sederet kamus
Translate: Tutorial:

Frasa Untuk Memberikan Contoh (Giving Example)

Dalam berbagai interaksi, kita sering memberikan contoh untuk menguatkan apa yang kita sampaikan pada orang lain. Memberikan contoh ini bisa dilakukan dalam interaksi formal, seperti presentasi dan seminar. Bisa juga digunakan saat percakapan informal sehari-hari dengan teman.

Saat memberikan contoh atau Giving Example, biasanya kita menyebutkan satu sampai beberapa hal sebagai contoh. Giving Example juga bisa digunakan untuk memberikan permisalan atau perandaian mengenai sesuatu.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai frasa yang sering digunakan untuk memberikan contoh dalam Bahasa Inggris (Giving Example). Juga contoh penggunaan frasa-frasa tersebut dalam kalimat Bahasa Inggris.

Berikut beberapa frasa yang sering digunakan untuk Giving Example:

For example

Frasa for example dalam Bahasa Indonesia berarti ‘sebagai contoh’, atau ‘misalnya’. Frasa ini bisa dibilang sebagai frasa yang paling sering dan umum digunakan untuk Giving Example.

Berikut contoh penggunaan frasa for example dalam kalimat Bahasa Inggris:

To build a habit, Mr. Argani said that you can do it slowly but continuously and don’t start big. For example, you want to make a reading habit, then don’t immediately jump into read thick and heavy book.

(Untuk membangun kebiasaan, Pak Argani bilang kalau kamu bisa melakukannya perlahan tapi berkelanjutan dan jangan mulai dengan yang besar. Misalnya, kamu mau membangun kebiasaan membaca, maka jangan langsung baca buku yang tebal dan berat)

Frasa for example juga sering disingkat menjadi e.g., yang mana ini lebih sering diterapkan dalam konteks tertulis. Berikut contoh penggunaannya:

There are so many interesting things that you can try in the amusement park, e.g. roller coaster, ferris wheel, pirrate boat, haunted house, and many more (Banyak hal menarik yang bisa kamu coba di taman hiburan, contohnya roller coaster, bianglala, kapal bajak laut, rumah hantu, dan masih banyak lagi)

For instance

Makna frasa for instance sama dengan frasa for example, yaitu ‘contohnya’ atau ‘misalnya’. Berikut contoh penggunaan frasa for instance dalam kalimat Bahasa Inggris yang tepat:

Mrs. Maryani is surely scary sometimes, but it’s because she’s really uphold her principles. For instance, Mrs. Maryani can tolerate mistakes but won’t forgive the ones who lies to her

(Bu Maryani memang kadang menyeramkan, tapi itu karena dia sangat menjunjung tinggi prinsip-prinsipnya. Misalnya, Bu Maryani bisa mentolerir kesalahan tapi tidak akan memaafkan mereka yang berbohong padanya)

To illustrate

To illustrate secara harfiah berarti ‘sebagai gambaran’, ‘gambarannya adalah’, atau ‘sebagai ilustrasi’. Frasa ini digunakan untuk mendukung hal yang kita sampaikan atau untuk mempermudah orang memahami apa yang kita sampaikan.

Berikut contoh penggunaan frasa to illustrate dalam kalimat Bahasa Inggris:

Study from ABC University stated that the poverty rate will increase crime cases, especially in big cities. To illustrate, the ones who didn’t have enough income still have needs to be fulfilled; so they start to do crime practices in order to make some money.

(Studi dari Universitas ABC menunjukkan bahwa angka kemiskinan akan meningkatkan kasus kriminal, terutama di kota-kota besar. Sebagai gambarannya, mereka yang tidak memiliki penghasilan cukup tetap memiliki kebutuhan untuk dipenuhi, jadi mereka mulai melakukan praktik kejahatan untuk menghasilkan uang)

Let’s say

Frasa let’s say digunakan untuk Giving Example dengan mengarahkan lawan bicara agar membayangkan sesuatu. Frasa ini bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia sebagai ‘anggap saja’, ‘mari kita bilang’, ‘kita bayangkan saja’, dan ‘semacamnya’.

