sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Beberapa Percakapan Singkat Bahasa Inggris di Telepon

Jaman kini hampir semua orang menggunakan telepon untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Bukan hanya untuk berkomunikasi dengan sahabat, namun bahkan untuk urusan profesional juga tidak jarang menggunakan telepon.

Melihat bagaimana bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang paling sering digunakan di seluruh dunia, maka penting untuk mempelajari cara berkomunikasi dalam bahasa Inggris, khususnya berkomunikasi menggunakan telepon. Biasanya terdapat beberapa situasi umum yang sering dilakukan melalui telepon yang dapat menggunakan bahasa Inggris. Dalam berbagai situasi itu juga penting untuk mengetahui kalimat apa saja yang biasanya digunakan.

Oleh karena itu, berikut ini adalah contoh beberapa percakapan singkat bahasa Inggris di Telepon beserta terjemahannya untuk membantu Anda mempelajari bahasa Inggris.

Salah Sambung Nomor Rumah

Sering terjadi ketika menghubungi nomor rumah seseorang, kita ternyata salah sambung dan justru terhubung dengan orang lain. Berikut ini adalah contoh percakapan singkat mengenai situasi tersebut dalam bahasa Inggris.

A: Hello? Is this Mr. Smith’s house? This is Alex calling from work. (Halo? Apakah ini rumah Tuan Smith? Ini Alex menelepon dari kantor)

B: I’m sorry, you must have dialed the wrong number. This is not Mr. Smith’s house. (Mohon maaf, Anda pasti salah sambung. Ini bukan rumah Tuan Smith)

A: Oh, I’m sorry. Sorry to bother you. (Oh, maafkan saya. Maaf telah mengganggu)

Menanyakan Keberadaan di Kantor

Komunikasi di telepon juga dapat digunakan untuk menanyakan keberadaan seseorang di kantor. Berikut ini adalah contoh percakapan singkat mengenai situasi tersebut.

A: Good afternoon. This is Mrs. Tracy calling from home. Is Mr. Tracy happens to be in the office right now? (Selamat siang. Ini Nyonya Tracy menghubungi dari rumah. Apakah Tuan Tracy kebetulan sedang berada di kantor saat ini?)

B: Good afternoon, Ma’am. I’m sorry but he’s not in right now. He left an hour ago for lunch. (Selamat siang, Bu. Mohon maaf namun beliau sedang tidak ada di kantor saat ini. Beliau pergi sejam yang lalu untuk makan siang)

A: Oh, that’s a shame. I was about to go there and brought his lunch. Alright then, thank you for the information. Please let him know that I called. (Oh, itu sayang sekali. Saya baru saja akan ke sana dan membawakan makan siangnya. Baiklah kalau begitu, terima kasih atas informasinya. Mohon beritahukan dia bahwa saya menghubunginya)

B: I will, Ma’am. Have a nice day. (Saya akan melakukannya, Bu. Semoga hari Anda menyenangkan)

Mengundang Makan Malam di Rumah

Menelepon juga dapat digunakan untuk mengundang makan malam di rumah. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan dalam bahasa Inggris dengan situasi tersebut.

A: Hi, Clare! How are you? (Hai, Clare! Apa kabar?)

B: I’m fine, thank you. What’s up? (Saya baik-baik saja, terima kasih. Ada apa?)

A: My mother is going to make pasta tomorrow night and I was wondering if you would like to have dinner with us at my place tomorrow? (Ibu saya akan membuat pasta besok malam dan saya ingin bertanya apakah Anda ingin makan malam bersama kami di rumah saya besok?)

B: That would be great! Pasta sounds nice. What time do you want me to come? (Itu akan luar biasa! Pasta terdengar bagus. Pukul berapa Anda ingin saya tiba?)

A: Just come by at my place around 7 PM. I’ll be waiting for you. (Datang saja ke rumah saya sekitar pukul 7 malam. Saya akan menunggu Anda)

B: Alright. See you! (Baiklah. Sampai jumpa!)

Menelepon Saudara Ketika Tersesat

Tersesat di jalan ketika sedang menuju rumah saudara akan mengharuskan Anda meneleponnya. Berikut ini adalah contoh percakapan yang bisa Anda simak.

A: Hey, Brian! It’s me, Tina. I’m on my way to your home right now but it seems like I have gotten myself lost. (Hei, Brian! Ini saya, Tina. Saya sedang dalam perjalanan menuju rumah Anda saat ini namun sepertinya saya tersesat)

B: Where are you now? (Ada di mana Anda sekarang?)

A: I’m near a hospital. Could you lead me to your home from here? (Saya berada di dekat rumah sakit. Bisakah Anda menuntun saya ke rumah Anda dari sini?)

B: Oh you are already very near to my house. Just go straight ahead towards the post office and then make a left turn. On the third right turn, go right. You could see my home at the end of the road with the green fence. (Oh Anda sudah berada sangat dekat dengan rumah saya. Lurus saja terus ke arah kantor pos lalu kemudian belok kiri. Di belokan ketiga, belok kanan. Anda bisa melihat rumah saya di ujung jalan dengan pagar hijau)

A: Alright. Straight to the post office, left turn, and right turn on the third one. Got it. I’ll see you in a minute! (Baiklah. Lurus ke kantor pos, belok kiri, lalu belok kanan di belokan ketiga. Mengerti. Sampai jumpa sebentar lagi!)

B: Be careful! (Hati-hati!)

Mengajak Nonton Film di Bioskop

Mengajak seseorang untuk nonton film juga dapat dilakukan melalui telepon. Berikut ini adalah contoh percakapannya dalam bahasa Inggris.

A: Hi, Clara! Are you busy this Friday? (Hi, Clara! Apakah Anda sibuk hari Jumat ini?)

B: Hi, Ben! I haven’t got any plans for Friday. What’s up? (Hi, Ben! Saya belum memiliki rencana untuk hari Jumat. Ada apa?)

A: I want to ask you to go see a movie with me. Would you like to? (Saya ingin meminta Anda untuk menyaksikan film dengan saya. Apakah Anda mau?)

B: What movie are we going to watch? (Film apa yang akan ditonton?)

A: How about Toy Story 4? (Bagaimana jika Toy Story 4?)

B: I would love to! What time do you want me to meet you? (Saya mau! Pukul berapa Anda ingin saya temui?)

A: We could meet at 1 PM at the mall on Friday. Sounds okay? (Kita bisa bertemu pukul 1 siang di mall pada hari Jumat. Terdengar bagus?)

B: Sounds great! See you then, Ben (Terdengar bagus! Sampai jumpa nanti kalau begitu, Ben)

Meminta Teman Menelepon Balik

Teman Anda sedang tidak berada di rumah saat ini? Anda bisa memintanya untuk menghubungi Anda kembali nanti seperti contoh percakapan berikut ini.

A: Hello? Is Dave at home right now? (Halo? Apakah Dave berada di rumah saat ini?)

B: Hello. Who is this? Dave is currently out, he’s not at home right now. (Halo. Siapa ini? Dave sedang berada di luar, dia tidak ada di rumah saat ini)

A: This is Jane. Could I ask you to tell Dave to call me back once he get home? (Ini Jane. Bolehkah saya meminta Anda untuk mengatakan pada Dave untuk menghubungi saya kembali ketika ia tiba di rumah?)

B: Oh, Jane. Of course. I will tell him that. (Oh, Jane. Tentu saja. Saya akan memberitahukannya itu)

A: Thank you so much. (Terima kasih banyak)

Menanyakan Email yang Sudah Dikirim

Ingin memastikan apakah email yang dikirim sudah diterima? Perhatikan contoh percakapan dalam bahasa Inggris berikut ini.

A: Good afternoon, Miss Jude. This is Tracy from Mr. Spinwell’s office. I would like to ask and confirm to you if the email that we sent regarding the deal has been well received by you? (Selamat siang, Nona Jude. Saya Tracy dari kantor Pak Spinwell. Saya ingin bertanya dan mengkonfirmasi apakah email yang telah kami kirimkan mengenai persetujuannya telah diterima dengan baik oleh Anda?)

B: Good afternoon, Miss Tracy. We have received your email well. I will forward it to Mr. Jones and ask for his reply as soon as possible. Thank you for confirming it to me. (Selamat siang, Nona Tracy. Kami telah menerima email Anda dengan baik. Saya akan meneruskannya pada Tuan Jones dan meminta balasannya secepat mungkin. Terima kasih telah mengkonfirmasikannya pada saya)

A: Anytime. We’re looking forward to hear back from your office. Good day. (Kapanpun. Kami akan menunggu balasan dari kantor Anda. Semoga hari Anda menyenangkan)

Layanan Pelanggan Memindahkan Telepon ke Extension Lain

Ketika menghubungi layanan pelanggan, biasanya akan dipindahkan sesuai dengan keperluannya. Berikut ini adalah contoh percakapan tersebut.

