sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Percakapan di Telepon (Phone Conversation)

Penguasaan percakapan Bahasa Inggris sehari-hari bukan hanya saat tatap muka, namun juga lewat telpon. Walau tidak melihat lawan bicara secara langsung, obrolan dapat berlangsung dengan memperhatikan pertanyaan dan jawabannya.

Ekspresi yang dipakai di Telpon

Saat melakukan percakapan melalui telpon ada beberapa ekspresi yang bisa dipakai. Mulai dari perkenalan diri, menyebutkan alasan menelpon sampai ucapan perpisahan. Berikut adalah ekspresi umum yang dipakai saat melakukan percakapan melalui telpon.

  • Pembukaan

Sebutkan kata Halo atau selamat pagi sesuai dengan waktu  menelpon. Bila melakukan percakapan mengenai bisnis sebutkan nama kantor dan jabatan juga.

    • Hello, good morning/day/evening (Halo. Selamat pagi/siang/malam)
    • Dynamite Farmacy (selamat pagi. Dynamite Farmacy)
    • Good Afternoon. The Ridwan Residence (Selamat sore. Kediaman keluarga Ridwan)
  • Perkenalan Diri

Sebutkan nama dan jabatan Anda, bila diperlukan. Tunggu juga orang yang diajak bicara untuk menyebutkan namanya. Bila tidak memperkenalkan diri, maka sebaiknya untuk bertanya sebelum melanjutkan percakapan.

    • This is Jenny speaking (ini Jenny yang berbicara)
    • May I know who is speaking? (Boleh saya tahu dengan siapa saya berbicara?)
    • This is Mr Green from RCTV Radio Station (Ini adalah Pak Green dari RCTV Stasiun Radio)
    • This Is Flin, May I speak to James? (ini Flin, bisakah saya bicara dengan James?)
    • This is Omar from HarvestTech. May I speak to the manager? (Ini adalah Omar dari HarvestTech. Bisakah saya bicara dengan manager Anda?)
  • Maksud Menelpon

Sebutkan alasan mengapa Anda menelpon. Bisa juga menanyakan mengapa pihak lain menelpon.

    • May I know who and what is the reason for calling? (bolehkan saya bertanya siapa ini dan alasannya menelpon?)
    • Thank you for calling. How may I help you? (terima kasih untuk menelpon. Bagaimana saya dapat membantu Anda?)
    • I am calling to send a message from My Manager to Mr. Andres. (Saya menelpon untuk menyampaikan pesan dari Manager saya kepada Pak Andres)
  • Perpisahan

Akhiri percakapan Bahasa Inggris  melalui telpon dengan ucapan perpisahan yang biasa diucapkan dalam obrolan tatap muka. Berikut beberapa contohnya.

    • Thank you so much for your help. Give my regards to your dad (terima kasih untuk bantuanmu. Sampaikan salam saya pada bapakmu)
    • Thanks you for calling. See you next time (terima kasih sudah menelpon. Sampai jumpa lagi)
    • Thank your for the call. I really appreciate it. (terima kasih sudah menelpon. Saya sangat menghargainya)

Contoh Percakapan di Telpon

Pembicaraan melalui telpon bisa ingin bicara dengan seseorang, meninggalkan pesan, menetapkan jadwal rapat dan masih banyak lagi lainnya. Berikut adalah beberapa contoh percakapan di telpon memakai Bahasa Inggris.

Dialog 1 – Mencari Seseorang

Umumnya seseorang menelpon karena ingin berbicara dengan seseorang. Hal paling awal yang perlu dilakukan adalah memperkenalkan diri dan menyebutkan orang yang ingin diajak berbicara.

A: Hello, is this The Anwar residence? (Halo? Apakah ini kediaman keluarga Anwar?)

B: Hello. Yes it is. This is mrs Anwar speaking. Who may I say is calling? (Halo. Ya ini kediaman keluarga Anwar. Ini ibu Anwar yang berbicara. Siapakah yang menelpon?)

A: Good Afternoon Mrs Anwar. This is Albert, Devon’s classmate from school. Is Devon at home?. (Selamat sore ibu Anwar. Ini Albert yang berbicara. Teman Devon’s di sekolah. Apakah Devon ada di rumah?)

B: Oh Albert. It has been a long time since you come over or called. Please come to our house when you have the time. Devon is in his room. I will call him(Oh Albert. Apa kabar? Sudah lama sejak terakhir kali kamu datang atau menelpon. Datanglah ke rumah sesekali bila kamu ada waktu. Devon ada dikamarnya. Saya akan memanggilnya)

A: Thank you so much Mrs. Anwar. I will come by when I am not busy (Terima kasih banyak Ibu Anwae. Saya akan datang bila sedang tidak sibuk)

B: Yeah, of course! Devon…there is Albert on the phone. (Iya, tentu saja! Devon…ada Albert menelponmu)

A: It was nice talking to you mrs Anwar. Thank you so much (Senang berbicara dengan Anda Ibu Anwar. Terima kasih banyak!)

B: No problem, Albert. Here is Devon. I will leave you to to talk (Tidak masalah, Albert. Ini ada Devon. Saya akan membiarkan kalian berdua untuk berbicara)

A : Thank you Mrs. Anwar (terima kasih Ibu Anwar)

Dialog 2  – Meninggalkan Pesan

Percakapan lewat telpon kadang bisa tidak sesuai dengan harapan karena orang yang ingin diajak bicara sedang tidak dapat mengangkat telpon. Bila ada hal penting maka cukup meninggalkan pesan. Bahkan bila hanya mengatakan untuk segera menelpon kembali.

C: Good morning. Indoscreen. This is Amanda. How may I help you? (Selamat pagi. Indoscreen. Ini adalah Amanda. Apakah ada yang bisa saya bantu?)

D: Good morning. This is Mr. James Fint from Elementor. May I speak to Mr. Leon? (Selamat pagi. Saya adalah Pak James Fint dari perusahaan Elementor. Dapatkah saya bicara dengan Pak Leon?)

C: Good morning, Mr. Fine. Mr Leon is in a meeting at themoment. Can I take a message? (Selamat pagi Pak Fint. Pak Leon sedang dalam rapat pada saat ini. Bisakah saya mengambil pesannya?.)

D: Very well. I will inform him. Thank you so much for calling. (Tentu saja. Saya akan menginformasikannya pada beliau. Terima kasih sudah menelpon)

C: Thank you Mr Fint. Have a nice day (Terima kasih Pak Fint. Semoga hari Anda menyenangkan)

Dialog 3 – Konfirmasi

Dalam dunia kerja kadang kita perlu menelpon untuk memastikan untuk rencana atau janji yang sudah dibuat. Dalama kehidupan sehari-haripun demikian. Walau biasanya bila bukan hal yang berkaitan dengan kerja, orang hanya mengirim pesan singkat saja. Hal ini lebih sering terjadi di kantor.

E: Hello? Is this Dr. Edward Forrest office?(Halo? Apakah ini kantor dokter Edward Forest?)

C: Yes? This is Dr Forrest Office. This is Jenny speaking. How may I help you? (Iya? Benar ini Kantor Dokter Forrest. Ini Jenny yang berbicara. Bagaimana saya bisa membantu Anda?)

E: It’s Mrs London. I would like to confirm my aoopintment for today. (Ini adalah Ibu London. Saya ingin mengklarifikasi janji saya untuk hari ini?)

C: Oh, Mrs. London. Thank your calling. One minute let me see the doctor’s schedule for today. (Oh, Ibu London. Terima kasih untuk menelpon. Sebentar saya akan memeriksa jadwal dokter untuk hari ini)

E: It said here that your appointment is at two mam. Is there any problem? (Didalam catatannya, jadwal Anda adalah jam 2, bu. Apakah ada masalah?)

C: No, there is nothing wrong. I just need to make sure. I will be there before 2. Thank you Jenny. (Tidak. Tidak ada masalah. Saya hanya ingin memastikan saja. Saya akan datang sebelum jam dua. Terima kasih Jenny)

E: Okay, you are welcome Mrs London. We will be waiting for you (Baiklah, sama-sama Ibu London. Kami akan menunggu kehadiran Anda)

Dialog 4 – Memberi Kabar

Ada berita tertentu yang perlu diberitahukan secepatnya, cara yang paling cepat adalah melalui telpon. Baik berita gembira maupun sedih. Berikut contohnya.

