sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)

Memberikan kesan terbaik adalah hal penting ketika menghadapi wawancara atau interview. Mulai dari penampilan sampai persiapan jawaban adalah detail yang menjadi pertimbangan sebuah perusahaan dalam mencari kandidat terbaik untuk menjadi bagian dalam perusahaan.

Ada beberapa pertanyaan dasar yang umumnya ditanyakan pada saat wawancara. Mulai dari perkenalan diri, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan sampai kepribadian. Semua ditanyakan dan memerlukan jawaban yang merefleksikan diri yang diwawancara.

Pertanyaan dapat diprediksi dan begitu pula dengan jawabannya. Orang yang diwawancara diharapkan dapat menyiapkan wawancara sebaik-baiknya. Yang diperlukan adalah jawaban jujur dan menjadi diri sendiri. Karena jawaban yang dihafal tidak mudah untuk dilontarkan secara pas saat wawancara.

Hal-hal yang umumnya ditanyakan pada saat wawancara termasuk

  • Perkenalan Diri. “Tell me about yourself” (ceritakan tentang diri Anda)
  • Pengalaman Kerja “Do you have working experience” (apakah kamu punya pengalaman kerja)
  • Pendidikan “where do you study” (dimana anda menuntaskan studi)
  • Alasan Menerima “why should we hire you?” (kenapa kami harus menerima anda)
  • Rencana “what is your future plan” (apakah rencana Anda dimasa yang akan datang)
  • Gaji “what is your expected salary?” (apakah gaji yang Anda harapkan?)

Contoh Percakapan Interview kerja dalam Bahasa Inggris

Perlu diingat wawancara bisa dilakukan oleh beberapa pewancara dengan satu orang pencari kerja. Hal ini bisa karena dibutuhkan beberapa perspektif dalam menilai calon karyawan. Orang yang diwawancara perlu mempersiapkan diri kala menghadapi pertanyaan dari satu orang maupun beberapa orang. Berikut adalah contohnya.

Contoh Percakapan Interview kerja antara 2 orang.

Anda masuk ke dalam ruangan dan terdapat satu orang yang akan mewawancarai Anda. Ini merupakan bentuk percakapan interview kerja dalam Bahasa Inggris yang paling umum. Berikut adalah contoh percakapan interview kerja antara seorang job seeker dan seorang recruiter.

Dean: Good Morning, James. My name is Dean. (selamat pagi, james. Nama saya Dean)

James: Good Morning. Pleasure to meet you Dean.(selamat pagi, senang bertemu denganmu Dean)

Dean: So, please take a sit and tell me about yourself? (silahkan duduk dan mulai perkenalkan tentang diri Anda)

James: Thank you. First of all, a brief introduce about myself. I am a fresh graduate from Gajah Mada University major in Finance. I move from Jogja with my family. I am currently seeking a reputable company that I can work my skill and expertise while learning at the same time.(Terima kasih. Pertama, saya akan memperkenalkan diri, Saya baru lulus dari Universitas Gajah Mada jurusan keuangan. Saya pindah dari Jogja dengan keluarga saya. Saya kini mencari perusahaan dimana saya dapat menerapkan kemampuan saya sementara belajar dalam waktu bersamaan)

Dean: We have a job opening for assistant finance do you think you can handle the job?(kami ada lowongan pekerjaan untuk asisten keuangan. Apakah Anda tertarik dengan posisi tersebut?)

James: I have a Finance degree and I would love to learn with your company. (Saya jurusan keuangan dan sangat berminat belajar dari perusahaan Anda)

Dean: Do you have  any working experience?(Apakah Anda punya pengalaman kerja?)

James: I have an intern job when finishing my degree. I am a hard worker and willing to work harder to meet the company’s working standard.(saya pernah magang ketika menyelesaikan kuliah. Saya adalah pekerja keras dan akan bekerja lebih keras lagi untuk memenuhi standar perusahaan)

Dean: That is great! Do you mind working long hours to understand our system? (bagus sekali. Apakah Anda tidak keberatan untuk bekerja sampai larut untuk mengenal sistemnya?)

James: I understand what it takes to be a newcomer, you need to put more effort. (Saya sangat paham bahwa sebagai pendatang baru, saya perlu memberikan performa terbaik)

Dean: Do you have any question? (Apakah Anda punya pertanyaan?)

James: what about salary and insentive? (bagaimana dengan gaji dan insentif?)

Dean: a fresh graduate will earn about 4 million rupiah (pegawai yang baru lulus akan mendapatkan gaji sekitar 4 jutaan)

Nice. Oke, we will be in contact. (Bagus sekali. Kali akan segera menghubungi Anda)

James : Thank you for your time(terima kasih untuk waktunya)

Percakapan Interview kerja Antara 3 Orang

Interview bisa melibatkan lebih dari satu orang recruiter. Dengan demikian ada dua orang yang akan bertanya pada pelamar pekerjaan. Setting wawancara pekerjaan seperti ini memberikan perusahaan pilihan opini sehingga hasil wawancara bisa lebih objektif. Berikut adalah contoh beberapa percakapan interview kerja dalam Bahasa Inggris. Ada dua orang recruiter yang mewawancarai satu orang job seeker pada waktu yang bersamaan.

Anne: Hallo, nice to meet you. I am Anne I am the Head of Marketing department. This is Laela The Head of Personalia (Halo, senang bertemu dengan Anda. Saya Anne kepala departmen keuangan. Ini adalah Laela, kepala bagian personalia)

Laela: Please have a seat, your name is Ms. Mary?(silahkan duduk. Nama Anda Mary bukan?)

Mary: yes, I am Mary Alan. I am here for a job interview for the marketing specialist position (ya. Saya Mary Alan. Saya kesini untuk melakukan wawancara untuk posisi marketing specialist)

Anne: yes, you are in the right place. I think we should just start with several questions. (ya, Anda berada ditempat yang benar. Saya pikir kita bisa mulai dengan beberapa pertanyaan)

Laela: Tell us about yourself Mary (ceritakan tentang diri mu Mary)

Mary: I am a Marketing graduate from Yale university. Previously I work with Amazon for 4 years and 2 years with Nike. I took a break to get married and have two kids. Now, I am eager to go back to work (saya adalah lulusan marketing danri universitas Yale. Sebelumnya saya bekerja 4 tahun di Amazon dan 2 tahun bersama Nike. Saya berhenti kerja untuk menikah dan memiliki dua anak. Sekarang saya sangat ingin kembali bekerja)

Anne: How long are you planning on working with us?(berapa lama Anda berencana bekerja dengan kami?)

Mary: I am an experience marketer and I am very good on what I do. As long as your company would have me, I can work as soon as possible. (saya adalah marketer berpengalaman dan saya sangat lihai di pekerjaan saya. Asalkan perusahaan Anda dapat menerima saya, saya dapat segera bekerja.)

Laela: What is your plan to enhance our marketing department?(apa rencana Anda dalam meningkatkan kinerja departmen pemasaran?)

Mary: I will analyze first them come up with long term plan and divided with several short term plan and assembling the right team (saya akan menganalisa dan membuat rencana jangka panjang dan membaginya jadi beberapa rencana pendek dan membentuk tim yang pas)

Anne: You are very experience. What is the expected salary that you have in mind?(Anda sangat berpengalaman. Adakah harapan nominal gaji dalam benak Anda?)

Mary: I have several years experience. I am willing to adjust with the company’s standard and regulation. (saya memiliki pengalaman kerja tahunan. Saya bersedia menyesuaikan diri dengan standar dan peraturan perusahaan.)

Laela: Great. I think that is all for now (bagus. Sepertinya cukup sudah interview untuk hari ini)

Anne: Thank you for your time, we will call you soon (terima kasih untuk waktunya. Kami akan menghubungi Anda secepatnya)

Mary: Thank you for your time (terima kasih untuk waktunya)

Percakapan Interview kerja Antara 4 Orang

Interview bisa dilakukan dengan lebih banyak penanya dari perusahaan. Misalkan ada tiga orang recruiter yang mewawancarai seorang pelamar kerja. Berikut contoh percakapannya.

Tim: Welcome to ABC News, Diana. I am Tim and this is Lisa and Robert (selamat datang ke ABC News. Saya Tim dan ini Lisa dan Robert)
Diana : Hello, it’s nice to meet you of you. Thank you for interviewing me (senang bertemu dengan Anda. Terima kasih untuk menyempatkan diri mewawancarai saya)

Tim: Shall we begin Diana? Are you ready for the interview? (bisakah kita mulai sekarang Diana? Apakah Anda siap untuk interview?)

Diana: Yes I am (ya, saya siap)

Lisa: Great, you can start by telling us about yourself (Bagus sekali, Anda dapat mulai dengan menceritakan kami tentang diri Anda)

Diana: My name is Diana. I am here for the freelance reporter position. I am studying broadcasting. I have finished all of my study and waiting for my graduation which about 2 months from now. (Nama saya Diana. Saya disini untuk melamar posisi reporter paruh waktu. Saya kuliah penyiaran. Saya sudah menyelesaikan studi dan tinggal menunggu kelulusan sekitar dua bulan lagi)

Robert: Are you aware that reporter have to work long hours and work on the field almost 80 percent of the time? (Apakah Anda paham bahwa reporter harus bekerja dengan waktu panjang dan bekerja lapangan hampir 80 persen dari waktu kerja?)

Diana: Yes, I love traveling and not much of an indoor person. That is why i want to try and apply to the position. (ya. Saya sangat suka jalan-jalan dan saya bukan orang yang suka duduk di kantor. Oleh karena itu saya ingin melamar untuk posisi pekerjaan ini)

Tim: We need someone to work as soon as possible, what is your activities at the moment? (kami butuh seseorang untuk bekerja secepatnya. Apakah aktifitas Anda saat ini?)

Diana: I dedicated all my time to finish my study. After it is finish I dont have any obligation. So I can work as soon as possible. (saya menggunakan waktu saya untuk menyelesaikan kuliah. Setelah saya selesai, saya tidak punya tanggung jawab apapun. Jadi saya dapat segera bekerja)

Robert: What can we expect from you in the first month? (apa yang bisa kami harapkan dari Anda untuk satu bulan pertama?)

Diana: I will familiarize myself with the work ethic and my coworker (saya akan mengenal lebih jauh tentang sistem kerjaan dan juga rekan kerja)

Lisa: excellent. Thank you Diana (bagus sekali. Terima kasih Diana)

Tim: I think that is all, we will be in touch (saya rasa cukup sudah. Kami akan menghubungi Anda)

Diana: Thank you. (terima kasih)

Persiapkan wawancara dalam Bahasa Inggris dan selalu ingat untuk bersikap tenang. Wawancaranya dilakukan dengan satu orang recruiter maupun lebih, tidak merubah pertanyaan yang akan dilontarkan. Jadi dengan melihat contoh beberapa percakapan interview kerja dalam Bahasa Inggris di atas dapat memberikan gambaran bagaimana percakapan kerja dapat terjadi dengan melibatkan beberapa opsi pewawancara.