sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Percakapan antara Perawat dan Pasien dalam Bahasa Inggris

Conversation between Nurse and Patient

Dalam artikel kali ini kita akan membahas contoh percakapan yang terjadi antara perawat dengan pasiennya. Tentu kita pernah mengalami sakit bahkan tak jarang hingga di rawat di rumah sakit atau di klinik kesehatan. Ketika di rumah sakit atau di klinik kesehatan profesi yang sering kita jumpai atau berinteraksi dengan kita adalah dokter dan juga perawat.

Beberapa istilah medis atau kedokteran umumnya sering digunakan di rumah sakit atau di klinik. Sedangkan perawat sendiri adalah profesi yang akan paling sering berinteraksi dengan pasien karena bertugas untuk memonitor dan juga merawat pasien sehari-hari disamping dokter.

Untuk lebih jelasnya, kita coba untuk lihat contoh percakapan antara perawat dengan pasiennya berikut ini?

Pertanyaan Umum dari Perawat ke Pasien

Tugas dari perawat tentu saja untuk merawat dan memastikan kondisi pasien membaik dari hari ke hari. Mereka juga bertugas untuk memeriksa tekanan darah maupun gejala-gejala lain yang mungkin timbul selama dilakukan perawatan. Berikut ini merupakan beberapa contoh umum pertanyaan dari perawat kepada pasiennya :

  • Are you feeling better now?
  • How are you feeling today?
  • Have you take the medicine the doctors prescribe?
  • Have you got any other symptomps?
  • Have you eaten yet?
  • Do you feel dizzy/pain?
  • Do you need me to call the doctor?

Ketika menggunakan bahasa inggris maupun bahasa yang lain, tentu kita harus menunjukkan ekspresi dan pemilihan kata yang tepat. Khususnya jika kita bercakap-cakap dengan perawat atau kepada pasien, dengan memberikan jawaban atau pertanyaan yang tepat akan membantu kita menyampaikan apa yg kita inginkan.

Contoh Percakapan Perawat dan Pasien

Untuk memberikan gambaran lebih mudahnya mari kita simak contoh percakapan di bawah ini:

Percakapan 1

Nurse: Good morning Ms. Ari. My name is Desi and I’ll be looking after you for this morning. (Selamat pagi Nona Ari. Nama saya Desi dan saya akan merawat anda pagi ini.)

Patient: Good morning Ms. Desi. (Selamat pagi Nona Desi.)

Nurse: How are you feeling today? (Bagaimana keadaanmu hari ini?)

Patient: I’m feeling good. My fever has gone, but I’m a bit weak. (Aku merasa baik. Demamku sudah hilang, tapi masih terasa lemas.)

Nurse: Have you eaten yet? (Apa kau sudah makan?)

Patient: Yes, I’ve eat this morning and take my medicine. (Ya, aku sudah makan pagi ini dan sudah minum obat.)

Nurse: That’s great. Do you feel nausea? (Itu bagus sekali. Apa kau merasa mual?)

Patient: Yes, I feel nausea when I’m eating but it’s get better after I take the medicine. (Ya, aku merasa mual ketika makan tapi sekarang baikan setelah minum obat.)

Nurse: Let’s wait for a day and you will get better. I’ll get you blood preasure first okay? (Mari kita tunggu sehari dan kau akan lebih baik. Aku akan mengukur tekanan darahmu dulu, oke?)

Patient: Yes, please and thanks. (Ya, silahkan dan terima kasih.)

Percakapan 2

Patient: Mrs.. Erika, I have a headache. (Suster Erika, aku sakit kepala.)

Nurse: Yes, are you okay? Do you need me to call the doctor? (Ya, apa kau baik-baik saja? Apa kau butuh kupanggilkan dokter?)

Patient: It’s just felt so dizzy and I barely can’t see it clear since everything circle around. (Ini terasa pening dan aku hampir tidak bisa melihat jelas karena semuanya berputar-putar.)

Nurse: Did you take your medicine yet? (Apa kau sudah meminum obatmu?)

Patient: Not yet. I just finished eating. (Belum. Aku baru selesai makan.)

Nurse: Here, let me help you. Take the medicine first, and I’ll call the doctor. (Mari, aku tolong dulu. Minum obatnya dulu, dan aku akan panggilkan dokter.)

Patient: Thanks Mrs. Erika. I think I need a rest, could you help me please I wanna lie? (Terima kasih Suster Erika. Kurasa aku hanya butuh istirahat, bisakah kau tolong aku, aku ingin berbaring?)

Nurse: Yes, here let me help you. Do you feel comfortable now? (Ya, mari aku bantu kamu. Apa kau sudah merasa nyaman sekarang?)

Patient: Yes, it’s much much better. The headache slowly getting better.  (Ya, ini jauh lebih baik. Sakit kepalanya perlahan mulai sembuh.)

Nurse: Okay then, I need to go now. I’ll inform the doctor right away. And where is your family? (Baiklah, aku harus pergi sekarang. Aku akan memberitahukan dokter segera. Dan dimana keluargamu?)

Patient: My mom is in the cafeteria and she will be back in a minute. It’s okay you can leave me. (Ibuku di kafetaria dan dia akan segera kembali. Tidak apa-apa kau bisa tinggalkan aku.)

Nurse: Okay Ms. Tania. Don’t hesitate to push the buzzer whenever you need me okay? I’ll be here in no time. Now take a rest and get well soon. (Baiklah Nona Tania. Jangan ragu untuk menekan tombol kapanpun kau buth aku oke? Aku akan segera datang. Sekarang istirahatlah dulu dan semoga lekas sembuh.)

Patient: Thanks a lot Mrs. Erika. (Terima kasih banyak Suster Erika.)

Demikian gambaran tentang percakapan yang biasa terjadi antara perawat dan pasiennya dengan menggunakan bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selalu belajar dan jangan ragu untuk memulai berbicara dengan menggunakan bahasa Asing. Salam!