sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Kalimat Pengandaian Bahasa Inggris dan Artinya

Bahasa Inggris merupakan Bahasa asing yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia dan menjadi Bahasa yang penting untuk dikuasai. Akan tetapi, Bahasa Inggris memiliki banyak peraturan tata Bahasa yang berbeda dengan tata Bahasa Indonesia yang sudah dipelajari sejak kecil. Seringkali, para pelajar merasa kesulitan menguasai Bahasa satu ini karena terhambat dalam pemahaman tata bahasanya.

Salah satu peraturan tata Bahasa Inggris yang cukup sulit dimengerti adalah mengenai kalimat pengandaian. Peraturan satu ini sulit untuk dikuasai karena terdapat empat jenis dari kalimat pengandaian dalam Bahasa Inggris. Penting sekali untuk menggunakan struktur yang benar untuk masing-masing dari kalimat pengandaian tersebut karena artinya akan berbeda jika salah.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuat kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris adalah jenis waktu dari kata kerja yang digunakan ketika menggunakan jenis pengandaian yang berbeda. Selain itu, Anda juga harus memberikan tanda koma karena biasanya kalimat pengandaian memuat dua frasa yang berbeda.

Kalimat pengandaian adalah suatu pernyataan yang membicarakan faktor yang sudah diketahui atau situasi yang belum terjadi dan akibatnya. Terdapat empat jenis kalimat pengandaian yang berbeda dalam bahasa Inggris. Masing-masing jenisnya menunjukkan suatu kemungkinan yang berbeda mengenai kesempatan suatu situasi akan terjadi atau telah terjadi di bawah situasi tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah keempat jenis kalimat pengandaian serta contoh kalimatnya beserta artinya.

Kalimat Pengandaian 0

Kalimat pengandaian 0 menyatakan kejujuran yang umum, atau tepatnya situasi di mana satu hal selalu menyebabkan hal lain. Ketika Anda menggunakan kalimat pengandaian 0, Anda sedang membicarakan suatu kebenaran yang umum, bukan suatu kejadian tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat pengandaian 0 beserta artinya.

If you don’t wear a mask, you’ll get sick because of the virus (Apabila Anda tidak mengenakan masker, Anda akan menjadi sakit karena virus)

If you eat too much, you will get a stomach ache (Apabila Anda makan terlalu banyak, Anda akan merasa sakit perut)

When people smoke cigarettes, their lungs will turn black (Apabila orang merokok, paru-paru mereka akan menjadi hitam)

When you workout routinely, your health will get better overtime (Apabila Anda berolahraga secara rutin, kesehatan Anda akan membaik seiring waktu berjalan)

If you don’t study seriously, you won’t pass the exam (Apabila Anda tidak belajar dengan serius, Anda tidak akan lulus ujian)

When students play all day without studying, they will get a bad score (Apabila murid-murid bermain sepanjang hari tanpa belajar, mereka akan mendapatkan nilai jelek)

If you don’t take the medicine, you will never get healthy again (Apabila Anda tidak minum obat, Anda tidak akan pernah menjadi sehat lagi)

If you read horror stories at night, you will get a nightmare when you sleep (Apabila Anda membaca cerita horor di malam hari, Anda akan mendapatkan mimpi buruk ketika Anda tidur)

When you don’t wear helmet while riding a motorcycle, there is a higher chance that you will die in an accident (Apabila Anda tidak mengenakan helm ketika mengendarai motor, ada kemungkinan lebih besar bahwa Anda akan meninggal di kecelakaan)

Kalimat Pengandaian 1

Kalimat pengandaian 1 biasanya digunakan untuk menyatakan situasi yang hasilnya kemungkinan besar (tetapi tidak pasti) terjadi di masa depan. Pada frasa pertama, Anda harus menggunakan bentuk kata kerja simple present dan pada frasa kedua, Anda harus menggunakan bentuk kata kerja simple future. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat pengandaian 1 beserta artinya.

