sederet kamus
Translate: Tutorial:

Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan Resepsionis Hotel

Polite phrases used in hotel reception

Apakah anda bekerja di bidang perhotelan? Apakah anda bekerja sebagai seorang resepsionis di hotel? Anda tentu sering melayani pelanggan hotel atau tamu hotel yang berasal dari luar negeri. Untuk menyapa mereka, tentu anda harus menggunakan bahasa inggris. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa contoh frase yang dapat anda gunakan ketika menyambut atau berbicara tamu di resepsionis hotel.

1. “Hello, welcome to [name of your hotel].” (hallo, selamat datang di (nama hotel))

Ini merupakan kalimat sapaan yang pertama dikatakan ketika ada tamu hotel yang datang. Ini memberikan apresiasi atau penyambutan yang sopan kepada tamu hotel anda.

2. “How can I help you today?” (bagaimana bisa saya membantu anda hari ini?)

Kalimat ini digunakan untuk menanyakan jika tamu tersebut membutuhkan bantuan resepsionis. Biasanya ini dikatakan kepada tamu yang telah menginap satu atau dua hari.

3. “What’s the date of your arrival?” (tanggal berapa anda akan datang?)

Kalimat ini digunakan ketika seorang tamu memesan kamar melalui telepon. Resepsionis akan menanyakan kapan tamu tersebut akan datang, sehingga dia bisa memasukkan ke dalam jadwal booking kamar. Dan tentu agar bisa disiapkan kamar yang dipesan tersebut.

4. “When are you planning to check out?” (kapan anda berencana untuk pulang?)

Hal ini biasanya ditanyakan kepada tamu hotel yang baru saja datang dan membooking atau menyewa salah satu kamar. Untuk mengetahui selama berapa lama dan menentukan tariff yang harus dibayar, resepsionis akan menanyakan kapan tamu tersebut berencana untuk pulang atau check out dari hotel tersebut.

5. “How many people is this reservation for?” (reservasi ini untuk berapa orang?)

Pertanyaan ini ditanyakan untuk mengetahui siapa saja atau ada berapa orang yang akan datang dan mengina d hotel tersebut bersama anda. Karena tentu saja, jumlah orang akan berpengaruh terhadap jenis kamar yang akan disewa. Itu juga akan menetukan harga kamar tersebut. Karena dengan semakin banyak orang, tentu biaya layanannya juga bertamabah.

6. “What type of room would you prefer?” (tipe kamar seperti apa yang anda inginkan?)

Saat seseorang memilih kamar, resepsionis akan terlebih dahulu menanyakan kamar seperti apa yang diinginkan. Ada banyak tipe kamar yang tersedia, seperti presiden suite, solo suite, dan lain sebagainya. Juga terdapat masing-masing kamar yang memiliki kelebihan atau view masing-masing.

Contohnya ketika anda menginap di hotel di dekat laut, mungkin anda ingin kamar yang terletak menghadap ke laut sehingga anda bisa menikmati keindahan laut kapanpun selama anda berada disana. Karena itulah resepsionis akan menanyakan preferensi anda dan kemudian akan memberikan penawaran mengenai berbagai jenis tipe kamar yang tersedia di kamar tersebut.

7. “Do you have a reservation?” (apa anda sudah membuat reservasi?)

Biasanya ada tamu hotel yang telah membuat pesanan beberapa hari sebelum datang ketempat tersebut. Maka, saat pertama kali tiba di resepsionis maka petugas resepsionis akan menanyakan apa tamu tersebut telah membuat reservasi sebelumnya.

Karena, jika tidak mungkin aka nada dua nama ganda di hotel tersebut, atau bahkan anda tidak mendapatkan kamar karena terbaca kamar sudah penuh, padahal salah satunya adalah milik anda. Resepsionis akan mencocokkan reservasi dengan identitas anda untuk memastikan bahwa anda benar-benar orang yang membuat reservasi tersebut.

8. “What name is the reservation under?” (atas nama siapa reservasi yang anda buat?)

Biasanya resepsionis juga akan menanyakan reservasi anda dibuat atas nama siapa. Hal itu bertujuan untuk mempermudah pencarian di basis data hotel tersebut, sehingga menghemat waktu dan anda bisa segera beristirahat di kamar yang telah anda pesan.

9. “Could I have your ID and credit card, please?” (bisakah saya meminjam KTP dan Kartu Kredit anda?)

Setelah proses pendaftaran selesai, anda biasanya diminta menunjukkan KTP untuk memverifikasi bahwa itu benar-benar anda. Serta Kartu kredit jika anda memang membayar menggunakan kartu kredit. Jika tidak, anda tidak perlu menyerahkan kartu kredit anda.

10. “Your room is on the [number] floor, room number [number].” (kamar anda adalah di (nomor) lantai, kamar nomor (nomor).

Ini digunakan untuk memberitahukan dimana lokasi kamar anda. Di lantai berapa kamar anda dan di nomor berapa kamar anda. Sehingga anda tidak bingung mencari kamar anda.

11. “Breakfast is served from [time] to [time] every morning at/in [location/room].” (sarapan disediakan dari (jam) ke (jam) setiap pagi di (tempat/lokasi/ruang))

Kalimat ini digunakan untuk menginformasikan bahwa sarapan disediakan pada jam tersebut di tempat tersebut. Sehingga anda tidak kehilangan kesempatan untuk memakan sarapan yang telah disediakan oleh hotel sebagai layanan anda.

12. “Is there anything else I can help you with?” (apakah ad hal lain yang bisa saya bantu?)

Biasanya kalimat ini digunakan untuk menanyakan kepada pelanggan atau tamu hotel, jika ada hal lain yang mereka butuhkan. Misalnya apakah tamu anda masih memiliki pertanyaan lain terkait hotel dan layanannya.

13. “Enjoy your stay.” (semoga anda menikmati masa menginap anda)

Kalimat ini diucapkan untuk memberikan ucapan kepada tamu yang telah selesai melakukan pendaftaran dan siap untuk menempati kamar yang telah dipesan. Anda berharap agar tamu hotel tersebut akan senang dan merasa puas karena telah menginap di hotel tersebut dan mendapat layanan yang disediakan oleh hotel. Ini juga bisa dikatakan oleh waiter yang mengantarkan anda ke kamar.

14. “We have [scheduled services] that run to/from [location]. “ (kami memiliki (layanan yang telah terjadwal) yang berlaku dari / ke (lokasi))

Frase ini biasanya digunakan untuk menginformasikan kepada wisatawan yang menginap di hotel bahwa mereka memiliki layanan yang dapat membawa mereka dari hotel ke lokasi wisata dan sebaliknya. Mereka juga akan menginformasikan waktu layanan itu dapat digunakan atau kapan layanan tersebut beroperasi.

15. “Could I have your room number and key, please?” (bisakah aku meminta nomor kamar dan kunci kamar anda?)

Frase ini digunakan untuk menanyakan tentang kunci kamar tamu yang akan meninggalkan hotel. Dengan begitu akan mengurangi resiko kunci kamar akan terbawa.

Demikian adalah beberapa frase yang dpat digunakan di resepsionis hotel.