sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Mengatakan Anda Gila (How to Say Crazy Nicely)

Belajar Bahasa Inggris bukan hanya mengetahui cara membaca, menulis, mendengar dan berbicara dalam bahasa tersebut. Pemilihan kata dan kalimat yang santun dan sopan menunjukkan penguasaan bahasa. Bahkan kata yang cenderung negatif seperti crazy dapat diucapkan lebih sopan dan tidak memiliki konteks yang dapat menyinggung orang lain.

Walaupun demikian tentu saja, seseorang harus berhati-hati dalam mengungkapkan pemikirannya. Kadang hal yang paling baik adalah tidak mengatakan apapun bila hanya akan menyakiti orang lain.

Pilihan Sinonim Kata Crazy   

Ada kata seperti “fruitcake” atau “funny in the head” yang sepertinya jauh dari makna crazy yang sebenarnya. Namun pilihan tersebut ada sebagai opsi bila seseorang tidak nyaman memakai kata crazy untuk mengacu pada seseorang atau sesuatu. Pilihan katanya dinilai lebih santun. Berikut adalah beberapa pilihan kata yang cukup familiar secara global.

Terdapat beberapa pilihan kata yang mengacu untuk kata crazy dengan beberapa tingkatan. Kata, Idiom, ekspresi ada beberapa pilihan yang bisa dipakai. Berikut adalah beberapa opsi dan contoh kalimat.

  • To Be Crazy
    • Bananas :

This project drives me bananas (projek ini bisa membuatku gila)

I dont want to be rude, but your incompetence drive me bananas (saya tidak bermaksud bersikap kasar, tapi ketidakmampuanmu membuat saya pusing)

    • Loony :

That old man can act a bit loony sometimes (pria tua tersebut dapat bertingkah laku gila kadang-kadang)

I hope I am not offending you. But I think you did some loony things (semoga saya tidak membuatmu tersinggung. Tapi sepertinya kamu melakukan banyak hal gila)

    • Nutty :

My granpa can be nutty. I hope you can forgive him (Kakekku dapat berlaku gila. Saya harap kamu bisa meaafkannya)

I am terribly sorry. I am afraid I can handle all the nutty things that you did anymore (saya sangat menyesal. Maaf kalau saya tidak sanggup menghadapi semua kegilaan yang kamu lakukan)

    • Whacky :

Dont try that whacky stunt here (jangan coba tindakan gila itu disini)

I dont think he try to be whacky (saya fikir dia tidak bermaksud untuk berlaku seperti orang gila)

    • Mentally Challenged :

My uncle can be mentally challenge so please don’t take anything that he say as an offence (Paman saya bisa berlaku tidak bisa ditebak. Jadi tolong tidak tersinggung dengan apapun yang dikatakannya)

I need to warn you that the person you are meeting to day have showed signs of mentally challenge symptoms (saya perlu memperingatimu kalau orang yang akan kamu temu telah menunjukkan tanda-tanda kegilaan)

    • Nutcase :

Our boss is a nutcase, but a genius one (Boss kami adalah orang gila yang sangat pintar)

I dont know a gentler words to say this, I think our mom is a nutcase (saya tidak tahu cara yang lebih halus untuk mengatakannya, saya pikir ibu kita sedikit gila)

    • Twisted :

if I didn’t know you personally I think you are twisted (kalau saya tidak tahu dirimu dengan baik.

It will be difficult to have a conversation with him now. His mind is twisted (Akan sulit berbicara dengannya sekarang. Fikirannya sudah tidah sehat)

  • A bit Crazy
    • Foolish :

I believe there is nothing wrong to be foolish sometimes (saya rasa tidak ada salahnya untuk berperilaku sedikit gila kadang-kadang)

Unpredictable :

You can be unpredictable when the situation called for it. (Anda bisa berperilaku tidak mudah ditebak ketika situasinya mengharuskan)

    • Irrational :

It is important to keep our head clear and avoid thinking irrational (sangat penting untuk menjaga fikiran tetap jernih dan menghindari fikiran yang tidak rasional)

    • Unstable :

I am sorry. Do you know that occasionally you have unstable opinion and thought? I can figure you out. (maafkan saya. Apakah kamu menyadari bahwa kadangkala Anda memiliki pendapat dan fikiran yang tidak stabil? Saya tidak dapat memahaminya.)

Pilihan kata di atas memakai pilihan kata yang tidak langsung mengacu pada kata crazy. Namun bila diperhatikan konteksnya kata-kata di atas dapat diterima sebagai gambaran ungkapan crazy yang hanya menunjukkan beberapa kalimat saja.

  • Pemikiran Tidak Benar
    • You’re wired-up wrongly :

No, you are wired-up wrongly that is not what I mean at all (tidak, sepertinya Anda gila bila berfikiran seperti itu. Bukan itu maksud saya sama sekali)

    • You have the brain in neutral :

I believe you may have the brain in neutral (saya yakin Anda berfikir gila)

    • You have a lame brain :

No offense. You have a lame brain with that idea of yours. (Maaf bukan bermaksud ingin menyinggung. Anda memiliki fikiran gila)

    • You have a screw loose :

You may want to go back a bit. I think there are some screw loose in that mind of yours (mungkin Anda mau mundur sebentar. Sepertinya ada sesuatu yang salah dalam fikiran)

    • You have a loose connection up top :

There maybe some loose connection up top, but we need it sometimes. (mungkin Anda bertindak gila, namun kadang-kadang kita membutuhkannya)

Pilihan Frase Untuk Kata Crazy

Bukan hanya bermain kata-kata saja. Ada juga frase yang dapat dipakai untuk mengatakan kata crazy jadi lebih halus.  Frase untuk menggantikan kata ini biasanya dipakai dari perumpaman hal-hal gila yang dapat terjadi pada seseorang. Berikut adalah beberapa pilihannya.

