sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Berbahasa Inggris merupakan keahlian yang perlu dipelajari dan dimiliki oleh setiap orang saat ini. Dengan kemampuan memahami dan menerapkan Bahasa Inggris dengan baik tentu akan meningkatkan peluang kita dalam berbagai hal, terutama peluang dalam dunia kerja dan bisnis.  Cara paling mudah untuk memulai belajar bahasa Inggris tentu melalui kursus bahasa karena tiap tahap pembelajaran dalam kursus sudah diatur agar mudah dipahami dan berkesinambungan dengan tahap pembelajaran selanjutnya. Akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk mengikuti kursus bahasa karena berbagai hal seperti biaya, waktu dan lain sebagainya.  Kendati demikian, kita tidak perlu berputus asa. Ada cara lain untuk belajar bahasa Inggris yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari atau dengan kata lain belajar secara autodidak. Berikut beberapa tahapan atau beberapa cara untuk belajar bahasa Inggris secara autodidak.

  1. Tetapkan tujuan Anda Set your goal(s)

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah tetapkan tujuan akhir anda dari proses belajar ini. Tujuan akhir tiap orang bisa berbeda-beda. Contohnya, untuk mengerti bahasa Inggris sehari-hari atau untuk mencapai nilai TOEFL tertentu atau bisa juga hingga fasih berbahasa Inggris seperti seorang native speaker (penutur asli). Langkah ini perlu dilakukan agar proses belajar anda lebih terarah dan dengan tujuan yang jelas.

  1. Pelajari kata dan susunan kalimat dasar Learn basic words and sentence structures

Sama seperti anak kecil yang baru mempelajari suatu bahasa, kita juga perlu untuk mengenal dan mempelajari kata-kata dasar dalam bahasa Inggris. Kata-kata dasar yang dimaksud yaitu kata-kata yang umum digunakan sehari-hari. Kata dasar dibagi menjadi dua, yaitu:

    • Kata Benda – noun

Anda bisa memulai mencari dan mempelajari bahasa Inggris dari benda-benda yang ada di sekeliling anda. Kata benda dalam bahasa Inggris ada dua, yaitu:

    • Singular noun (Kata benda tunggal)

 Artinya kata benda tersebut menggambarkan hanya satu benda. Contohnya book (buku), water (air), cup (cangkir), paper (kertas) dan lain sebagainya.

    • Plural noun (Kata benda jamak)

Artinya kata benda tersebut menggambarkan ada lebih dari satu benda. Dalam bahasa Inggris, kata jamak dibentuk dengan tambahan -s di akhir kata benda. Contohnya

      • books (lebih dari satu buku)
      • water (air) — Air tidak bisa “dihitung” sehingga tidak ada penambahan -s
      • cups (lebih dari satu cangkir)
      • papers (lebih dari satu kertas)
      • dan lain sebagainya.
    • Kata Kerja verb

Sama halnya dengan poin di atas, anda bisa memulai mencari dan mempelajari bahasa Inggris dari kata kerja yang anda lakukan sehari-hari. Contohnya,

      • wake up (bangun)
      • eat (makan)
      • bring (membawa)
      • see (melihat)
      • dan lain sebagainya.

Selain itu, anda juga perlu mempelajari grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Sebagai permulaan tidak perlu semuanya, hanya 3 grammar dasar saja yang perlu anda kuasai yaitu past tense (masa lalu), present tense (masa sekarang) dan future tense (masa depan). Namun sebenarnya pola grammar (tata bahasa) tersebut bisa dikuasai bukan hanya dengan menghafal tetapi bisa juga dipelajari sembari menerapkan poin-poin di bawah ini.

