sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Menggunakan Koma dengan Benar

Sebagian dari kita mungkin mengerti apa itu koma namun tidak mengerti fungsi sesungguhnya atau bagaimana penggunaanya.

Berikut ini, kita akan membahas tentang peraturan atau cara penggunaan koma (,) dengan benar, sebagai berikut:

1. Penggunaan koma untuk memisahkan tiga kata atau lebih, frase, atau klausa dalam bahasa inggris tertulis. Penggunaannya adalah sebelum kata, klausa atau frase terakhir dan sebelum kata “dan”.

Contoh:

  • She bought apple, orange, strawberry, and Watermelon last Sunday.” (dia membeli apel, jeruk, sroberi, dan semangka hari minggu kemarin)
  • “Dina was make six cakes with different flavors, there are cheese, chocolate, orange, strawberry, vanilla, and chococheese, you will love how it tastes” (dina telah membuat enam kue dengan rasa yang berbeda, ada rasa keju, cokelat, jeruk, stroberi, vanilla, dan cokocis, kamu akan menyukai rasanya)

2. Penggunaan setelah kata transisi dan frase, seperti “however, therefore, on the other hand, for example, etc.”

Contoh:

  • “However, we should stay on the scene because we still have another take to do even I’m just an extra” (bagaimanapun juga, kami harus tetap tinggal di lokasi syuting karena kami masih harus mengambil take lain meskipun kami hanya pemeran figuran)
  • “Therefore, you should understand that the people want are for you bring the leader back” (oleh karena itu, kamu harus mengerti bahwa apa yang orang-orang inginkan adalah kamu membawa pemimpinnya kembali)

3. Penggunaan koma di tengah kalimat dimana ada kalimat yang tidak memiliki hubungan dengan kalimat sebelumnya.

Contoh:

  • “This café is having the best meals. The atmosphere, however, is a little bit disturbing. The waiter just not as good as the other café” (café ini memiliki makanan terbaik. Suasananya, bagaimanapun juga, sedikit mengganggu. Pelayannya tidak sebaik pelayan di café lainnya.)

4. Penggunaan koma untuk memisahkan klausa independen yang digunakan bersama konjungsi berikut: “ for, and, nor, but, or, yet, so”

Contoh:

  • “The boy is crying so hard, but his mom still won’t give him the milk” (anak laki-laki itu menangis sangat keras, tapi ibunya tetap tidak mau memberikan susu itu)
  • “ It should be so dashing, so the girl just stood up there and do nothing” (Itu pasti sangat bersinar, sehingga para gadis itu hanya berdiri disana dan tidak melakukan apapun)

5. Penggunaan koma setelah klausa bebas (dependent clause) yang datang sebelum independent

Contoh:

  • “While I’m cooking, the earthquake was happened and I was so scared” (ketika aku memasak, terjadi gempa dan aku sangat ketakutan)
  • “While he is crying, her mom is taking a bath” (ketika dia menangis, ibunya sedang mandi)

6. Penggunaan koma untuk menyebutkan nama-nama geografis, tanggal (kecuali bulan dan hari), alamat (kecuali nomor jalan dan nama jalan), dan title pada nama seseorang.

Contoh:

  • Birmingham, Alabama, gets its name from Birmingham, England.” (Kota Birmingham, Alabama, mendapatkan namanya dari kota Birmingham, Inggris)
  • “Rachel B. Lake, MD, will be the principal speaker.” (Rachel B. Lake, MD, akan menjadi pembicara)

7. Penggunaan koma untuk memisahkan kalimat utama dan kuotasi.

Contoh:

  • Cindy say without any regret, “I’m sorry, didn’t mean too” (Cindy mengatakan tanpa penyesalan sedikitpun, “maaf aku tidak bermaksud”)
  • It is what the man said to Mrs. Kathy, “mind your business, I will do my own”” (inilah yang dikatakan laki-laki itu kepada Nyonya Kathy, “ Urusi urusanmu sendiri, aku akan mengurusi urusanku sendiri)

8. Gunakan koma kapanpun diperlukan untuk menghindari adanya kebingungan atau salah pemahaman.

Contoh:

  • “To Sean, George is a great influencer to his life” (bagi Sean, Goerge ada orang yang paling mempengaruhi hidupnya)
  • “Dean, Cindy is your best friend. Just stop fighting with her. It is not funny!” (Dean, Cindy adalah teman baikmu. Berhenti berkelahi dengannya. Itu benar-benar tidak lucu)
Salah Benar
“My friend Cleo, is a wonderful singer.” “My friend Cleo is a wonderful singer.”
(Temanku Cleo, adalah seorang penyanyi yang luar biasa) (Temanku Cleo adalah seorang penyanyi yang luar biasa)
“The things that cause me joy, may also cause me pain.” “The things that cause me joy may also cause me pain.”
(Sesuatu yang memberiku kebahagiaan, mungkin juga menyebabkan rasa sakit untukku) (Sesuatu yang memberiku kebahagiaan mungkin juga menyebabkan rasa sakit untukku)
“Navigating through snow, sleet, wind, and darkness, is a miserable way to travel.” “Navigating through snow, sleet, wind, and darkness is a miserable way to travel.”
(Bepergian melewati salju, badai salju, angin, dan kegelapan, adalah cara bepergian yang paling menyedihkan) (Bepergian melewati salju, badai salju, angin, dan kegelapan, adalah cara bepergian yang paling menyedihkan)
“Cleo, and her band will be playing at Dockside Diner next Friday.” “Cleo and her band will be playing at Dockside Diner next Friday.”
(Cleo, dan bandnya akan tampil di Dockside Diner jum’at depan) (Cleo dan bandnya akan tampil di Dockside Diner jum’at depan)
“Cleo will wear a sparkly red blazer, and high heels.” “Cleo will wear a sparkly red blazer and high heels.”
(Cleo akan mengenakan sebuah blazer merah, dan sepatu hak tinggi) (Cleo akan mengenakan sebuah blazer merah  dan sepatu hak tinggi)
“This box is lighter, than that box.” “This box is lighter than that box.”
(Kotak ini lebih ringan, daripada kotak yang itu) (Kotak ini lebih ringan daripada kotak yang itu)
“The adorable, little boy was eating ice cream.” “The adorable little boy was eating ice cream.”
(Lucu, anak laki-laki itu sedang makan es krim) (Anak laki-laki menggemaskan itu sedang makan es krim)
“My teacher is tough, but fair.” “My teacher is tough but fair.”
(Guruku adalah seorang yang keras, namun adil) (Guruku adalah seorang yang keras, namun adil)
“Life is, but a dream.” “Life is but a dream.”
(Hidup adalah, kecuali suatu mimpi) (Hidup hanyalah suatu mimpi)
“My dog Charlie is cute, and smart”. “My dog Charlie is cute and smart”.
(Anjingku Charlie adalah lucu, dan pandai) (Anjingku Charlie adalah lucu dan pandai)
“Cleo’s favorite activities are singing on stage, and relaxing in the sunshine.” “Cleo’s favorite activities are singing on stage and relaxing in the sunshine.”
(Aktivitas kesukaan Cleo adalah menyanyi di atas panggung, dan bersantai di bawah sinar matahari) (Aktivitas kesukaan Cleo adalah menyanyi di atas panggung dan bersantai di bawah sinar matahari)