sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Mengatakan Saya Butuh Pertolongan (How to Say Politely I Need Your Help)

Kita sangat membutuhkan bahasa untuk bisa kita gunakan berkomunikasi dengan orang lain. Salah satunya mungkin ketika kita ingin meminta bantuan orang lain atau ketika kita ingin meminta tolong kepada orang lain, karena kita ingin meminta bantuan tentu saja kita harus mengucapkannya dengan sopan bukan?

Oleh karena itu mengapa sangat penting supaya anda bisa meminta tolong dengan sopan kepada orang lain. Terutama jika anda berada di luar negeri, yang mana orang-orangnya mungkin bukan merupakan orang-orang lokal. Itu artinya anda harus bisa menggunakan Bahasa Inggris yang sopan bukan?

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup penting kepada anda mengenai how to say politely I need your help. Sehingga ketika anda membutuhkan bantuan orang lain ketika sedang berada di luar negeri maka anda bisa mengatakannya dengan lancar. Simak ulasannya dengan lengkap di bawah ini ya!

Beberapa cara untuk meminta bantuan dalam Bahasa Inggris

Ketika berada di luar negeri dan ingin berkomunikasi dengan orang-orang disana, maka tentu selain menggunakan bahasa lokal yang ada disana anda juga harus menggunakan Bahasa Inggris jika misalnya anda tidak bisa menggunakan bahasa lokal mereka. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi kepada anda mengenai beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meminta bantuan dalam Bahasa Inggris dengan sopan atau how to say politely I need your help. Simak ulasan pentingnya di bawah ini :

  1. Can you help me, please? – Bisakah anda menolong saya?

Kalimat pertama yang bisa anda ucapkan kepada orang lain dengan sopan ketika anda butuh bantuan mereka atau ketika anda ingin meminta tolong kepada mereka adalah can you help me, please? Atau yang punya terjemahan dalam Bahasa Indonesia yaitu bisakah anda menolong saya? Kalimat yang satu ini sangatlah sederhana untuk diucapkan. Dan selain itu, anda juga bisa menggunakan kalimat ini dengan mengganti salah satu kerjanya. Berikut adalah beberapa jenis kalimat dengan arti sama yang bisa anda gunakan untuk meminta tolong dengan sopan kepada orang lain :

    • Could you help me, please? – Bisakah anda membantu saya?
    • Will you help me, please? – Maukah anda membantu saya?

Secara umum, kedua kalimat yang kami sebutkan di atas ini mempunyai arti yang sama, hanya saja berbeda mengungkapkannya namun tetap mempunyai makna yang sopan. Jadi, ketika anda membutuhkan pertolongan orang lain maka anda bisa mencoba mengatakan menggunakan can you help me, could you help me, atau will you help me.

Contoh kalimat can you help me, please? – bisakah anda menolong saya?

Jika tadi kami sudah memberikan informasinya kepada anda mengenai kalimat pertama yang bisa anda gunakan untuk meminta tolong atau bantuan dengan sopan yaitu can you help me, please? (bisakah anda menolong saya?). Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai contoh kalimatnya sehingga anda bisa menggunakannya ketika butuh bantuan orang lain. Berikut adalah beberapa contoh kalimatnya :

    • Can you help me, please? I forgot to bring my medicine and I had to call my parents but I didn’t have my cell phone (Bisakah anda menolong saya? Saya lupa membawa obat dan saya harus menelpon orang tuaku namun saya tidak membawa ponsel)
    • Could you help me to fix my broken eyeglasses? Without it, I can’t see clearly (Bisakah anda membantu saya untuk memperbaiki kacamataku yang rusak? Tanpanya, aku tidak bisa melihat dengan jelas)
    • Will you help me to design my posters? I can’t use my computer because my computer is broken (Maukah anda membantu saya untuk mendesain poster saya? Saya tidak bisa menggunakan komputer saya karena komputer saya rusak)

Contoh dialog can you help me, please? – bisakah anda menolong saya?

Setelah tadi kami memberikan beberapa contoh kalimat supaya anda bisa meminta bantuan kepada orang lain menggunakan Bahasa Inggris dengan sopan. Kali ini kami juga akan memberikan informasi kepada anda semua mengenai contoh dialog dari kata can you help me? Sehingga akan lebih memudahkan anda. Berikut adalah contoh dialognya untuk anda :

A : You seem to busy looking for something, right? (Kamu terlihat sedang sibuk mencari sesuatu, benarkan?)

B : I’m looking for my medicine (Aku sedang mencari obatku)

A : Are you sure you brouht it? (Kamu yakin sudah membawanya?)

B : Oh no, I forgot to bring it. I need your help. Can you help me, please? I forgot to bring my medicine and I had to call my parents but I didn’t have my cell phone (Oh tidak, aku lupa membawanya. Aku butuh bantuanmu. Bisakah kamu menolongku? Aku lupa membawa obat dan aku harus menelpon orang tuaku namun aku tidak membawa ponsel)

A : Sure, this is my phone (Tentu saja, ini telponku)

  1. Could you give me a hand? – Bisakah anda membantu saya?

Jika anda ingin meminta tolong dengan sopan kepada orang lain maka anda harus memperhatikan bahasa anda dengan baik, terutama ketika anda menggunakan Bahasa Inggris untuk meminta tolong. Ada berbagai alternatif yang bisa anda gunakan untuk meminta tolong. Selain yang sudah kami sebutkan di atas tadi, anda juga bisa menggunakan ungkapan could you give me a hand atau yang memiliki arti bisakah anda membantu saya dalam Bahasa Indonesia. Kalimat ini cukup sopan untuk diungkapkan kepada orang lain ketika anda membutuhkan bantuan.

