sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Mengatakan Tidak Melayani Sumbangan (How to Politely Say No to Donations)

Ketika bekerja di kantor, mengantarkan anak ke sekolah ataupun sedang jalan-jalan di tempat wisata, pastinya Anda sering menemui orang-orang datang untuk meminta sumbangan. Bukan sekali atau dua kali saja, hal tersebut bahkan mungkin cukup sering dialami banyak orang. Jika hanya sesekali mungkin tidak akan masalah untuk memberikan donasi. Tetapi bagaimana jika mereka datang berulang kali sementara Anda tak bisa?  Lantas bagaimana caranya untuk menolak memberikan donasi tanpa merasa tak enak hati pada mereka?  Simak trik cerdas bagaimana cara menolak donasi dengan yang lebih polite, berikut selengkapnya.

  1. Buat Budget untuk Donasi Secara khusus

Sama seperti bentuk pengeluaran yang lain. Anda bisa berada dalam masalah keuangan yang pelik jika bertindak gegabah dengan mengatakan iya untuk memberikan donasi tanpa memikirkan kondisi keuangan pribadi secara menyeluruh. Berapa banyak yang bisa Anda berikan untuk donasi dalam satu tahunnya? Setelah Anda mengetahui jumlahnya, tentukan kapan dan berapa sering Anda akan memberikan donasi tersebut.

Misalkan saja Anda meluangkan anggaran untuk donasi sekitar Rp 1 juta per tahun. Jumlah tersebut bisa Anda bagi menjadi dua atau berapa kali sesuai keinginan atau mungkin diberikan langsung ke penerima atau yayasan amal yang memang Anda percaya. Satu hal yang terpenting ialah Anda sudah memiliki besaran alokasi dana yang siap dan tidak akan berubah.

  1. Tentukan Alasan yang Tepat

Memang ada banyak alasan yang akan membuat Anda memberikan donasi. Namun, jika Anda bukan seorang jutawan yang bebas memberikan donasinya, maka Anda perlu mempertimbangkan kemana donasi tersebut akan diberikan agar dampaknya lebih terasa. Setelah Anda memilih tujuan berdonasi dengan tepat, ini akan menghindarkan Anda dari salah “donasi”. Agar tidak keliru memberikan donasi yang dikelola oleh badan yang tidak berkompeten atau salah sasaran, ada baiknya untuk melakukan riset kecil tentang badan atau yayasan amal yang dipilih.

  1. Cara Cerdas Mengatakan “No to Donations” dengan Lebih Politely

Mengatakan tidak atau menolak memberikan donasi terkadang memang cukup sulit untuk dilakukan. Tentu ada perasaan bersalah ketika mengatakannya, hal ini tentu wajar terjadi dan tidak perlu terlalu dipikirkan secara mendalam. Nah, berikut beberapa kalimat yang bisa Anda gunakan untuk mengucapkan penolakan dengan lebih polite tanpa membuat mereka merasa tersinggung.

    • Short and Direct

Gunakan kalimat yang singkat dan padat serta jelas. Usahakan saat mengucapkannya Anda menggunakan nada bicara yang sopan, alih-alih tinggi. Ini agar menghindari pihak lain merasa tersinggung atau marah. Berikut kalimatnya.

      • So sorry, I can’t. Cause I am committed to the charities I’m currently donating to.” (Maaf, saya tidak bisa. Sebab Saya telah berkomitmen untuk memberikan amal yang saat ini sudah saya berikan).
      • “Thanks. I’ll think about it and get in touch if I decide to make a donation.” (Terima kasih, Saya akan mempertimbangkannya dan Anda akan segara saya hubungi jika Saya memutuskan untuk berdonasi).
      • “Thanks, but I’m not interested right now , maybe another time.” (Terima kasih, tapi saya belum tertarik saat ini, mungkin lain waktu).
      • “I am truly sorry that I cannot make a donation to your organization.” (Saya sungguh-sungguh minta maaf karena saya tidak bisa memberikan donasi pada organisasi Anda).
      • “Unfortunately, we are not able to make a donation at this time.” (Sayang sekali, kami tidak memungkinkan untuk memberikan donasi untuk saat ini).
      • “Sorry, that I cannot make a donation.” (Mohon maaf, karena saya tidak bisa memberikan donasi).
      • “Sorry, that we won’t be able to make our usual contribution” (Mohon maaf, karena kami mungkin tidak bisa memberikan kontribusi seperti biasanya).
      • “Unfortunately, I’m unable to giving donation at this time.” (Sayang sekali, saya tidak bisa memberkan donasi saat ini).
      • “Wish it were possible to give some donations, but we can’t do it right now” (Berharap bisa memberikan donasi, tapi kami tidak bisa untuk saat ini).
    • Empati

Penggunaan kalimat singkat untuk menolak memberikan donasi mungkin akan membuat beberapa orang merasa kurang nyaman. Agar mereka yang meminta donasi bisa lebih berbesar hati saat menerima penolakan, Anda dapat memberikan sedikit kalimat empati atau dukungan tentang apa yang mereka lakukan. Berikut contohnya.

      • “I love what your organisation is doing. Keep going. For now, I’ve already allocated my budget to another ” (Saya sangat menyukai apa yang organisasi Anda lakukan saat ini, lanjutkan! Namun untuk saat ini, Saya sudah mengalokasikan donasi saya untuk organisasi yang lainnya).
      • ”I agree that Your organization have a worthy cause. But am sorry I cannot contribute to the fund this year.” (Saya sangat setuju dengan organisasi Anda memiliki tujuan yang sangat mulia. Tetapi mohon maaf, Saya tidak bisa berkontribusi untuk memberikan sumbangan tahun ini).
      • “Your plan to develop an after-school program is admirable. But I already donating to several worthy causes.” (Rencana Anda untuk mengembangkan program pendidikan selepas sekolah memang mengagumkan. Namun saya sudah memberikan donasi untuk beberapa program lain yang juga bagus)
      • “Although your efforts are admirable, our Outreach Committee believes your work runs counter to the aims of our organization.” (Meskipun usaha Anda cukup luar biasa, namun Komite kami menganggap apa yang Anda lakukan tidak sejalan dengan organisasi.)
      • “As much as we would like to help, we simply do not have the financial resources available to do so at present.” (Meskipun kami sangat ingin membantu, kami tidak memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk melakukannya saat ini.)
      • “Because of rising overhead and other costs, we are simply not able at this time to allocate funding to any nonprofit or charitable organizations at this time.” (Karena masalah overhead dan biaya lainnya, kami tidak dapat mengalokasikan dana untuk membantu organisasi nonprofit atau amal yang lain untuk saat ini)
      • Because we are a small company, unfortunately we do not have the resources to provide your requested.” (Karena kamu merupakan perusahaan kecil, sayang sekali kamu belum mampu untuk memberikan apa yang Anda harapkan)
      • “Because we have already allocated our charitable funds for the year, we will not be able to help You for donations.” (karena kami sudah mengalokasikan dana amal tahun ini, karenanya kami tidak dapat membantu memberikan donasi pada Anda)
    • Berikan Harapan

Ketika anda belum bisa membanu untuk saat ini, Anda bisa membesarkan hati mereka untuk memberikan bantuan donasi di lain waktu. Berikut contoh kalimat yang bisa Anda gunakan.