Berikut contoh penggunaan frasa let’s say dalam kalimat Bahasa Inggris:

Let’s say you must go to Surakarta this very evening, you need to pack urgent things only, right? You won’t need any unnecessary things that will only weigh your bag. So keep in mind this approach whenever you want to pack your belonging to go travel, be it really to Surakarta or other places.

(Anggap saja kamu harus pergi ke Surakarta sore ini juga, kamu hanya akan butuh bawa barang yang penting, kan? Kamu nggak akan butuh barang nggak penting yang cuma akan memberatkan tas. Jadi ingat terus pendekatan ini setiap kamu mau packing barang untuk berpergian, baik benar-benar ke Surakarta atau tempat lainnya.)

To give you an idea

Frasa to give you an idea ini digunakan untuk memberikan gambaran kepada lawan bicara dalam Giving Example. Frasa ini dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai ‘untuk memberi kamu gambaran’ atau ‘untuk memberi kamu pemahaman’.

Berikut contoh penggunaan frasa to give you an idea dalam kalimat Bahasa Inggris:

In the recent studies, it showed that people’s awareness to mental health is increasing over the years. To give you an idea, I will give you the table that will show the exact increase about what I said.

(Dalam studi terbaru menunjukkan bahwa kesadaran orang mengenai kesehatan mental meningkat dari tahun ke tahun. Untuk memberi Anda gambaran, saya akan memberikan tabel yang akan menunjukkan kenaikan tepatnya dari apa yang saya bicarakan)

As proof

Frasa as proof secara harfiah memiliki arti ‘buktinya’, ‘sebagai buktinya’, atau ‘untuk buktinya’. Frasa as proof ini digunakan dalam Giving Example untuk menekankan dan meyakinkan lawan bicara tentang apa yang kita sampaikan.

Berikut contoh penggunaan frasa as proof dalam kalimat Bahasa Inggris:

I said to my mother that my school life is getting better nowadays, but she won’t believe me as she’s really worried because of the last incident. So as proof, I showed her my photos with my friend when we were eating snack in the cafetaria two days ago.

(Aku bilang ke ibuku kalau kehidupan sekolahku sudah membaik akhir-akhir ini, tapi ibuku nggak percaya karena khawatir atas kejadian terakhir itu. Jadi sebagai buktinya, aku pun menunjukkan foto-fotoku sama teman-teman saat kami jajan di kantin dua hari yang lalu)

Such as

Frasa such as merupakan salah satu frasa yang cukup sering juga digunakan untuk Giving Example. Frasa such as ini berarti ‘seperti’, ‘contohnya’, dan ‘semacamnya’. Berikut contoh penggunaan frasa as proof dalam kalimat Bahasa Inggris:

The mountain areas such as Malang, Yogyakarta, and Bogor are often to become tourist attraction. People, not only Indonesian but also foreigner, really like to visit those places because those are fresh and beautiful.

(Daerah pegunungan seperti Malang, Yogyakarta, dan Bogor sering jadi tempat wisata. Orang-orang, tidak hanya orang Indonesia tapi juga orang asing, sangat suka mengunjungi tempat-tempat tersebut karena segar dan indah)

To show you what I mean

Frasa yang satu ini mirip makna dan penggunaannya dengan frasa to give you an idea yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya. Frasa to show you what I mean berarti untuk menunjukkan ‘apa yang saya maksud’.

Berikut contoh penggunaan frasa to show you what I mean dalam kalimat Bahasa Inggris:

The digital and internet technology growth in Indonesia is slower than other developing countries in the world. To show you what I mean, here is the report from global organization that summarized the fact for the last five years.

(Pertumbuhan teknologi digital dan internet di Indonesia lebih lambat dibanding negara-negara berkembang lain di dunia. Untuk menunjukan apa yang saya maksud, ini ada laporan dari organisasi global yang merangkum fakta selama lima tahun terakhir.)