Contoh kalimat could you give me a hand, please? – bisakah anda membantu saya ?

Supaya anda bisa menggunakan kalimat could you give me a hand, please? Atau yang memiliki arti bisakah anda membantu saya dalam Bahasa Indonesianya. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh kalimatnya sehingga anda tidak lagi kebingungan ketika menggunakan ungkapan ini. Ini contohnya :

    • This bag is heavy. Could you give me a hand? (Tas ini berat. Bisakah anda membantu saya?)
    • I’ve to move this desk into the other corner. Could you give me a hand? (Saya perlu memindahkan meja ini ke sudut lain. Bisakah anda membantu saya?)
    • I have to lift this bike. Could you give me a hand? (Aku harus mengangkat sepeda ini. Bisakah anda membantu saya?)
    • I need to move this mirror, could you give me a hand? (Aku harus memindahkan kacaini, bisakah anda membantu saya?)
    • Jin and I have to lift my bed, could you give me a hand? (Aku dan Jin harus mengangkat kasurku, bisakah anda membantu saya?)

Contoh dialog could you give me a hand, please? – bisakah anda membantu saya?

Jika sudah tahu contoh kalimat mengenai frasa di atas, maka ketika anda meminta tolong bantuan orang lain anda bisa menggunakan kalimat ini. Pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan contoh dialognya kepada anda sehingga anda akan lebih mudah menerapkannya dalam percakapan. Berikut adalah contoh dialognya untuk anda:

A : What do you think if we move this big pot to the garden? (Bagaimana pendapatmu jika pot besar ini kita pindahkan saja ke taman?)

B : It I a good idea I think, because the garden will look more beautiful (Itu merupakan ide yang bagus menurutku, karena taman akan terlihat jadi lebih asri)

A : How about we move it right now? (Bagaimana jika kita memindahkannya sekarang?)

B : Sure (Tentu saja)

A : This pot is heavy. Could you give me a hand? (Pot ini berat. Bisakah anda membantu saya?)

B : Of course (Tentu saja) 

  1. Would you mind to helping me, please? – Maukah anda membantu saya?

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa anda katakan untuk meminta tolong kepada orang lain. Selain dua jenis kata yang sudah kami sebutkan di atas, anda juga bisa meminta tolong dengan sopan kepada orang lain menggunakan kalimat would you mind to helping me, please? Atau yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu maukah anda membantu saya? Kalimat ini bisa anda ungkapkan ke orang yang usianya lebih tua, lebih senior, atau mungkin orang asing yang baru saja anda temui karena ini lebih formal dan lebih sopan.

Contoh kalimat would you mind to helping me, please? – maukah anda membantu saya?

Jika anda ingin meminta tolong atau ingin meminta bantuan dengan sopan kepada orang lain atau orang yang baru anda kenal maka anda bisa menggunakan kalimat yang satu ini ya, yaitu would you mind to helping me, please? Atau yang memiliki arti maukah anda membantu saya dalam Bahasa Indonesia. Supaya anda lebih paham bagaimana penggunannya, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh kalimatnya untuk anda, berikut adalah contoh nya :

    • My shoes are stuck in the door, I can’t pick it up. Would you mind to helping me, please? (Sepatuku tersangkut di pintu, aku tidak bisa mengambilnya. Maukah anda membantu saya?)
    • I can’t bring this item, would you mind to helping me, please? (Aku tidak membawa barang ini, maukah anda membantu saya?)
    • I don’t have money so I can’t go home. Would you mind to helping me please? (Aku tidak membawa uang sehingga aku tidak bisa pulang ke rumah. Maukah anda membantu saya?)
    • My mom will be angry if she finds out that her favorite jar is broken. Would you mind helping me to fix it? (Ibuku akan marah jika tahu vas kesayangannya pecah. Maukah anda membantu saya untuk memperbaiknya?)
    • My kite stuck on the fence of your house, sorry if it bothered you. Would you mind to helping me, please? (Layang-layangku tersangkut di pagar rumahmu, maaf jika merepotkan anda. Maukah anda membantu saya untuk memperbaikinya?)

Contoh dialog would you mind to helping me, please? – maukah anda membantu saya?

Jika tadi kami memberikan informasi kepada anda mengenai beberapa contoh kalimat. Kami juga akan memberikan contoh dialog mengenai kalimat would you mind to helping me, please? Atau yang memiliki arti maukah anda membantu saya dalam Bahasa Inggris. Simak ulasan pentingnya di bawah ini.

A : Didn’t you bring your bag to school? (Apakah kamu tidak membawa tas ke sekolah?)

B : I bring it, but there a little incident (Aku membawanya, namun ada insiden kecil)

A : What are the incindents likes? (Insiden seperti apa?)

B : My bag got stuck on the school fence. Would you mind to helping me, please? (Tasku tersangkut di pagar sekolah. Maukah anda membantu saya?)

A : Sure, let’s go (Tentu saja, ayo)

Itu tadi beberapa informasi lengkap yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya mengenai how to say politely I need your help. Sekarang tidak usah bingung lagi ketika ingin meminta tolong kepada orang-orang ya!