sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris

Biodata adalah hal yang tak asing lagi bagi kamu, bukan? Lewat biodata, kamu sedang menyampaikan keterangan lengkap tentang diri kamu. Bentuknya pun bisa beragam, yang terpenting adalah kontennya bisa tersampaikan dengan jelas.

Lalu, apa pentingnya biodata bagi anak yang masih sekolah atau college students? Sebenarnya hal ini krusial karena mereka juga akan menghadapi situasi yang mengharuskan untuk menulis biodata dengan jelas.

Masih bingung bagaimana menulisnya? Tenang, dalam artikel kali ini kami akan menyuguhkan beberapa contoh biodata yang komprehensif. Format penulisannya adalah paragraf narasi yang mudah dibaca. Hal yang tak kalah penting adalah menuliskannya dengan runtut dan jelas.

Terkadang murid yang masih sekolah pun memerlukan pengalaman kerja sebelum benar-benar terjun di dunia nyata. Untuk itu, mereka perlu menuliskan biodata dengan lengkap agar tempat idaman bisa memahami bagaimana karakter mereka seara komprehensif.

Dalam artikel kali ini, kita akan melihat contoh biodata yang ditulis dalam bentuk narasi atau paragraf. Mari kita simak bersama-sama.

Kemukakan Pengalaman dan Kelebihan

Mulailah biodata dengan data diri serta diikuti dengan pengalaman yang pernah dilakukan sebelumnya. Paparkan kegiatan yang pernah kamu ikuti. Meskipun terkesan tidak relevan, tidak ada salahnya untuk menuliskan pengaaman kerja yang pernah kamu lakukan.

Tak lupa, tekankan kapabilitas bagian mana yang bisa menjadi pertimbangan kuat perusahaan atau organisasi untuk memilihmu sebagai bagian dari mereka. Kaitkan hal itu dengan situasi di dalam perusahaan atau organisasi. Dengan cara ini, kamu telah membuat mereka paham lebih jelas apa yang diperlukan.

Contoh Biodata

Berikut ini adalah contoh data yang lengkap dan runtut tentang biodata seorang murid bernama Felicia. Ia memaparkan pengalaman dan kelebihannya dalam paragraf yang dibuatnya.

“Felicia Stockstill-Mitchell is a college student who is working towards becoming a Digital Media Analyst and who will be graduating in May of 2019 from Pearl River Community College. Felicia has spent many hours observing in various digital media industry near her town. By doing this, she could get a better idea of what she could be looking forward to in her future. She hopes to work particularly with media from the innovative platform.

In high school, Felicia’s activities were many. She participated in many organizations. Felicia was a constant name on the honor roll and graduated from Pearl River Central High School with Honors. Outside of the school, she also participated in a local booklovers community. She continued the activity until the second semester.

When she is not participating in plays or at school, Felicia enjoys recording video with her own camera and making her own vlog. She also uploads the content in the YouTube channel, mostly about the new exciting places in town. She also spends a great deal of time helping her grandmother who is unable to move around as well as she once used to due to various illnesses.

Terjemahan:

Felicia Stockstill-Mitchell adalah murid yang sangat tertarik untuk menjadi analis media digital dan akan lulus pada Mei 2019 dari Peal River Community College. Felicia telah menghabiskan banyak waktunya untuk mengobservasi industri digital media di sekitar tempat tinggalnya. Dengan melakukan ini, dia mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang apa yang bisa ia lakukan di masa depan. Dia berharap bisa bekerja terutama dengan media dari platform yang inovatif.

Di sekolah, aktivitas Felicia cukup beragam. Dia berpartisipasi di banyak organisasi. Felicia juga nama yang langganan disebut dan lulus dari Pearl River Central High School dengan gelar kehormatan. Di luar sekolah, dia juga bergabung dengan komunitas pecinta buku lokal. Dia melakukannya sampai semester kedua.

Ketika tidak bermain atau di sekolah, Felicia kerap merekam video dengan kameranya dan membuat sebuah vlog. Dia juga mengunggah kontennya di kanal YouTube miliknya, dengan tema besar adalah tempat baru yang menarik di kotanya. Dia juga menghabiskan banyak waktu untuk membantu sang nenek yang tak bisa banyak bergerak karena penyakit.

Analisis Biodata

Biodata tentang Felicia di atas dipaparkan dengan sudut pandang orang ketiga. Pada dasarnya, hal ini bisa berlaku untuk sudut pandang orang pertama yaitu menggunakan kata “saya” dan semacamnya. Sama saja, pesan yang penting tetap tersampaikan dengan baik.

Untuk sebuah biodata yang diperlukan dalam kaitannya untuk mencari pekerjaan atau pengalaman magang di sebuah pekerjaan, hal-hal yang juga penting untuk dicantumkan adalah:

  • Nama lengkap
  • Kota tempat tinggal & alamat email
  • Nomor kontak
  • Link blog atau LinkedIn

Selain beberapa hal mendasar di atas, faktor yang juga tak kalah penting adalah indikator yang bisa membuat kamu dipertimbangkan sebagai bagian dari mereka, di antaranya adalah:

  • Nama sekolah
  • Jurusan
  • Pengalaman akademis
  • Aktivitas dan pengalaman
  • Prestasi
  • Skill yang terkait
  • Tujuan dari pembuatan biodata
  • Referensi

Etika Mengirimkan Biodata

Kerap kali biodata menjadi salah satu hal yang akan dikirim kepada pihak lain sehingga perlu dikemas secara profesional. Bahkan alamat email yang digunakan pun sebaiknya merepresentasikan profesionalisme dengan nama depan atau belakang, bukan julukan atau yang terkesan lelucon.

Ketika mengirimkan biodata kepada siapapun yang memerlukannya, gunakan kata sapaan yang tepat dan sopan. Jika kamu adalah murid sekolah menengah atas, cukup gunakan nama sekolah di bagian atas untuk menunjukkan bahwa kamu adalah bagian dari mereka.

Jika belum ada pengalaman kerja karena kamu masih berada di bangku sekolah, kamu juga bisa menuliskan kursus atau pengalaman organisasi lain yang pernah didapatkan. Dengan cara ini, pihak yang membaca biodata kamu pun bisa tahu korelasinya dengan bidang yang mereka miliki.

Tak lupa, di bagian akhir setelah menuliskan biodata, pastikan kamu telah memeriksa seluruh tulisannya demi memastikan tak ada yang salah ketik. Tentu kamu tidak mau dong biodata yang sudah ditulis dengan rapi justru menjadi terlihat tidak profesional karena kesalahan sepele tapi mengganggu?

Terakhir, pastikan kamu menulis biodata dengan runtut dan sederhana. Jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Fokus pada apa yang ingin disampaikan tergantung pada konteks yang kamu hadapi. Tak perlu terlalu banyak memberikan informasi yang kurang relevan. Selain itu, gunakan format yang tepat dan mudah dibaca bagi orang yang menerimanya.

Good luck!