sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar berbahasa Inggris memang bukan hal yang mudah, karena ada banyak hal yang perlu dipelajari. Mulai dari pronounciation, tata bahasa, makna dan lain sebagainya. Semuanya butuh effort yang luar biasa untuk bisa mempelajarinya. Namun jangan salah, bahasa Inggris tak hanya bisa dipelajari dari bangku sekolah, tetapi juga bisa dipelajari secara otodidak, lho.

Anda bahkan bisa menggunakan waktu luang untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Supaya, hasil belajar bahasa Inggris otodidak yang dilakukan ini bisa berjalan optimal, Anda perlu tahu trik cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak terlebih dahulu.

Sebab semua orang tahu jika belajar bahasa Inggris bukan sekedar belajar teori saja tetapi juga praktek pengucapannya yang mesti dilakukan secara berkesinambungan. Itulah sebabnya, belajar bahasa Inggris secara otodidak juga dapat dilakukan sebagai bagian dari usaha agar bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Lantas bagaimana caranya? Simak tips berikut selengkapnya.

Tips Penting dalam Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Berikut sejumlah hal yang mesti diperhatikan saat belajar bahasa Inggris otodidak.

1. Siapkan Materi Belajar  

Salah satu hal penting yang mesti diperhatikan dan disiapkan dalam belajar bahasa Inggris ototdidak ialah materi belajar. Hal ini menjadi unsur yang cukup penting untuk mempermudah belajar bahasa Inggris terlebih secara ototdidak. Agar kegiatan belajar secara otodidak jadi lebih menyenangkan, Anda pun harus menyiapkan materi yang cukup menarik sebelum kegiatan belajar dimulai.

Materi pembelajaran yang menyenangkan bisa berupa buku, audio maupun video dan lain sebagainya. Misalnya, Anda sangat suka menonton film Harry Potter, tak hanya menjadikan filmnya sebagai referensi untuk belajar bahasa Inggris. Anda pun juga bisa belajar bahasa Inggris dari versi novelnya yang berbahasa Inggris.

Dengan cara ini, Anda dapat menambah jumlah perbendaharaan kata (vocabulary) dalam bahasa Inggris, serta membiasakan diri untuk melatih listening dan reading sekaligus. Melalui sebuah film, Anda pun juga bisa belajar perbedaan pengucapan bahasa Inggris dengan berbagai aksen yang berbeda.

Anda bahkan juga dapat menggabungkan sejumlah unsur sebagai materi pembelajaran bahasa Inggris. Anda juga dapat membeli buku dengan fasilitas tambahan, seperti audio sehingga ketika melihat materi dari buku, Anda bisa sekaligus mendengarkan audio dan menjalankan lesson. Dengan begitu, Anda dapat mendengar sekaligus memahami materi apa yang tengah disampaikan dari audio tersebut. Dengan begitu Anda akan jadi lebih mudah untuk belajar bagaimana cara pengucapan bahasa Inggris dari native speaker.

Namun jika ingin mengupgrade kemampuan Anda lebih baik lagi. Anda dapat mendengarkan podcast dengan bahasa Inggris yang membahas berbagai macam  isu maupun topik yang sedang hits saat ini. Melalui podcast, Anda dapat membiasakan diri dan mengasah kemampuan listening (mendengar) percakapan berbahasa Inggris. Dan mengetahui ketepatan bahasa atau kalimat yang digunakan dalam percakapan tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat membeli maupun mendownload kamus bahasa Inggris di smartphone yang Anda gunakan. Dalam belajar bahasa Inggris otodidak, kamus menjadi buku panduan yang wajib untuk dimiliki. Melalui kamus, Anda dapat belajar banyak kosakata dalam bahasa Inggris. Mulai dari yang mudah hingga sulit, dari yang umum digunakan sampai yang jarang digunakan. Dengan begitu, cara belajar bahasa Inggris secara otodidak bisa lebih mudah untuk dilakukan.

