sederet kamus
Translate: Tutorial:

Doa Bahasa Inggris Sebelum Belajar

Menterjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris bukan hal yang mudah. Apalagi bila sudah termasuk konteks berdoa. Bahasa yang digunakan bukan bahasa sehari-hari dan cenderung lebih formal. Berikut adalah beberapa contoh doa dalam Bahasa Inggris saat kita akan memulai belajar.

Doa Sebelum Belajar

Ketika berdoa ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Selain meminta sesuatu doa kerap mengucapkan rasa syukur dan pujian sebelumnya. Apa saja yang disebutkan saat memanjatkan doa?

  1. Pembuka

Terlepas agama atau keyakinan yang dianut, doa pembuka biasanya menyebutkan Tuhan atau zat yang maha tinggi yang dipercayai. Hal ini juga bisa ditiadakan cukup dengan mengutarakan alasan untuk berdoa. Berikut adalah beberapa contohnya.

    • I pray to Allah the Almighty (saya berdoa pada Allah yang Maha Besar)
    • Today, I pray to give my power to study hard (hari ini saya berdoa untuk meminta kekuatan untuk belajar)
    • Jesus Chris I ask for your blessing today (Tuhan Yesus, saya meminta berkahmu hari ini)
    • Please help me and give me power to do all my duty as a student (tolong bantu saya dan berikan kekuatan untuk menunaikan kewajiban saya sebagai seorang pelajar)
  1. Terima Kasih

Sebelum meminta sesuatu, ada baiknya untuk mengucapkan syukur dan terima kasih untuk semua nikmat yang sudah diperoleh. Dengan demikian doa Anda akan lebih baik lagi.

    • Thank you for the blessing of health that you have given me (terim kasih untuk kesehatan yang telah diberikan)
    • I am grateful for everything that I received in my lifetime (saya berterima kasih untuk semua yang saya dapatkan dalam hidup ini)
    • Dear loard, thank you for loving me (Ya tuhan, terima kasih sudah menyayangi saya)
    • Oh god, thank you for all your blessing upon me and my family (ya tuhan, terima kasih untuk semua berkah yang diberikan pada saya dan keluarga saya)
  1. Meminta Sesuatu

Ketika Anda sedang sulit berkonsentrasi, terlalu sibuk dan kesusahan untuk belajar, maka panjatkan doa sebelum belajar dan minta segala keberkahan yang dapat diperoleh dengan mempelajari sesuatu.

    • Please, help me to study better for my exam (tolong bantu saya untuk belajar lebih baik untuk ujian)
    • I need your power to guide me to understand all of my material. I want to have a good score and make my family proud (saya membutuhkan kekuatanmu untuk membantu saya memahami semua materi pelajaran. Saya ingin mendapatkan nilai bagus dan membanggakan kedua orang tua)
    • Please make the knowleadge that I learn today tobe useful and something that I can remember and implement in my daily life (tolong buat pengetahuan yang saya pelajari hari ini bermanfaat dan menjadi sesuatu yang bisa saya ingat dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari)
  1. Penutup

Akhiri doa sebelum belajar dengan penutup dengan permohonan agar doa dikabulkan. Bisa juga ditutup dengan mengucapkan terima kasih sekali lagi.

    • Please lord, listen to my prayer and help me with my study (tolong tuhan, dengarkan doa saya dan bantu dengan pelajaran saya)
    • In the name of Allah/Jesus. I prayed. Please fulfil my prayer amien (Dengan menyebut nama Allah/Yesus saya berdoa. Tolong kabulkan doa saya. Amin. )

Contoh Doa dalam Bahasa Inggris Sebelum Belajar

Berikut adalah beberapa doa pendek yang dapat digunakan saat sebelum belajar. Perhatikan apa saja yang harus diucapkan berdasarkan penjelasan di atas. Tadahkan kedua belah tangan serta berdoa dengan bersungguh-sungguh.

Example 1

God, Thank you for allowing us to gather in school and get many knowleadge. I would like to be a smart student and although I studied hard, sometimes it isnt enough. Please God blessed my the wisdom to understand my lesson. I want to make my parent happy so much. Please hear my prayers Thank you.

(Tuhan, terima kasih sudah mengijinkan kami berkumpul disekolah dan menerima pengetahuan. Saya sangat ingin jadi murid pintar dan walaupun saya sudah belajar dengan keras, kadang hal tersebut tidak cukup. Tolong ya Tuhan berkati saya kebijaksanaan dari semua pelajaran saya. Saya sangat ingin membuat kedua orang tua saya bahagia. Tolong dengarkan permintaan doa saya. Terima kasih.)

Example 2

 Allah is my Lord and Islam is my religion. Ya Allah, give me good understanding fro the knowleadge that my teacher share with me. Allow me to be among the smart and wise people. I want to help other with my knowleadge. Please help me study for today and everyday afte. Thank you for listening for my prayers. I hope my family and my teachers are in good health because they help me a lot in my study.

(Allah adalah Tuhanku dan Islam adalah agamaku. Ya Allah, berikanlah saya pemahaman dari pengetahuan yang guru berikan pada saya. Ijinkan saya menjadi orang yang pintar dan bijaksana. Saya sangat ingin membantu orang lain dengan pengetahuan saya tersebut. Saya mohon, tolonglah saya dalam belajar hari ini dan hari-hari selanjutnya. Terima kasih sudah mendengarkan doa saya. Saya juga berharap keluarga dan guru saya dalam keadaan sehat karena sudah membantu saya dalam belajar.)

Demikianlah beberapa contoh doa sebelum belajar yang bisa kamu ikuti. Memanjatkan doa erat kaitannya dengan agama dan kepercayaan. Jadi ikuti panduan agamamu dalam berdoa. Secara umum untuk melakukan doa sebelum belajar cukup mengikuti hal-hal yang sudah disebutkan diatas. Silahkan dicoba dan semoga doa yang dibacakan mendapatkan keberkahan dan hal positif.