A: Hello. Welcome to the Life Insurance customer service. How could we help you today? (Halo. Selamat datang di layanan pelanggan Asuransi Hidup. Ada yang bisa kami bantu hari ini?)

B: Hello. I would like to make a complain regarding my health insurance. (Halo. Saya ingin memberikan keluhan mengenai asuransi kesehatan saya)

A: Please hold. We will send you to the complain extension. (Mohon tunggu. Kami akan mengirimkan Anda ke extension keluhan)

B: Okay, I’ll hold. (Baiklah, saya akan menunggu)

C: Good afternoon. I’m Jane from the complain division. How could I help you today? (Selamat siang. Saya Jane dari divisi keluhan. Apakah ada yang bisa saya bantu hari ini?)

Percakapan Melaporkan Kebakaran ke Pemadam

Menghubungi pemadam kebakaran juga dapat dilakukan melalui telepon. Berikut ini adalah contoh percakapannya dengan bahasa Inggris.

A: Hello? I would like to report a fire, please send immediate help. (Halo? Saya ingin melaporkan ada kebakaran, tolong segera kirimkan bantuan)

B: Hello, Ma’am. Could you give us an address and the exact situation right now? (Halo, Bu. Bisakah Anda memberikan kami alamat dan situasi tepatnya saat ini?)

A: The address is on the 66th Crownery Street. The fire has engulfed one whole house in this street and now we’re afraid it will spread to the other houses. (Alamatnya berada di Jalan Crownery nomor 66. Apinya telah menghabisi satu rumah sepenuhnya di jalan ini dan sekarang kami takut apinya akan menyebar ke rumah lainnya)

B: We have send a dispatch to go there and handle the fire. Please remain calm and don’t let anyone get near or even goes inside the houses for now. Help will be there soon. (Kami telah mengirimkan bantuan untuk ke sana dan menangani apinya. Mohon tetap tenang dan jangan biarkan ada yang mendekat atau bahkan memasuki rumah untuk saat ini. Bantuan akan segera datang)

A: Okay. Thank you so much. (Baiklah. Terima kasih banyak)

Percakapan Melaporkan Kecelakaan ke 911

Kecelakaan biasanya harus dilaporkan ke polisi atau 911. Untuk melakukannya, berikut ini adalah contoh percakapannya dalam bahasa Inggris.

A: 911 what’s your emergency? (911, apa keadaan darurat Anda?)

B: Hello. I am witnessing a car crash on the autoroute near the London exit. Please send help soon. I’m afraid the car might blow up. (Halo. Saya menyaksikan tabrakan mobil di jalan tol dekat tol keluar London. Mohon kirimkan bantuan secepatnya. Saya takut mobilnya akan meledak)

A: We are dispatching a team there right this moment. Please don’t approach the car under any circumstances and wait for the police to get there, sir. Could you tell us how many cars were involved? (Kami sedang mengirimkan tim ke sana saat ini juga. Mohon jangan dekati mobilnya dalam keadaan apapun dan tunggu sampai polisi tiba di sana, Pak. Bisakah Anda beritahu ada berapa mobil yang terlibat dalam kecelakannya?)

B: There’s three cars that crashed and one of them are letting out smoke right now. (Ada tiga mobil yang tabrakan dan salah satunya mengeluarkan asap saat ini)

A: Please stand as far away as you can from the cars, Sir. The police and firefighter will arrive in five minutes. (Mohon berdiri sejauh mungkin dari mobil-mobilnya, Pak. Polisi dan pemadam kebakaran akan tiba dalam lima menit)

B: Okay. Thank you so much. Please hurry. (Baiklah. Terima kasih banyak. Mohon bergegas)

Itulah dia beberapa contoh percakapan singkat dalam bahasa Inggris di telepon. Semoga dengan ini Anda dapat memiliki gambaran seperti apa cara bercakap menggunakan bahasa Inggris di telepon dalam berbagai macam situasi.