sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Meminta Maaf (How to Apologize)

Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini, ada kalanya kita sebagai manusia pasti bisa berbuat salah. Jika salah maka yang kita lakukan haruslah minta maaf kepada orang tersebut. Karena dengan kesalahan yang kita lakukan bisa saja membuat orang lain terluka, entah itu terluka perasaannya maupun terluka fisiknya.

Minta maaf memang bukanlah hal yang mudah, namun tentu saja kita harus bisa meminta maaf kepada orang lain jika memang kita berbuat kesalahan. Jika anda tinggal di luar negeri atau mungkin sering berkomunikasi dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris maka anda bisa menggunakan kalimat Bahasa Inggris untuk menyampaikan rasa maaf tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi yang menarik dan penting untuk anda mengenai how to apologize in english (when you make a mistake) atau yang memiliki arti bagaimana meminta maaf dalam Bahasa Inggris ketika anda membuat sebuah kesalahan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tip Meminta Maaf Secara Tulus

Mungkin dengan berkata maaf tidak akan langsung memperbaiki sebuah masalh. Namun tentu saja itu setidaknya akan membuat permasalahan yang terjadi antara atau orang lain akan cepat terselesaikan. Jika anda merasa bahwa anda baru saja membuat suatu kesalahan, maka kami sarankan supaya anda segera meminta maaf kepada orang itu.

Pada kesempatan kali ini sebelum memberi contoh kalimat bagaimana untuk meminta maaf kepada orang lain, kami akan memberitahu informasi megnenai tips for sincere apologies when you make a mistake atau tips permintaan maaf tulus ketika anda membuat kesalahan. Berikut adalah beberapa tips pentingnya :

  • Bertanggung jawab dan menyadari kesalahan anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika anda ingin meminta maaf dengan tulus kepada orang lain adalah dengan bertanggung jawab dan menyadari kesalahan yang telah anda lakukan. Akui bahwa itu merupakan kesalahan anda, anda bisa mengungkapkan bahwa kesalahan yang anda lakukan itu merupakan tindakan anda.

Jika anda ingin meminta maaf dengan tulus maka jangan pernah menyalahkan orang lain atas tindakan yang telah anda lakukan. Karena jika anda menyalahkan orang lain maka anda tidak meminta maaf dengan tulus.

  • Perhatikan bahasa dan gerak tubuh anda

Ketika ingin meminta maaf kepada orang lain, maka tidak hanya ucapan saja yang harus anda perhatikan. Namun anda juga harus memperhatikan bahasa yang anda gunakan, pastikan ketika anda berbicara dengan orang lain lakukanlah kontak mata dengan pendengar, cobalah untuk berbicara dan meminta maaf dengan lembut dan tenang kepada mereka. Selain itu perhatikan juga gerak tubuh anda, permintaan maaf anda harus terdengar tulus dan lembut sehingga orang lain mau memaafkan anda.

  • Menggunakan kata yang tepat

Jika anda ingin meminta maaf kepada orang lain menggunakan Bahasa Inggris maka tentu saja anda harus menggunakan kata yang tepat. Mungkin mengucapkan kata maaf sangat sulit bagi sebagian orang, namun penting untuk belajar mengenai penggunaan kata yang tepat sebelum meminta maaf. Jangan sampai ketika anda berusaha meminta maaf, anda malah menyakiti perasaan orang tersebut.

  • Meminta pengampunan

Hal ketiga yang harus anda lakukan ketika meminta maaf dengan tulus kepada orang lain adalah meminta pengampunan. Setelah anda mengakui bahwa anda melakukan kesalahan kepada mereka maka yang selanjutnya anda harus meminta pengampunan. Namun anda juga harus bersiap untuk menerima kenyataan bahwa ada kemungkinan orang tersebut tidak bisa memaafkan anda.

