sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Presentasi Bahasa Inggris tentang Produk

Salah satu hal yang paling berguna untuk dipelajari adalah bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan, bahasa asing satu ini telah digunakan di seluruh dunia dan akan sangat membantu dalam bidang pekerjaan maupun pendidikan. Kemudian perlu diingat juga dalam hal pekerjaan dan pendidikan, terdapat satu hal yang pasti akan selalu ada, yaitu presentasi.

Ketika Anda berusaha untuk menjual produk ke pembeli, sangat menggoda untuk mengatakan bahwa produk milik Anda unik. Meskipun terdapat perkataan bahwa tidak ada yang baru di dunia ini, cara menjual produk dengan mengatakan produk tersebut unik masih terbukti menjual. Walau sekarang semakin banyak orang yang tidak memercayai bahwa bisa ada hal baru yang unik dan berbeda dari yang lain.

Oleh karena itu, ketika Anda berusaha untuk mempresentasikan produk Anda ke pasaran sebagai inovasi pertama di dunia, para pembeli kemungkinan akan merasa skeptis. Hal ini berarti Anda akan membutuhkan cara lain untuk dapat menggaet para pembeli dan membentu produk yang mencolok.

Untuk dapat mempresentasikan produk Anda dengan menggunakan bahasa Inggris, terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai presentasi bahasa Inggris tentang produk.

Cara-Cara Jitu Mempresentasikan Produk

1. Buat Klaim Tertentu

Produk Anda kemungkinan besar bukanlah produk pertama di seluruh dunia dan mungkin Anda bukan orang pertama yang dapat menjamin hasil atau keuntungan dari produk tersebut. Pihak lain mungkin juga telah menawarkan pengembalian uang jika para pembeli tidak puas dengan produknya.

Oleh karena itu, Anda tidak bisa hanya memberikan klaim bahwa produk Anda memiliki manfaat tertentu namun Anda juga harus membuktikannya. Dengan begitu, pembeli Anda akan menjadi pembeli setia yang merasakan langsung khasiatnya dan akan mempromosikannya sendiri dari mulut ke mulut. Daripada terlalu berfokus pada promosi yang tidak memiliki bukti, Anda bisa membentuk sekumpulan pembeli setia dengan cara ini.

Untuk menaruh cara jitu satu ini dalam presentasi bahasa Inggris Anda, coba gunakan beberapa kalimat berikut ini:

    • Through our monthly testimonies from our customers, 95% said that they are extremely pleased with the product and will buy it again (Melalui testimoni yang kami kumpulkan setiap bulan dari pelanggan kami, 95% mengatakan bahwa mereka sangat puas dengan produknya dan akan membelinya lagi)
    • Our claims about the product is not just empty claim, as it could be seen from the reviews from our loyal customers (Klaim kami mengenai produk ini bukan hanya klaim kosong, seperti yang bisa dilihat dari ulasan dari pelanggan setia kami)

2. Fokuskan Pada Klien

Perusahaan yang bagus seharusnya mengenal betul para klien yang dituju. Perusahaan seharusnya tahu apa yang bisa didapatkan dari produk mereka, bagaimana pembeli mereka akan bertindak, dan bagaimana cara untuk meraih segmen pembeli tertentu. Akan tetapi, seringkali ketika semua informasi tersebut sudah diketahui, pesan atau promosi yang dibuat untuk produk tersebut justru kurang spesifik dan tidak menuju pada segmen klien yang seharusnya.