      • “I’d love to help but I have already committed to giving donating to organisation in my hometown. I’ll read up on your organisation and consider giving next year.” (Saya sangat senang bisa membantu namun saya sudah berkomitmen untuk memberikan donasi untuk sebuah organisasi di kampung halaman saya. Saya akan mengevaluasi organisasi Anda dan mempertimbangkannya untuk tahun depan)
      • “Thanks. It sounds like a great cause, but I’ve already made my charitable contributions for the year. I’ll keep you in mind for next year.” (Terima kasih. Kedengarannya seperti tujuan yang sangat bagus, tapi saya sudah memberikan kontribusi amal saya untuk tahun ini. Saya akan mengingatnya untuk tahun mendatang)
      • “Regrettably, we will not be able to contribute to this year. However, if the situation changes, I would be happy to contact you.”  (Sayangnya, kami tidak dapat berkontribusi tahun ini. Namun, jika situasinya berubah, saya akan dengan senang hati menghubungi Anda.)
      • “Though our family can’t giving a finacial support. but we sure you will be able to find other donors who share your concerns.”  Meskipun keluarga kami tidak bis amemberikan dukungan finansial, namun kamu yakin Anda akan menemukan pendonor lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda.)
    • Berikan support tapi tetap tegas

Terkadang ketegasan tetap perlu diberikan, apalagi jika seseorang yang meminta donasi tersebut bersikap sedikit memaksa. Berikut kalimat yang bisa Anda gunakan untuk menolak mereka, diantaranya.

      • “I`m truly support the work you are doing. Unfortunately, I cannot contribute this year” (Saya sangat mendukung pekerjaan yang Anda lakukan, namun sayangnya saya tidak bisa berkontribusi tahun ini.)
      • “Though we would very much like to help with donations, we are not in a position to do so at present.” (Meskipun kami sangat ingin memberikan donasi, kami tidak dalam posisi untuk melakukannya saat ini)
      • “We wish we could help, but we are simply not able to at this time. Cause do not have the financial resources.” (Kami harap dapat memberikan bantuan, namun kami tidak dapat melakukannya sekarang ini karena tidak memiliki dukungan dana)
      • “We would truly like to be able to contribute to your cause. But we cannot at this time. Because we have chosen to support another organization” (Kami sungguh ingin memberikan kontribusi untuk tujuan Anda. Namun, kami tidak bisa untuk saat ini. Karena sudah mendukung organisasi yang lain)
    •  Berikan Bantuan dalam Bentuk Lain

Ketika Anda tidak bis amemberikan donasi yang mereka butuhkan, Anda bisa menawakan bantuan dalam bentuk yang lain, seperti tenaga atau support lainnya. Berikut contohnya.

      • “Could we instead help you by providing free advertising for your organization?” (Bolehkah kami tetap membantu dengan memberikan iklan gratis untuk mendukung organisasi Anda?)
      • “Even though I cannot contribute to your work at this time, I have posted your letter in our break room, with the hope that some of my coworkers might be able to donate.” (Meskipun saya tidak dapat berkontribusi dalam tujuan Anda saat ini, namun saya sudah menuliskan keinginan Anda di ruang istirahat kerja dengan harapan rekan kerja yang lain akan bersedia memberikan donasi.)
      • “I will keep your contact information in our file so that we can reach you in the future.” (Saya akan menyimpan kontak Anda dalam file sehingga di masa mendatang bisa menghubungi Anda lagi.)

Demikian tadi beberapa tips untuk melakukan penolakan terhadap permintaan donasi. Anda juga bisa mengubah sedikit kalimatnya agar sesuai dengan kondisi yang Anda hadapi saat ini. Ini bukan berarti Anda harus menolak semua permintaan donasi yang datang, namun agar Anda bisa sedikit selektif dan mampu menolak dengan lebih politely.

Setelah memberikan penolakan pada mereka dan tidak dapat membantu memberikan donasi yang diharapkan, Anda bisa menutup percakapan dengan memberikan semangat agar mereka bisa menemukan orang atau perusahaan lain untuk memberikan donasi.  Seperti kalimat, “Best wishes in your work.” (Harapan terbaik untuk pekerjaan Anda). Atau “Keep up the good work” (lanjutkan kerja Anda). Kata-kata tersebut akan memberikan mereka sedikit semangat meski telah mendapatkan penolakan setelah mengajukan permintaan donasi.