sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Menjawab Interview dalam Bahasa Inggris

Wawancara dalam bahasa Inggris diperlakukan untuk berbagai keperluan seperti untuk mendapatkan pekerjaan atau sebagai syarat mendapatkan beasiswa dan berbagai kepentingan lainnya.

Oleh karena itu ketahui pertanyaan yang sering di pada saat interview bahasa Inggris untuk dapat mempersiapkan interview setidaknya dengan jawaban yang mengesankan. Karena wawancara dilakukan untuk melihat apakah orang yang diwawancarai memenuhi ekspetasi pihak yang mewawancarai.

Bahkan bukan hanya perusahaan asing saja yang melakukan interview dalam Bahasa Inggris, perusahaan lokal pun melakukannya. Jadi ketahui cara menjawab interview dalam Bahasa Inggris agar sesuai dengan yang diinginkan oleh pewawancara.

Persiapan Interview dalam Bahasa Inggris

Orang yang melakukan wawancara mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk akan meningkatkan kemungkinan saat wawancara jawaban yang dilontarkan bisa sesuai dengan yang diharapkan oleh pewawancara. Karena interview bukan sekedar memahami pertanyaan namun juga dapat memberikan jawaban mengesankan

  • Percaya Diri

Menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris memerlukan percaya diri. Karena bila sudah merasa takut dan minder, perkataan tidak akan keluar dengan lancar dan gerakan tubuh mengisyaratkan ketidaknyamanan. Semua hal tersebut bukan hal baik untuk ditunjukkan saat interview.

  • Jawaban Positif

Apapun pertanyakan, pikirkan sesuatu yang positif untuk menjawabnya. Pada umumnya wawancara mencari seseorang yang selain percaya diri juga dapat berpikiran positif. Baik dalam tekanan atau saat dibombardir dengan pertanyaan demi pertanyaan.

  • Menonjolkan Kemampuan

Rendah diri adalah sifat orang Indonesia yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Sulit untuk membanggakan pencapaian atau kemampuan. Bila ingin melakukan interview dengan sukses jangan ragu menyombongkan kemampuan yang dimiliki.

  • Mengutarakan Kelemahan dengan cerdas

Menjadi pribadi adalah sesuatu yang tidak mungkin. Pewawancara juga bisa mengangap anda angkuh bila tidak mengutarakan kelemahan sama sekali. Anda bisa mengatakan kalau anda adalah seorang perfeksionis atau suka terlalu teliti sebagai kekurangan yang sebenarnya adalah sifat baik dalam sebuh performa pekerjaan.

  • Berbicara Tegas

Berbicaralah dengan jelas dan tegas. Bila memungkinkan siapkan jawaban melalui kumpulan pertanyaan yang kira-kira sering ditanyakan pada saat wawancara. Namun bagaimana anda mengatakannya dapat membantu penilaian baik saat interview.

Berikan gambaran Sebagai pribadi yang dicari dalam wawancara. Misalkan apabila anda di wawancara untuk melamar pekerjaan sebaiknya jawaban mencerminkan kontribusi yang bisa diberikan pada perusahaan dan anda merupakan aset yang dapat memajukan perusahaan. Apabila wawancara dilakukan untuk mendapatkan beasiswa nanti jawaban yang diberikan perlu mencerminkan bahwa anda punya visi yang jelas dengan memberikan jawaban yang baik.

Pertanyaan dan Jawaban Interview

Berikan jawaban wawancara yang positif dalam Bahasa Inggris dengan mengetahui pertanyaan yang umum dilontarkan saat wawancara. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa disiapkan jawabannya.

  • Perkenalan Diri

Pertanyaan : Tell me about yourself ( ceritakan tentang diri mu)

Pertanyaan mendasar ini diutamakan untuk awalan untuk mengenal pribadi apakah bisa menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris yang paling sederhana.

Jawaban :

I am Anita, I am twenty four years old. I have graduated from Gajah Mada University, majoring in Finance. I speak English fluently and hold several finance certificate including taxation. I am an active member of my University Student Union.

