sederet kamus
Translate: Tutorial:

Guru Atau Murid Baru Memperkenalkan Diri Di Zoom / Google Meet Sekolah

Sejak masa pandemi corona virus mulai menyerang, semua orang mulai memindahkan kegiatan sehari-harinya menjadi ke dunia online. Salah satunya adalah sekolah-sekolah yang mulai menerapkan pembelajaran online. Para guru dan murid menjalankan kelasnya melalui video call atau conference call.

Salah satu layanan video call yang semakin terkenal adalah zoom meeting yang memberikan layanan untuk puluhan orang mengikuti suatu panggilan konferensi secara bersamaan. Melalui Zoom, guru bisa menjelaskan mata pelajaran dan para murid dapat mendengarkan dan berinteraksi langsung dengan guru.

Akan tetapi, perpindahan dari kelas yang didatangi secara langsung dengan kelas online pasti sangat berbeda. Hal yang paling membingungkan mungkin adalah cara memperkenalkan diri melalui panggilan video di Zoom. Terutama untuk guru atau murid baru yang belum mengenal satu pun orang di kelas tersebut, penting untuk dapat tetap bersosialisasi melalui panggilan video online.

Salah satu etika dalam melakukan panggilan konferensi adalah dapat memperkenalkan diri dengan baik dan benar. Menjalankan panggilan konferensi yang efektif tentu membutuhkan kemampuan yang sangat baik dalam melaksanakannya. Namun salah satu hal yang paling penting untuk dikuasai sejak awal adalah cara menyapa orang.

Jika biasanya kita dapat mengandalkan gestur atau sentuhan fisik dalam memperkenalkan diri, atau bahkan hanya sekadar tatapan mata langsung, melalui online akan sangat sulit untuk melakukannya. Oleh karena itu Anda harus berpikir kembali bagaimana cara yang tepat untuk memperkenalkan diri dengan sopan melalui online video call. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara seorang guru atau murid baru dapat memperkenalkan dirinya di zoom sekolah dengan menggunakan bahasa Inggris.

Jangan Mengira Semua Orang Mengenal Anda

Mengenalkan diri hanya dengan mengatakan “Hi, I’m Endah” (Hai, saya Endah) mungkin dapat diterima dengan baik ketika Anda berhadapan langsung dengan seseorang. Namun di sebuah panggilan konferensi online, hal tersebut mungkin tidak dapat bekerja dengan baik.

Mungkin rasanya lebih canggung, tetapi Anda harus selalu mengisi kekosongan informasi ketika Anda berbicara dengan orang baru. Anda bisa memperkenalkan diri dengan memberitahu latar belakang Anda atau siapa diri Anda dan apa peran Anda dalam konferensi video tersebut. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat perkenalan diri di Zoom dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Hello, everyone! My name is Cindy, I am a new student here. I hope I could be friends with every one of you. (Halo, semuanya! Nama saya Cindy, saya adalah murid baru di sini. Saya harap saya bisa berteman dengan kalian semua)

Hi, class! My name is Mrs. Turner, and I will be teaching you mathematics for this semester. I hope that I could make this subject a little bit more fun for you guys. (Hai, semuanya di kelas ini! Nama saya Bu Turner, dan saya akan mengajarkan kalian matematika untuk semester ini. Saya harap saya bisa membuat mata pelajaran ini menjadi sedikit lebih menyenangkan untuk kalian)

Hi, my name is Josh. I’m new to this school and I guess this is the worst time to move to a new school. Nice to indirectly meet you guys. (Hai, nama saya Josh. Saya baru di sekolah ini dan saya rasa ini waktu paling buruk untuk pindah ke sekolah baru. Senang bertemu dengan kalian secara tidak langsung)

Jangan Berbicara Terlalu Lama

Memang benar ada baiknya Anda memperkenalkan diri lebih jelas dengan menyebutkan siapa Anda, latar belakang, dan kenapa Anda ada di panggilan konferensi tersebut. Akan tetapi, Anda harus menyadari bahwa banyak agenda yang biasanya harus dipenuhi selama panggilan konferensi sehingga jangan sampai perkenalan diri Anda menghabiskan terlalu lama waktu. Apabila Anda terlalu lama berbicara, tentu orang-orang yang baru Anda kenal juga justru akan melihat Anda menyebalkan. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat perkenalan jenis ini yang harus Anda hindari.