Oleh karena itu, ketika tengah mempresentasikan produk Anda, ada baiknya Anda menjelaskan informasi tersebut secara singkat dan menyebutkan bagaimana rencana untuk meraih klien-klien tersebut nantinya. Sebagai contohnya, Anda bisa menyebutkan ini dalam presentasi produk bahasa Inggris Anda:

    • Our product is most fitted for the milenials and that is why we are going to promote this through the social media influencers (Produk kami sangat cocok bagi milenial dan karena itulah kami akan mempromosikannya melalui orang-orang berpengaruh di media sosial)
    • Our target customers are children and that is why we will market this product by going school to school (Target pelanggan kami adalah anak-anak dan karena itu lah kami akan memasarkan produk ini dengan mengunjungi sekolah-sekolah)

3. Berikan Label

Entah Anda melihat label di bagian luar kotak produk atau di situs web produk tersebut, pastikan bahwa produk Anda memiliki label secara jelas sebagai bagian dari pemasaran. Pastikan juga label Anda mencolok bagi para pembeli. Ketika melihat produk Anda, para pembeli seharusnya sudah langsung bisa menangkap kegunaan produk hanya dengan melihat labelnya.

Sebagai contohnya, Anda bisa menjelaskan label produk Anda dalam presentasi produk bahasa Inggris dengan menggunakan kalimat semacam berikut ini:

    • Our label clearly shows the main ingredients of our product that could help them live healthily (Label kami dengan jelas menunjukkan bahan utama dari produk kami yang bisa membantu mereka hidup secara sehat)
    • Our label shows how this product should and could be used to help our customers daily (Label kami menunjukkan bagaimana produk ini seharusnya dan bisa digunakan untuk membantu para pelanggan sehari-hari)

4. Hindari Terlalu Banyak Statistik

Klien Anda tidak akan peduli dengan angka-angka statistik. Akan tetapi, justru angka-angka ini yang sering dimasukkan ke dalam presentasi produk secara detail sejak awal. Detail tersebut mungkin akan berguna hanya jika pembeli sudah merasa tertarik dengan produk Anda.

Anda harus memulai presentasi dengan pernyataan brand yang kuat dan berhubungan dengan nilainya. Statistik dan detail memang penting untuk diberitahukan, namun lebih baik jika data tersebut dibaca sendiri, bukan ketika presentasi. Anda sebaiknya mulai presentasi dengan pernyataan yang jelas mengenai apa produk Anda dan apa kegunaannya.

Teknis Pembuatan Presentasi Produk

Presentasi tentang produk adalah bagian yang penting dalam memperjualkan produk Anda ke calon pembeli. Dalam banyak kasus, ini akan menjadi perkenalan pertama para pembeli kepada perusahaan Anda dan kemungkinan produknya. Impresi pertama sangatlah penting. Ada saatnya juga ketika Anda harus menjual produk ke orang-orang yang berada di dalam perusahaan Anda dan juga kepada para investor. Persiapan yang baik sangat lah penting untuk mempresentasikan produk Anda sebaik mungkin.

Tujuan sebuah presentasi produk selalu berbeda-beda tergantung pada target pembeli dan presentasinya harus dipersiapkan sesuai kebutuhan. Penting untuk mengetahui siapa yang akan melihat presentasi Anda dan kenapa mereka tertarik mendengarkan presentasi Anda.

Sebelum Anda mulai membuat presentasi, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui informasi berikut ini:

  • Tujuan / Tindakan

Pada akhir presentasi produk, Anda ingin ada sesuatu yang terjadi, entah apakah akan ada pembeli yang ingin menilai produk Anda, manajemen akan percaya dengan produk Anda, orang pemasaran akan bersemangat menjual produk Anda, atau bahkan investor akan memberikan dana tambahan untuk produk Anda.

  • Target Penonton

Kepada siapa Anda akan mempresentasikan produk ini? Apakah kepada calon pembeli atau investor atau manajemen? Seperti apa kondisi industrinya saat ini? Apa kebutuhan dan kekhawatiran utama mereka? Apa tujuan individu mereka?

  • Orientasi

Seberapa banyak hal yang diketahui oleh penonton presentasi Anda mengenai produk Anda dan produk lain yang mirip? Apa yang spesial mengenai cara penonton melihat produk Anda? Apakah mereka memiliki harapan awal tertentu? Apakah mereka memerhatikan kompetitor? Jika iya, yang mana saja? Lalu apa ketertarikan utama mereka?

