sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Percakapan tentang Ekonomi dalam Bahasa Inggris

Topik seputar ekonomi selalu menarik dan tak ada habisnya untuk dibicarakan. Terlebih, tema ini juga berlaku universal dan bisa dibicarakan oleh siapapun. Tak hanya oleh mereka yang bekerja di bidang ekonomi, namun semua orang bisa terlibat.

Sudah pernahkah kamu berbincang seputar isu ekonomi? Kali ini, kita akan melihat contoh dialog dalam artikel ini. Namun seperti biasa, sebelumnya kami telah merangkum beberapa kata seputar ekonomi yang bisa digunakan saat berdialog.

Kata-kata Ekonomi Bahasa Inggris

Tentu yang ada dalam rangkuman di bawah ini masih sedikit dari sekian banyak perbendaharaan kata seputar dunia ekonomi. Namun paling tidak, kami telah memilih beberapa kata yang memang spesifik dan kerap digunakan. Mari kita mulai!

  • GDP (Gross domestic product)

Gross domestic product yang biasanya digunakan untuk menjelaskan total nilai moneter dari jasa dan produk yang diperoleh sebuah negara. Artinya, istilah ini kerap digunakan ketika sedang berbicara tentang pendapatan sebuah negara dari berbagai sektor.

  • Fiscal

Dalam bahasa Indonesia, istilah ini juga disebut fiskal. Artinya adalah semua hal yang berhubungan dengan finansial, terutama di bidang pajak (taxes). Contohnya: “fiscal year” yang berarti awal dari tahun penerimaan pajak hingga akhir periodenya.

  • Quarter

Ketika berbicara tentang tren perubahan harga atau nilai, kata “quarter” digunakan untuk menyebutkan periode tiga bulan. Nantinya, akan disebut dalam format first, second, third, dan fourth dalam setahun.

  • Currency

Mata uang yang digunakan sebagai nilai moneter untuk perdagangan, pertukaran, investasi, dan lainnya.

  • Budget

Pendanaan atau rencana bagaimana menghabiskan anggaran, biasanya juga berkaitan dengan apa yang akan dilakukan pemerintah di tahun anggaran berikutnya.

  • Deficit/surplus

Kondisi ketika dana yang dimiliki berbeda dengan kebutuhan. Defisit adalah ketika nominalnya kurang, sebaliknya, surplus adalah ketika pemerintah atau perusahaan memiliki dana lebih dari kebutuhannya.

  • Inflation/deflation

Kondisi kenaikan atau penurunan harga produk atau jasa yang terjadi di sebuah negara. Inflasi adalah ketika harga menjadi tinggi, sementara deflasi adalah ketika harga menurun. Kedua situasi ini tidak baik bagi perekonomian.

  • Stagnation

Kondisi stagnan dalam perekonomian sebuah negara atau perusahaan dan tidak ada kemajuan atau kemunduran apapun. Bila terkait dengan GDP, ada istilah growth dan decline. Namun ketika stagnan, sebagian besar situasinya masih sama.

  • Debt

Dibaca tanpa menyebutkan huruf “b”, debt berarti utang yang tercatat setiap kali transaksi dibantu oleh perbankan atau lembaga peminjaman lainnya. Artinya, seberapa besar uang yang bisa kamu utangi.

  • Recession

Berbeda dengan stagnasi, resesi berarti ekonomi tengah mengalami penurunan. Jika terjadi secara berurutan selama dua quarter, artinya resesi tengah terjadi.

  • Depression

Kelanjutan dari recession, ketika terjadi selama beberapa tahun, maka artinya perekonomian mengalami depresi.

  • Bubble

Situasi ketika harga menjadi semakin tinggi hingga tidak terkontrol. Dalam perekonomian, hal ini menjadi kekhawatiran karena akan sangat berpengaruh terhadap ekonomi.

Contoh Dialog Seputar Ekonomi

Setelah menyimak beberapa contoh di atas, kini saatnya kita melihat contoh dialog yang berbicara tentang ekonomi. Kata-kata yang dicetak tebal adalah yang menggunakan istilah ekonomi.

Dialog ini adalah percakapan tentang ekonomi dan seberapa signifikan peran perempuan di dalamnya.

A: “Whenever I see your microecon homework, it seems like a different language.”

B: “No, it’s not that bad. I’m interested in the world economy, but microecon helps me understand how individuals affect the markets which affect the world economy.

A: “I can understand that. Consumer decisions affect the environmental health of the world. What part of the global economy you are most interested in?”

B: “I’m really interested in woman as part of the global marketplace. Women are becoming more important as consumers, entrepreneurs, managers, and investors. Their purchasing power will keep increasing as more women are educated and enter the workforce.

A: “Does educating more women and girls make a big difference in a country’s economy?”

B: Absolutely. Evidence shows that educating girls will boost the prosperity of a country. Better educated woman are more productive. And their children are healthier and also better educated.”

A: “It’s definitely a win-win.”

Terjemahan:

A: “Setiap kali aku melihat tugas ekonomi mikro yang kamu bawa pulang, rasanya bagai melihat bahasa yang berbeda.”

B: “Tidak seburuk itu. Aku tertarik dengan dunia ekonomi, dan ekonomi mikro membantuku memahami bagaimana setiap individu mempengaruhi pasar dan berdampak pada dunia ekonomi.”

A: “Aku paham. Keputusan konsumen akan berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan dunia. Apa isu global ekonomi yang paling menarik perhatianmu?”

B: “Aku sangat tertarik dengan peran perempuan dalam pasar global. Peran perempuan kian penting sebagai konsumen, pengusaha, manajer, dan investor. Daya beli mereka terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya perempuan yang mengenyam pendidikan dan bergabung sebagai pekerja.”

A: “Apakah memberikan akses pendidikan lebih banyak kepada perempuan akan membawa perubahan bagi ekonomi sebuah negara?”

B: “Tentu saja. Buktinya menunjukkan bahwa memberi pendidikan pada perempuan akan meningkatkan kesejahteraan sebuah negara. Perempuan yang terdidik akan menjadi lebih produktif. Lebih jauh lagi, anak-anak mereka juga akan menjadi kian sehat dan terdidik.”

A: “Jelas itu adalah situasi yang sama-sama menguntungkan.”

Beberapa contoh perbendaharaan kata dan dialog di atas merupakan hal yang bisa kamu gunakan sebagai panduan ketika berbicara tentang ekonomi. Memang, tentu memahami itu tidak akan membuat kamu menguasai ekonomi makro dan mikro secara keseluruhan.

Namun paling tidak, dengan memahami beberapa contoh di atas, maka kamu akan mengerti ketika membaca atau menonton berita tentang ekonomi. Jangan ragu untuk mengulangi dan memperkaya perbendaharaan kata, dan praktikkan dengan berbincang tentang sektor ekonomi yang menarik.