sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Bercerita Mengenai Waktu Luang dan Hobi dalam Bahasa Inggris

Talking About Free Time and Hobby

Free time (waktu luang) dan hobby (hobi) merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ketika kita berbicara tentang waktu luang, biasanya kita bercerita tentang hobi juga. Hal ini karena orang-orang biasanya menggunakan waktu luangnya untuk melakukan hobi mereka. Hobi merupakan aktivitas yang dilakukan secara teratur atau regular karena kita senang untuk melakukannya, biasanya dilakukan di waktu luang. Hobi yang umum dimiliki oleh manusia diantaranya membaca buku, olahraga, memasak, memainkan alat-alat musik, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang waktu luang dan hobi seharusnya tidak sulit karena kita seharusnya sangat mengerti tentang topik tersebut. Ditambah lagi, manusia biasanya lebih antusias jika berbicara tentang hal yang sangat disukai. Jangan terlalu membingungkan hobi mana yang sebaiknya kita ceritakan. Bercerita mengenai hobi apa pun juga dibolehkan. Jika kamu bisa menjelaskannya dengan baik, topik apa pun juga bisa menjadi topik yang menarik.

Di beberapa ujian, kamu akan diberikan kartu yang bertuliskan topik tertentu. Baca penjelasan berikut untuk belajar berbicara tentang topik waktu luang dan hobi:

Untuk mengawali pembicaraan, tanyakan terlebih dahulu kepada diri sendiri tentang kegiatan apa yang kita senangi di waktu luang atau kegiatan yang membuat kita bahagia.

Pertanyaan:

  • What do you enjoy doing in your spare time? (Apa yang kamu senang untuk lakukan di waktu luang?)
  • Do you have any interesting hobby? (Apakah kamu memiliki hobi yang menarik?)

Ada banyak jenis hobi yang dimiliki orang. Mulai dari menonton film (watching movie), membaca (reading), memasak (cooking), belanja (shopping), melukis (painting), memanjang gunung (mountain climbing), olahraga (doing sports), dan lain-lain. Kembangkan jawaban dari pertanyaan di atas berdasarkan hobi yang dimiliki supaya menjadi kalimat yang lebih menarik.

Contohnya:

  • I like reading a book in my spare time (Saya senang membaca buku di waktu luang)
  • I do a bit of painting (Saya terkadang melukis)
  • I’m mad about photography (Saya sangat menggilai fotografi)
  • I play badminton and tennis (Saya bermain bulu tangkis dan tenis)
  • I practice playing piano twice a week (Saya berlatih main piano seminggu dua kali)

Kembangkan cerita mengenai hobi dengan menambahkan beberapa detail, misalnya seberapa sering hobi tersebut dilakukan.

Pertanyaan:

  • How often do you do your hobby? (Seberapa sering kamu melakukan hobi kamu?)

Contoh kalimat:

  • I play piano every afternoon after school (Saya bermain piano setiap sore sesudah jam sekolah)
  • I go swimming every Sunday morning (Saya berenang setiap hari Minggu pagi)
  • I usually hanging out with my friends three times a week (Saya biasanya pergi bersama teman-teman saya tiga kali dalam seminggu)
  • Every morning, I will write a short story in my notes (Setiap pagi saya menulis cerita pendek di buku catatan saya)

Tambahkan detail lain berupa di mana biasanya hobi tersebut dilakukan.

  • I go to a swimming pool near my house (Saya berenang di kolam renang dekat rumah)
  • I enjoy reading a book in the city park (Saya senang membaca buku di taman kota)
  • I often go to the mountain because I love mountain climbing (Saya sering pergi ke gunung karena saya menyenangi memanjat gunung)

Ceritakan mengenai alasan mengapa hobi tersebut disukai.

Pertanyaan:

  • Why do you like your hobby? (Kenapa kamu suka hobi tersebut?)
  • What do you like the most about your hobby? (Apa yang paling kamu sukai dari hobi kamu?)

Contoh jawaban:

  • Swimming makes me healthier, so I do it every week (Berenang dapat membuatku menjadi lebih sehat, jadi saya melakukannya setiap minggu)
  • My father introduced me to boxing since I was in middle school (Ayahku mengenalkanku pada olahraga tinju sejak aku bersekolah di Sekolah Menengah)
  • Reading is amazing because I can travel to another place and time freely (Membaca itu luar biasa karena aku dapat bepergian ke tempat dan waktu yang lain secara bebas)

Untuk membuat pembicaraan menjadi lebih menarik, tambahkan pula detail-detail lain selain yang telah disebutkan sebelumnya:

  • I love cooking, but I don’t get the chance to do it often (Saya senang memasak namun tidak sempat untuk sering melakukannya)
  • I actually hate being indoor to much so I really love jogging in the city park (Aku benci berada di dalam ruangan terlalu lama sehingga aku sangat menyukai jogging di taman kota)

Berikut adalah contoh mengenai bagaimana cara untuk bercerita mengenai free time and hobby secara utuh:

For me personally, I’ve had various hobby as I’ve grown up. I used to love outdoor sports such as jogging and swimming. However, when I was a bit older I love being indoor more. When I was in High School, I started to try reading a book. At that time finally I found out that reading is very exciting. Since then, I always bring a book everywhere and will spare my time to read a book for minimum one book per week. I enjoy reading because while reading I can travel to the place where the characters are. I become immersed in the story that I sometimes develop my imaginations. Reading novels also can improve my reading skill. As a result, I can read more books for school. My parents also become happier because my grades are improving. They supports my hobby well by giving me some pocket money to buy the books. Now I enjoy to ready any books, whether it is a fiction book or a book about science.