  • Presenter

Siapakah yang akan melakukan presentasinya? Apakah Anda sendiri, orang pemasaran, atau eksekutif perusahaan?

Akan sangat berguna untuk menulis informasi-informasi di atas terlebih dahulu sebelum mulai membuat presentasi produk agar Anda bisa membuat informasi tersebut menjadi rujukan. Pastikan juga ketika presentasi telah selesai dibuat untuk melihat kembali apakah tujuannya sudah dapat dianggap dapat terpenuhi.

Setelah Anda sudah memiliki dasar presentasi produk, itu bisa diubah untuk presenter lain ataupun penyimak lainnya. Namun sangatlah penting untuk memiliki target penyimak dan target tujuan ketika sedang membuat presentasi awalnya. Jika tidak, ada kemungkinan presentasi produk tidak akan menyambung dengan para penyimak ataupun tidak berfokus pada kebutuhan mereka.

Berikut ini adalah gambaran dasar untuk presentasi tentang produk. Harap diingat bahwa jumlah lembaran maksimal adalah dua puluh. Sebagian besar penjualan memberikan waktu 30 menit untuk presentasi formal, dengan waktu dua menit per lembar, kira-kira 15 lembar adalah jumlah yang cukup. Penting untuk membuat presentasi Anda tepat pada sasaran, karena jika tidak, maksud Anda akan tertutupi oleh detail.

1. Pendahuluan

Biasanya bagian ini hanyalah lembar yang bertuliskan judul presentasinya. Pada lembar ini, sang pembicara memperkenalkan diri mereka dan maksud dari presentasi produknya. Pada bagian inilah Anda harus memikat perhatian penyimak dan memberitahukan apa yang akan mereka dengar selama presentasi nanti. Bagian pendahuluan ini biasanya terdiri dari dua lembar.

Sebagai contohnya, Anda bisa melihat beberapa kalimat di bawah ini sebagai pendahuluan presentasi produk.

Good morning, everyone. I am the sales representative of Gakusho company and I will be presenting about our new product, Let IT Fit. This product is a collaboration of the IT industry and the health industry to create something that is healthy and advanced in technology. Today, I will be presenting the background of this product, how it works, and how it can benefit every one of you in this room here.

(Selamat pagi, semuanya. Saya adalah perwakilan penjualan dari perusahaan Gakusho dan saya akan presentasi mengenai produk baru kami, Let IT Fit. Produk ini adalah sebuah kolaborasi antara industri Teknologi Informatika dan industri kesehatan untuk menciptakan sesuatu yang sehat dan maju dalam bidang teknologi. Hari ini, saya akan mempresentasikan latar belakang produk ini, bagaimana caranya bekerja, dan bagaimana ini bisa menguntungkan semua orang yang ada di ruangan ini)

2. Agenda

Agenda sebenarnya opsional dan tidak harus ada dalam presentasi Anda. Namun dengan menggunakan agenda, Anda dapat berkesempatan memberitahu para penyimak mengenai apa yang akan Anda bicarakan dalam presentasi Anda. Agenda akan membuat orang-orang tidak bertanya terlalu awal selama presentasi berjalan mengenai hal-hal yang akan Anda bicarakan nantinya. Jumlah lembaran agenda biasanya berjumlah satu saja.

Sebagai contohnya, Anda bisa melihat beberapa kalimat di bawah ini sebagai agenda presentasi produk.

In this presentation, I will start with our company information, for those of you who didn’t know. Afterwards, we will show you our positioning about how this product is different from other products. And then we will start to talk about the description of the product itself. Then, we will talk about the benefits that could be gain from using our product and we will also show some examples or successes of our own.

