sederet kamus
Translate: Tutorial:

Contoh Surat Orang Tua Murid Kepada Kepala Sekolah Mengenai Bayar SPP Dalam Bahasa Inggris

Akhir-akhir ini, semakin banyak sekolah internasional yang menjadi pilihan banyak orang tua, terutama di kota-kota besar. Sekolah internasional yang bermunculan ini tentu saja menjadi favorit karena terjaminnya kualitas pendidikan yang bisa didapatkan anak di sana. Selain itu, sistem pembelajaran di sekolah internasional lebih maju karena menggunakan bahasa Inggris dalam pembelajarannya untuk mempersiapkan anak di lingkungan internasional nantinya.

Sebagian besar sekolah internasional biasanya tidak hanya menggunakan bahasa Inggris dengan anak didik mereka, namun juga dengan orang tua murid untuk berbagai macam keperluan. Seperti contohnya ketika orang tua murid sudah harus membayar SPP sekolah semester selanjutnya. Bukan hanya untuk sekolah internasional saja, jika Anda kebetulan menyekolahkan anak Anda di luar negeri, maka Anda harus bisa mengurus pembayaran sekolah anak dengan menggunakan bahasa Inggris.

Membayar SPP sekolah mungkin mudah saja dilakukan bahkan untuk sekolah internasional tanpa perlu menggunakan bahasa Inggris yang rumit. Akan tetapi, terkadang akan muncul halangan yang membuat Anda belum bisa membayar uang sekolah dikarenakan tidak ada uang. Jika hal ini terjadi sehingga Anda perlu meminta penangguhan dari sekolah, maka tentu Anda harus bisa menggunakan bahasa Inggris yang lebih mahir untuk menjelaskan situasi dan menegosiasikannya dengan pihak sekolah.

Pada umumnya, komunikasi antara sekolah dan orang tua murid dilakukan melalui surat menyurat. Oleh karena itu, berikut ini adalah contoh surat yang dikirimkan oleh orang tua murid kepada kepala sekolah mengenai penangguhan pembayaran SPP dalam bahasa Inggris. Harapannya, Anda bisa melihat pola yang digunakan ketika mengirimkan surat semacam ini dalam bahasa Inggris.

Dear Headmaster,

I hope this letter finds you well. My name is Anna, I am the mother of Christian Key from class 10-A who is on his second semester now. I have written this letter to you to talk about the due date of next semester’s payment. I fully realize that I am late in paying my son’s school payment and I would like to ask for a postponement for the payment for at least one more month. Beforehand, I would like to explain to you my current situation that drove me to this demand.

My family’s economy was going well since before my son came to your school, that is why we decided to register him there. However, over the years, my husband’s business have started to go into the stagnant phase. Adding to the current pandemic situation that the whole world faces right now, things goes even worse on my family’s economy. As of right now, my husband still haven’t made any more profit and we are barely holding on with our limited savings.

However, my husband has said that his business will start going back up again in the near future and he will have money again next month. That is why, I am asking you to let me postpone the payment for my son’s tuition until next month. Once my husband made his profit again, we will immediately transfer you the money.

I sincerely hope that you will empathize with our situation right now and help us during this trying times.

Warm regards,

Anna Key.

Terjemahan:

Kepada Kepala Sekolah,

Saya harap surat ini tiba dengan baik kepada Anda. Nama saya Anna, saya adalah Ibu dari Christian Key dari kelas 10-A yang sedang berada di semester keduanya saat ini. Saya menuliskan surat ini kepada Anda untuk membicarakan tentang tenggat waktu pembayaran semester selanjutnya. Saya sangat menyadari bahwa saya terlambat membayar biaya sekolah anak saya dan saya ingin meminta penangguhan untuk pembayaran tersebut setidaknya satu bulan lagi. Sebelumnya, saya ingin menjelaskan kepada Anda mengenai situasi saya saat ini yang menggiring saya pada permintaan ini.

Ekonomi keluarga saya berjalan dengan baik sejak sebelum anak saya masuk ke sekolah Anda, itulah mengapa kami memutuskan untuk mendaftarkannya di sana. Akan tetapi, selama beberapa tahun ini, bisnis suami saya telah mulai memasuki fase tidak berkembang. Ditambah dengan situasi pandemi saat ini yang sedang dihadapi oleh seluruh dunia sekarang, keadaan menjadi semakin parah untuk ekonomi keluarga saya. Hingga saat ini, suami saya masih belum mendapatkan untung sedikit pun dan kami hanya bisa sedikit bergantung pada tabungan kami yang terbatas.

Akan tetapi, suami saya mengatakan bahwa bisnisnya akan mulai meningkat kembali dalam waktu dekat dan dia akan memiliki uang lagi bulan depan. Itulah mengapa, saya meminta Anda untuk menunda pembayaran biaya sekolah anak saya hingga bulan depan. Setelah suami saya membuat keuntungan lagi, kami akan langsung mengirimkan Anda uangnya.

Saya sungguh berharap bahwa Anda akan berempati dengan situasi kami saat ini dan membantu kami di masa yang sulit ini.

Salam hangat,

Anna Key.

Seperti yang dapat Anda lihat, terdapat kerangka surat pada umumnya ketika Anda menuliskan surat kepada kepala sekolah untuk meminta penangguhan biaya sekolah dalam bahasa Inggris. Pertama-tama Anda harus membuka surat dengan sopan dan menjelaskan apa yang ingin Anda bahas dalam surat tersebut dan apa tujuan dari surat Anda. Selanjutnya, Anda harus menjelaskan lebih lanjut mengenai kondisi Anda saat ini. Jika Anda tidak memiliki uang untuk membayar biaya sekolah, ada baiknya Anda menjelaskan secara gamblang apa masalahnya.

Setelah Anda menjelaskan dengan baik mengenai situasi ekonomi keluarga Anda saat ini, selanjutnya Anda harus menutup surat tersebut dengan sopan kembali. Jangan lupa bahwa Anda juga harus memberikan tanda penulis di bagian akhir surat.

Itulah dia contoh surat dalam bahasa Inggris yang bisa Anda ikuti jika Anda harus mengirimkan surat permintaan penangguhan biaya sekolah kepada kepala sekolah. Semoga dapat membantu Anda.