Langkah-Langkah Meminta Maaf

Setelah tahu beberapa tips untuk meminta maaf dengan tulus kepada orang lain, kali ini kami akan memberitahu beberapa informasi menarik kepada anda mengenai langkah-langkah untuk meminta maaf dalam Bahasa Inggris jika anda berbuat salah kepada seseorang. Meminta maaf itu sebenarnya mudah, namun kebanyakan orang sulit untuk melakukannya karena mereka gengsi. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan info tentang bagaimana langkah langkah untuk meminta maaf kepada seseorang jika anda berbuat salah. Berikut adalah 4 langkah beserta contoh yang harus anda lakukan untuk meminta maaf dalam Bahasa Inggris :

  1. Admit your mistake (Akui kesalahan anda)

Seperti yang sudah kita bahas pada poin nomor satu sebelumnya, ketika ingin meminta maaaf kepada orang lain dengan tulus tentu saja kita harus bertanggung jawab terhadap kesalahan yang telah kita buat dan mengakui kesalahan. Mungkin kedengarannya memanglah mudah untuk mengakui kesalahan, namun nyatanya beberapa orang merasa tidak nyaman untuk mengungkapkan kesalahan mereka kepada orang lain.

Untuk bisa mengungkapkan kesalahan mereka, dibutuhkan sikap yang dewasa. Hindarilah untuk menyembunyikan atau berusaha menutupi permasalahan karena itu dapat membuat anda menjadi kian merasa bersalah.

Jauh lebih baik jika anda bisa jujur dan mau mengakui kesalahan anda, jika anda ingin hubungan anda baik kembali dengan orang lain maka akuilah kesalahan anda. Biasanya kita sering menggunakan present perfect ketika itu terjadi baru-baru ini. Kali ini kami akan menunjukkan beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa membantu anda untuk mengakui kesalahan anda kepada orang lain.

Kalimat yang bisa anda katakan untuk mengakui kesalahan anda

Langkah pertama untuk meminta maaf kepada orang lain ketika anda melakukan kesalahan adalah dengan mengakui kesalahan anda. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa anda katakan untuk mengakui kesalahan anda (admit your mistake)

    • I have made a mistake (Saya telah membuat sebuah kesalahan)
    • I have made a blunder (Saya telah membuat kesalahan)
    • I have bungled that up (Saya telah mengacaukannya)
    • I have messed up (Saya merasa kacau telah melakukannya)
    • That was an oversight (Itu merupakan sebuah kekhilafan)
    • That was my fault, sorry (Itu merupakan kesalahan saya, saya minta maaf)
    • I’m so embarrassed! I’ve made a mistake (Saya sangat malu, saya telah membuat suatu kesalahan)
    • I can’t believe it, that was my fault (Saya tidak percaya itu, itu kesalahan yang saya lakukan)
  1. Time to apologize (Waktunya untuk memintaa maaf)

Mungkin anda sadar atau anda tahu bahwa anda telah melakukan kesalahan, ketika anda sadar atau mengakui bahwa anda telah berbuat salah maka selanjutnya anda harus mengakui kesalahan yang telah anda perbuat dan mengakuinya kepada orang itu.

Anda harus secara jujur mengungkapkan kesalahan anda dan mengungkapkannya dengan perasaan itu. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan setelah mengakui kesalahan anda adalah dengan dewasa meminta maaf, mungkin kita bisa mengatakan “maaf’’ namun banyak sekali opsi atau pilihan untuk meminta maaf dalam Bahasa Inggris.

Ketika meminta maaf kepada orang lain maka anda harus bersiap-siap jika memang orang itu tidak memaafkan anda. Namun anda bisa menggunakan pilihan kata dalam Bahasa Inggris yang tepat sehingga menunjukkan perasaan anda bahwa anda memang benar-benar meminta maaf dari hati yang tulus. Kali ini kami akan menunjukkan beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa membantu anda untuk meminta maaf dengan tulus kepada orang lain.