(Dalam presentasi ini, saya akan memulai dengan informasi perusahaan kami, bagi Anda yang belum tahu. Setelahnya, kami akan menunjukkan posisi kami mengenai bagaimana produk ini berbeda dibanding yang lain. Lalu kami akan berbicara tentang deskripsi produknya. Lalu kami akan berbicara tentang keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan produk kami dan kami juga akan menunjukkan beberapa contoh kesuksesan produk ini)

3. Informasi Perusahaan

Ini adalah cara untuk menekankan kredibilitas perusahaan Anda dan membuat para penyimak merasa aman dan nyaman dengan perusahaan Anda. Caranya adalah dengan menyampaikan jumlah pembeli, jajaran eksekutif ternama, informasi mengenai pembiayaan, penghargaan, dan pencapaian besar yang telah dicapai. Meski begitu, jangan terlalu mengambil banyak waktu membicarakannya karena akan membosankan jika terlalu lama. Bagian informasi perusahaan ini cukup Anda bicarakan hanya dalam satu lembar saja.

Sebagai contohnya, Anda bisa melihat beberapa kalimat di bawah ini sebagai informasi perusahaan dalam presentasi produk.

Our company was built in 1982 and since then, we have over 1 million loyal customers from all over the country. Our funding came from multiple investors who have their own shares in our company. Our company has also received multiple awards and recently last year, we have reached our 50th product that was released on the market, it was a big milestone for us.

(Perusahaan kami didirikan tahun 1982 dan sejak itu, kami memiliki lebih dari sejuta pelanggan setiap dari seluruh penjuru negara. Pembiayaan kami berasal dari beberapa investor yang memiliki saham mereka di perusahaan kami. Perusahaan kami juga telah mendapatkan sejumlah penghargaan dan baru saja tahun lalu, kami mencapai produk ke-50 yang telah dipasarkan, itu adalah pencapaian besar bagi kami)

4. Posisi

Produk yang sukses memiliki teknologi atau posisi yang unik yang membedakan mereka dari produk lainnya di pasaran. Anda ingin memperkenalkan aspek dari produk Anda ini sejak awal untuk memberitahu kepada para penyimak bagaimana produk Anda berbeda dari yang lain dan mengapa mereka harus mendengarkan presentasi Anda.

Gunakan bagian dari presentasi ini sebagai pemikat perhatian mereka. Bagian ini bisa dibuat dengan membicarakan masalah yang dimiliki dan bagaimana Anda memecahkannya dengan menggunakan produk Anda. Pastikan bahwa Anda membawanya sesuai dengan kesulitan yang dihadapi oleh para penyimak. Dengan mempersiapkan bagian ini sejak sebelum mulai membuat presentasi, Anda akan bisa mempresentasikannya dengan sangat matang dan langsung ke poinnya. Bagian ini bervariasi jumlahnya mulai dari satu lembar hingga lima lembar.

Sebagai contohnya, Anda bisa menggunakan beberapa kalimat di bawah ini untuk memberitahu perbedaan produk Anda dalam presentasi:

As we all know, everyone use technology today, especially those that could be found in smartphone. We use smartphone to keep being healthy by watching countless video tutorial on how to work out at home. However, we still lack motivation to do so. That is why, our product is different from other health technology product that have existed before.

(Seperti yang kita semua ketahui, semua orang menggunakan teknologi sekarang, terutama yang bisa ditemukan dalam ponsel pintar. Kita menggunakan ponsel pintar untuk tetap sehat dengan menonton banyak video petunjuk cara berolahraga di rumah. Namun, kita masih kekurangan motivasi untuk melakukannya. Itulah mengapa produk kami berbeda dibanding produk teknologi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.)

5. Deskripsi Produk

Deskripsikan dengan jelas produk Anda dengan menggunakan istilah yang dapat dimengerti oleh para penyimak. Akan berguna jika Anda menggunakan gambaran komponen produk juga. Anda ingin memberikan gambaran jelas kepada para penyimak untuk fitur-fitur dan kegunaan yang akan mereka lihat langsung. Anda juga ingin memberitahukan bagaimana produk Anda dapat cocok dalam lingkungan saat ini. Anda hanya memerlukan sekitar satu atau dua lembar untuk menjelaskan deskripsi produk ini.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang dapat menjadi acuan ketika mendeskripsikan produk dalam presentasi bahasa Inggris.

