sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Dialog Job Interview Lewat Zoom

Di masa pandemi ini semuanya berubah, hal yang biasanya bisa kita lakukan secara langsung sekarang ini harus kita lakukan secara daring atau secara online. Yang biasanya bisa kita lakukan dengan tatap muka, sekarang ini kita lakukan melalui online secara tidak langsung. Memang mungkin ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika kita melakukannya secara online, namun ini semua kita lakukan demi mencegah persebaran virus COVID-19. Salah satu yang dilakukan secara online juga adalah wawancara kerja.

Jika biasanya untuk tahap interview kita akan bertemu dengan pewawancara dan bertatap muka secara langsung, maka pada kondisi pandemi seperti ini mungkin tahapan wawancara atau interview diganti menjadi interview lewat Zoom atau mungkin Google-Meets. Mungkin akan ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika mengikuti interview lewat Zoom karena anda tidak bertatap muka secara langsung sehingga mungkin bisa mengurangi rasa grogi anda. Kali ini kami akan menyampaikan informasi kepada anda mengenai contoh dialog interview lewat zoom. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tips interview kerja lewat zoom

Sebelum pergi melihat bagaimana contoh dialog untuk interview lewat Zoom menggunakan Bahasa Inggris, kami akan mengajak anda terlebih dulu untuk mengetahui beberapa tips interview kerja lewat Zoom. Karena walau anda melakukannya secara online atau daring dan tidak bertatap muka secara langsung namun tetap saja anda harus mempersiapkannya secara matang sehingga peluang anda untuk diterima kerja di perusahaan yang anda incar bisa lebih besar. Berikut ini merupakan beberapa tips interview kerja lewat Zoom yang harus anda perhatikan :

  1. Menguasai penggunaan perangkat lunak

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika anda ingin mengikuti interview kerja lewat perangkat seperti zoom, pastikan bahwa sebelumnya anda telah menguasai dan memahami penggunaan perangkat lunak yang akan digunakan. Jika anda sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi seperti zoom atau google meet atau aplikasi sejenis lainnya maka pastikan terlebih dulu anda mencobanya, sehingga anda benar-benar fasih dalam penggunannya. Belajarlah untuk tahu apa saja pengaturannya, belajar seperti melakukan video call, voice call, share screen, dan lainnya. Jangan sampai ketika interviewer meminta anda untuk share screen anda tidak tahu bagaimana caranya ya. Hal itu tentu saja akan mengurangi poin anda bukan?

  1. Memastikan bahwa koneksi internet lancar

Hal kedua yang harus anda siapkan sebelum anda melakukan interview lewat zoom adalah anda harus memastikan bahwa koneksi internet anda lancar. Sehingga ketika nanti melakukan interview kerja, tidak ada terputus atau tidak ada gangguan sinyal. Pastikan juga bahwa suara anda nantinya jernih ketika melakukan wawancara, anda bisa menggunakan microphone untuk membuat suara yang lebih baik. Selain itu siapkan segalanya selain internet, misalnya baterai laptop atau hp yang penuh sehingga tidak ada gangguan ketika interview berlangsung.

  1. Mempersiapkan segalanya

Walaupun anda melakukan interview lewat online, namun tetap saja anda harus mempersiapkan segalnya. Anggap saja anda sedang interview kerja secara tidak online, walaupun tidak bertatap muka secara langsung anda tetap saja harus mempersiapkan semuanya dengan baik bukan? Anda harus mempersiapkan mental anda sebelum anda mengikuti interview, selain itu anda juga harus mempersiapkan dan belajar mengenai pertanyaan yang biasanya diajukan ketika interview. Karena interview dilakukan secara online maka anda juga harus tetap memperhatikan tata krama anda. Usahakan ketika anda baru saja mulai interview, anda menyapa interviewer begitu koneksi tersambung seperti misalnya ’’Hello Mr. Adi, how are you?” (Halo Pak Adi, apa kabar?) dengan seperti itu maka tentu saja akan lebih sopan.

Contoh dialog interview kerja lewat Zoom menggunakan Bahasa Inggris

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai tips untuk mengikuti interview menggunakan aplikasi seperti zoom, sekarang kami akan memberitahu informasi penting kepada anda mengenai beberapa contoh dialog interview kerja lewat zoom menggunakan Bahasa Inggris. Berikut merupakan beberapa contoh dialog interview dalam Bahasa Inggris yang harus anda perhatikan :

Dialog 1

Berikut merupakan contoh dialog interview kerja yang pertama lewat Zoom menggunakan Bahasa Inggris.

A : Good morning Mr. Adi, I am Jason (Selamat pagi Pak Adi, Saya Jason)

B : Hello, Good morning Jason. How are you doing? (Halo, selamat pagi Jason. Apa kabar?)

A : I’m fine Mr. Adi. Thank you (Kabar baik Pak Adi, terima kasih)

B : How are you feeling because at this we are doing interview through zoom? (Bagaimana perasaanmu karena saat ini kita melakukan interview lewat zoom?)

A : Actually it’s a pity because we can’t meet in person Mr. Adi, but i’m still excited to take this interview with you (Sebenarnya sangat disayangkan karena kita tidak bisa bertemu secara langsung pak, namun saya tetap bersemangat untuk mengikuti interview ini bersama anda)

B : It’s so good Jason, well let’s start the interview. Are you ready Jason? (Kedengarannya bagus Jason, baik mari kita mulai interviewnya. Apakah anda siap?)

A : Yes, I am (Ya, saya siap)

B : First of all, let me introduce my self. I am the Finance Departement Manager in Ladimas Company. And as you know that there is an empty position in my departement and I need that the position is filled quickly.So first, why did you choose Ladimas as your work destination? (Pertama, izinkan saya memperkenalkan diri. Saya adalah manajer departemen keuangan di Perusahaan Ladimas. Dan seperti yang anda ketahui bahwa ada posisi kosong di departemen saya dan saya membutuhkan posisi itu untuk cepat diisi. Jadi yang pertama, mengapa anda memilih Ladimas sebagai tujuan anda bekerja?)

A : Actually, I sent several job apllication letters to several companies. But I prioritize Ladimas Company because I like the company’s vision and mission, which not only developes the business but also contributes to peoples lives. Besides that, I feel I can develop my skills if I work here (Sebenarnya saya mengirimkan surat lamaran pekerjaan kepada beberapa perusahaan. Namun saya memprioritaskan Perusahaan Ladimas karena saya menyukai visi dan misi perusahan ini, yang mana tidak hanya mengembangkan bisnis namun juga berkontribusi untuk kehidupan masyarakat. Selain itu, saya merasa bahwa saya bisa mengembangkan kemampuan saya jika saya bekerja disini)

B : That’s good Jason, What are your strengths and why should I hire you to work in my departement? (Itu sangat bagus Jason, apa kelebihan dan kenapa saya harus memilih anda untuk bekerja di departement saya?)

A : My strengths is that I am type of fast learner and a hard worker. Whatever I start must end well. In addition, I am also easy to adapt the new environment and can work independently or work in a team. You have to hire me because I believe I can work well for the company and the finance departement (Kelebihan saya adalah saya merupakan tipe orang yang cepat belajar dan pekerja keras. Apapun yang saya mulai harus diakhiri dengan baik, saya juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan bisa bekerja secara mandiri atau bekerja dengan tim. Anda harus memilih saya karena saya percaya bahwa saya bisa bekerja dengan baik untuk perusahaan ini dan untuk departemen keuangan)

B : Okay, then tell me your weakness Jason (Baik, kemudian ceritakan padaku apa saja kelemahanmu Jason)

A : My weakness is that I am easily distracted while working. But I kept trying to practice being focused and I was sure that I could focus when working later (Kelemah saya adalah saya sangat mudah terganggu ketika sedang bekerja. Namun saya terus berlatih menjadi fokus dan saya yakin bahwa saya bisa fokus ketika bekerja nanti)

B : Jason, nice meeting you even if only via zoom. Thank you for your time (Jason, senang bisa bertemu denganmu walau hanya lewat Zoom. Terima kasih atas waktumu)

A : Nice to meeting you too Mr. Adi. Thank you for seeing me (Senang bertemu dengan anda juga Pak Adi. Terima kasih untuk mau bertemu dengan saya)

B : Okay, will let you know about the result later Jason (Ya, kami akan memberitahu anda hasilnya beberapa waktu yang akan datang)

A : Waiting for good news from you Mr Adi (Menunggu kabar baik dari anda Pak Adi)

Dialog 2

Berikut merupakan contoh dialog interview kerja yang kedua lewat Zoom menggunakan Bahasa Inggris.

C : Good morning, my name si Jesica and I am here for my interview (Selamat pagi, nama saya Jesica dan saya disini untuk melakukan interview)

D : Hello Jesica, nice to meet you. I am Mr. Nando. I hope you keep up your spirits even though we only met via zoom (Halo Jesica, senang bertemu denganmu. Saya nando, saya harap kamu tetap menjaga semangatmu walau kita hanya bertemu lewat zoom saja)

C : Of course Mr, I still feel exicted for this interview (Tentu saja pak, saya masih merasa bersemangat untuk interview kali ini)

D : Okay, can we start the interview? (Baik, bisakah kita mulai interviewnya?)

C : Yes sir (Ya pak)

D : So can you tell me why tou are interested in this position? (Bisakah kamu memberitahu saya kenapa kamu tertarik dengan posisi ini?)

C : I feel attracted to this position because the specifications in accordance with i have and this position I want after graduating from college (Saya merasa tertarik dengan posisi ini karena spesifikasi yang dicari sesuai dengan apa yang saya miliki dan posisi ini merupakan posisi yang saya inginkan setelah lulus kuliah)

D : Okay Jesica, What are your strengths and why should I hire you to work in this company? (Baik Jesica, apa yang menjadi kelebihanmu dan kenapa saya harus memilihmu untuk bekerja di perusahaan ini?)

C : I am probably the best at design 2D and 3D and I am also very good at operating other design applications such as Sketch up, auto cad, adobe ilustrator, etc (Saya sangat baik dalam desain 2D dan 3D, selain itu saya juga sangat bagus dalam mengoperasikan aplikasi desain lainnya seperti Sketch Up, auto cad, adobe ilustrator, dan yang lainnya)

D : That’s good Jesica, then tell me your weakness Jesica (Itu bagus Jesica, kemudian ceritakan pada saya apa saja kelemahanmu Jesica)

C : I tend to get distracted easily and bored when working, but I am trying to overcome it (Saya sangat mudah terganggu dan bosan ketika bekerja, namun saya sedang mencoba untuk mengatasinya)

D : Okay, will let you know about the result later Jesica. Thank you for your time and nice to meet you! (Baik, kami akan memberitahu hasilnya pada waktu kedepan. Terima kasih atas waktunya dan senang bertemu denganmu)

C : Nice to meet you too Mr. Nando, Thank you  (Senang bertemu dengan anda Pak, terima kasih)