sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Mendeskripsikan Teman

“Teman kamu yang mana sih? Orangnya itu yang seperti apa? Coba deskripsikan sedikit.”, pertanyaan yang mungkin sering diutarakan oleh orang lain kepada kita. Pertanyaan ini biasanya ditanyakan untuk mengenal teman atau kenalan kita tanpa bertemu dengannya langsung sebagai gambaran seseorang berdasarkan pandangan kita. Meskipun terdengar sederhana, sadarkah kamu bahwa terkadang kita kebingungan untuk menjawab pertanyaan ini?

Layaknya sebuah pertanyaan, pasti kita dapat mencari jawabannya. Terlebih lagi, ini bukanlah pertanyaan yang sulit karena apabila kita telah mengenal teman kita terutama yang memiliki kedekatan emosional (emotional attachment) maka kita tidak perlu ambil pusing untuk menjawab pertanyaan ini. Kita hanya perlu mengingat dan menemukan inti dari yang ingin kamu sampaikan. Oleh karena itu, tidak perlu bingung untuk menjawab pertanyaan ini.

Mari pecahkan jadi kecil!

Lautan adalah kumpulan dari tetesan air. Nah, barangkali prinsip itu yang dapat kita pegang untuk menjawab pertanyaan ini. Mengapa demikian? Karena kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan kumpulan dari inti-inti jawaban yang kecil. Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menjawab pertanyaan ini.

  • Deskripsikan penampilan fisiknya

Penampilan fisik setiap orang sangatlah beragam karena itu, setiap pribadi itu sangatlah unik. Kita dapat memanfaatkan ciri ini untuk mendeskripsikan orang lain. Dalam bahasa Inggris umumnya kita menggunakan kata sifat atau adjective. Secara fisik, ada beberapa ciri yang dapat dicerminkan oleh orang lain, yaitu:

  • Bentuk tubuh

Bagaimanakah bentuk tubuhnya? Apakah ia tinggi atau pendek? Apakah ia kurus atau sedikit berisi? Apakah ia memiliki bentuk tubuh yang indah, berotot atau sempurna? Selain itu, apakah ada detail ataupun kebiasaan yang mengikutinya?

Adjective yang umum digunakan untuk mendeskripsikan bentuk tubuh misalnya curvy (berisi), skinny (kurus), overweight (kelebihan berat badan), muscular (berotot), athletic (atletis).

Contoh:

Bayu is a bit curvy, but his body is muscular and athletic because he likes to exercise. (Bayu sedikit berisi namun tubuhnya berotot dan atletis karena ia gemar berolahraga.)

  • Potongan rambut

Rambut dapat menunjukkan ciri khas seseorang karena rambut memiliki banyak tipe dan hampir semua orang mempunyai potongan rambut dengan bentuk, panjang dan warna yang berbeda-beda.

Adjective yang umum digunakan untuk mendeskripsikan rambut misalnya wavy (bergelombang), curly (keriting), straight (lurus). Potongan rambut misalnya short (pendek), shoulder length (berambut sebahu).  Untuk warna rambut, bisa menggunakan blonde, white, black, red, dan sebagainya.

Contoh:

Susan has a wavy hair with a pixie haircut. (Susan memiliki rambut yang bergelombang dengan potongan rambut pixie.)

  • Paras wajah

Paras wajah dapat dideskripsikan secara keseluruhan seperti cantik, indah, tampan dan lain sebagainya. Namun apabila dilihat lebih detail, paras wajah dipengaruhi oleh fitur mata, hidung, bibir, bentuk wajah dan kulit (complexion). Tentunya, ini menjadi ciri khas tersendiri untuk setiap orang mengingat banyaknya kombinasi bentuk dan tipe yang ada.

Untuk mata, contoh adjective yang bisa digunakan adalah round (bulat), almond (berbentuk seperti almond). Deskripsi warna mata juga bisa bervariasi dari black, blue, green, dan sebagainya.

Deskripsi hidung dapat menggunakan adjective pointy (mancung), big (besar), sharp (mancung), small (kecil), dan sebagainya. Untuk bibir, dapat menggunakan thin (tipis), full atau voluptuous (penuh).

Sedangkan untuk bentuk wajah, deskripsi yang mencolok berasal dari rahang, namun bisa juga berasal dari fitur lainnya. Kata sifat yang umum digunakan adalah oval (lonjong), round (bulat), square (persegi), high cheekbones (tulang pipi tinggi), chubby cheeks (pipi tembem), cleft chins (dagu yang terbelah), serta dimples (lesung pipi).