Hello, It’s Jane here. I am the new teacher that will be teaching this English class for this semester. I worked as an English Teacher too before but it was abroad. I actually just moved to this country last year and this is my first job, I’m quite nervous actually. The culture is so different here from the last country I was at. (Halo, saya Jane. Saya adalah guru baru yang akan mengajar di kelas Bahasa Inggris ini untuk semester ini. Saya sempat bekerja sebelumnya sebagai guru Bahasa Inggris juga tetapi itu di luar negeri. Saya sebenarnya baru pindah ke negara ini tahun lalu dan ini adalah pekerjaan pertama saya, saya cukup gugup sebenarnya. Budaya di sini sangat berbeda dibanding dengan negara sebelumnya yang saya tinggali)

Hi, all! My name is Jeremy and I am the new student that everyone has probably been talking about. My family just moved to this area last week and that’s why I moved school just now. This pandemic really sucks, right? I haven’t gone out of my house since forever except for when I move here. (Hai, semuanya! Nama saya Jeremy dan saya adalah murid baru yang semua orang mungkin sudah bicarakan sebelumnya. Keluarga saya baru pindah ke area ini minggu lalu dan karena itu saya baru pindah sekolah sekarang. Pandemi ini sangat menyebalkan ya? Saya belum keluar dari rumah sejak lama kecuali ketika saya pindahan ke sini)

Jangan Lupakan Orang Lain

Apabila Anda merupakan guru baru di Zoom sekolah tersebut, pastikan Anda juga meminta anak-anak lain memperkenalkan diri mereka. Tentu Anda harus memastikan juga bahwa orang-orang lain mengikuti aturan sebelumnya dalam memperkenalkan diri secara singkat namun jelas. Dengan memberikan orang lain kesempatan untuk berbicara, Anda juga dapat lebih mengenali suara anak-anak yang ada di kelas. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan seorang guru baru dengan para anak muridnya di Zoom sekolah dalam bahasa Inggris.

Guru: “Hello, everyone! Good morning. Thank you for joining in my English class today. I would like to introduce myself first. My name is Miss Angela, I will be your English teacher for this year. Would anyone like to introduce themself next so I can know you guys better? You can tell me your name and your hobby” (Halo, semuanya! Selamat pagi. Terima kasih telah bergabung dalam kelas bahasa Inggris saya hari ini. Saya ingin memperkenalkan diri saya sendiri terlebih dahulu. Nama saya adalah Bu Angela, saya akan menjadi guru bahasa Inggris kalian untuk tahun ini. Apakah ada yang lain yang ingin memperkenalkan dirinya sendiri selanjutnya agar saya bisa lebih mengenal kalian lebih baik? Kalian bisa memberitahu saya nama dan hobi kalian)

Murid A: “Hello, Miss Angela. My name is Alice and my hobby is playing my piano” (Halo, Bu Angela. Nama saya adalah Alice dan hobi saya adalah bermain piano)

Guru: “Hello, Alice. You are so awesome for being able to play the piano! Anyone else would like to introduce themself?” (Halo, Alice. Kau hebat sekali bisa bermain piano! Ada yang lain yang ingin memperkenalkan diri?)

Murid B: “Hello, Miss. My name is Josh and my hobby is reading. That’s why English class is my favorite subject!” (Halo, Bu. Nama saya Josh dan hobi saya adalah membaca. Itulah mengapa kelas bahasa Inggris adalah mata pelajaran kesukaan saya!)

Guru: “Hi, Josh! I’m so glad to hear that you like this subject. I hope that I could make this class even more fun for you.” (Hai, Josh. Saya senang sekali mendengar bahwa Anda suka mata pelajaran ini. Saya harap bahwa saya bisa membuat kelas ini menjadi lebih menyenangkan untuk Anda)

Murid C: “Hi, Miss Angela. My name is Claudia. I am also new here, actually. My hobby is playing video games.” (Hai, Bu Angela. Nama saya Claudia. Saya juga baru di sini sebenarnya. Hobi saya adalah bermain permainan video)

Tentukan Agenda Zoom Dengan Jelas

Sebagai seorang guru baru, tentu Anda juga harus menentukan agenda Zoom sekolah dengan jelas sejak awal karena tujuannya adalah untuk belajar. Apabila diperlukan, Anda juga bisa menyatakan agenda apa saja yang akan dilakukan di sesi itu pada awal kelas untuk memastikan semuanya tercapai atau sempat dilakukan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kalimat yang bisa Anda gunakan untuk menyatakan agenda kelas melalui zoom dalam Bahasa Inggris.

Hello, everyone! My name is Mr. Kerwitz and I will be teaching this class for this year. Today we will be learning about introduction to English literature. After my little presentation, you will have the chance to ask me about anything that is still not clear for you. After that, we will try a little book club session where we’ll each read a passage from a book and analyze it together. (Halo, semuanya! Nama saya Pak Kerwitz dan saya akan mengajarkan kelas ini selama satu tahun ini. Hari ini kita akan belajar mengenai perkenalan ke Sastra Inggris. Setelah presentasi kecil dari saya, kalian akan memiliki kesempatan untuk bertanya kepada saya mengenai apa pun yang masih belum jelas untuk kalian. Setelah itu, kita akan mencoba suatu klub baca kecil di mana kita masing-masing akan membaca satu bagian kecil dari sebuah buku dan menganalisisnya bersama-sama)

Hello, class! My name is Miss Emily and I will be teaching you about History for this semester. I am new here so I hope that we could all get along together. For this first class I would like to start out slow and just ask each of you guys about your favorite piece of history. Don’t panic if you don’t know any interesting history because I will give you guys 15 minutes to look into them first. (Halo, semuanya di kelas! Nama saya adalah Bu Emily dan saya akan mengajarkan kalian mengenai Sejarah selama satu semester ini. Saya baru di sini jadi saya harap bahwa kita semua bisa berteman bersama-sama. Untuk kelas pertama ini saya ingin memulainya dengan perlahan dan hanya menanyakan kalian masing-masing mengenai cerita sejarah kesukaan kalian. Jangan panik apabila kalian belum mengetahui sejarah apa pun yang menarik karena saya akan memberikan kalian waktu 15 menit untuk mencarinya terlebih dahulu)

Berteman Melalui Zoom Untuk Murid Baru

Untuk seorang murid baru, tentunya sangat sulit untuk bisa membaur dengan anak-anak lain yang baru dikenal, apalagi ketika dilakukan melalui Zoom. Oleh karena itu Anda harus bisa mencari cara lain untuk bisa mengobrol dengan anak lain dengan tidak mengganggu proses pembelajaran.

Sebagai contohnya, Anda bisa meminta keterangan kontak teman-teman sekelas Anda supaya Anda dapat berbicara dengan mereka selain saat sesi kelas berlangsung. Untuk menanyakannya, Anda bisa coba melihat beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Thank you for the class today! I’m sorry if I seem annoying, but could I have your contact, everyone? It would really help me getting to know you guys more (Terima kasih atas kelasnya hari ini! Maaf jika saya terkesan menyebalkan, tapi apakah boleh saya meminta kontak kalian, semuanya? Itu akan sangat membantu saya mengenal kalian lebih lagi)

I had fun today with this subject. But I would like to get to know my classmate more. Would it be possible if I exchange my phone number with you guys? (Saya senang hari ini dengan mata pelajaran ini. Namun saya ingin lebih mengenal teman sekelas saya. Apakah mungkin bisa saya bertukar nomor telepon dengan kalian?)

I’m sorry to interrupt the class, Ma’am. But would it be okay if I ask everyone for their contact details? It would help me a lot if there’s some questions or information about this class that I need to know (Maaf mengganggu kelasnya, Bu. Namun apakah tidak apa-apa jika saya meminta semuanya untuk keterangan kontak mereka? Itu akan sangat membantu saya jika ada pertanyaan atau informasi mengenai kelas ini yang harus saya ketahui)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai cara seorang guru atau murid baru memperkenalkan diri melalui Zoom sekolah dalam bahasa Inggris. Semoga cara-cara dan tips-tips tersebut dapat membantu Anda dalam melalui pembelajaran online yang harus diadakan melawan pandemi saat ini. Jangan lupa untuk terus menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian Anda agar dapat menguasainya.