sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Berbicara di Telepon dalam Bahasa Inggris

How To Talk On The Phone

Menjawab panggilan telepon atau membuat panggilan terkadang cukup sulit untuk yang baru mempelajari bahasa Inggris. Masalah suara dan tidak bisa melihat langsung orang yang dituju terkadang menjadi penghambat komunikasi. Namun jangan khawatir karena Anda masih bisa menguasai berbicara di telepon dalam bahasa Inggris. Anda hanya perlu menghafalkan beberapa kalimat yang penting untuk mengawali dan mengakhiri panggilan telepon.

Dalam melakukan panggilan telepon, Anda juga harus dapat membedakan situasinya apakah formal atau informal. Untuk mempelajari lebih lanjut, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Panggilan Telepon Informal

Dalam melakukan panggilan telepon secara informal, biasanya Anda sudah mengetahui bahwa orang yang Anda hubungi adalah teman Anda sendiri atau orang terdekat Anda. Usahakan jika Anda menerima panggilan dari nomor yang tidal dikenal untuk menggunakan bahasa yang formal.

1. Cara Menjawab Telepon Secara Informal

  • Hi (Hai)
  • Hey (Hei)
  • Yes? (Iya?)
  • What’s up? (Ada apa?)

2. Cara Menanyakan Siapa Yang Menghubungi

Jika Anda mendapatkan panggilan dari nomor yang dikenal namun dari suaranya terdengar familiar atau informal, Anda bisa menanyakan siapa yang menghubungi Anda secara informal juga. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Who’s this? (Siapa ini?)
  • Do I know you? (Apakah saya kenal Anda?)

Selanjutnya jika Anda yang menelepon, Anda bisa menjawab dengan “It’s (nama Anda)”. Contohnya: “It’s Indra” (Ini Indra).

Dalam panggilan telepon yang informal, pembicaraan yang ada tidak bertele-tele. Biasanya pembicaraan di telepon akan langsung pada intinya. Tidak ada embel-embel menanyakan apa kabar dan semacamnya terlebih dahulu.

3. Cara Menutup Panggilan Telepon Informal

Untuk menutup atau mengucapkan selamat tinggal dalam percakapan telepon secara informal, mudah sekali. Ada tiga cara untuk melakukannya yaitu berikut ini:

  • Bye! (Dadah!)
  • See you! (Sampai jumpa!)
  • Later! (Sampai nanti!)

Berikut adalah contoh percakapan telepon informal secara menyeluruh:

A: Hi, Lou! (Hai, Lou!)

L: Yes? Who’s this? (Iya? Ini siapa?)

A: It’s me, Annie! (Ini aku, Annie!)

L: Oh hey, Annie. What’s up? (Oh, hei, Annie. Ada apa?)

A: I want to ask you if I could borrow your notes from last week’s english class. (Aku ingin bertanya apakah aku bisa meminjam catatan kelas bahasa Inggris minggu lalu.)

L: Yeah sure. I’ll bring it tomorrow at school. (Iya, tentu. Aku akan bawa besok ke sekolah)

A: Thank you so much! See you! (Terima kasih banyak! Sampai jumpa!)

L: Later! (Sampai nanti!)

Panggilan Telepon Formal

Dalam melakukan panggilan telepon secara formal, pastikan Anda tidak menyingkat satu kata pun. Biasanya panggilan telepon formal dilakukan untuk urusan bisnis, pemesanan hotel, dan situasi formal lainnya. Termasuk juga jika Anda menjawab panggilan dari nomor yang belum Anda kenali.

1. Cara Menjawab Panggilan Telepon Secara Formal

Untuk menjawab telepon secara formal, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Hello? (Halo?). Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan frasa Good Afternoon? (Selamat siang?) / Good Morning? (Selamat pagi?) / Good Evening? (Selamat malam?).

2. Cara Menanyakan Siapa Yang Menghubungi

Jika Anda mendapatkan panggilan dari nomor yang dikenal dan suaranya terdengar formal, Anda bisa menanyakan siapa yang menghubungi Anda secara formal juga. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • To whom am I speaking? (Kepada siapa saya berbicara?)
  • Who am I speaking with? (Saya berbicara dengan siapa?)

Selanjutnya jika Anda yang menelepon, Anda bisa menjawab secara formal dengan mengatakan “It’s (nama Anda)” dan bisa juga ditambah keterangan asal Anda. Contohnya: “It’s Indra from biology class” (Ini Indra dari kelas biologi).

Dalam panggilan telepon yang formal, pembicaraan yang ada biasanya basa-basi terlebih dahulu dengan menanyakan apa kabar dan semacamnya. Baru setelah itu akan masuk ke dalam inti pembicaraan.

3. Cara Menutup Panggilan Telepon Formal

Untuk menutup atau mengucapkan selamat tinggal dalam percakapan telepon secara formal, ada formulanya tersendiri dan biasanya Anda selalu mengucapkan terima kasih terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  • Thank you, I will see you tomorrow, then. (Terima kasih, saya akan jumpai Anda besok kalau begitu)
  • Thank you and good day. (Terima kasih dan semoga hari Anda baik)

Berikut adalah contoh percakapan telepon formal secara menyeluruh:

A: Hello? (Halo?)

B: Good afternoon. Could I speak to Mrs. Arlette? (Selamat siang. Bisa saya berbicara pada Ibu Arlette?)

A: That’s me. To whom am I speaking? (Itu saya. Kepada siapa saya tengah berbicara?)

B: I’m Mr. Andre’s secretary. I would like to make sure that you’re still on for the meeting tomorrow. (Saya sekretaris Pak Andre. Saya ingin memastikan Anda masih akan datang ke rapat besok.)

A: Yes, of course. Thank you for your reminder. (Iya, tentu saja. Terima kasih atas pengingatnya)

B: No problem. I will inform Mr. Andre too. (Tidak masalah. Saya akan kabari Pak Andre juga.)

A: Thank you so much. (Terima kasih banyak)

B: Of course, Ma’am. Have a good day. (Tentu saja, Bu. Semoga hari Anda baik)