  • You have bats in the attic :

I knew Andrew had a few bats in the attic but never thought he will do anything dangerous (saya tahu Andrew bisa sedikit gila tapi tidak pernah saya membayangkan dia akan melakukan hal-hal berbahaya)

  • You have bugs in the brain :

I would be careful around mrs. Gideon. She has some bugs in the brain. (saya akan berhati-hati disekeliling Ibu Gideon. Sepertinya dia sedikit gila.)

  • You’re gone in the head :

You have to forgive him. He has gone in the head after he lost all of his wealth because of gambling. (kamu harus memaafkan dia. Sepertinya dia menjadi depresi setelah kehilangan semua kekayaannya karena berjudi)

  • You’re half gone :

Sorry, he has half gone and most of the time he is not aware that the things that he does can be offensive. (maaf. Dia sudah gila dan kebanyakan waktu dia tidak sadar bahwa hal-hal yang dilakukannya bisa menyiinggung orang lain)

  • You’re not all there :

Please come and see dad again. He may not all there. But it will help his health. (tolong dan datang kunjungi ayah lagi. Dia mungkin tidak normal. Tapi kedatangan Anda dapat sangat berpengaruh pada kesehatannya.)

  • You’re not quite right :

I am afraid you have to be really patient with the boss. He is not quite right but he can still do some simple task (saya rasa dirimu harus sangat sabar dengan atasan. Ia mungkin dapat bersikap tidak terduga namun ia tetap dapat melakukan tugas sederhana)

  • You’re an airhead :

Sometimes you can be such an airhead. I dont know how to react (kdang-kadang kamu bisa bersikap gila. Aku tidak tahu bagaimana harus bereaksi)

  • You’re on another planet :

I can communicate with you. Sometimes you act as if you are on another planet around me (saya tidak dapat berkomunikasi denganmu. Kadangkala dirimu bersikap seperti orang gila didekatku)

  • You are not a full quid :

I have to warn you. The man that you will be taking care is not a full quid. (saya harus mengingatkan dirimu bahwa orang yang akan dirimu jaga tidak dalam fikiran yang normal)

  • You’re knitting on only one needle :

On a good day you can almost forget that she is knitting on only one needle (pada hari-hari baik, kamu bahkan hampir dapat melupakan fakta bahwa sebenarnya dia tidak dalam kondisi mental yang baik)

  • You’re driving on two wheels :

I can see why Mr. Rupert is driving on two wheels, He has lost a lot. (saya dapat melihat orang yang menyelamatkan, ia telah banyak kehilangan dalam hidupnya)

  • You’re playing with only one umpire :

You are playing with only one umpire I hope you think about it more (kamu sudah gila,  Saya berharap kamu memikirkannya lagi)

  • You haven’t got both oars in the water :

I will be careful if I were you. You have not got booth oars in the water so people tent to treat you differently (saya akan sangat hati-hati bila jadi dirimu. Kamu bisa berpelaku gila dan memberlakukan dirimu sedikit berbeda)

  • You’re one match short of a test :

People think she is one match short of a test because of his behaviour. I think that is just the way she is. (orang mengira dirinya gila karena perilakunya. Kalau saya berfikir memang itulah yang perlu dilakukan)

Contoh Dalam Percakapan

Perhatikan pemakaian beberapa kata dan frase yang menunjukkan cara sopan untuk mengatakan seseorang berperilaku atau memiliki fikiran yang gila.

Dialog 1

A : I think you will be happy here in our new office (saya rasa kamu akan senang berada di kantor baru kita)

B : When can I see the boss? (kapan saya bisa bertemu dengan bossnya?)

A : in a minute. I do have to tell you that the boss is a bit twisted. People may even find him whacky. But that is what you get when you are that smart. (sebentar lagi. Saya harus memperingati kamu kalau pimpinan kita sedikit gila. Orang bahkan akan menganggapnya berbahaya. Tapi itulah yang terjadi bila kamu sepintar dirinya)

Dialog 2

A : You need to be careful with Mr Kane. Everyone think he is a true nutcase (kau harus hati-hati dengan Pak Kane. Semua orang fikir dia benar-benar gila)

B : What do you mean? Like he is from another planet? (apa maksudnya? Apakah dia seperti benar-benar gila?)

A : He is totally loony. He tried to hit me once (dia benar-benar gila. Dia pernah berusaha memukulku)

B : that is just completely unpredictable (itu benar-benar hal yang mengejutkan)

Itulah beberapa pilihan kata dan frase untuk mengatakan “crazy” dengan lebih halus. Ada beberapa situasi yang perlu memakai kata ini. Ada banyak pilihan kata atau frase lain yang bisa dipakai untuk membuatnya jadi jauh lebih sopan. Dengan demikian orang yang terlibat dalam percakapan tidak merasa tersinggung walau sebenarnya memakai kata yang berkonotasi negatif.