Our product is in the form of a smartphone app and it will have many new features that no other applications have right now. We will give an incentive of points for the users to workout. For each workout mission that they finished, they will gain specific amount of points that will then be able to be exchanged with real life gifts such as money or gift cards. This would be their motivation to work out in the era where people tries to gain everything from their smartphone technology.

(Produk kami berbentuk aplikasi ponsel pintar dan akan memiliki banyak fitur baru yang tidak dimiliki aplikasi lainnya saat ini. Kami akan memberikan poin penyemangat untuk para pengguna agar berolahraga. Untuk setiap misi olahraga yang mereka selesaikan, mereka akan mendapatkan sejumlah poin yang akan bisa ditukar dengan hadiah nyata seperti uang atau gift card. Ini akan menjadi motivasi mereka untuk berolahraga di era ketika orang berusaha untuk mendapatkan segalanya melalui teknologi ponsel pintar)

6. Keuntungan yang Jelas

Beritahu keuntungan apa saja yang akan didapatkan oleh para pembeli, terutama keuntungan yang akan dapat ditangkap langsung oleh para penyimak  Anda bisa menggunakan daftar fitur dan keuntungan untuk menunjukkannya. Mungkin keuntungan dari produk Anda sudah tidak asing dan jelas karena Anda selalu mengurus produknya, akan tetapi para penyimak harus dapat melihat keuntungannya diberitahukan langsung dan harus sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk memberitahukan keuntungan dari produk Anda, Anda memerlukan sekitar satu hingga lima lembar presentasi.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang dapat menjelaskan  keuntungan dari sebuah produk dengan jelas dalam presentasi.

As I have said before, our product has the benefit of motivating the users to workout more. This would then leads them to being more healthy and active in their everyday life. Not only that, our other benefit is that users could actually gain money just from completing work out missions. Hence, our product have at least three main benefits which are motivation, health, and financial benefits.

(Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, produk kami memiliki manfaat memotivasi para pengguna untuk berolahraga lebih sering. Ini kemudian akan mendorong mereka menjadi lebih sehat dan aktif dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, manfaat lainnya adalah bahwa para pengguna bisa sungguh mendapatkan uang hanya dengan menyelesaikan misi olahraga yang ada. Maka, produk kami setidaknya memiliki tiga manfaat utama yaitu manfaat motivasi, kesehatan, dan finansial.)

7. Contoh Kesuksesan

Pada titik presentasi ini, para penyimak seharusnya sudah cukup mengenal produk Anda dan mengapa produk Anda berbeda dan lebih baik dibanding produk lainnya. Agar dapat menekankan poin tersebut, Anda bisa menggunakan contoh bagaimana produk Anda telah digunakan dan bagaimana para penggunanya telah sungguh mendapatkan keuntungan dari produknya. Untuk menjelaskannya, Anda memerlukan sekitar satu hingga tiga lembar presentasi.

8. Argumen Penutup

Ini adalah kesempatan Anda untuk meminta dilakukan tindakan dari para penyimak. Anda harus merangkum keseluruhan presentasi produk, menjelaskan kembali tujuan presentasi Anda, dan menanyakan para penyimak presentasi untuk melakukan sesuatu, entah itu membeli produknya atau menjadi investor produk. Itu adalah tujuan dari presentasi Anda.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai presentasi bahasa Inggris tentang produk yang dapat menjadi acuan Anda. Telah diberitahukan juga sejumlah contoh kalimat yang bisa Anda gunakan untuk presentasi bahasa Inggris tersebut. Bukan hanya itu, bentuk presentasi dan cara jitu untuk menaklukan presentasi produk Anda juga telah disebutkan sebelumnya. Semoga penjelasan kali ini akan bermanfaat dalam pembelajaran bahasa Inggris Anda.