Kosakata yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kulit (complexion) contohnya light (sangat terang), fair (terang), dark (gelap), atau tanned skin (berkulit kecoklatan).

Contoh:

Diman is handsome with his blue eyes and high cheekbones. (Diman berparas tampan dengan mata birunya serta tulang pipinya yang tinggi.)

  • Bahasa tubuh

Bahasa tubuh secara tidak sengaja dapat menggambarkan apa yang orang itu rasakan ataupun kebiasaan orang tersebut. Bahasa tubuh sangat penting sehingga banyak dibukukan dan dibahas oleh beberapa penulis terkenal. Oleh sebab itu, bahasa tubuh penting untuk diperhatikan.

Contoh:

Mia usually shakes her head when confused about something that is bothering her. (Mia biasanya menggelengkan kepalanya saat bingung akan sesuatu yang mengganggunya.)

  • Selera pakaian

Setiap orang memiliki ketertarikan dan gaya yang berbeda, tanpa terkecuali selera pakaian yang dikenakan. Ada yang senang berpakaian rapi dan formal. Ada pula yang senang menggunakan pakaian yang santai. Ada juga senang menggunakan warna-warna yang dominan.

Contoh:

Budi very often uses a black shirt with a pocket on the right side. (Budi sangat sering menggunakan baju kemeja hitam dengan kantong disebelah kanannya.)

  • Deskripsikan kepribadiannya

Selain penampilan fisik yang dapat membedakan setiap orang, kepribadian (personality) seseorang juga merupakan bagian penting mengingat dimana sikap dan karakter menjadi kunci penting dalam bersosialisasi. Kita dapat mendeskripsikan kepribadian seseorang secara umum kemudian berlanjut pada pengembangan detailnya.

Contoh:

Bobi is a good and wise friend. He often gives advice to others without any offending feelings, that makes him everyone’s favorite. (Bobi adalah teman yang baik dan bijaksana. Ia sering memberikan nasihat kepada orang lain tanpa ada perasaan menyinggung yang menjadikannya kesayangan semua orang.)

  • Deskripsikan sedikit data dirinya

Data diri yang dimaksud adalah umurnya, alamat tempat tinggalnya, jumlah kakak atau adiknya (bila ada) dan lain sebagainya yang mencakup tentang dirinya.

Contoh:

Erandy is a transfer student from Jakarta. Currently he lives in Jalan Jamin Ginting, Medan. He is the third child of five. (Erandy adalah murid pindahan dari Jakarta. Saat ini dia tinggal di Jalan Jamin Ginting, Medan. Dia merupakan anak ketiga dari lima bersaudara.)

  • Deskripsikan kejadian yang berkaitan dengan dirimu dan dirinya

Kejadian yang pernah dilalui oleh kedua pihak tentunya menunjukkan kedekatan antara keduanya. Kita dapat menggunakan prinsip 5W+1H untuk menjawab pertanyaan ini, yaitu apa (What), kenapa (Why), kapan (When), dimana (Where), Siapa (Who) dan bagaimana (How).

Contoh:

Endi and I were childhood friends. We graduated from the same university, despite studying in a different major. He took psychology as his major, while I took pharmacy. (Endi dan saya adalah sahabat di masa kecil. Kami lulus dari perguruan tinggi yang sama meskipun kami mempelajari bidang yang berbeda. Ia mengambil jurusan psikologi dan saya mengambil jurusan farmasi.)

  • Rangkum semua deskripsi

Setelah selesai mengumpulkan semua poin-poin penting, kita hanya perlu merangkum semua deskripsi menjadi satu kesatuan yang utuh. Kita hanya perlu menghubungkan dan mencocokkan potongan deskripsi sebelumnya seperti potongan puzzle.

Contoh:

Hani is the best colleague I have at my company, PT. Sinar Raya. She is about the same height as me, 158 cm (which is quite high for a 23-year-old woman) with average weight, 53 kg but her body is ideal.

She has long wavy brown hair and she used to tie her braids often. Sometimes we like to make fun of her as a braid princess. But last year, she had stopped braiding her hair and changed it to a ponytail because she was bored, as she confessed.

