sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Percakapan Menawar Harga dalam Bahasa Inggris

BAGIAN 1

Tawar menawar adalah kegiatan yang cukup umum dalam perdagangan sehari-hari, tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri. Mulai dari menawar harga rumah, hingga harga sewa gedung, kegiatan tawar menawar menjadi salah satu penentu yang penting dalam kegiatan membeli dan menjual.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana caranya menawar dalam bahasa Inggris jika ingin menawar harga sesuatu di luar negeri. Pada dasarnya kegiatan tawar menawar sama saja yaitu melakukan negosiasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh percakapan menawar harga dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Menawar Harga Rumah

Harga rumah biasanya ditawarkan sesuai dengan berapa luas rumah tersebut. Anda bisa menawarnya dengan memerhatikan kondisi rumah tersebut, tempatnya, ataupun situasi lain yang bisa dijadikan alasan untuk bernegosiasi. Mari kita simak contoh percakapan berikut ini.

A: How much does this house costs? (Berapa harga rumah ini?)

B: It costs one million rupiah per meter square. Since this house is 1.000 meter square, that makes this house costs one billion rupiah in total. (Harganya satu juta rupiah per meter persegi. Karena rumah ini luasnya 1.000 meter persegi, berarti rumah ini harganya satu milyar rupiah totalnya)

A: Don’t you think that price is a bit too high for a house like this? You have said earlier that this is an old house. (Bukankah menurut Anda harga tersebut sedikit terlalu tinggi untuk rumah seperti ini? Anda bilang sebelumnya bahwa ini rumah lama)

B: Not at all. Even though this is an old house, this house has a very sturdy structure and that is the plus point for this house. It has been 50 years since this house was built and it still doesn’t need any renovation. (Tidak sama sekali. Walaupun ini rumah lama, rumah ini memiliki struktur yang sangat kuat dan itu poin lebih untuk rumah ini. Sudah 50 tahun sejak rumah ini dibangun dan masih belum memerlukan renovasi apapun)

A: Okay. But you do know the rumors surrounding this house that it’s haunted. Could we lower the price a little bit? (Baiklah. Namun Anda tahu rumor yang menyelimuti rumah ini bahwa rumah ini digentayangi. Bisakah harganya diturunkan sedikit?)

B: How much lower are we talking about? (Seberapa turun yang dibicarakan di sini?)

A: Around eight hundred million rupiah for the whole house? (Sekitar delapan ratus juta rupiah untuk seluruh rumahnya?)

B: I can’t do that. That is too low for me. The best I can give is nine hundred million rupiah. (Saya tidak bisa melakukan itu. Itu terlalu rendah untuk saya. Yang terbaik yang bisa saya berikan adalah sembilan ratus juta rupiah)

A: Alright, how about we go in the middle and make it eight hundred and fifty million rupiah instead? (Baiklah. Bagaimana kalau kita ambil tengahnya dan membuat harganya menjadi delapan ratus lima puluh juta rupiah?)

B: Okay, deal. (Baiklah, setuju)

Menawar Harga Mobil Bekas

Mobil bekas seringkali dijual kembali dengan harga yang lebih murah. Terkadang, untuk mobil bekas yang sebenarnya sudah rusak, penjual harus memperbaikinya terlebih dahulu. Akan tetapi, ada juga mobil bekas rusak yang bisa dimodifikasi sendiri oleh sang pembeli. Oleh karena itu, menawar harga mobil bekas tentu bergantung pada bagaimana performanya sekarang dan modifikasi yang ingin dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh percakapan menawar mobil bekas.

A: How much does this secondhand car costs? (Berapa harga mobil bekas ini?)

B: This car would cost around ninety million rupiah. This car was released in 2002 so it’s still in overall a good condition. (Mobil ini harganya sekitar sembilan puluh juta rupiah. Mobil ini dirilis pada tahun 2002 jadi secara keseluruhan masih dalam kondisi bagus)

A: 2002 is more than a decade ago, though. How about the performance? Is it still good all around? (2002 sudah lebih dari satu dekade yang lalu. Bagaimana dengan performanya? Masih bagus?)

