sederet kamus
Translate: Tutorial:

Cara Merespon Pujian Teman Kerja

Pujian bisa kita terima dimana saja dan kapan saja, salah satunya adalah mungkin kita bisa mendapatkan pujian di tempat kerja kita. Mungkin saja pekerjaan kita akhir-akhir ini memang bagus dan membuat atasan atau manajer memuji kita atas kinerja kita, atau mungkin dari rekan kerja yang memuji kita karena mungkin pencapaian kita atau mungkin bisa jadi karena penampilan kita yang menarik bagi mereka.

Namun seringkali banyak orang yang justru merasa bingung bagaimana mereka harus memberikan respon atas pujian yang mereka dapatkan. Kali ini kami akan memberikan informasi yang cukup berguna bagi anda yang saat ini sedang bekerja yaitu how to respond compliment at work? Atau yang memiliki arti bagaimana memberikan respon pujian di tempat kerja? Sehingga anda bisa memberikan respon yang tepat kepada orang yang memuji anda. Simak ya contoh dan ulasan lengkapnya di bawah ini!

Ways to respond graciously (Cara merespon dengan ramah)

Ketika diberi pujian oleh orang lain, terutama ketika orang itu tulus dari hati maka tentu saja kita akan merasa senang bukan? Tentu saja ketika orang lain memberikan pujian kepada kita, kita juga harus mengapresiasi atau menghargai mereka dengan memberikan balasan atau respon yang ramah juga.

Sehingga orang yang memberikan pujiannya kepada kita juga merasa senang karena ternyata kita menghargai apa yang mereka katakan kepada kita. Sebelum memberikan informasi mengenai contoh-contoh kalimat yang bisa anda ucapkan untuk merespon pujian, maka berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk merespon orang di tempat kerja dengan ramah:

  1. Say thank you (Berkata terima kasih)

Cara atau langkah yang paling awal yang harus anda lakukan ketika seseorang memuji anda, ada haruslah mengatakan terima kasih atau thank you. Mungkin ada kalanya ketika seseorang memuji kita, kita sebenarnya merasa tidak nyaman atau bahkan tidak setuju dengan pujian yang orang lain itu berikan kepada kita.

Ada beberapa orang yang ketika dipuji, mereka merasa tidak nyaman atau tidak setuju sehingga ketika mereka mengatakan thank you atau terima kasih, mereka akan menambahkan kata but atau tetapi kemudian melontarkan hal yang apa mereka tidak sukai.

Sebaiknya, ketika ada orang lain yang memberikan pujian untuk anda terutama di tempat kerja. Apapun pujian yang mereka katakan dan berikan kepada anda, maka ucapkan terima kasih atau thank you saja.

Walaupun mungkin anda merasa bahwa anda kurang nyaman dengan pujian yang mereka berikan kepada anda namun lebih baik mengucapkan thank you. Cobalah untuk tidak mengatakan sebuah alasan lain setelah anda mengucapkan terima kasih kepada mereka.

  1. Share an interesting detail (Bagikan detail yang menarik)

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan setelah anda berkata terima kasih kepada orang yang memuji anda, maka anda juga harus membagikan detail yang menarik kepada mereka. Karena masih banyak orang yang salah ketika memberikan respon kepada orang lain, sehingga terkadang justru membuat orang lain itu jadi tersinggung ketika diberikan respon seperti itu.

Sebagai contoh mungkin ada beberapa orang yang diberi pujian, mereka membalasnya dengan cara malah menurunkan kualitas dari orang yang memuji mereka sehingga seolah-olah membuat mereka jadi kelihatan paling baik. Namun itu bukanlah cara menerima pujian yang baik! Jika anda memberikan respon yang seperti ini maka malah bisa membuat orang lain jadi kesal dan tidak menghargai anda.

Mungkin sebagai gantinya, maka anda bisa memberikan atau membagikan informasi mengenai detail yang menarik bagi orang yang memuji anda, bagaimana caranya? Mungkin ketika orang lain memuji sepatu anda, anda bisa menceritakan bahwa ini adalah hadiah dari ayah. Hal simpel seperti ini justru bisa membuat orang lain jadi lebih respect kepada anda. Mungkin berikut adalah contoh singkatnya:

A: Hey bro, your shoes are so cool! (Hai bro, sepatumu sangat keren!)

B: You mean this old pair, bro? (Maksudmu sepasang sepatu tua ini bro?)

A: Sure (tentu saja)

B: Oh thank you bro! (Terima kasih)

A: My pleasure (dengan senang hati)

B: They were a thoughtful gift from my dad, and wearing them always makes me think of him (Itu adalah hadiah yang berarti dari ayahku, dan ketika aku memakai mereka itu membuat saya selalu memikirkannya)

A: Wow, that’s so cool! (Wow, itu sangat keren!)

  1. Asking something (Bertanya sesuatu)

Hal lain yang bisa anda lakukan ketika anda diberikan pujian di kantor anda atau di tempat kerja, kemudian anda bisa menanyakan kepada mereka mengenai sesuatu terkait dengan yang mereka puji.

Misalnya saja atasan di kantor anda menyukai presentasi anda hari ini, mungkin anda bisa menanyakan kepada atasan anda bagian mana yang disukai. Atau mungkin anda bisa menanyakan saran kepada mereka. Supaya anda lebih mudah memberikan respon compliment di tempat kerja maka kami akan memberikan contoh dialog sehingga anda bisa mencontohnya di kehidupan sehari-hari anda. Berikut ini adalah contohnya:

A: Hey vivi, you are so great! I love your presentation today! Good job Vivi! (Hai vivi, anda sangat hebat! Saya menyukai presentasi anda hari ini! Kerja bagus Vivi!)

