sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Beberapa Percakapan Singkat Bahasa Inggris di Hotel

Sebagai salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di berbagai macam negara, bahasa Inggris sangatlah bermanfaat dalam berbagai macam situasi. Salah satu contohnya adalah ketika Anda sedang pergi ke luar negeri dan harus berurusan dengan penginapan di hotel. Terdapat berbagai macam situasi yang bisa ditemukan di hotel mulai dari mengenai check in hingga keterangan fasilitas hotel lainnya.

Oleh karena itu, akan sangat berguna jika Anda mengetahui kata-kata apa saja yang harus digunakan dalam bahasa Inggris ketika bercakap di hotel. Jangan khawatir, berikut ini adalah sekumpulan contoh percakapan singkat dalam bahasa Inggris di hotel yang dapat Anda pelajari.

Menanyakan Letak Kolam Renang

Sebagian besar hotel memiliki fasilitas kolam renang. Akan tetapi, mungkin Anda kesulitan menemukan tempat kolam renang di hotel tersebut. Berikut ini contoh percakapan menanyakan letak kolam renang.

A: I’m sorry to bother you, I am a bit lost here. Could you help me? (Mohon maaf mengganggu, saya sedikit tersesat di sini. Bisakah Anda bantu saya?)

B: Of course. (Tentu saja)

A: I’ve just started staying here this afternoon but I can’t find the swimming pool. Do you happen to know where it is? (Saya baru mulai menginap di sini siang ini namun saya tidak bisa menemukan kolam renangnya. Apakah Anda kebetulan tahu di mana itu?)

B: It’s on the 3rd floor, there’s a door right in front of the elevator leading to the swimming pool. You can’t miss it. (Kolam renang ada di lantai tiga, ada pintu tepat di depan lift yang menuju ke kolam renangnya. Anda tidak mungkin melewatkannya)

A: Thank you so much! That’s really helpful. (Terima kasih banyak! Itu sangat membantu)

Percakapan Check In

Untuk dapat menginap di hotel, tentu Anda harus check in terlebih dahulu. Berikut ini adalah contoh percakapan melakukan check in.

A: Good afternoon. I would like to check in please. (Selamat siang. Saya ingin check in, tolong)

B: Good afternoon. Have you made a reservation? (Selamat siang. Apakah Anda sudah membuat reservasi?)

A: I have. It should be under the name of Dave Smith. (Sudah. Seharusnya atas nama Dave Smith)

B: We have received your reservation for one deluxe room for two nights. Here is your room key, it’s on the 6th floor. Please enjoy your stay. (Kami telah menerima reservasi Anda untuk satu kamar deluxe untuk dua malam. Ini dia kunci kamar Anda, kamarnya ada di lantai enam. Silakan nikmati menginap di sini)

A: Thank you. (Terima kasih)

Percakapan Check Out

Setelah selesai menginap di hotel, Anda akan harus melakukan check out. Berikut ini adalah contoh percakapannya.

A: Good morning. I have been staying in room 402. I would like to check out now, please. (Selamat pagi. Saya menginap di ruangan 402. Saya ingin check out sekarang, tolong)

B: Alright, sir. Could you give me the key to your room? (Baiklah, Pak. Bisakah Anda memberikan kunci kamar Anda kepada saya?)

A: Here you go. (Ini dia)

B: Thank you so much for staying with us. We hope you enjoyed your stay here. We look forward to your next visit. (Terima kasih banyak telah menginap bersama kami. Kami harap Anda menikmati menginap di sini. Kami menunggu kedatangan Anda kembali)

A: Thank you. Have a good day. (Terima kasih. Semoga hari Anda menyenangkan)

Menanyakan Jam Sarapan

Beberapa hotel menawarkan sarapan yang memiliki batas waktu tertentu. Berikut ini adalah contoh percakapan menanyakan jam berapa sarapan akan siap.

A: If I’m not wrong, my reservation was made included with breakfast, right? (Jika saya tidak salah, reservasi saya dibuat termasuk dengan sarapan, benar?)

B: That’s right, Ma’am. Breakfast will be served in the restaurant on the second floor. (Itu benar, Bu. Sarapan akan dihidangkan di restoran di lantai dua)

A: What time would the breakfast be ready? (Pukul berapa sarapannya akan siap?)

B: We will serve breakfast from 7 am to 9 am. (Kami akan menghidangkan sarapan dari pukul 7 pagi hingga 9 pagi)

A: Alright. Thank you for your information. (Baiklah. Terima kasih atas informasinya)

Menanyakan Tempat Wisata Favorit Terdekat

Beberapa hotel biasanya terletak di dekat tempat wisata. Berikut ini adalah contoh percakapan menanyakan di mana tempat wisata terdekat berada.

A: Excuse me, I’m a little bit clueless with this part of the country. Could you perhaps help me? (Permisi, saya sedikit tidak tahu apa-apa dengan bagian negara ini. Apakah mungkin Anda bisa membantu saya?)

B: Of course. How can I help you? (Tentu saja. Bagaimana saya bisa membantu Anda?)

A: I’m looking for a popular tourist spot that is near here. Do you happen to know a place? (Saya sedang mencari tempat wisata yang terkenal yang berada di dekat sini. Apakah Anda tahu tempat seperti itu?)

B: You could try to go the Aircraft Museum. It’s only a 15 minutes walk from here. You just need to go left and then cross the road to go to the second right turn. (Anda bisa mencoba pergi ke Museum Pesawat Terbang. Itu hanya berjarak jalan kaki 15 menit dari sini. Anda hanya perlu belok ke kiri lalu sebrangi jalanannya untuk belok kanan di belokan kedua)

A: Thank you so much for your help! (Terima kasih banyak atas bantuan Anda!)

Apakah Bisa Dibangunkan?

Tidak jarang ada hotel yang memiliki fasilitas membangunkan tamunya. Berikut ini adalah contoh percakapan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

A: Excuse me, I need to wake up really early tomorrow morning. Is there a wake-up service in this hotel? (Permisi, saya harus bangun sangat pagi sekali besok. Apakah ada layanan membangunkan di hotel ini?)

B: Yes, there is. What time do you need us to wake you up? (Iya, ada. Pukul berapa Anda perlu kami bangunkan?)

A: Could you wake me up at 4 AM, please? (Bisakah Anda bangunkan saya pukul  pagi, tolong?)

B: Of course. (Tentu saja)

A: Thank you so much. (Terima kasih banyak)

Menanyakan Shuttle Ke Bandara

Sebagian besar hotel memiliki fasilitas shuttle ke bandara. Berikut ini adalah contoh percakapan ketersediannya.

A: I’m sorry to bother you. Do you happen to know if there is a shuttle from here to the airport? (Maaf mengganggu Anda. Apakah Anda kebetulan tahu jika ada shuttle dari sini ke bandara?)

B: I’m afraid we don’t have a shuttle service to the airport for now. However, you could take the bus from down the road to the airport. (Sayangnya kami tidak memiliki layanan shuttle ke bandara untuk saat ini. Akan tetapi, Anda bisa naik bis dari jalanan di depan ke bandara)

A: Alright. Thank you for the information. (Baiklah. Terima kasih atas informasinya)

Komplain Kamar Sebelah Berisik

Seringkali kamar di sebelah terdengar berisik dan mengganggu. Untuk mengeluhkannya, berikut ini adalah contoh percakapan singkatnya.

A: Good evening. I’m sorry to bother you this late at night. I’m from room 603 and the room next door has been so loud since a few hours ago. Could you maybe tell them to keep quiet? (Selamat malam. Mohon maaf saya mengganggu Anda larut malam seperti ini. Saya dari kamar 603 dan ruangan di sebelah saya sangat berisik sejak beberapa jam yang lalu. Bisakah Anda meminta mereka untuk menjaga ketenangan?)

B: Of course, sir. We will go and check the room this instance. (Tentu saja, Pak. Kami akan ke sana dan memeriksa ruangannya saat ini juga)

A: Thank you for your help. I really need to sleep, I got an important meeting tomorrow. (Terima kasih atas bantuan Anda. Saya sungguh perlu tidur, saya memiliki rapat penting besok)

Meminta Kamar Dibersihkan

Tentu saja kamar hotel akan menjadi berantakan dan perlu layanan dibersihkan. Berikut ini adalah percakapan untuk meminta kamar dibersihkan.

A: Good morning. I will be going out to sightseeing around the city for awhile. Could I ask you a favor? (Selamat pagi. Saya akan pergi keluar untuk berjalan-jalan keliling kota sebentar. Bisakah saya minta tolong sesuatu?)

B: Of course. Anything you need, Ma’am. (Tentu saja. Apapun yang Anda butuhkan, Bu)

A: I have left my room in quite a mess. Could you tidy it up before I come back? (Saya meninggalkan ruangan saya dalam keadaan cukup berantakan. Bisakah Anda membersihkannya sebelum saya kembali lagi?)

B: We will see right to it, Ma’am. What room are you in? (Kami akan segera mengurusnya, Bu. Kamar nomor berapa Anda menginap?)

A: I’m in room 503. Thank you so much. (Saya menginap di kamar nomor 503. Terima kasih banyak)

Kotak Penyimpanan Rusak

Kamar hotel biasanya memiliki kotak penyimpanan, akan tetapi bagaimana jika kotaknya rusak? Berikut ini adalah contoh percakapan untuk situasi tersebut.

A: Hello, I’m from room 708. I don’t know what happened but since I checked in a few minutes ago, I have noticed that my safety deposit box is broken. Could you perhaps fix the box? (Halo, saya dari ruangan 708. Saya tidak tahu apa yang terjadi namun sejak saya check in beberapa menit yang lalu, saya menyadari bahwa kotak penyimpanan saya rusak. Apakah mungkin Anda bisa memperbaikinya?)

B: Room 708, is it? We will look into it right away, Sir. I’m sorry for this minor inconvenience. (Kamar 708, ya? Kami akan segera mengurusnya, Pak. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini)

A: No problem. Thank you for your help. (Tidak masalah. Terima kasih atas bantuan Anda)

Minta Kunci Cadangan

Memiliki kunci cadangan kamar hotel akan berguna jika Anda menginap dengan orang lain. Berikut ini adalah contoh percakapan meminta kunci cadangan kamar.

A: Good evening. I’m from room 505. I was wondering if I could have a spare key to my room for my wife? I will be leaving her for a few hours and she said she wants to go out elsewhere too. It would be really helpful if both of us have our own set of key. (Selamat malam. Saya dari kamar 505. Saya berpikir apakah mungkin saya bisa meminta kunci cadangan untuk kamar saya untuk istri saya? Saya akan meninggalkannya untuk beberapa jam dan dia bilang dia ingin pergi ke tempat lain juga. Akan sangat membantu jika kami berdua bisa memiliki kunci kamar masing-masing)

B: I’m sorry sir, but we can’t give a spare key. However, if you want you or your wife could leave the key with us and ask us for it when any which one of you came back first. (Mohon maaf, Pak. Namun kami tidak bisa memberikan kunci cadangan. Akan tetapi, jika Anda mau, Anda atau istri Anda bisa meninggalkan kuncinya kepada kami dan memintanya lagi ketika salah satu dari kalian kembali duluan)

A: Alright then, that could work. Thank you. (Baiklah kalau begitu, itu bisa. Terima kasih)

Kartu Kunci Rusak

Tidak jarang kartu kunci kamar hotel rusak dan tidak bisa digunakan. Untuk meminta gantinya, berikut ini adalah contoh percakapannya.

A: I’m sorry, could you help me for a bit? (Mohon maaf, bisakah Anda membantu saya sedikit?)

B: Of course, how could I help you? (Tentu saja. Apa yang bisa saya bantu?)

A: I think my key card is broken. I can’t come into my room, I’ve tried it countless times. Could I get a replacement key please? (Sepertinya kartu kunci saya rusak. Saya tidak bisa masuk ke kamar saya, saya sudah mencobanya berkali-kali. Bisakah saya meminta kunci pengganti?)

B: Of course, Sir. Please wait a minute. We will get you a new key card. (Tentu saja, Pak. Mohon tunggu sebentar. Kami akan memberikan Anda kartu kunci yang baru)

A: Thank you so much, I was worried I would have to sleep on the hallway. (Terima kasih banyak. Saya tadi khawatir saya akan harus tidur di lorong)

Itulah dia beberapa contoh percakapan singkat dalam bahasa Inggris yang biasanya terjadi di hotel. Semoga contoh percakapan tersebut dapat memperkaya pengetahuan bahasa Inggris yang Anda miliki.