2. Belajar dengan Lebih Fleksibel

Kunci dalam belajar bahasa Inggris secara otodidak ialah dengan sering-sering berlatih di mana pun dan kapan pun juga. Sebagaimana kalimat bijak, “there’s no better way to learn a language than to dive right in.” (Tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa selain terjun langsung). Maknanya, tak ada cara terbaik dalam belajar bahasa asing dibandingkan mempraktekannya langsung. Hal tersebut berlaku untuk semua jenis bahasa, tak terkecuali bahasa Inggris.

Belajar otodidak maknanya, Anda belajar sendiri dengan berbagai media yang seadanya. Maka, Anda bisa lebih fleksibel dalam belajar. Sebab, Anda dapat belajar kapan pun dan dimana pun tanpa terbatas ruang kelas atau media. Dengan begitu, kemampuan berbahasa Ingris bisa berkembang lebih cepat, karena tak ada batasan yang membatasi.  Contohnya saja, Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk belajar listening dengan mendengarkan audio berisi percakapan berbahasa Inggris .

Anda juga bisa mengisi smartphone Anda dengan berbagai jenis aplikasi pembelajaran maupun modul-modul bahasa Inggris. Dengan begitu Anda bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapanpun juga. Anda juga dapat membawa buku atau novel berbahasa Inggris, untuk dibaca di saat sedang senggang.

3. Pelajari Banyak Kosakata Bahasa Inggris

Satu hal yang cukup penting dalam cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak ialah dengan mempelajari banyak kosakata dalam bahasa Inggris. Kemampuan Anda dalam mempelajari kosakata yang tepat sangat diperlukan agar bisa lebih lancar. Anda bisa memulainya dengan membaca, menulis, kemudian mendengarkan dari materi atau bahan pembelajaran yang dapat meningkatkan perbendaharaan kata atau kosa kata dalam bahasa Inggris.

Anda juga dapat mencatat kosa kata baru untuk mempeluas perbendaharaa kata dalam bahasa Inggris. Mudah saja, caranya setiap Anda mendengar kata atau kalimat baru yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Sebisa mungkin catat kata atau kalimat tersebut dan bagaimana cara pengucapannya kemudian temukan arti dari kata tersebut.

Makin banyak kalimat atau kata yang Anda tulis, ini akan membantu Anda untuk mengingat makna dari kalimat tersebut. Anda juga dapat menyimpan catatan tersebut jika nanti dibutuhkan selanjutnya.

4. Learn and Practice

Ingin belajar bahasa Inggris secara otodidak sama seperti dengan belajar naik sepeda, meski secara teori Anda bisa memahami bagaimana cara mengendarai sepeda. Tetapi, jika belum pernah mencoba menaiki ataupun mengayuh sebuah sepeda secara langsung maka sampai kapan pun Anda tak akan pernah bisa.

Maka dari itu, selain mempelajari bahasa Inggris secara teori dari buku atau tulisan, Anda pun juga harus sering-sering mempraktekannya secara langsung meskipun masih kerap melakukan banyak kesalahan. Misalnya saja dengan belajar mengucapkan kalimat perkenalan atau pertanyaan, seperti

    • Hello, My name is __” (halo, nama saya __)
    • What is your name?” ( Siapa nama kamu?)
    • Where dou you live? (Dimana kamu tinggal)
    • “Where you come from? (Dari mana asal kamu?)
    • “Nice to meet you.” (Senang bertemu dengan kamu)

Dengan belajar sedikit demi sedikit dengan rutin, Anda akan lebih cepat menguasai bahasa Inggris secara otodidak dengan cepat. Dari pembelajaran secara langsung Anda bisa mengasah kemampuan speaking atau berbicara dalam bahasa Inggris sehingga lebih luwes dalam pengucapannya dan tidak merasa canggung lagi.

Di era digital seperti sekarang ini, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk belajar praktek berbahasa Inggris.  Bisa dengan teman yang sudah dikenal maupun teman di media sosial. Jika Anda penasaran bagaimana kemampuan pronounciation (pengucapan) bahasa Inggris yang sudah dipelajari, Anda bisa berteman dengan native seaker (orang yang menggunakan bahasa Inggris sejak lahir).