Suppose that

Frasa suppose that dalam penggunaannya untuk Giving Example biasanya bertujuan untuk menarik perhatian lawan bicara. Frasa ini dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan dengan ‘anggap saja’, atau lebih sederhananya bisa juga dimaknai dengan ‘misalnya saja’.

Berikut contoh penggunaan frasa suppose that dalam kalimat Bahasa Inggris:

Doing things that you like or making a hobby is a way to help yourself reduce the stress and frustation. Suppose that you always work everyday without rest or do things that you like, then you will undoubtly start to feeling tired, both your physical and mind.

(Melakukan hal-hal yang kamu suka atau memiliki hobi adalah cara untuk membantu diri kamu sendiri mengurangi stres dan frustasi. Anggap saja kamu selalu bekerja setiap hari tanpa istirahat atau melakukan hal yang kamu suka, maka kamu tanpa ragu lagi akan merasa capek, jasmani dan rohani.)

Imagine

Frasa imagine dalam konteks Giving Example ini bisa diartikan sebagai ‘coba bayangkan’, ‘coba gambarkan’, atau ‘coba imajinasikan’. Sesuai dengan artinya, frasa ini bertujuan untuk mengajak lawan bicara membayangkan atau mengimajinasikan sesuatu sebagai contoh.

Berikut contoh penggunaan frasa imagine dalam kalimat Bahasa Inggris:

Actually, the offer from Risa really interest me. I mean, imagine that you can get passive income from investing some money. It could be a great investment in the future, and I can use it for my wedding or education fund.

(Sebenarnya, tawaran dari Risa itu benar-benar menarik aku. Maksudku, coba bayangkan aja kalau kamu dapat pendapatan pasif dari menginvestasikan sejumlah uang. Itu bisa jadi investasi bagus di masa depan, dan aku bisa memakainya untuk dana pernikahan atau pendidikan aku.)

Pretend

Frasa pretend dalam Giving Example memiliki makna dan penggunaan yang mirip dengan frasa sebelumnya, yaitu frasa imagine. Frasa pretend ini untuk penerapan Giving Example secara harfiahnya berarti ‘anggap saja’ atau ‘bayangkan saja’.

Berikut contoh penggunaan frasa pretend dalam kalimat Bahasa Inggris:

One way to be grateful for what we have is by thinking the opposite from the reality. Pretend that we didn’t have a house, starving for days, and didn’t even have water to drink. By thinking like that, we will become more grateful and won’t ask much for life.

(Salah satu cara untuk bersyukur atas apa yang kita miliki adalah dengan berpikir yang kebalikan dengna realita. Anggap kalau kita tidak punya rumah, kelaparan berhari-hari, dan bahkan tidak punya air untuk minum. Dengan berpikir begitu, kita akan lebih bersyukur dan tidak minta banyak untuk hidup.)

Case in point

Frasa case in point dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai ‘contoh kasusnya’ atau bisa juga ‘contohnya’ saja. Frasa ini digunakan untuk menekankan contoh yang akan diberikan kepada lawan bicara dengan menunjukkan kasus atau kejadian yang pernah ada.

Berikut contoh penggunaan frasa case in point dalam kalimat Bahasa Inggris:

When we didn’t acknowledge bullying practices and keep ignoring what happened around us, it will become a snowball effect. Case in point is the incident in class 5 last year, where one student got bullied for a year and couldn’t take it anymore, then he eventually blown up by pushing his friend from the rooftop.

(Saat kita tidak mengakui adanya praktik bullying dan terus mengabaikan apa yang terjadi di sekeliling kita, itu akan menjadi efek bola salju. Contoh kasusnya adalah insiden di kelas 5 tahun lalu, dimana seorang murid di-bully selama setahun dan tidak tahan lagi, lalu akhirnya dia meledak dengan mendorong temannya dari atap.)

Demikian pembahasan mengenai frasa yang sering digunakan dalam Giving Example atau memberikan contoh dalam Bahasa Inggris. Pastikan kamu menggunakan frasa dalam Giving Example ini dengan tepat, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!