If you decrease your consumption of sugar, your health will get better (Apabila Anda mengurangi konsumsi gula, kesehatan Anda akan menjadi lebih baik)

If you eat too many instant noodles, you will suffer the consequences later in life (Apabila Anda makan terlalu banyak mi instan, Anda akan menderita karena akibatnya nanti di masa depan)

If you don’t go to school, you will not be able to have a job (Apabila Anda tidak masuk sekolah, Anda tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan)

If you try your best, you will eventually achieve your dream (Apabila Anda berusaha yang terbaik, Anda pada akhirnya akan mencapai impian Anda)

If you don’t try now, you will never know what the outcome might be (Apabila Anda tidak berusaha sekarang, Anda tidak akan pernah tahu apa hasilnya)

If you love yourself fully, you will never let another person hurts you (Apabila Anda sepenuhnya mencintai diri Anda sendiri, Anda tidak akan pernah membiarkan orang lain menyakiti Anda)

If you try to see the world in a more optimistic way, you will be able to see the beauty of life (Apabila Anda berusaha untuk melihat dunia dengan cara yang lebih optimis, Anda akan bisa melihat indahnya kehidupan)

If you show your love to others, they will return your kindness back at you (Apabila Anda menunjukkan kasih sayang Anda ke orang lain, mereka akan mengembalikan kebaikan Anda kepada Anda sendiri)

If you be more caring towards your boyfriend, you will be able to marry him (Apabila Anda menjadi lebih perhatian terhadap pacar Anda, Anda akan bisa menikahinya)

If you learn to swim since your childhood, you will be able to swim in the ocean if you need to escape a sinking ship (Apabila Anda belajar untuk berenang sejak kecil, Anda akan bisa berenang di lautan apabila Anda harus kabur dari kapal yang tenggelam)

Kalimat Pengandaian 2

Kalimat pengandaian 2 berguna untuk menyatakan hasil akhir yang sangat tidak realistis atau kemungkinan besar tidak akan terjadi di masa depan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat pengandaian 2 beserta artinya.

If I moved to Paris, I would be in fashion school right now (Apabila saya pindah ke Paris, saya akan berada di sekolah busana saat ini)

If my parents were rich, we would not be suffering economically (Apabila orang tua saya kaya, kami tidak akan menderita ekonomi)

If you had a gold ring, you would be rich by now! (Apabila Anda memiliki cincin emas, Anda akan kaya sekarang!)

If you inherited a billion rupiah, you would have a castle (Apabila Anda mewarisi satu milyar rupiah, Anda akan memiliki kastil)

If you wore that dress, people might look down on you the whole time (Apabila Anda mengenakan gaun tersebut, orang-orang akan memandang Anda rendah sepanjang waktu)

If you found a gold mine, you would be able to live in space (Apabila Anda menemukan tambang emas, Anda akan bisa tinggal di luar angkasa)

If you told your ex that you really love her, you would be marrying her now (Apabila Anda bilang kepada mantan Anda bahwa Anda sungguh mencintainya, Anda akan menikahinya sekarang)

If I had the money, I would be able to move to English and marry the Prince (Apabila saya memiliki uang, saya akan bisa pindah ke Inggris dan menikahi Pangeran)

Kalimat Pengandaian 3

Kalimat Pengandaian 3 digunakan untuk menjelaskan bahwa keadaan saat ini akan berbeda apabila sesuatu yang berbeda terjadi di masa lalu. Kalimat ini menyatakan suatu kondisi yang masih ada kemungkinan terjadi, tetapi tidak sebenarnya terjadi di masa lalu. Biasanya pengandaian jenis ini juga dianggap sebagai penyesalan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah sejumlah kalimat pengandaian 3 dalam bahasa Inggris beserta artinya.