B: Thank you Mr. Bagas for your compliments! It makes me more motivated (Terima kasih Mr. Bagas untuk pujian anda! Itu membuat saya lebih bersemangat)

A: Hopefully, you can develop more and more (Berharap anda bisa lebih berkembang dan berkembang lagi)

B: Which part you like sir? (Bagian mana yang anda sukai pak?)

A: i love everything, especially the way you delivered the presentation (Saya suka semuanya, terutama cara penyampaian anda)

B: Thank you sir (Terima kasih pak)

Itulah tadi beberapa contoh kalimat percakapan di kantor atau di tempat kerja, anda bisa memberikan tanggapan seperti dengan yang kami beritahukan di atas. Anda bisa menanyakan pertanyaan seperti ini kepada orang yang memuji anda sehingga kelihatannya seperti anda menghargai mereka dan menerima pujian mereka dengan ramah.

  1. Return the love (kembalikan pujian itu)

Ada banyak sekali cara bijak yang bisa anda lakukan untuk menanggapi pujian di tempat kerja atau di kantor anda. Karena masih banyak orang yang tidak bisa menyampaikan dengan baik bagaimana mereka menanggapi orang lain, maka mulai saat ini anda harus belajar untuk bisa menanggapi compliment atau pujian dari orang lain.

Cara lain yang bisa anda lakukan jika anda menerima pujian dari orang lain, adalah anda harus mengembalikan pujian itu kepada mereka sehingga kelihatan bahwa anda adalah orang yang menghargai orang lain.

Jadi misalnya saja anda dipuji bahwa presentasi anda hari ini bagus, maka anda harus juga memuji orang lain dengan apa yang berhasil mereka capai. Itu akan terdengar lebih ramah dan sopan. Mungkin anda masih bingung bagaimana cara menyampaikannya, maka berikut ini adalah contoh dialog yang bisa anda contohkan:

A: Hey, you are so cool. I like your presentation today (Hai, kamu sangat keren. Aku menyukai presentasimu hari ini)

B: Thanks for your compliments! Actually I’m very nervous when in front (Terima kasih atas pujianmu! Sebenarnya aku sangat gugup saat di depan tadi)

A: Really? But you don’t look nervous. You can convey it very well (Sungguh? Namun kamu tidak kelihatan gugup. Kamu bisa menyampaikannya dengan bagus)

B: Really. I also like your videos that help me present more better (Sungguh. Aku juga suka videomu yang membantuku presentasi lebih baik)

A: Oh, thank you so much! (Oh, terima kasih banyak)

Some example to respond compliment at work (Beberapa contoh untuk merespon puijian di tempat kerja)

Dari poin di atas kita jadi tahu bagaimana cara untuk merespon orang lain yang memberikan pujian dengan baik yaitu caranya adalah yang pertama-tama yaitu mengatakan terima kasih atau thank you kepada orang yang memuji anda, kemudian langkah yang kedua adalah dengan memberikan detail yang menarik atau share an interesting detail, dan untuk yang ketiga adalah asking something atau bertanya sesuatu kepada orang itu mengenai apa yang mereka sukai dari pujian mereka, dan yang keempat adalah mengembalikan pujian itu kepada orang yang memuji anda.

Dengan begitu maka anda bisa memberikan pujian kepada orang lain dengan ramah dan sopan, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh mengenai bagaimana contoh kalimat yang bisa anda gunakan untuk merespon orang lain dengan baik:

  • Thank you for your compliments, it makes my day to hear that (Terima kasih atas puijian anda, itu membuat hari saya menjadi gembira ketika mendengarnya)

Jika mungkin anda diberikan pujian dan merasa karena pujian itu anda merasa senang dan bahagia hari itu, maka mungkin anda bisa juga mengutarakan perasaan anda setelah mereka memberikan pujian itu kepada anda yaitu dengan mengatakan kalimat ini.

  • Thanks, I really aprreciate you for taking the time to express that! (Terima kasih, aku sungguh mengapresiasi anda untuk mengambil waktu untuk menyampaikan itu)

Ketika orang lain memberi pujian kepada kita terutama di tempat kerja, maka tentu saja yang harus dilakukan adalah anda memberikan apresiasi kepada orang yang memuji anda. Mungkin anda bisa mengatakan bahwa anda mengapresiasi mereka karena telah mengucapkan pujian itu kepada mereka.

  • Thanks, I am really happy to hear you feel that way! (Terima kasih, aku sangat senang mendengar jika kamu mengalami itu)

Mungkin ada kalanya orang yang bekerja di lingkungan kerja anda, memberikan anda pujian dan merasa bahwa anda telah memberikan pengaruh bagi mereka. Misalnya saja ada orang atau rekan kerja anda, bahwa penampilan anda di presentasi tadi bisa menyemangati mereka.

  • Thank you for noticing it, really great to hear that. Your presentation is amazing too! (Terima kasih telah memperhatikan, senang mendengar itu. Presentasimu juga luar biasa)

Jika mungkin ada orang yang memberikan pujian kepada anda, maka selain menyampaikan terima kasih maka anda juga harus bisa menyampaikan pujian balik dari mereka.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa saya sampaikan kepada anda semuanya mengenai yaitu how to respond compliment at work? Atau yang memiliki arti bagaimana memberikan respon pujian di tempat kerja? Sekarang anda tahu kan bagaimana cara untuk menyampaikan atau merespon pujian orang lain di tempat kerja dengan baik.

Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda semuanya sehingga anda bisa merespon dengan bijak pujian mereka. Jika merasa berguna maka share artikel ini ya!