sederet kamus
Translate: Tutorial:

Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Pembukaan Rapat/Meeting

Phrases uses for opening a meeting

Pada acara–acara tertentu, kita diharuskan membawakan acara dalam bahasa asing seperti bahasa inggris. Hal paling penting dalam membawakan acara adalah bagaimana cara kita membuka acara tersebut.

Salah satu acara yang sering diadakan adalah rapat (meeting) baik itu intra perusahaan ataupun pertemuan dengan klien dan kolega dari luar. Namun, apakah selama ini kita sudah membuka acara itu dengan benar? berikut ini adalah frase yang bisa anda gunakan untuk membuka suatu pertemuan:

1. Mengucapkan salam (Greeting)

a. Good morning,Good afternoon,Good night (selamat pagi,Selamat siang, selamat malam)

  • “Good morning everyone” (selamat pagi semuanya)
  • “Good night everyone” (selamat malam semuanya)

b. Welcome everyone (selamat datang semuanya)

  • “Hello, welcome everyone that are coming to this today meeting” (hallo, selamat datang semua yang menhadiri petemuan hari ini)

2. Mengucapkan terima kasih

a. “Thank you for coming” (terima kasih telah hadir)

  • “Thank you for coming to this meeting, and I appreciate how enthusiast you are” (terimakasih telah datang pada pertemuan ini dan aku sangat mengapresiasi betapa antusiasnya anda semua)

b. “I’m glad that you all coming” (aku senang anda sekalian datang)

  • “I’m glad that you all coming to this meeting, I also appreciate your preparation to following our meeting today” (aku senang bahwa kalian semua datang ke pertemuan ini, aku juga mengapresiasi persiapan anda untuk mengikuti pertemuan kita hari ini)

3. Memulai pertemuan

a. “If everyone here, let’s get started” (jika setiap orang sidah disini, mari kita mulai)

Frase ini digunakan untuk memulai acara inti dari pertemuan yang diadakan. Biasanya jika itu sebuah rapat, maka dengan mengatakan ini, berarti rapat akan segera dimulai.

b. “we have a lot to discuss so let’s get strated” (ada banyak yang harus kita diskusikan jadi mari kita mulai)

Biasanya hal ini dikatakan karena banyak hal yang perlu dibahas sedangkan waktu yang dimiliki tidak begitu banyak.

c. “Let’s get the ball rolling” (mari kita mulai)

Contoh:

  • “Okay everyone, let’s get the ball rolling, since everyone is here” (baik semua, mari kita mulai, karena semua orang telah hadir)

4. Menjelaskan hal yang akan dibahas pada pertemuan tersebut

On the agenda (agenda acara kali ini)

Contoh:

“On the agenda, we will discuss about what we should do in increasing the sales this month and to get the next leader” (agenda acara kali ini, kita akan mendiskusikan tentang apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan penjualan bulan ini dan untuk menemukan kepala selanjutnya)

Contoh 1:

“Good morning everyone, how are you today. I’m glad that all of you are coming in this place for this meeting. I appreciate that you are all here despite how busy you are.

On the agenda, we will talk about what is important for us to do in this midyear than just thinking about the sales. We also will discuss about who is suitable for the next team leader.

And I also suggest talking about held another meeting prior to this meeting the next day. Okay, I’m here as your moderator and let’s get the ball rolling since we all here.”

(Selamat pagi semua, bagaimana kabar anda hari ini? Aku sangat senang karena semua orang hadir ditempat untuk pertemuan ini. Aku juga sangat mengpresiasi bahwa anda semua lebih memilih disini tidak peduli sesibuk anda semua.

Agenda acara kali ini, kami akan berbicara tentang apa yang penting untuk kita lakukan dipertengahan tahun ini daripada hanya memikirkan tentang penjualan. Kita juga akan membicarakan tentang siapa yang cocok untuk pemimpin tim selanjutnya.

Dan aku juga menyarankan untuk membicarakan tentang mengadakan pertemuan lain berhubungan dengan pertemuan kali ini dihari yang lain. Baik, saya disini sebagai moderator anda dan mari kita mulai acara karena semua sudah hadir disini)

Contoh 2:

“Good evening everyone, especially our director mr. Kasim! I’m glad that you are all making time to attend this important meeting related to our company. I also appreciate that all of you here are coming in order to discuss about what we will do about the next strategy of our sales.

And also, on the agenda we have another thing to discuss such as; the next product launching and the department of metal that in a little serious problem. So, let’s get started since we have a lot to discuss today, and let me hand it to Mr.Doni that will become your moderator today”

(Selamat sore semuanya, khususunya pada direktur kita Pak Kasim! Aku senang karena anda sekalian menyempatkan waktu untuk menghadiri pertemuan penting yang berhubungan dengan perusahaan kita ini. Saya juga mengapresiasi bahwa anda sekalian disini telah datang untuk mendiskusikan tentang apa yang kita lakuakan untuk strategi penjualan berikutnya.

Dan juga pada agenda hari ini kita telah memiliki hal lain untuk di diskusikan seperti, peluncuran produk selanjutnya dan departemen logam yang sedang dalam masalah. Jadi, mari kita mulai diskusi hari ini karena begitu banyak yang harus kita bicaraka hari ini, dan izinkan saya untuk menyerahkannya kepada Pak Doni yang akan menjadi moderator anda hari ini)

Contoh 3:

“Hello everyone, here I’m your moderator want to say thank you for your coming. On the agenda, we will discuss about the idea of the new product advertisement.  

And as you all are here already, let’s get the meeting started. And I appreciate if you can speak your mind in this meeting.”

(Hallo semua, aku disini selaku moderator ingin mengucapkan terima kasih atas kehadiran anda sekalian. Pada agenda hari ini, kita akan mendiskusikan tentang ide pemasaran produk baru.

Dan karena anda semua telah hadir, mari kita mulai pertemuan ini. Dan saya akan sangat mengapresiasi jika anda bisa mengungkapkan ide – ide anda pada pertemuan ini)