sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Dialog Bahasa Inggris tentang Penyebab dan Dampak Banjir

Banjir adalah sebuah fenomena yang dapat ditemukan hampir di seluruh penjuru dunia. Terutama di Indonesia yang merupakan negara tropis, banjir telah menjadi langganan beberapa penduduk Indonesia setiap tahunnya. Ketika membicarakan mengenai banjir, maka dua hal yang pasti akan muncul dalam pembicaraan, yaitu penyebab banjir dan dampaknya.

Untuk membicarakan penyebab dan dampak banjir dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa frasa atau kosakata yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat dua contoh dialog berbahasa inggris mengenai penyebab dan dampak banjir di bawah ini beserta dengan terjemahannya.

Dialog 1

A: Have you seen the news? Central Jakarta has been flooded again yesterday! (Apakah kau sudah melihat berita? Jakarta Pusat telah kebanjiran lagi kemarin!)

B: No, I have not seen the news. Really? I thought the flooding problem in Jakarta was already solved a long time ago. What caused it now? (Tidak, aku belum melihat berita. Sungguh? Aku kira masalah banjir di Jakarta sudah dipecahkan sejak lama sekali dulu. Sekarang apa penyebabnya?)

A: Apparently the rivers got clogged again because people are starting to throw their trash to the river again. (Ternyata sungai-sungainya tersumbat lagi karena orang-orang mulai membuang sampah mereka ke sungai lagi)

B: Why won’t they learn? Isn’t there a cleaning squad from the government to clean up the river, though? (Kenapa mereka tidak mau belajar? Namun, bukankah ada tim pembersih dari pemerintah untuk membersihkan sungainya?)

A: Yes. However, they have been paid so low that they are starting to stop working altogether. (Iya. Akan tetapi, mereka telah dibayar dengan upah yang begitu rendah sehingga mereka sekarang sudah berhenti bekerja sepenuhnya)

B: This is all so wrong. And what was the effect of the flood? (Ini semua sangat salah. Lalu apa dampak dari banjirnya?)

A: I heard that a few neighbourhood got flooded up to 2 meters. And the damage that it has done surely is not light either. (Aku dengan bahwa beberapa pemukiman warga terkena banjir hingga setinggi 2 meter. Lalu kerusakan yang ditimbulkan juga tentu saja tidak sedikit)

B: I think the government really need to do something about it. (Menurutku pemerintah sungguh harus melakukan sesuatu mengenai hal tersebut)

A: You are right. I think so too. (Kau benar. Aku juga berpikir begitu)

Dialog 2

B: Have you heard? Bandung was flooded again this morning. (Apakah kau sudah dengar? Bandung terkena banjir lagi pagi ini)

A: For real? When did this happened? (Sungguh? Kapan hal ini terjadi?)

B: Around 5AM this morning. That’s why Karina didn’t come to class today. Her house was flooded too. (Sekitar pukul 5 pagi hari ini. Itulah alasan kenapa Karina tidak masuk kelas hari ini. Rumahnya juga terkena banjir)

A: I feel so sorry for her. Was the flood high? (Aku merasa kasihan dengannya. Apakah banjirnya tinggi?)

B: It was pretty high. I heard that her house and a few other houses on her neighbourhood got flooded up to their roof. (Banjirnya cukup tinggi. Aku dengar bahwa rumahnya dan beberapa rumah lain di pemukimannya terkena banjir hingga sampai atas atap rumah mereka)

A: That is devastating! What caused this flood though? I thought her house has been free from flood since 2005? (Itu sangat menghancurkan! Namun apa yang menyebabkan banjir ini terjadi? Aku kira rumahnya telah terbebas dari banjir sejak tahun 2005?)

B: It might be because of global warming? I heard that global warming causes a rise in water level but also brought drought on land. And the air has been becoming more and more humid because of it. So it is pretty plausible that when it rains hard, the ground can’t absorb water and it becomes flood. (Ini mungkin saja akibat dari pemanasan global? Aku pernah dengar bahwa pemanasan global menyebabkan naiknya ketinggian air namun juga membuat tanah menjadi kering di dataran. Lalu udara juga telah menjadi lebih lembab karenanya. Jadi memang cukup memungkinkan bahwa ketika hujan turun deras, tanahnya tidak bisa menyerap air dan berubah menjadi banjir)

A: You might be right. I once heard about this global warming theory too on the radio. I hope Karina is alright though. Should we pay her a visit once the flood dies down? Maybe we can help her clean her house. (Kau mungkin benar. Aku pernah dengar mengenai teori pemanasan global ini juga di radio. Aku harap Karina baik-baik saja. Apakah sebaiknya kita mengunjungi rumahnya setelah banjirnya sudah turun? Mungkin kita bisa membantunya membersihkan rumahnya)

B: That might be a good idea. I will ask the others to come. (Itu mungkin ide yang bagus. Aku akan meminta yang lain untuk datang)

Itulah dia dua contoh dialog dalam bahasa Inggris yang membicarakan tentang banjir beserta dampak dan penyebabnya. Dapat dilihat bahwa terdapat beberapa kosakata yang sering muncul atau digunakan dalam pembicaraan tersebut. Semoga kedua contoh dialog tersebut dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut dan menggunakannya dalam percakapan sehari-hari di dunia nyata.