Her face is tiny and very pretty. Because of her light brown eyes, her pointy nose and her rosy cheek, she looks like a doll. She often rests her chin on both of her palm when she is sleepy. Sometimes she also likes to cross her legs when standing.

She never forgot to use her white suit that is in harmony with her favorite bags. She more often uses long skirts than trousers when she is working in the office. Her pink watch and her crescent moon necklace always complement that elegant look.

Her personality is cheerful, friendly and very generous. Sometimes she made a cup of tea for us while we were working at late hour. However, she is very professional and serious for her carrier because she loves her job. She is a professional accounting staff while I am a member of the management staff at PT. Sinar Raya.

Although we are working in a different field, our room was only separated by a glass wall so I often invite her to lunch. It doesn’t feel like I’ve been doing it for the past 3 years and I have never failed to remember that he prefers mango chunks over the sweet cakes because she really maintains healthy diet.

She lives in Jln. Peacock Orange No. 5 which is located near my house which is only a few meters. Because of that, we often departed and returned from work together. She would wait for me in front of her house with two pieces of bread in her hand as my reward to pick her up in the morning. It was her idea because I often skipped my breakfast every morning.

She is the first child of three siblings. Her father and mother know me well. I greet her mom and dad almost every time I drove her home in the afternoon. Her neighbor knows me well so that I am often invited to dinner gatherings between neighbors. I was considered like a daily guest in that neighborhood.

Terjemahan:

Hani adalah teman terbaik saya selama saya bekerja di perusahaan PT. Sinar Raya. Ia memiliki tinggi badan yang kurang lebih sama seperti saya, yaitu 158 cm (yang tergolong cukup tinggi untuk wanita berusia 23 tahun) dengan berat badan yang sedang, yaitu 53 kg namun badannya sangat ideal.

Ia memiliki rambut coklat bergelombang yang panjang dan dulunya sering ia ikat kepang. Terkadang aku dan teman-teman lainnya suka mengejeknya sebagai putri kepang. Namun tahun lalu, ia telah berhenti mengepang rambutnya dan menggantinya menjadi ikatan ekor kuda karena ia bosan, begitu pengakuannya.

Wajahnya kecil mungil dan sangat cantik. Matanya berwarna coklat muda dan hidungnya yang mancung dilengkapi dengan pipnya yang merah merona itu membuatnya tampak seperti boneka. Ia sering menopangkan dagunya pada kedua tangannya pada saat mengantuk. Terkadang ia juga suka menyilangkan kakinya saat berdiri.

Ia tak pernah lupa untuk selalu menggunakan setelan kemeja berwarna putih yang selaras dengan tas-tas kesayangannya itu. Ia lebih sering menggunakan rok panjang daripada celana panjang saat berkerja di kantor. Jam tangan berwarna pink dan kalung bulan sabit selalu melengkapi penampilannya yang elegan itu.

Kepribadiannya ceria, ramah dan sangat murah hati. Terkadang ia membuat secangkir teh untuk kami saat sedang lembur bekerja. Namun, untuk urusan pekerjaan, ia sangat profesional dan serius karena ia mencintai pekerjaannya itu. Ia adalah salah satu staf akuntan profesional sedangkan saya adalah staf anggota manajemen di perusahaan PT. Sinar Raya.

Meskipun kami bekerja di bidang yang berbeda, ruangan kami hanya dibatasi oleh dinding kaca sehingga aku sering mengajaknya untuk makan siang. Tidak terasa aku telah melakukan hal itu selama 3 tahun belakangan dan aku tidak pernah gagal mengingat bahwa ia lebih suka potongan buah mangga daripada kue-kue manis karena ia sangat menjaga pola makan yang sehat.

Ia tinggal di Jln. Merak Jingga No. 5 yang letaknya tidak jauh dari rumahku yang hanya beberapa meter saja. Karena itu, kami sering berangkat dan pulang kerja bersama. Ia akan menungguku di depan rumahnya dengan dua potong roti ditangannya sebagai imbalanku menjemputnya dipagi hari. Itu adalah cetusan idenya karena aku sering melewatkan sarapanku setiap pagi.

Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Ayah dan ibunya mengenalku dengan baik. Tidak jarang aku menyapa ibu dan ayahnya setelah aku mengantarnya pulang di sore hari. Tetangganya mengenalku dengan baik hingga aku sering diajak pada pertemuan jamuan malam antar tetangga. Aku telah dianggap seperti tamu harian di daerah itu.