B: We have done some modification to better the performance and overall this car could work like any other modern car right now. (Kami telah melakukan beberapa modifikasi untuk memperbaiki performanya dan secara keseluruhan mobil ini bisa berjalan seperti mobil modern lainnya)

A: I think ninety million rupiah is still too high. This car only have a radio and an old style window. How about eighty million rupiah? (Menurut saya 90 juta rupiah masih terlalu tinggi. Mobil ini hanya punya radio dan jendela model dulu. Bagaimana jika 80 juta rupiah?)

B: Alright, since you’re our first customer today. Deal. (Baiklah, karena Anda pelanggan pertama kami hari ini. Setuju)

Menawar Harga Sewa Gedung

Ketika sedang merencanakan acara, tentu akan membutuhkan tempat yang bisa disewa seperti gedung. Menyewa gedung paling sering dilakukan ketika Anda akan menikah, atau mungkin membuat suatu acara festival. Akan tetapi, anggaran yang dimiliki seringkali terbatas dan tidak bisa mengikuti keinginan pemilik gedung. Oleh karena itu, berikut ini adalah contoh percakapan menawar harga sewa gedung dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

A: How much does it costs to rent this building for my wedding? (Berapa biaya untuk menyewa gedung ini untuk pernikahan saya?)

B: For a day, the rent costs fifty million rupiah. (Untuk sehari, biaya sewanya 50 juta rupiah)

A: That’s a bit pricey isn’t it? I’m only going to be using the second floor for my reception and all of the decoration would come from my wedding organizer too. Could we lower the price? (Itu sedikit terlalu mahal, bukan? Saya hanya akan menggunakan lantai dua untuk resepsi dan semua dekorasinya datang dari penyelenggara pernikahan juga)

B: I can only offer you 40 million rupiah. (Saya hanya bisa menawarkan 40 juta rupiah)

A: Alright, I’ll take it for 40 million rupiah, then. (Baiklah, saya akan sewa untuk 40 juta rupiah kalau begitu)

Itulah dia beberapa contoh percakapan singkat mengenai menawar harga dalam bahasa Inggris. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut dan memperlancar percakapan Anda dalam bahasa Inggris.

BAGIAN 2

Setelah mempelajari seperti apa contoh percakapan tawar menawar untuk membeli rumah, menyewa gedung, dan membeli mobil bekas, masih banyak contoh percakapan menawar dalam situasi lainnya. Kali ini, beberapa contoh percakapan dalam bahasa Inggris tentang menawar akan membicarakan situasi mulai dari di pasar hingga di tempat wisata.

Tentu saja contoh percakapan kali ini juga sama pentingnya karena memberikan contoh situasi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahasa Inggris dalam keadaan semacam ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak sejumlah contoh percakapan dalam bahasa Inggris mengenai menawar harga beserta terjemahannya berikut ini.

Menawar Barang Di Pasar

Melakukan kegiatan jual beli di pasar tentu saja adalah sebuah kegiatan yang sering ditemui, bahkan di luar negeri juga begitu. Dalam keadaan sedang berbelanja di pasar, pasti akan terjadi kegiatan tawar menawar juga. Berikut ini adalah contoh percakapan menawar barang di pasar dalam bahasa Inggris.

A: How much does these potatoes costs? (Berapa harga kentang ini?)

B: It’s only 7 thousand rupiah per half a kilogram. (Hanya 7 ribu rupiah per setengah kilogram)

A: How about these tomatoes? (Bagaimana dengan harga tomatnya?)

B: The tomatoes only costs 4 thousand rupiah per half a kilogram. (Harga tomatnya hanya 4 ribu rupiah per setengah kilogram)

A: I want to buy half a kilogram of potatoes and half a kilogram of tomatoes, then. (Saya ingin beli setengah kilogram kentang dan tomat, kalau begitu)

B: That would be 11 thousand rupiah in total. (Total harganya 11 ribu rupiah)

A: Could we make it just 10 thousand rupiah? (Bisakah dibuat menjadi 10 ribu rupiah saja?)

B: Alright then, I’ll give you a discount. (Baiklah kalau begitu, saya akan berikan diskon)

Menawar Harga Sewa Apartemen

Apartemen bisa dijadikan salah satu pilihan alternatif selain tinggal di rumah pada umumnya, terutama ketika lahan untuk rumah sudah semakin jarang ditemukan di kota-kota besar. Pada umumnya juga, apartemen lebih sering disewakan daripada dijual. Oleh karena itu, untuk yang memiliki anggaran terbatas, maka mungkin akan perlu tahu contoh percakapan menawar harga sewa apartemen dalam bahasa Inggris seperti berikut ini.