  1. Dengarkan – Listen

Salah satu cara paling mudah untuk diterapkan dalam belajar bahasa Inggris secara autodidak adalah dengan mendengar. Sama halnya dengan bayi, mereka mulai belajar bahasa melalui kata yang berulang kali mereka dengar dari orang-orang di sekitarnya yang kemudian mereka serap dan terapkan. Anda bisa mulai dengan mendengarkan lagu atau podcast dalam bahasa Inggris yang menarik minat anda. Usahakan lagu atau podcast tersebut memiliki teks dalam bahasa Inggris untuk mempermudah anda mempelajari kalimat yang anda dengar. Sembari mendengar, coba untuk pahami arti dari kata dan kalimat yang anda dengar terlebih dahulu. Jika anda tidak mengerti kata tertentu, cari arti kata tersebut di kamus atau internet. Setelah anda mendapatkan artinya, coba untuk  tulis dan ingat kata tersebut beserta artinya berulang kali hingga anda hafal.

  1. Melihat Watching

Selain melalui media audio, anda juga bisa belajar dengan melihat film atau video bahasa Inggris. Namun bila dirasa menonton dan mempelajari bahasa dalam satu film hingga habis terlalu berat, anda bisa memilih satu segmen dari film/video tersebut yang menarik minat anda untuk dipelajari. Bagi pemula usahakan untuk memilih film/video dengan bahasa yang mudah dipahami, misalnya film anak-anak atau video yang berisi percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris yang kemudian bisa anda tingkatkan melalui film/video dengan kosakata yang lebih berat. Saat menonton film anda bisa memulai dengan melihat subtitle (teks) dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan anda memahami alur ceritanya. Setelah itu, lihat film/video tersebut dengan teks bahasa Inggris untuk mempermudah anda mempelajari kata/kalimat yang anda dengarkan.  Jika ada kata baru yang tidak anda pahami, tulis lalu cari artinya. Jika perlu, lihat kembali film/video tersebut hingga anda bisa hafal dan meniru artikulasi kata yang anda dengar. Anda juga bisa melihat kembali film/video tersebut tanpa teks untuk melatih kemampuan listening (mendengar) anda.

  1. Membaca – Reading

Selain dengan mendengar dan melihat, anda juga bisa belajar melalui membaca. Melalui membaca anda bisa memperkaya kosakata sekaligus meningkatkan kepekaan anda terhadap struktur kalimat yang biasa terbentuk dalam bahasa Inggris. Anda juga bisa mulai memperhatikan dan mempelajari perbedaan tenses serta dalam situasi apa tenses tersebut dapat diterapkan. Bagi pemula, anda bisa mulai dengan membaca bacaan yang mudah dipahami contohnya buku anak-anak berbahasa Inggris karena biasanya buku anak-anak memuat kata dan struktur kalimat dasar yang mudah dipahami oleh pemula. Selain itu, anda juga bisa memulai dengan membaca bacaan yang anda sukai dalam bahasa Inggris seperti novel, komik dan lain sebagainya. Sedangkan bagi anda yang ingin meningkatkan kosakata dan struktur kalimat formal, anda bisa meningkatkan frekuensi membaca jurnal, berita dan artikel dalam bahasa Inggris. Jika ada kata atau kalimat yang tidak anda pahami tulis dan cari artinya.

  1. Menulis – Writing

Setelah mendengar dan membaca telah anda kuasai, anda bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda dengan menulis. Dengan menulis, anda bisa mengukur sejauh mana kemampuan anda dalam memahami bahasa Inggris. Anda bisa memulai dengan menuliskan kegiatan anda sehari-hari, rencana anda esok hari hingga menulis cerita anda. Lebih tepatnya anda bisa mulai dengan menulis apa pun yang anda inginkan dalam bahasa Inggris. Jika anda merasa berat untuk langsung menulis dalam bahasa Inggris, anda bisa mulai menulis kata/kalimat yang tidak anda pahami dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Baru setelah itu anda cari bagaimana penulisan kata/kalimat tersebut dalam bahasa Inggris. Dengan menulis anda juga bisa mulai belajar menerapkan grammar (tata bahasa) yang sudah anda pelajari sebelumnya atau sembari anda mempelajarinya.