G: Good evening. The Hadid’s house. This is Maya speaking (Selamat malam. Ini rumah keluarga Hadid. Ini Maya yang berbicara)

D: Hallo Maya, this is Uncle John from Bali (Hallo Maya, ini Paman John dari Bali)

G: Oh, Uncle John how are you? How is everyone in Bali? (Oh. Paman John apa kabar? Bagaimana kabar semuanya di sana?)

D: I am fine. Everyone is also fine. I am calling to tell everyone that Auty Melly has just delivery a healthy baby girl. (Saya baik-baik saja. Semuanya juga baik disini. Saya menelpon untuk mengabari kalau Bibi Melly telah melahirkan seorang anak laki-laki yang sehat.)

G: Really? That is amazing news. Congratulation uncle (Benarkah? Itu adalah berita bagaia. Selamat ya Paman.)

D: Thank you Maya, can I please talk to your mom and dad? (Terima kasih Maya, bisakah saya bicara dengan ibu dan bapakmu?)

G: Of course. I will hand over the phone to them. Wait one moment (Tentu saja. Saya akan memberikan telponnya kepada mereka. Tunggu sebentar)

D: Thank you so much. (Terima kasih banyak)

Dialog 5 – Nama dan Telpon

Percakapan melalui telpon untuk seseorang yang tidak dikenal sering membutuhkan menulis nama dan nomor telpon. Berikut adalah contohnya dalam bentuk dialog.

G: Good Morning. You are calling Grill and Staff. How may I help you?  (Selamat pagi. Anda menghubungi Grill dan Staff. Apa yang bisa saya bantu?)

D: Hallo. This is Laura Headge from TuttyFruity Company. I would like to talk to your marketing department (Hallo, ini adalah Laura headge dari Perusahaan TuttyFruity. Saya ingin bicara dengan salah satu orang dati bagian pemasaran)

G: One moment please, I will put you through( Sebentar. Saya akan menyambungkan Anda)

D: Ok. I will wait. (Baik. Saya akan menunggu.)

G: I am very sorry Mr. Headge. It seems that the marketing department is having an outing today. Would you like to leave a message? (Saya sangat menyesal Ibu headge. Sepertinya bagian pemasaran sedang mengadakan acara keluar hari ini. Apakah Anda ingin meninggalkan pesan?.)

D: Yes, sure no problem. Please tell the marketing manager that laura Headge called. (Ya, tentu tidak masalah. Tolong informasikan pada manager pemasaran Anda kalau Laura Headge tadi menelpon)

G: I am sorry Can you spell your name please?(Maaf. Bisakah Anda mengeja nama Anda?)

D: Sure. It is L-A-U-R-A H-E-A-D-G-E.  (Tentu saja. Nama saya L-A-U-R-A—H-E-D-G-E)

G : What Is your phone number? (apakah nomor telpon Anda?)

D : My phone number is 5030401243 (nomor telpon saya adalah 5030401243)

G : Is there anything else I can do for you? (apakah ada hal lain yang bisa saya bantu?)

D : Please tell them to contact me as soon as possible (tolong informasikan pada bagian pemasaran untuk menghubungi saya secepat mungkin)

G : Ok. Mam. I will do that (baiklah, bu. Saya akan melakukan hal itu.)

Demikianlah beberapa contoh percakapan di telepon dalam Bahasa Inggris. Mulai dari percakapan sehari-hari sampai obrolan bisnis, dapat memakai telpon. Dialog melalui telpon diawali dengan perkenalan diri karena hanya mengandalkan suara. Kemudian menyebutkan alasan menelpon serta diakhiri dengan salam penutup. Gunakan Bahasa Inggris yang formal untuk percakapan melalui telpon yang diperuntukkan untuk dunia kerja. Beberapa contoh diatas adalah contohnya. Semoga bermanfaat.