A: This apartment is very clean and nice. How much does it costs for me to rent it? (Apartemen ini sangat bersih dan bagus. Berapa harga sewanya?)

B: This apartment only costs five million rupiah per month or fifty million rupiah per year. (Apartemen ini harganya hanya 5 juta per bulan atau 50 juta per tahun)

A: Isn’t that price a little bit too over the top for this apartment seeing that this place is not at the center of the city? (Bukankah harga itu terlalu tinggi untuk apartemen ini karena tempatnya bukan di tengah kota?)

B: I believe that this is a fair price looking at the facilities we have here. (Saya yakin itu harga yang pas melihat fasilitas yang kami miliki)

A: I think I’m going to have to go see another apartment. It’s a little bit over my budget, I’m afraid. (Sepertinya saya akan melihat apartemen lain. Itu melebihi anggaran saya, sayangnya)

B: I’m sure we could work something out. How much is your budget right now? (Saya yakin ada jalan keluarnya. Berapa anggaran Anda?)

A: I only can afford forty million rupiah per year. (Saya hanya bisa 40 juta rupiah per tahun)

B: Okay, you have a deal. (Baiklah, setuju)

Menawar Harga Sewa Rumah

Selain membeli rumah, seringkali kita hanya memiliki anggaran untuk menyewa rumah. Meski begitu, terkadang harga untuk menyewa rumah juga terlalu tinggi sehingga harus ditawar agar sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Berikut ini adalah contoh percakapan menawar harga sewa rumah dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

A: Do you rent out this house? (Apakah Anda menyewakan rumah ini?)

B: Yes, I do. (Iya, benar)

A: How much does it costs per year here? (Berapa harganya per tahun di sini?)

B: We offer sixty million rupiah per year, but it’s still negotiable. (Kami menawarkan 60 juta rupiah per tahun, namun masih bisa dinegosiasikan)

A: A one story house for sixty million rupiah is a bit too pricey, isn’t it? How about fifty million rupiah? (Rumah satu tingkat untuk 60 juta rupiah itu terlalu mahal, bukan? Bagaimana jika 50 juta rupiah?)

B: We could settle on 55 million rupiah if you would agree. (Kita bisa setuju dengan 55 juta rupiah jika Anda mau)

A: Alright, I would like to rent this house for 55 million rupiah. (Baiklah, saya ingin menyewa rumah ini untuk 55 juta rupiah)

Menawar Souvenir Di Tempat Wisata

Pada masa liburan tentu saja tempat wisata akan dipenuhi oleh berbagai macam pengunjung. Cukup normal juga bagi para pengunjung membeli oleh-oleh atau souvenir dari tempat wisata tersebut. Akan tetapi, seringkali harga yang ditawarkan melambung tinggi melebihi harga pasaran biasanya. Untuk tidak terjebak dengan harga tersebut, berikut ini contoh percakapan menawar harga souvenir di tempat wisata dalam bahasa Inggris.

A: I would like to buy this keychain. How much? (Saya ingin membeli gantungan kunci ini. Berapa harganya?)

B: For that one keychain, it would costs eighty thousand rupiah. (Untuk gantungan kunci itu, harganya 80 ribu rupiah)

A: Eighty thousand?! But that’s such a high price for such a small thing! (80 ribu?! Tapi itu mahal sekali untuk barang yang kecil!)

B: I’m sorry, but that is a fixed price. (Maaf, tapi itu harga tetap)

A: I’m buying five keychains, let’s just make it fifty thousand rupiah a piece. (Saya akan beli 5 gantungan kunci, jadikan 50 ribu per buah)

B: I can only offer sixty thousand rupiah a piece. (Saya hanya bisa menawarkan 60 ribu per buah)

A: Alright, I’ll buy it. (Baiklah. Saya akan membelinya)

Itulah dia beberapa contoh percakapan menawar harga dalam bahasa Inggris dengan berbagai macam situasi beserta dengan terjemahannya. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut.