sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Mengatakan Kamu Kasar! (How to Politely Say Someone Is Rude?)

Pernahkah anda merasa terkejut ketika mungkin bertemu seseorang dan ternyata orang itu adalah orang aneh. Misalnya saja, ternyata teman kerja anda, atau mungkin teman kuliah anda adalah orang yang aneh menurut anda. Kemudian bagaimana anda harus menghadapi mereka yang mungkin tidak sopan kepada anda? Kali ini anda akan belajar bagaimana menghadapi orang yang kasar atau orang yang aneh dalam Bahasa Inggris.

Mungkin di satu sisi anda akan merasa tidak nyaman jika berada di dekat orang itu atau mungkin ketika berkomunikasi dengannya. Namun salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghadapi orang seperti itu adalah sabar dan tetap tenang. Jadi sebelum anda mungkin merasa tidak nyaman, risih, atau mungkin ingin marah maka anda harus menahannya dan menarik napas dalam-dalam.

Karena anda harus memberikan respon kebalikan dari sikap kasar mereka yaitu dengan tenang. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai how to politely say someone is rude? Atau yang memiliki arti bagaimana dengan sopan mengatakan seseorang itu kasar? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Empat cara mudah mengatakan dengan sopan seseorang itu kasar dalam Bahasa Inggris

Siapa yang tidak kesal jika berhadapan dengan orang yang memiliki sikap kasar? Entah itu mungkin kepribadiannya yaitu cara berbicaranya yang kasar dan terkadang secara tidak sadar bisa melukai perasaan anda, atau mungkin sikap mereka yang kasar kepada anda. Namun tenang saja karena anda tetap harus bersabar menghadapi orang yang punya karakter rude. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai empat cara mudah supaya anda bisa mengatakan dengan sopan seseorang itu kasar dalam Bahasa Inggris. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

  1. Kill them with kindness – Balas mereka dengan kebaikan

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghadapi orang yang punya sifat yang kasar adalah balas mereka dengan kebaikan atau dalam Bahasa Inggrisnya adalah kill them with kindness. Walau mungkin anda menghadapi orang yang punya sifat yang kasar, namun tetap anda harus bersikap sopan kepada mereka ya. Karena terkadang dengan bersikap sopan dan baik bisa menonjolkan kekasaran orang lain. Jika anda ingin supaya orang lain bersikap baik kepada anda, yang mungkin sebelumnya mereka punya sifat yang kasar maka anda juga harus menunjukkan kebaikan anda sendiri.

Selain bersikap baik dan mencoba untuk tenang ketika anda berbicara dengan orang itu, maka anda juga harus mengatakan secara halus dan sopan kepada mereka apakah mungkin anda bisa membantu mereka. Karena bisa jadi, seseorang berbicara dengan kasar karena mungkin mereka sedang mengalami masalah, atau mereka sedang terluka, atau mungkin mereka sedang mengalami hal buruk lainnya. Jika anda merasa ingin menolong orang yang seperti itu maka ada beberapa pendekatan yang bisa anda gunakan.

Berikut beberapa frasa atau kalimat yang bisa anda gunakan untuk berbicara kepada orang yang kasar kepada anda :

    • It is seems like you going through a difficult time. If you need an ear to hear your stories or your problems, then I will support you. Maybe I can help you (Sepertinya anda sedang mengalami masa yang sulit. Jika anda membutuhkan telinga untuk mendengar cerita anda atau permasalahan anda, saya bisa sangat mendukung anda. Mungkin saya bisa membantu anda)
    • Sometimes people are rude because they are in trouble or they are hurting. If there’s anything you need, let me know because i’ll help you (Terkadang orang bersikap kasar karena mereka sedang menghadapi masalah atau sedang terluka. Jika ada yang kamu butuhkan, beritahu aku karena aku akan membantumu)
    • I won’t remember what you did to me, maybe you were struggling with something so I don’t deserve to judge you. But if you need anything, or want to talk I’m right here (Saya tidak akan mengingat apa yang anda lakukan kepada saya, mungkin anda sedang bergumul dengan sesuatu sehingga saya tidak pantas menghakimi anda. Namun jika anda membutuhkan sesuatu, atau ingin bicara saya ada di sini)
    • I wonder what is that you feel until you do something painful like this? (Saya bertanya-tanya apa hal yang anda rasakan sampai anda melakukan hal menyakitkan seperti ini?)
    • Let’s talk about this when you feel calmer, I want to talk to you to know how do you feel and so that we can communicate properly (Mari bicarakan ini ketika anda merasa lebih tenang, aku ingin berbicara dengan anda supaya tahu apa yang anda rasakan dan supaya kita bisa berkomunikasi dengan baik)

Itu tadi beberapa frasa atau kalimat yang bisa anda coba ucapkan kepada orang lain yang mungkin bersikap kasar atau berkata kasar kepada anda atau mungkin di lingkungan anda. Strategi ini sangat cocok anda untuk terapkan ke teman anda, sahabat, keluarga, atau mungkin rekan kerja anda yang anda dapati bersikap dan bertutur kata kasar. Orang yang anda butuhkan untuk menjaga hubungan yang sehat, terlepas sifat kasar mereka.

  1. Enlighten and educate – Mencerahkan dan mendidik

Ketika anda berhadapan dengan orang yang rude atau yang kasar, maka anda jangan langsung emosi terlebih dulu ya. Karena mungkin banyak sekali faktor yang mendasari mereka bisa berkata atau bertindak kasar seperti itu. Bisa jadi karena mereka mungkin sedang mengalami masalah atau hal lainnya. Dan harus anda ketahui satu hal, bahwa mungkin orang lain tidak sadar bahwa perkataan yang mereka katakan itu tidak sopan dan menyakitkan bagi orang lain. Jadi kadang mereka berpikir apa yang mereka perbuat atau lakukan itu sebenarnya baik-baik saja padahal itu mungkin menyakiti anda atau orang lain.

Jika seperti ini, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah enlighten and educate atau anda harus mencerahkan dan mendidik. Anda harus membantu mereka supaya mereka bisa menyadari bahwa apa yang mereka katakan atau mereka perbuat ini bisa menyakiti orang lain sehingga mereka bisa mengubah atau memperbaiki cara berbicara mereka dan bisa memperbaiki keadaan bagi mereka maupun bagi teman serta keluarga mereka sendiri.

Berikut adalah beberapa kalimat atau frasa yang bisa anda katakan kepada orang lain yang mungkin berbicara kasar supaya mereka bisa menyadarinya :

    • I am not sure whether you are awate of it or not. But the words you just said were very hurtful and disrespectful (Saya tidak yajin apakah anda menyadarinya atau tidak. Namun perkataan yang barus saja anda katakan sangat menyakitkan dan tidak sopan)
    • I want to tell you that saying these things is disrespectful and unpleasant to hear (Saya ingin memberitahu anda bahwa mengatakan hal seperti itu merupakan hal yang tidak sopan dan tidak enak didengar di telinga)
    • I don’t know if you realized it or not, but what you did this afternoon could make other people uncomfortable (Saya tidak tahu apakah anda menyadarinya atau tidak, namun hal yang kamu lakukan tadi siang bisa membuat orang lain menjadi tidak nyaman)
    • If you say that then other people can get hurt, so be careful when you talking (Jika anda mengatakan seperti itu maka bisa membuat orang lain terluka, jadi berhati-hatilah ketika berbicara)
    • Actually, that is something that is not appropriate for you to talk about (Sebenarnya itu hal yang tidak pantas untuk anda bicarakan)

Dengan mengatakan beberapa kalimat atau frasa yang kami berikan di atas tadi maka sama saja anda menegur orang yang berkata kasar kepada anda atau mungkin kepada orang lain. Dengan begitu mereka yang mungkin sebelumnya merasa tidak sadar bahwa kata-kata atau tindakan mereka kasar menjadi sadar. Dan apabila mereka menerimanya dengan positif maka mereka bisa merubah sikap mereka menjadi lebih baik. Namun anda juga jangan langsung menyerah, ketika orang itu mungkin malah memberikan feedback yang negatif.

  1. Be assertive and calm – bersikaplah tegas dan tenang

Bagaimana cara yang sopan mengatakan kepada orang lain bahwa tindakan atau mungkin perkataan yang mereka lakukan itu sebenarnya kasar atau tidak sopan? Yaitu caranya adalah anda harus tenang pertama-tama. Selain tenang anda juga harus bersikap tegas kepada mereka. Mungkin jika anda tidak bersikap tegas kepada mereka maka bisa jadi orang-orang itu makin menjadi dan makin kasar atau tidak sopan kepada orang lain, karena mereka merasa bahwa sikap yang mereka lakukan itu benar-benar saja.

Oleh karena itu ketika anda berhadapan dengan orang yang kasar, yang mungkin perkataan kasar mereka melukai hati anda maka anda harus tenang dulu. Jangan emosi, karena tidak bisa jika emosi bertemu dengan emosi. Oleh karena itu anda harus tenang dan memilih bahasa yang sopan dan tegas supaya anda bisa mengutarakan dengan jelas apa yang anda ingin katakan kepada mereka.

Berikut adalah beberapa contoh frasa atau kalimat yang bisa anda gunakan untuk berbicara kepada orang yang kasar :

    • When you say ….. I feel sad / feel unappreciated / feel hurt / feel uncomfortable (Ketika anda mengatakan …. Saya merasa sedih / merasa tidak dihargai / merasa sakit hati / merasa tidak nyaman
    • When you say that, I don’t want to continue this conversation (Ketika anda mengatakan hal itu, saya tidak ingin melanjutkan percakapan ini)
    • In my opninion, what you say is not kind and impolite (Menurut saya, apa yang anda katakan tidak baik dan tidak sopan)
    • I will give free time. We can talk back if you can respect (Saya akan memberi waktu luang. Kita bisa berbicara kembali jika anda bisa menghormati)
    • I find your words impolite and I want you to pay attention to my feelings (Saya menemukan bahwa kata-kata anda kurang sopan dan saya ingin anda memperhatikan perasaan saya)
  1. Shut it down – tekankan

Namun jika anda sudah mencoba cara-cara di atas dan ternyata orang itu masih tidak bisa bersikap baik dan sopan kepada anda, maka anda juga perlu menekankannya kepada mereka. Ketika kekasaran mereka terlalu jauh dan mungkin anda sudah tidak bisa memberi lagi mereka toleransi maka anda harus melakukan beberapa hal yaitu andabisa menyerah dan menghentikan atau menekankan kepada mereka sehingga mereka benar-benar sadar bahwa yang mereka lakukan itu merupakan tindakan yang kasar dan seharusnya tidak mereka lakukan.

Berikut adalah beberapa frasa yang bisa anda katakan untuk menyadarkan orang yang kasar :

    • It is very rude and you don’t need to say (Itu sangat kasar dan tidak perlu kamu katakan)
    • I will not tolerate rudeness, so let’s just end this conversation (Saya tidak akan mentolerir kekasaran, jadi mari akhiri saja percakapan ini)
    • You’ve been very rude and I want you to end that (Anda sudah bersikap sangat kasar dan saya ingin anda mengakhiri itu)

Itulah yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai how to politely say someone is rude? Atau yang memiliki arti bagaimana dengan sopan mengatakan seseorang itu kasar?. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda ya!