Kalimat yang bisa anda katakan untuk meminta maaf

Langkah selanjutnya untuk meminta maaf kepada orang lain ketika anda melakukan kesalahan adalah dengan mengatakan maaf kepada mereka. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa anda katakan untuk meminta maaf (apologize)

    • I am so sorry, my bad (Saya minta maaf, saya salah)
    • I am really sorry about my fault (Saya benar-benar menyesal mengenai kesalahan saya)
    • Please forgive me, I am so sorry (Tolong maafkan saya, saya minta maaf)
    • I am so sorry, I hope you can accept my apologies (Saya minta maaf, saya harap anda menerima permintaan maaf saya)
    • I am really sorry, please accept my sincere apologies (Saya benar-benar minta maaf, tolong terima permintaan maaf saya yang tulus ini)
    • Sorry, I would like to aplogize (Maaf, saya ingin meminta maaf)
    • I am very sorry about that, please accept my apologies (Saya sangat minta maaf mengenai itu, tolong terima permintaan maaf saya)
  1. Explain what really happened (Jelaskan apa yang terjadi sebenarnya)

Setelah anda mengakui apa kesalahan yang telah anda lakukan dan juga anda telah mengatakan maaf secara tulus kepada mereka, maka langkah ketiga yang harus anda lakukan adalah anda harus menjelaskan kepada orang tersebut apa yang sebenarnya telah terjadi secara singkat. Sebaiknya supaya anda menjelaskannya secara singkat mengenai permasalahan anda atau jelaskan secara singkat apa yang sebenarnya terjadi dan jangan terlalu rumit atau terlalu panjang lebar karena itu membuat anda seperti membuat alasan. Sebaiknya buatlah supaya alasan itu terlihat singkat dan juga jelas.

Ketika anda menjelaskan alasan anda dengan panjang lebar dan sulit dipahami, malah terlihat bahwa anda sedang membuat alasan dan bisa jadi orang itu tidak akan memaafkan anda. Kali ini kami akan menunjukkan beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa membantu anda untuk menjelaskan secara singkat apa yang terjadi sebenarnya kepada orang lain.

Kalimat yang bisa anda katakan untuk menjelaskan apa yang terjadi

Langkah selanjutnya untuk meminta maaf kepada orang lain ketika anda melakukan kesalahan adalah dengan menjelaskan kepada mereka apa yang terjadi sebenarnya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa anda katakan untuk menjelaskan apa yang terjadi (explain what really happened).

    • I am really sorry, that was not what I intended (Saya sangat minta maaf, namun bukan itu yang saya maksudkan)
    • I am very sorry, it was an accident (Aku sangat minta maaf, itu adalah sebuah kecelakaan)
    • I really did noy mean for that to happen, sorry (Saya benar-benar tidak bermaksud ini terjadi, maaf)
  1. How you will resolve it (Bagaimana anda akan menyelesaikannya)

Anda telah belajar untuk mengakui bagaimana kesalahan anda, anda juga telah meminta maaf. Langkah terkahir yang harus anda lakukan untuk meminta maaf dengan tulus dalam bahasa Inggris adalah anda harus membiarkan orang tahu bahwa anda bisa memperbaiki kesalahan yang telah anda lakukan.

Anda tidak usah berharap bahwa orang itu akan memaafkan anda atau tidak, namun anda harus menunjukkan rasa yang tulus ketika anda meminta maaf kepada seseorang. Anda bisa menunjukkan kepada orang lain, hal apa yang ingin anda rencanakan di masa depan untuk menghindari hal ini terjadi lagi. Kali ini kami akan menunjukkan beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang bisa membantu anda untuk menjelaskan bagaimana anda bisa menyelesaikannya.

Kalimat yang bisa anda katakan untuk menyelesaikannya

Langkah selanjutnya untuk meminta maaf kepada orang lain ketika anda melakukan kesalahan adalah dengan menjelaskan kepada mereka apa yang terjadi sebenarnya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang bisa anda katakan untuk bagaimana anda akan menyelesaikannya (how you will resolve it)

    • Please don’t worry, I’m already (doing…..) (Tolong jangan khawatir, saya akan melakukan ….)
    • To make sure it does not happen again in the future, I want to (doing…) (Untuk memastikan itu tidak terjadi lagi di masa depan, aku ingin …..)

Itu tadi beberapa informasi penting yang bisa kami berikan kepada anda mengenai how to apologize in english (when you make a mistake) atau yang memiliki arti bagaimana meminta maaf dalam Bahasa Inggris ketika anda membuat sebuah kesalahan. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda!