sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Kalimat Mengeluh Bahasa Inggris dan Artinya

Mengeluh adalah hal yang biasa dilakukan apabila pelanggan merasa tidak puas dengan hasil dari pesanannya. Bukan hanya pelanggan, tapi terkadang atasan Anda juga bisa mengeluhkan pekerjaan Anda yang kurang baik. Intinya, mengeluh sering sekali dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia dan merupakan salah satu hal yang pasti akan dilakukan oleh setiap orang semasa hidupnya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana caranya untuk mengeluh dalam bahasa asing ketika Anda sedang memelajari bahasa asing tersebut. Contohnya bahasa Inggris yang merupakan bahasa paling banyak digunakan di seluruh dunia. Untuk bisa menguasainya, tentu kita harus dapat mengerti juga topik sehari-hari apa saja yang bisa muncul dan harus bisa dilakukan dalam bahasa Inggris.

Mengeluh dalam bahasa Inggris tidak sesulit yang dibayangkan karena sebenarnya terdapat beberapa template kalimat yang biasanya digunakan untuk melancarkan keluhan kepada seseorang. Untuk mengerti bagaimana cara memberikan keluhan, akan sangat membantu juga apabila melihat berbagai macam contoh kalimat mengeluh dalam bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Contoh Umum Kalimat Mengeluh dalam Bahasa Inggris

Terdapat sejumlah bentuk kalimat yang dapat Anda gunakan untuk membuat keluhan kepada orang lain. Biasanya untuk membuat keluhan, Anda perlu membukanya dengan frasa yang dapat menarik perhatian orang tersebut, kemudian Anda dapat menyatakan pendapat Anda lalu membuat keluhannya. Sebagai contohnya berikut ini adalah beberapa frasa yang dapat digunakan untuk menarik perhatian orang yang ingin Anda sampaikan keluhan.

Excuse me, sir (Permisi, pak)

Pardon me, ma’am (Permisi, Bu)

I have a complaint that I need to tell you about (Saya memiliki keluhan yang harus saya beritahukan kepada Anda)

Sorry to bother you for a bit (Maaf mengganggu Anda sebentar)

I’m sorry to say this to your face (Maaf saya mengatakan ini secara langsung)

Setelah Anda berhasil mendapatkan perhatian dari orang tersebut, selanjutnya Anda bisa mulai menyatakan pendapat Anda. Berikut ini adalah beberapa frasa yang bisa Anda gunakan.

I’m afraid there is a problem that I need to tell you about (Sayangnya terdapat masalah yang harus saya beritahukan kepada Anda)

There is something that I’m angry about (Ada sesuatu yang membuat saya marah)

I need to tell you that I am really not happy (Saya harus memberitahu Anda bahwa saya sungguh tidak senang)

There’s a slight problem that I need to talk to you about (Ada masalah kecil yang perlu saya bicarakan kepada Anda)

Setelah itu, Anda bisa menyatakan keluhan apa yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang bisa Anda jadikan contoh.

I would like to make a complaint (Saya ingin membuat suatu keluhan)

I want to lodge a complaint (Saya ingin memasukan suatu keluhan)

I want to report an issue (Saya ingin melaporkan suatu masalah)

I would like to give you some feedback that I think you would really need (Saya ingin memberikan Anda komentar yang saya rasa Anda akan sangat butuhkan)

I would like to inform you about something (Saya ingin memberitahukan Anda mengenai sesuatu)

Setelah mengetahui contoh frasa-frasa yang dapat dibentuk menjadi sebuah kalimat keluhan, lalu bagaimana cara untuk menggunakannya dalam situasi sungguhan? Mari kita simak bagian berikutnya.

Contoh Kalimat Mengeluh di Restoran

Di restoran, seringkali para pelanggan akan mengeluh tentang banyak hal apabila pelayanannya tidak baik. Mulai dari masalah piring yang digunakan hingga masalah makanan yang tidak enak, terdapat berbagai macam situasi yang dapat membuat Anda ingin mengeluh di restoran. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat mengeluh di restoran dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Pardon me, waitress. I’m afraid there is a problem that I need to tell you about. Do you see how dirty my plate is? This plate definitely has not been cleaned yet and it won’t be healthy for me to eat from a dirty plate. I want you to give me a new, clean plate, of my order right away. (Permisi, pelayan. Sepertinya ada masalah yang harus saya beritahukan kepada Anda. Apakah Anda melihat betapa kotornya piring saya? Piring ini jelas belum dibersihkan dan tidak akan sehat bagi saya untuk makan dari piring kotor. Saya ingin Anda memberikan saya pesanan saya, di piring bersih, yang baru segera)

Excuse me, may I have a talk with the waitress that serves me this food? I want to report an issue about my food. Were the waitress working slow today? Because my food is cold and I’ve only just gotten it now. If I want to eat cold food, I would just eat a leftover at my own house. (Permisi, bisakah saya berbicara dengan pelayan yang menghidangkan saya makanan ini? Saya ingin melaporkan masalah mengenai makanan saya. Apakah pelayannya bekerja lamban hari ini? Karena makanan saya sudah dingin dan saya baru mendapatkannya sekarang. Apabila saya ingin memakan makanan dingin, saya akan makan sisa makanan di rumah saya saja)

Sorry to bother you for a bit, but I need to talk with the chef. This food is obviously uncooked and I could get sick from eating this. Please be more careful next time so you won’t poison your customers like this. And I would like to have a new order to replace this uncooked food of yours. (Maaf mengganggu Anda sebentar, tapi saya perlu berbicara dengan kokinya. Makanan ini jelas belum matang dan saya bisa menjadi sakit karena memakan ini. Tolong lebih berhati-hati lain kali agar Anda tidak meracuni pelanggan Anda seperti ini. Dan saya ingin pesanan baru untuk menggantikan makanan belum matang yang Anda buat ini)

Excuse me! Why is my order still hasn’t shown up yet? I have been waiting here for the last 45 minutes and no one has even given me my beverage order. How long am I supposed to wait here to get my drink and food? (Permisi! Kenapa pesanan saya masih belum datang? Saya sudah menunggu di sini selama 45 menit dan belum ada yang bahkan memberikan saya pesanan minuman saya. Berapa lama lagi saya harus menunggu di sini untuk mendapatkan minuman dan makanan saya?)

Pardon me, I want to talk to your manager. You clearly talk bad things about me with your coworkers earlier, I could hear it clearly. Is this how you treat your customers? I am here to pay for your service and you treat me like this? (Permisi, saya ingin bicara kepada manajer Anda. Anda jelas membicarakan hal buruk tentang saya bersama rekan kerja Anda tadi, saya bisa mendengarnya dengan jelas. Apakah ini cara Anda memperlakukan pelanggan Anda? Saya di sini untuk membayar jasa kalian dan kalian memperlakukan saya seperti ini?)

Contoh Kalimat Mengeluh Melalui Telepon

Mengeluh tidak hanya dapat dilakukan dengan berhadapan langsung, sekarang Anda juga bisa menyatakan keluhan Anda melalui telepon. Sudah banyak penyedia layanan yang memiliki pusat panggilan yang dapat menerima dan mengurus keluhan yang Anda miliki mengenai pelayanan mereka. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat mengeluh melalui telepon yang dapat Anda ikuti.

Good morning, I would like to place a complaint about your product, please. I would like to report a faulty product, I have just bought a smartphone from your store yesterday and now it won’t turn on. Would I be able to go back to your store today to get a replacement? (Selamat pagi, saya ingin membuat suatu keluhan mengenai produk Anda. Saya ingin melaporkan produk yang rusak, saya baru saja membeli ponsel pintar dari toko Anda kemarin dan sekarang ponselnya tidak mau menyala. Apakah saya bisa kembali ke toko Anda hari ini untuk mendapatkan gantinya?)