  1. Berbicara – Speaking

Setelah anda belajar bahasa Inggris baik melalui mendengar, melihat, membaca maupun menulis, usahakan untuk selalu tiru apa yang anda dengar atau baca yang anda baca dengan suara lantang. Hal tersebut bertujuan untuk membantu anda belajar lebih cepat sekaligus meningkatkan kemampuan anda berbicara dalam bahasa Inggris. Selain itu, usahakan untuk berbicara dalam bahasa Inggris setiap hari, entah monolog maupun dengan teman anda. Semakin sering anda berbicara dalam bahasa Inggris maka semakin cepat anda memahaminya. Jika anda awalnya anda masih merasa malu untuk berbicara dalam bahasa Inggris, anda bisa mulai dengan monolog atau berbicara dengan diri sendiri. Anda bisa mulai dengan membicarakan apa yang anda lakukan saat itu atau apa yang sedang anda lihat maupun apa yang sedang anda pikirkan. Contohnya sebagai berikut.

Contoh monolog, saat bangun tidur:

Uh! What time is it now? It’s 6 a.m. Wow! I should wake up and take a bath now. Hurry,hurry! I have to take my towel and then go to the bathroom. Yup, open the door. (etc.) (Uh! Jam berapa sekarang? Sekarang jam 6 pagi. Wow! Aku haru bangun dan mandi sekarang. Cepat, cepat! Aku harus ambil handuk milikku lalu pergi ke kamar mandi. Ya, buka pintunya. (dan seterusnya))

Lakukan monolog tersebut  dengar bersuara, tidak perlu dengan suara kencang, cukup hingga anda bisa mendengarnya saja.  Tidak apa jika awalnya anda mencampurkan kata dalam bahasa Indonesia ke dalam monolog anda, tetapi jangan berhenti untuk mencoba. Usahakan untuk selalu mencatat semua kata yang belum anda ketahui dan kemudian cari apa penulisan serta penuturan kata tersebut dalam bahasa Inggris saat waktu luang.

  1. Kapan pun dan di mana pun – Anywhere and anytime

Selalu lakukan poin-poin di atas kapan pun dan di mana pun jika anda ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Usahakan lakukan minimal satu poin dalam satu waktu jika tidak memungkinkan menerapkan beberapa poin dalam sekali waktu. Misalnya, saat anda sedang rapat mungkin anda tidak mungkin mendengarkan podcast atau menonton film tetapi mungkin anda bisa melakukan monolog atau mencatat dalam bahasa Inggris. Jika waktu dan situasi anda benar-benar tidak memungkinkan bagi anda untuk selalu menerapkan poin-poin di atas, usahakan untuk selalu menerapkan satu poin dalam satu hari dan ganti esok harinya. Contohnya, membaca untuk malam ini, menonton untuk besok, menulis untuk lusa dan seterusnya. Lakukan setiap hari sehingga menjadi kebiasaan anda.

  1. Pantang menyerah – Never give up

Tujuan akhir tidak akan tercapai jika kita berhenti di tengah jalan atau bahkan menyerah karena merasa proses belajar sendiri terlalu susah. Tidak ada jalan pintas di hidup ini, termasuk belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, ingat tujuan akhir anda saat memulai proses belajar ini dan jangan menyerah.

  1. Jangan takut salah Don’t be afraid to be wrong

Salah satu hal yang paling penting dalam belajar bahasa Inggris adalah jangan takut salah. Tentu hal tersebut menjadi suatu hal yang berada dalam benak banyak orang tetapi jangan biarkan perasaan tersebut menghantui anda karena pasti akan menghambat anda dalam belajar. Mulailah berbicara dengan teman atau orang asing dalam bahasa Inggris. Jangan takut atau khawatir jika tata bahasa anda masih kurang baik atau salah karena semua orang pasti pernah mengalaminya. Kesalahan merupakan hal yang wajar dalam masa belajar. Jangan terlalu sedih atau marah jika anda di koreksi. Tetap semangat, percaya diri dan terus berusaha.