia menanyakan arah kepada anda? Pada dasarnya ketika orang bertanya tentang petunjuk arah, kita hanya perlu menjelaskan dengan menggunakan kalimat yang sederhana.

Q: How do I get connected way to the bus station?

A: The easiest way is to go straight ahead and turn left after the apartment building.

Atau anda juga dapat menggunakan kalimat pembuka sebagai berikut:

A: The quickest way is to go straight ahead and turn left after the apartment building.

Setelah menggunakan kalimat pembuka the easiest/quickest way is anda dapat menambahkan kata kerja (common verbs) untuk menjelaskan arah mana yang harus dituju, contoh kata kerja yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

Go + direction (right, left, down, up, through)

Q: Where is the church location?

A: Go to the right

Atau anda dapat menggunakan kalimat berikut jika lokasi berada di bukit atau harus melewati sesuatu seperti jembatan, lorong atau terowongan terlebih dahulu seperti contoh di bawah,

Q: Where is the garden location?

A: Go down the slope atau Go up the hill.

A: Just go through the tunnel.

Take + road name

Jika ada seseorang yang bertanya kepada anda, dapat juga menggunakan frasa kalimat di atas sebagai penunjuk arah. Misalnya seperti contoh di bawah:

Q: Do you know the Brauss hotel?

A: You can take the Giant road and the hotel will be in the right.

Menggunakan kata take lalu merujuk ke nama jalan akan memudahkan anda untuk mengarahkan orang tersebut mencapai tujuannya apalagi jika tujuan orang tersebut berada di pinggir jalan.

Turn + right / left

Ketika seseorang dalam posisi berkendara dan dia bertanya arah kepada anda maka anda dapat menggunakan kata turn lalu kemudian merujuk arah yang dimaksud.

Q: Where is the nearest supermarket here?

A: Turn left after the traffic light, you will find the supermarket there.

Namun jangan gunakan kata turn ketika orang yang bertanya kepada anda sedang berjalan kaki, karena secara bahasa hal tersebut tidak tepat.

Stay on + road name + distance or time

Q: Excuse me, where is the nearest supermarket here?

A: Turn left and stay on the Giant road for 2 kms or 2 mls

Memberikan informasi terkait jarak (umumnya menggunakan km atau mil) dan waktu tempuh kepada sesorang yang bertanya arah akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Hal penting lain yang harus anda sebutkan ketika memberikan petunjuk adalah penggunaan kata transisi seperti after that,then, next, when you get to, dan finally. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut :

Q: Where is the nearest supermarket here?

A: Turn left, after that take Giant road then you turn right. Next you will see the red building. When you get there just go down the hill. Finally, you will find the supermarket.

Selain menggunakan kata transisi seperti contoh di atas kita dapat menambahkan landmarks atau bangunan yang mudah dikenali atau menjadi ciri khas daerah tersebut sebagai acuan untuk memberikan petunjuk arah. Contoh dalam kalimat tersebut adalah petunjuk red building.

Anda juga dapat memberitahukan informasi peringatan contohnya jika ada perbaikan jalan, lalu lintas yang padat, jam sibuk, atau lokasi berada di jalan satu arah.

A: Be careful, there might be road repairs there

A: It’s a very busy road since it’s a one way line