sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Dialog Interview Melalui Telepon (Phone Interview) dalam Bahasa Inggris

Ketika teknologi sudah canggih, kadang interview tidak harus dilakukan secara langsung. Wawancara kerja dalam Bahasa Inggris dapat dilakukan melalui video call bahkan telepon. Hal ini bisa dilakukan karena kebutuhan urgent untuk menemukan calon kandidat segera. Bisa juga karena karena sudah didapat daftar pendek pelamar yang kompeten dan hanya butuh wawancara singkat melalui telepon.

Kelebihan Wawancara Melalui Telepon

Mencari kerja sekarang harus siap dengan berbagai bentuk wawancara. Termasuk phone interview yang sebenarnya memiliki beberapa keuntungan bagi calon pelamar. Pihak pewawancara tidak melihat ekspresi atau gerak tubuh yang kaku atau cemas.

Kekurangan Wawancara Melalui Telepon

Tidak dapat melihat lawan bicara secara langsung juga berarti Anda tidak dapat mengira-ngira reaksi pewawancara dengan jawaban Anda. Salah paham juga rentan terjadi pada wawancara melalui telepon. Jadi siapkan diri untuk fokus saat wawancara lewat telepon untuk dapat memberikan jawaban yang sesuai.

Contoh Dialog Phone Interview In English

Berikut adalah beberapa contoh dialog tentang wawancara melalui telepon. Ada beberapa situasi dimana seseorang akan melakukan wawancara lewat telpon. Berikut adalah beberapa contohnya.

Dialog Phone Interview Konfirmasi

Mengirimkan surat lamaran atau email berarti Anda harus siap untuk memperoleh jawaban. Responnya bisa dalam bentuk email balasan dan bisa juga telepon untuk mengatur jadwal wawancara. Bila menulis lamaran untuk perusahaan Asing maka siapkan diri untuk sewaktu-waktu dihubungi dalam bahasa Inggris.

Contoh 1

A : Good Morning is this the phone of Ms. Anita Silvia? (selamat pagi. Apakah ini telefon milik nona Anita Silvia?)

B : Morning. Yes. This is Anita Sepaking. (pagi, Ya. Ini Anita)

A : Did you sent a resume to MarketStar Entreprise for the accounting position? (apakah Anda mengirimkan lamaran ke perusahaan MarketStar untuk mengisi posisi keuangan?)

B : Yes. I did (ya. Saya telah mengirimkannya)

A : I would like to clarify some things first. (saya ingin memperjelas beberapa hal terlebih dahulu)

B : Sure. Ask me anything (tentu tanya saja)

A : Did you go to University of Indonesia ? (apakah Anda kuliah di Universitas Indonesia?)

B : Yes. I did (ya)

A : Did you work previously with Alindo Corp? (Apakah Anda bekerja dengan Alindo Corp sebelumnya?)

B : I work with them for about 2 years (saya bekerja dengan mereka selama dua tahun)

A : Excellent. I will put you in our short list. Will you be available for an interview tomorrow in our office at 10 in the morning? (Bagus sekali. Saya akan menaruh Anda pada daftar wawancara kami. Apakah Anda dapat melakukan interview besok di kantor kami pada pukul 10 pagi?)

B : Yes, absolutely. I will be there. Thank you (ya, tentu saja. Saya akan datang. Terima kasih)

A : You are welcome (sama-sama)

Contoh 2

X : Good Day, may I speak with Mr. Andrew Banks please? (Selamat siang. Bisakah saya berbicara dengan tuam Andrew Banks?)

Y : This is Andrew. Who is this? (ini Andrew. Siapakah ini?)

X : I am Ms. Kelly from Indotech. I am calling about the application that you sent to our company (saya adalah Nona Kelly dari Indotech. Saya menelpon mengenai lamaran yang Anda kirim ke perusahaan kami)

Y : Nice talking to you Ms Kelly. I did apply for the Marketing Manajer position. (senang berbicara dengan Anda Nona Kelly. Saya memang pernah melamar untuk posisi Marketing Manager)

X : Yes, You are highly recomended by our Head of Human Resource Department mr Ando (Ya. Anda sangat direkomendasikan oleh kepala bagian department HRD Pak Ando)

Y : Yes. He is my senior in collage (ya. Beliau adalah senior saya saat kuliah)

X : We would like you to come for an interview tomorrow at 2. Are you available? (Kami ingin mengundang Anda untuk wawancara besok jam 2. Apakah Anda bisa datang?)

Y : Of course I am. I will come (tentu saja saya bisa datang)

Longer Dialog Phone Interview

Interview melalui telepon juga bisa dilakukan secara menyeluruh. Orang yang diwawancara mungkin tidak siap dengan jawabanya karena tidak mengira akan melakukan wawancara via telepon.

Kenyataannya pertanyaan dan jawaban relatif sama baik wawancara tatap muka maupun melalui telepon. Berikut adalah beberapa contoh percakapan interview dalam Bahasa Inggris melalui telepon.

Contoh 1

A : Good Morning. Is this Mr. Aditya phone? (selamat pagi. Apakah ini telpon Pak Aditya?)

B : This is Aditya speaking. (ya. Ini Pak Aditya)

A : This is from TEDC Oil. We confirm yesterday about phone interview with mr Aditya. (Ini dari TEDC Oil. Kami telah melakukan konfirmasi kemarin akan melakukan wawancara via telepone dengan Anda)

B : Yes. I remember (ya. Saya ingat)

A : I will turn the phone to Mrs. Amanda Chelsea. She is the recruitment manager. Here she is. (saya akan memindahkan telepone kepada Amanda Chelsea. Dia adalah manager rekrutmen. Ini beliau )

C : Mr Aditya? (Pak Aditya?)

B : Yes Mrs Chelsea? (Ya. Ibu Chelsea?)

C : Please call me Amanda. I am sorry to have a phone interview instead of coming to our office (tolong panggil saya Amanda. Maaf kalau wawancaranya harus dilakukan melalui telepone dari pada mendatangi kantor kami)

B : It is understandable. I am in Jakarta and your office is in Batam (saya memahaminya. Saya berada di Jakarta dan kantor Anda berada di Batam)

C : And I am in Surabaya at the moment (dan saya sedang berada di Surabaya sekarang)

B : I see. Well shall we get started? (saya mengerti. Apakah bisa kita mulai saja?)

C : Yes. As you probably know already. Our office is in Batam but you can go just about anywhere in Indonesia (Ya. Seperti yang Anda ketahui. Kantor kami di Batam namun Anda dapat ditempatkan dimana saja)

B : I dont have a problem with that. I am aware that TEDC Oil is an off shore company. (saya tidak keberatan. Saya paham kalau TEDC Oil adalah berusahaan di lepas pantai)

C : We are impress with your resume and want you to come to our project in Natuna as soon as possible. (kami terkesan dengan resume Anda dan ingin Anda datang secepatnya untuk mengerjakan proyek kami di Natuna)

B : I am ready to go just tell me when shoud I leave. (Saya siap pergi. Tinggal Anda instruksikan saja kapan keberangkatannya)

C : Great. Now as a junior chemical engineering. We can only provide 10 million rupiah a month with health and accomodation of course especially when you are working outside the office. (bagus. Sebagai insinyur kimia junior. Kami menyediakan gaji bulanan sebesar 10 juta rupiah dengan insentif kesehatan dan akomodasi ketika bekerja di luar kantor)

B : That is a reasonable amount. I agree to that (itu adalah jumlah yang masuk akal. Saya menerima tawarannya)

C : Ok. I will turn the phone to my secretary for further detail. Welcome to TEDC Oil. (baik. Saya akan menyerahkan telepon ke sekretaris saya untuk informasi lebih lanjut. Selamat bergabung dengan TEDC Oil)

Contoh 2

X : Good Day. This is Arthur Smith from Echo Publishing. I am calling for an interview with Mr. Alan West (selamat siang. Saya Arthur Smith dari Penerbit Echo. Saya menelpon untuk melakukan wawancara dengan Pak Alan West)

Y : This is Alan West. Thank you for calling. I received the confirmation notice via email. I am ready to have my phone interview. (ini adalah Alan West. Terima kasih sudah menelpon. Saya telah menerima surat pemberitahuan wawancara melalui email. Sekarang saya siap untuk melakukan wawancara via telepon)

X : Very good. So Mr west. Tell me about yourself and education background (Baiklah. Jadi Pak West tolong beritahu saya mengenai dir Anda dan latar belakang pendidikan Anda)

Y : I graduate from Ganesha University major in English literature. I had the opportunity to work with Bisnis Indonesia for a year and another year with Kompas. I was a junior editor with the newspapers. (saya lulus dari Universitas Ganesha jurusan sastra Inggris. Saya berkesempatan bekerja setahun dengan Bisnis Indonesia dan setahun lagi dengan Kompas. Saya menjabat sebagai junior editor di kedua surat kabar tersebut)

X : Do you have any experience in publishing? (apakah Anda punya pengalaman dalam bidang penerbitan?)

Y : Sadly no. I havent have the chances. That is why I apply to your company. I feel there are many thing I can bring to the company. It is also the opportunity to improve my editorial skill in different format or reading (sayangnya belum. Saya belum mendapatkan kesempatannya. Oleh karena itu saya melamar pekerjaan di perusahaan Anda. Saya rasa ada banyak hal yang bisa saya kontribusikan pada perusahaan, Ini juga jadi kesempatan bagi saya untuk meningkatkan kemampuan editorial saya dalam bentuk bacaan yang berbeda)

X : What about the expected salary? Do you have a number in mind? (Bagaimana dengan harapan gaji? Apakah Anda memiliki angka tertentu yang diinginkan?)

Y : I understand that I am very new in publishing world. I would love to heard your payment for the position that I am applying with my qualification. (Saya paham bahwa saya sangat baru dalam dunia penerbitan. Saya sangat ingin mendengar kebijakan perusaahan mengenai bayaran untuk posisi yang saya lamar dengan kualifikasi saya)

X : We offer about 5 million for the first six month. Then we do an evaluation if you are compatible with the position, There is always a chance for a promotion and a raise. (kami menawarkan gaji 5 juta untuk enam bulan pertama. Kemudian kami mengevaluasi apakah Anda cocok dengan posisi tersebut. Selalu ada kesempatan untuk promosi dan kenaikan gaji.)

Y : That is a very generous offer. I an ok with that (itu adalah tawaran yang sangat baik. Saya menyetujuinya)

X : Amazing. Please come to the office on Monday at 8 for your contract (menakjubkan. Tolong datang ke kantor pada hari Senin jam 8 untuk menandatangani kontrak)

Y : Ok I will be there (baik saya akan datang)

Itulah beberapa contoh dialog untuk phone interview dalam Bahasa Inggris. Ada saja alasan mengapa wawancara tatap muka tidak dapat dilakukan dan menggunakan phone interview sebagai solusinya.

Perhatikan contoh di atas sebagai gambaran untuk pertanyaan yang akan diajukan. Terima telepon dengan tenang dengan nada yang tidak terburu-buru. Walaupun cemas bersikap profesional dan fokus dengan pertanyaan-pertanyaannya.