Kemudian meminta mereka untuk belajar conversation atau bercakap-cakap dengan mereka secara langsung. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bagaimana pengucapan tiap hurufnya, dan apakah kemampuan Anda sudah ada peningkatan atau belum. Pada intinya, ialah belajar dan kemudian dipraktekkan secara langsung.  Dengan begitu, Anda bisa mengetahui dimana letak kesalahan yang Anda perbuat agar bisa memperbaiki kesalahan tersebut di lain kesempatan.

5. Berlatih Monolog

Salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak ialah dengan monolog. Anda dapat melatih diri sendiri untuk mengucapkan sejumlah kata berbahasa Inggris. Kemudian tunjukan bagaimana ekspresinya serta cara Anda mengontrol tiap kata yang akan diucapkan. Dengan begitu, secara tidak langsung organ mult akan menjadi terbiasa dengan huruf-huruf dan cara pengucapan kalimat bahasa Inggris.

Anda dapat melakukan latihan didepan cermin terlebih dahulu, kemudian jika sudah merasa lebih percaya diri dan mampu baru ajak teman untuk mendengarkan monolog Anda dalam bahasa Inggris dan biarkan mereka memberikan penilaian secara objektif. Anda juga bisa membuatnya jadi sebuah video kemudian diunggah di media sosial.

Kemudian minta teman-teman Anda untuk memberikan penilaian pada pengucapan bahasa Inggris yang Anda lakukan. Tentu ini akan terasa lebih seru, karena Anda bisa mendapatkan berbagai respon dari berbagai macam orang. Sehingga Anda bisa mendapatkan berbagai macam masukan dari orang lain. Dengan begitu ini bisa jadi sarana untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak yang sangat bagus.

6. Mengikuti Komunitas Berbahasa Inggris

Selain mengunggah video monolog, Anda pun juga dapat melakukan dialog dengan berbagai kalangan. Salah satu caranya ialah dengan dengan mengikuti komunitas yang menggunakan bahasa Inggris atau komunitas belajar bahasa Inggris. Anda pun juga dapat memanfaatkan media sosial untuk bisa terhubung dengan berbagai komunitas belajar bahasa Inggris atau bahkan ikut masuk di komunitas berbahasa Inggris.

Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kesukaan Anda dalam bahasa Inggris agar kegiatan belajar bahasa Inggris yang Anda lakukan terasa lebih enjoy dan menyenangkan. Dengan  begitu, Anda akan merasa senang dan akhirnya terbiasa menggunakan bahasa Inggris. Sehingga kegiatan belajar secara otodidak bisa dilakukan lebih cepat.

 Selain bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat secara otodidak, Anda juga bisa berkenalan dengan banyak orang-orang baru, sehingga network Anda pun juga bisa semakin meluas. Maknanya, hal ini tak hanya menjadi cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak tetapi juga membangun network.

7. Traveling ke Negara yang Menggunakan Bahasa Inggris

Satu lagi cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak ialah dengan traveling ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya. Dengan melakukan traveling, Anda dapat belajar secara langsung bagaimana pengucapan bahasa Inggris mereka, aksennya, dan banyak lagi. Hal ini bisa membuat Anda mendengar lebih banyak cara pengucapan bahasa Inggris yang mungkin belum pernah Anda dengar dari video, audio maupun buku.

Dengan traveling ke luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya, seperti Amerika atau Eropa, ini akan membantu Anda belajar lebih mudah. Tapi jika budget Anda tak memungkinkan, Anda juga bisa traveling ke tempat-tempat wisata yang banyak didatangi oleh turis mancanegara untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda. Misalnya saja seperti, Borobudur, Bali, dan lain sebagainya.

Dengan berinteraksi secara langsung bersama native speaker, Anda bisa mempraktekan bahasa Inggris yang Anda pelajari secara otodidak. Bagaimana lawan bicara Anda merespon kalimat Anda dan sebaliknya. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman seru yang luar biasa ketimbang belajar sendiri hanya mendengarkan dari audio ataupun video saja.

Nah, itu tadi beberapa cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah. Mulai dari menyiapkan materi, belajar secara fleksibel, mempelajari kosakata, mempraktekan langsung, berlatih monolog, ikut di komunitas hingga traveling ke luar negeri. Semuanya bisa Anda coba untuk mempelajari bagaimana caranya berbahasa Inggris secara otodidak.