sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Kata Sambutan Formal dalam Bahasa Inggris

Kata sambutan, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan welcome speech atau welcome remark, adalah kata-kata atau ucapan yang disampaikan di awal sebuah acara, seperti rapat, seminar, workshop, perayaan, pidato, dan sebagainya.

Welcome speech bisa disebut sebagai bagian penting dari suatu acara. Itu karena kata sambutan bisa menjadi penentu suasana atau tone keseluruhan acara. Kata-kata yang dipilih, rangkaian kata-kata, dan cara menyampaikan kata-kata tersebut dapat menciptakan suatu tone. Untuk memilih tone apa yang akan dipilih, kita bisa melihat jenis acaranya. Apakah acaranya merupakan acara serius atau bukan, apakah kata-katanya harus formal atau bukan, dan sebagainya. Jangan sampai kita menggunakan kata-kata tidak formal pada acara yang serius, atau menggunakan kata-kata yang membosankan pada acara yang menyenangkan. Pada intinya, sesuaikanlah welcome speech kita dengan jenis acaranya.

Saat menyampaikan kata sambutan juga kita dituntut untuk membuat para audiens menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya di acaranya. Oleh karena itu, kata sambutan harus dibuat sedemikian mungkin untuk membuat para audiens merasa tertarik akan acaranya.

Kali ini kita akan melihat beberapa contoh kata sambutan formal dalam bahasa Inggris. Sebelum kita melihat contohnya, alangkah baiknya kita mengetahui hal-hal yang harus disampaikan dalam kata sambutan. Ada beberapa hal yang harus diucapkan dalam kata sambutan, di antaranya adalah:

  • Menyambut para hadirin dan tamu undangan penting
  • Menyebutkan nama acara
  • Mengenalkan penyelenggara acara kepada para hadirin secara singkat
  • Mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara acara
  • Mengenalkan acara kepada para hadirin dengan singkat
  • Mengenalkan pembicara atau penampil yang selanjutnya akan tampil

Agar kata sambutan lebih terstruktur, kata sambutan bisa terbagi ke dalam beberapa bagian, yakni:

  • Pembukaan (introduction)
  • Ucapan terima kasih (acknowledgment)
  • Tujuan acara (purpose of the event)
  • Penutup (wrap up)

Mari kita lihat contohnya di bawah ini:

  • Pembukaan (Introduction)

Good morning, ladies and gentlemen. Thank you to each and every one of you for being here today at this wonderful place. My name is Aprilia Sentosa. It is such an honor for me to speak on behalf of the organizer. Let me begin by giving you a warm welcome to the How to Build a Brand seminar.

(Selamat pagi, bapak dan ibu sekalian. Terima kasih banyak kepada kalian semua yang telah hadir di sini hari ini di tempat yang luar biasa ini. Nama saya adalah Aprilia Sentosa. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berbicara atas nama penyelenggara. Izinkan saya memulai dengan menyambut kalian dengan hangat pada seminar How to Build a brand).

  • Ucapan Terima Kasih (Acknowledgment)

Before we get started, I would like to express my appreciation to the ABC Crew who generously helped us make this seminar come true: Mr. Harrington, Mr. Parker, Ms. Smith, and the rest of the ABC Crew. We could not have done it without you.

(Sebelum kita mulai, saya ingin menyampaikan apresiasi saya kepada ABC Crew yang telah baik hati membantu kami untuk mewujudkan seminar ini: Pak Harrington, Pak Parker, Bu Smith, dan ABC Crew lainnya. Kami tidak bisa melakukannya tanpa kalian).

  • Tujuan Acara (Purpose of the Event)

In today’s seminar, we would learn brand building strategies. In the business world, branding is like identity or personality that plays a very important role to make our business be successful. A product with strong and unique branding will be acknowledged by more people. As a result, it will be more attractive compared to other products with weak or no branding at all. I hope that this seminar will help you build your business brand.

(Pada seminar hari ini, kita akan mempelajari strategi membangun brand. Di dunia bisnis, branding itu seperti identitas atau sifat yang memainkan peran yang sangat penting untuk membuat bisnis kita sukses. Sebuah produk dengan branding yang kuat dan unik akan diakui oleh lebih banyak orang. Alhasil, produk akan lebih menarik dibandingkan dengan produk lainnya dengan branding lemah atau tanpa branding sama sekali. Saya harap seminar ini bisa membantu Anda semua membangun brand bisnis Anda).

  • Penutup (Warp Up)

Well, I do not want to take too much of your time. I need to handover it to Mr. David Watson, our today’s emcee to introduce our guest speakers to all of you. I would like to say once more on behalf of this seminar organizer, welcome. It is great to see so many of you here.

(Saya tidak akan membuang lebih banyak waktu Anda lagi. Saya harus serahkan kepada Pak David Watson, pembawa acara kita hari ini, untuk mengenalkan pembicara tamu kita kepada Anda semua. Sekali lagi atas nama penyelenggara seminar ini, saya saya ucapkan selamat datang. Senang melihat Anda di sini)

Contoh

Di bawah ini adalah contoh-contoh kata sambutan dalam bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya.