(Nama saya Anita, saya dua puluh empat tahun. Saya telah lulus dari Universitas Gajah Mada, jurusan keuangan. Saya bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan memegang beberapa sertifikate seperti perpajakan. Saya jug anggota aktif pada Himpunan Masiswa di kampus saya.)

Tips : Sesuaikan sifat, hobi dengan posisi yang sedang Anda lamar. Tambah dengan latar belakang baik pendidikan atau pengalaman kerja sebelumnya.

  • Alasan Melamar

Pertanyaan : Why do you want to work in this company? (mengapa ingin melamar pekerjaan di perusahaan ini?)

Jawaban :

 I want to apply for the Junior finance in your company because the amazing work that your company do and believe. It is always being a passion of mine to work for the best and give all of my best.

(Saya ingin melamar diposisi Keuangan pada perusahaan anda karena berbagai pekerjaan menakjubkan yang perusahaan percaya dan lakukan. Sudah menjadi hasrat saya untuk bekerja dengan perusaahaan kenaamaan dan memberikan usaha terbaik saya.)

Tips : Yakinkan bahwa anda adalah calon kompeten dengan menonjolkan ketertarikan dan semangat untuk bergabung.

  • Kemampuan

Pertanyaan : What is your positive quality and what can you bring to the company? (apa kelebihan Anda yang bisa jadi keuntungan bagi perusahaan?)

Pertanyaan ini ingin mendengar bukan hanya kemampuan yang diinterview, namun juga bagaimana ia dapat meyakinkan bahwa kualitas tersebut penting.

Jawaban :

    • I am a hard worker and I like working with a team. (saya pekerja keras dan bisa bekerja dalam tim)
    • I have no problem working under pressure and deadlines gives me more to achieve my purpose (saya menyukai bekerja dibawah tekanan yang memberikan saya semangat untuk mencapai tujuan)
    • I’m a dreamer but also work hard to make my dream come true (Saya seorang pemimpi yang bekerja keras mewujudkan impian saya)
    • I dont like to sit around and do nothing since I was a kid I always try to do something and that’s exactly what I in this company (Saya tidak pernah suka berdiam diri sejak kecil. Saya selalu berusaha untuk melakukan sesuatu. Hal itu lah yang akan saya lakukan dalam perusahaan. )
    • I am first child from 3 my family never have when I was growing up so I’m used to helping my parents that come it makes me grow up to be a hard worker person passionate with what I do (Saya anak pertama dari tiga bersaudara. Keluarga saya tidak pernah berkecukupan sejak saya kecil. Saya tumbuh jadi pekerja keras dan sangat semangat dengan apapun yang saya lakukan)

Tips

Berikan alasan kuat kalau Anda adalah kandidat yang semangat, pekerja keras serta sedikit latar belakang yang menjadi justifikasi bagaimana Anda mendapatkan sifat tersebut.

  • Gaji

Pertanyaan : How much salary do you want? (berapa nominal gaji yang anda harapkan?)

Anda ditantang untuk memberikan harga untuk kemampuan yang anda miliki. Perusahaan juga ingin mengetahui apakah posisi yang ditawarkan beserta gajinya sesuai dengan ekspetasi anda

Jawaban :

    • I am a fresh graduate with no previous experience. How ever I will work really hard. As for expected salary I will be happy on following the company regulation regarding new employee with no experience. (Saya baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Walaupun demikian saya akan bekerja keras. Untuk perkiraan gaji, saya cukup sebang untuk bergabung dan mengikuti peraturan perusahaan untuk bayaran bagi pegawai baru tanpa pengalaman.
    • I have some experience and confident with my ability. I am no expert but I have a strong determination to secess. A long wth your company I hope to achieve that sucess with the payment equall to my work and effort. (Saya memiliki beberapa pengalaman dan percaya diri dengan kemampuan saya. Saya belum menjadi tenaga ahli namun saya sangat bertekad uktuk sukses. Saya ingin mencapai kesuksesan itu dengan perusahaan anda. Saya harap dibayar dengan gaji sesuai pekerjaan dan usaha saya)
    • I am an experience teacher with several years of experience. I would like to get paid accordance to the company regulation based on my qualification. (Saya adalah guru berpengalaman bertahun-tahun mengajar. Saya sangat berharap untuk dibayar sesuai dengan kebijakan perusahaan berdasarkan kualifikasi saya)
  • Pekerjaan Sebelumnya

Pertanyaan : Why did you leave your previous job? (mengapa Anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya?

Perusahaan ingin mengetahui apakah anda termasuk orang yang tidak betah benerja dengan orang lain, selalu mencari gaji yang lebih tinggi dan alasan apa saja yang perlu diwaspadai, bisa study, keluarga atau hasrat ingin sekolah lagi.

Jawaban :

    • It was the same time my family move to a new house. (saya berhenti karena pindah rumah)
    • I move here so I can take care of my sick mother (saya berhenti dan pindah kesini utuk menjaga ibu saya yang sakit)
    • I love my previous company but they have to lay off some new employee including me. (Saya menyukai perusahaan saya sebelumnya. Tapi mereka harus memecat beberapa pegawai baru)

Tips

Hindari menjelekan perusahaan atau mengindikasikan kalau Anda bukan orang yang betahan. Fikirkan jawaban netral yang tidak bisa dihindari namun tidak bersifat emosional.

  • Alasan Berhenti

Pertanyaan : What if you do not feel challenge here as you are at your previous job?(Bagaimana kalau kamu merasa tidak tertantang sama dengan pekerjaan sebelumnya?)

Jawaban dari pertanyaan sebelumnya akan menjadi boomerang bila Anda tidak menyiapkan jawaban yang mengesankan untuk konsisten dengan tidak merubah perkataan Anda sebelumnya. Mengoreksi perkataan hanya akan memperburuk interview.

Jawaban

Every place gives different insight and I love meeting new people and gaining new knowleadge and experience. (tiap tempat memberikan kesan yang berbeda. Saya senang bertemu dengan orang baru, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman)

  • Kelebihan

Pertanyaan: What are your strengths, named three?(Apa kekuatan anda jelaskan tiga).

Jawaban :

    • My strengths are I am hard worker, diligent and confidence.(Kelebihan saya adalah saya seorang pekerja keras, rajin dan percaya diri)
    • I am good at focus, socilizing and marketing (Saya orang yang sangat fokus, mudah bersosialisasi dan pemasaran)

Tips

Bila ditanya tiga kelebihan. Jawab tanpa menambahkan atau mengurangi. Dengan demikian pewawancara mengetahui Anda dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan instruksi.

  • Kekurangan

Pertanyaan : What are your weakness, please clarify? (apa kekurangan Anda dan tolong jelaskan?)

Pewawancara ingin melihat keseimbangan dari hal-hal positif dan hal-hal negatif yang menurut Anda merupakan kelemahan dalam bekerja.

Jawaban :

    • My weakness is I am a workoholic, I love working and sometime I forget about time. (saya gila kerja. Saya suka kerja dan kadang bisa lupa waktu)
    • I am a perfectionist and do my work until I am sure It is really represent the best of my ability. (Saya adalah seorang perfeksionis yang akan mengerjakan tugas saya dengan detail sampai menjadi tugas terbaik saya)
  • Alasan Menerima

Pertanyaan : Why should we hire you? (Mengapa kami harus menerima Anda?)

Rangkum kembali pernyataan di awal dan tekankan kembali bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Jawaban :

As I have mentioned before, I have some great quality and understand my weakness and importance of working with a team. I have the ability and the drive to fulfill the position in your company (Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Saya memiliki beberapa kualitas menakjubkan dan memahami kekurangan saya. Selain itu sadar pentingnya bekerja sama dalam tim. Saya punya kemampuan dan keinginan untuk memenuhi posisi di perusahaan Anda)

Demikianlah cara menjawab interview dalam Bahasa Inggris. Ketahui pertanyaan umum dan bagaimana harus bersikap dan menjawab dengan tegas dan meyakinkan. Gunakan tips-tips di atas sebagai panduan dan membuat Anda sedikit tenang menghadapi wawancara. Semoga berhasil.