If you had told me that you would be late, I wouldn’t have come sooner (Apabila Anda telah mengatakan kepada saya bahwa Anda akan terlambat, saya tidak akan datang lebih cepat)

If I had done my homework, I would have been able to hangout with my friends (Apabila saya sudah menyelesaikan pekerjaan rumah saya, saya akan bisa nongkrong bersama teman-teman saya)

If you didn’t eat her ice cream, she would not have been mad at you (Apabila Anda tidak memakan es krimnya, dia tidak akan marah kepada Anda)

If you had studied harder, you could have been able to pass the exam (Apabila Anda telah belajar lebih giat, Anda bisa lulus ujian)

If you had told your parents that you needed to buy a book, you would have it for class now (Apabila Anda telah memberitahukan orang tua Anda bahwa Anda butuh membeli sebuah buku, Anda bisa memilikinya untuk kelas saat ini)

If you didn’t report his actions to the principal, he would have gotten away with it (Apabila Anda tidak melaporkan tindakannya kepada kepala sekolah, dia bisa bebas dari hukumannya)

If you stayed silent, you would have not gotten all these supports for you (Apabila Anda tetap diam, Anda tidak akan memiliki seluruh dukungan ini untuk Anda)

Bentuk Pengecualian Kalimat Pengandaian

Seperti berbagai macam topik lainnya dalam bahasa Inggris, kalimat pengandaian biasanya memiliki kasus-kasus khusus yang harus menggunakan peraturan spesial. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat pengandaian yang tidak mengikuti peraturan-peraturan sebelumnya beserta artinya.

If taking the medicine will make me feel better, I will take them after I eat (Apabila meminum obat akan membuat saya merasa lebih baik, saya akan meminumnya setelah saya makan)

If going to the gym would make me lose weight, I will try to go to the gym routinely next week (Apabila pergi ke sarana olahraga dapat membuat saya mengurangi berat badan, saya akan berusaha untuk pergi ke sarana olahraga secara rutin minggu depan)

Pengandaian tersebut adalah pengandaian yang menyatakan sesuatu yang sudah pasti akan terjadi dan sudah pasti akan dilakukan di masa depan. Biasanya pengandaian ini digunakan untuk menyatakan tindakan apa yang akan diambil dan kenapa.

If I were to have a cold, I would have to be absent from work again (Apabila saya akan terkena flu, saya akan harus tidak masuk ke kantor lagi)

If he were to be late again, he would have to have a talk with the boss (Jika dia terlambat lagi, dia akan harus berbicara dengan bos)

Pengandaian jenis ini adalah pengandaian yang menyatakan suatu situasi di masa depan yang belum pasti beserta konsekuensinya yang belum pasti juga. Biasanya pengandaian ini digunakan apabila yang berbicara belum pasti akan kewajiban dari konsekuensinya.

If the rent were to have been more than their budget, they would not have been able to afford it (Apabila biaya sewanya melebihi anggaran mereka, mereka tidak akan bisa membelinya)

If I got on that train, I would have died too on that train crash  (Apabila saya naik kereta itu, saya akan mati juga di kecelakaan kereta tersebut)

Pengandaian satu ini adalah untuk hal yang sudah pasti tidak terjadi di masa lampau, tetapi apabila terjadi akan memiliki dampak terhadap situasi saat ini. Biasanya kejadian tersebut sudah sungguh dilalui dan pengandaian ini bisa juga disebut sebagai rasa syukur.

I would have tried on that dress if I’d had the courage to do so (Saya bisa mencoba gaun tersebut apabila saya memiliki keberanian untuk melakukannya)

You could have ordered something else if you’d had the money to buy it (Anda bisa memesan hal lain apabila Anda memiliki uang untuk membelinya)

Pengandaian tersebut adalah bentuk pengandaian yang diubah urutan frasanya. Apabila biasanya frasa mengenai “apabila” berada di depan, maka di tengah kalimat harus menggunakan koma. Akan tetapi, apabila frasa “apabila” terdapat di tengah, maka tidak perlu menggunakan tanda koma lagi.

Itulah dia berbagai macam contoh kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris beserta artinya. Semoga dengan ini, Anda dapat menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik dan mampu membuat suatu kalimat pengandaian. Selalu usahakan untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari untuk semakin menguasainya.