  • Contoh 1

Good morning, ladies and gentlemen. My name is Lucy Setiadi. First of all, on behalf of the ABC Company marketing division, I would like to welcome all of you to our annual group meeting. Thank you for being here with us today. I would also express my sincere appreciation to the organizers of this event. Angela, thank you so much for leading your team to create this gathering. We would not have been here in this beautiful place without you and the team.

In today’s gathering, our agenda is to focus on the evaluation of our performance this year. We would also talk about the effectiveness of this year’s marketing strategy and its effects on the company’s growth. Last but not least, we would also do some team building activities to boast teamwork and team performance. I am sure that today would be fun and full of learning. I hope that this event will help us to grow ourselves professionally.

That is all for me. Now, I will leave the rest to Mr. James Scotts to start our first agenda, which is the performance evaluation. Thank you very much for listening. Mr. James Scotts, the floor is yours.

Terjemahan:

Selamat pagi, bapak dan ibu sekalian. Nama saya adalah Lucy Setiadi. Pertama-tama, atas nama divisi pemasaran Perusahaan ABC, saya ingin menyambut Anda semuanya ke dalam acara rapat tahunan kelompok kita. Terima kasih telah hadir di sini bersama kami hari ini. Saya juga ingin menyampaikan apresiasi saya yang tulus kepada penyelenggara acara ini. Angela, terima kasih banyak telah memimpin tim Anda untuk menyusun acara pertemuan ini. Kita semua tidak akan ada di sini di tempat yang indah ini tanpa Anda dan tim.

Pada pertemuan hari ini, agenda kita akan fokus pada evaluasi performa kita tahun ini. Kita juga akan membicarakan tentang keefektivan strategi pemasaran tahun ini dan efeknya kepada pertumbuhan perusahaan. Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, kita juga akan melakukan aktivitas pelatihan tim untuk meningkatkan kerja sama tim dan performa tim. Saya yakin bahwa hari ini akan menyenangkan dan penuh pembelajaran. Saya harap acara ini akan membantu kita untuk menumbuhkan diri kita secara profesional.

Sekian dari saya. Sekarang, saya akan serahkan kepada Bapak James Scotts untuk memulai agenda kita yang pertama, yakni evaluasi performa. Terima kasih banyak telah mendengarkan saya. Kepada Bapak James Scotts, waktu dan tempat saya persilakan.

  • Contoh 2

Good morning, ladies and gentlemen. It is great pleasure for me to welcome you to the Junior English Debate Competition. I am very thankful to you, Professor Deswinta Abdul, the head of English department of ABC University, and Mr. Adam Santiago, the last year’s winner of Nation’s English Debate Competition, for taking time out of your busy schedule to attend this event. I also wish to thank the committees who have organized this wonderful event. I am especially honored to welcome the representatives from each school who participate in this year’s debate contest.

My name is Nathaniel Thomas, the headmaster of 02 Junior High School. On behalf of the people of 02 Junior High School, I would like to say that it is our privilege and pleasure to have this great event held in our school. We are delighted to have you with us to participate in the Junior English Debate Competition.

I can already see big potential from the participants. I hope that through this event, we all can learn to be a good and critical thinker. I wouldn’t like to take too much of your time, so I will hand it over to our MC, Ms. Dian Purwati, to proceed to the next agenda. Once again, welcome and thank you very much for attending this event. I wish all participants good luck. Ms. Dian, please.

Terjemahan:

Selamat pagi, bapak dan ibu sekalian. Dengan senang hati saya menyambut Anda di Kompetisi Debat Bahasa Inggris Junior. Saya sangat berterima kasih kepada Anda, Professor Deswinta Abdul, kepala departemen Bahasa Inggris Universitas ABC, and Adam Santiago, pemenang Kompetisi Debat Bahasa Inggris Nasional tahun lalu, yang telah meluangkan waktu dari jadwal sibuk Anda untuk menghadiri acara ini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara yang luar biasa ini. Saya merasa sangat terhormat untuk menyambut perwakilan dari setiap sekolah yang berpartisipasi dalam lomba debat tahun ini.

Nama saya adalah Nathaniel Thomas, kepala sekolah SMP 02. Atas nama warga SMP 02, saya ingin menyampaikan bahwa merupakan hak istimewa dan rasa senang hati kami untuk membawakan acara hebat ini di sekolah kami. Kami sangat senang Anda berada di sini bersama kami untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Debat Bahasa Inggris Junior.

Saya sudah bisa melihat potensi besar dari para peserta. Saya harap melalui acara ini, kita semua bisa belajar untuk menjadi pemikir yang baik dan kritis. Saya tidak ingin menghabiskan lebih banyak waktu Anda, jadi saya akan serahkan kepada MC kita, Dian Purwati, untuk meneruskan agenda selanjutnya. Sekali lagi, selamat datang dan terima kasih banyak telah datang ke acara ini. Semoga keberuntungan ada di pihak semua peserta. Dian, silakan.

Itulah contoh kata sambutan formal dalam bahasa Inggris. Semoga contoh-contoh ini bisa membantu kita semua menyusun kata sambutan kita sendiri.