Hello, I would like to make a complaint, please don’t put me on hold, I’ve been waiting on this line for an hour now. I want to complaint about your poor customer service. First, I have tried to contact your customer service through your website, but I got no response. Then I try to send an email to your email address that is on the site, still no response. And now I try to call your hotline and I still had to wait for an hour to get through? I am extremely displeased with your service (Halo, saya ingin membuat keluhan, tolong jangan tahan panggilan saya, saya sudah menunggu di sini selama sejam. Saya ingin mengeluh mengenai layanan pelanggan Anda yang buruk. Pertama, saya sudah mencoba untuk menghubungi layanan pelanggan Anda melalui situs Anda, tetapi saya tidak mendapatkan tanggapan. Kemudian saya mencoba untuk mengirimkan surel ke alamat surel yang tertera di situs, masih belum ada tanggapan. Dan sekarang saya berusaha untuk menghubungi nomor darurat Anda dan saya masih harus menunggu sejam untuk bisa tersambung? Saya sangat tidak puas dengan pelayanan Anda)

Contoh Kalimat Mengeluh di Toko

Selain mengeluh di restoran, biasanya tempat yang sering mendapat atau menimbulkan keluhan adalah pertokoan, khususnya adalah toko baju. Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan di toko baju, tetapi karena toko adalah sebuah tempat umum, pastikan Anda tetap melakukan keluhan dengan cara yang sopan. Pastikan juga Anda tidak naik pitam dalam mengeluh dan sabar mendengarkan penjelasan dan menerima bantuan dari para pegawainya. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat mengeluh di toko dalam bahasa Inggris beserta contohnya.

Excuse me, may I have some help around here? There is a problem with my dress, I found a hole right on the side. You gave me this dress and I almost bought it if I didn’t notice the hole. This is very irresponsible of you, please give me a new set of dress that is not torn apart like this one (Permisi, boleh saya minta bantuan di sini? Ada masalah dengan gaun saya, saya menemukan ada yang bolong di pinggiran. Anda memberikan saya gaun ini dan saya hampir membelinya apabila saya tidak menyadari ada bolong. Ini sangat tidak bertanggung jawab, tolong berikan saya gaun yang baru yang tidak robek seperti gaun ini)

Pardon me, I would like to speak to the manager here, please. I don’t feel like a valued customer here because ever since I stepped into this shop, not one employees have tried to help me choose a shirt that I want to buy. Could you please give more attention to your customers who are here to pay you for doing your job right? (Permisi, saya ingin bicara kepada manajernya di sini. Saya tidak merasa dihargai sebagai pelanggan di sini karena sejak saya masuk ke toko, tidak ada satupun pegawai yang berusaha untuk membantu saya memilih baju yang ingin saya beli. Bisakah kalian tolong lebih memerhatikan pelanggan kalian yang ada di sini untuk membayar kalian karena sudah bekerja dengan baik?)

I’m sorry to say this to your face, but I think there has been a mistake with the price. I got this trousers on that rack over there and there’s a 50% discount label right underneath it. I think that you should cut the price down 50%, right? I don’t know why you’re being inconsistent with your own discount event. Are you trying to scam me? (Maaf saya berbicara langsung, tapi sepertinya ada kesalahan pada harganya. Saya mendapatkan celana panjang ini dari rak di sebelah sana dan ada label diskon 50% tepat di bawahnya. Sepertinya Anda seharusnya memotong harganya 50% bukan? Saya tidak tahu kenapa Anda tidak sesuai dengan acara diskon Anda sendiri. Apakah Anda berusaha untuk menipu saya?)

Itulah dia sejumlah contoh kalimat mengeluh dalam bahasa Inggris beserta artinya yang dapat membantu Anda menguasai bahasa Inggris lebih baik lagi ke depannya. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris.