sederet kamus
Translate: Tutorial:

Idiom tentang Motivasi

Bahasa Inggris memiliki banyak sekali idiom. Itulah mengapa kita sebagai English learners terkadang bingung mulai dari mana kita harus mempelajarinya. Sebenarnya ada berbagai cara untuk mempelajari idiom bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan mempelajarinya berdasarkan tema-tema tertentu. Misalnya saja seperti idom bertemakan motivasi. Kita bisa mempelajari idiom tentang modtivasi terlebih dahulu sebelum mempelajari idiom bertemakan lainnya.

Apabila ingin mempelajari idiom tentang motivasi, artikel ini akan menyediakan beberapa idiom tersebut untuk kita semua. Tidak hanya mencantumkan idiomnya saja, artikel ini juga akan memberikan contoh beserta artinya sehingga kita bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Mari kita lihat langsung idiom bahasa Inggris tentang motivasi berikut ini:

  • Seize the day

Secara harfiah, idiom ini diterjemahkan menjadi “rebut hari ini” dalam bahasa Indonesia. Idiom ini artinya kita harus melakukan apa yang harus dilakukan sekarang juga alih-alih menunggu nanti. Dalam kata lain, idiom ini memberikan pesan kepada kita untuk jangan menunda-nunda kesempatan atau waktu.

Contoh: We should seize the day because we don’t know if we will get another chance. (Kita harus rebut hari ini karena kita tidak tahu jika kita akan mendapatkan kesempatan lain)

  • Grab life by the horns

Idiom ini berarti apabila ingin sesuatu terjadi, lakukanlah. Jangan hanya menunggunya untuk terjadi. Idiom ini juga bisa berarti menghadapi suatu persoalan dengan keberanian.

Contoh: I know that you have a crush on Diana. Why don’t you grab life by the horns and ask her on a date? (Aku tahu bahwa kamu menyukai Diana. Mengapa kamu tidak mengambil tindakan dan mengajaknya berkencan?)

  • You snooze, you lose

Idiom ini artinya jika kita menunda-nunda atau tidak memperhatikan suatu kesempatan, kita akan kehilangan kesempatan tersebut.

Contoh: What are you waiting for? Just do it, okay. Just remember that if you snooze, you lose. (Apa yang sedang kamu tunggu? Lakukan saja, oke. Ingatlah bahwa jika kamu lengah, kamu kalah)

  • Make hay when the sun shines

Secara harfiah idiom ini berarti “membuat jerami selagi matahari bersinar”. Jika hujan turun atau mendung, jerami akan sulit untuk dibuat. Untuk itulah idiom ini memliki arti untuk bertindak ketika masih ada kesempatan, atau memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin.

Contoh: Now that we all are here, let’s make hay when the sun shines and make this group project done. (Karena sekarang kita semua ada di sini, mari kita memanfaatkan kesempatan ini untuk menyelesaikan proyek groupnya)

  • Strike while the iron is hot

Sama seperti idiom sebelumnya, idiom ini juga berarti untuk memanfaatkan sebuah kesempatan sebaik mungkin selama kesempatan itu ada.

Contoh: We should strike while the iron is hot and meet him. We don’t know when he will come to this town again. (Kita harus memanfaatkan kesempatan ini dan bertemu dia. Kita tidak tahu kapan dia akan datang ke kota ini lagi)

  • Have nothing to lose

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, frasa ini berarti “tidak ada ruginya” Frasa ini digunakan ketika tidak ada salahnya untuk melakukan atau mencoba sesuatu karena jika gagalpun kita tidak akan rugi.

Contoh: Nina accepted the offer since she thought she had nothing to lose. (Nina menerima tawarannya karena dia pikir tidak akan rugi apa-apa)

  • The sky is the limit

Secara harfiah, idiom ini berarti “langit adalah batasnya”. Idiom ini berarti bahwa tidak ada batasan bagi kita untuk meraih apa yang kita inginkan. Apapun bisa terjadi jika kita percaya, dan kita bisa meraih apapun yang kita mau.

Contoh: Nothing is impossible for the sky is the limit. (Tidak ada yang tidak mungkin karena langit adalah batasnya)

  • You are going to kill it today!

Idiom ini bukan berarti “kamu akan membunuhnya hari ini”. Akan tetapi, idiom ini berarti bahwa kita bisa berhasil melakukannya hari ini.

Contoh: You have practiced really hard. I believe you are going to kill it today! (Kamu telah berlatih dengan sangat giat. Aku yakin kamu akan berhasil melakukannya hari ini!)

  • Every cloud has a silver lining

Padanan idiom ini dalam bahasa Indonesia adalah “badai pasti berlalu”. Idiom ini bisa digunakan untuk memberikan semangat kepada seseorang untuk selalu optimis.

Contoh: I want you to always remember that every cloud has a silver lining. You might fail today, but you can always try and try again. (Aku ingin kamu selalu ingat bahwa badai pasti berlalu. Kamu mungkin gagal hari ini, tetapi kamu bisa selalu mencoba dan mencoba lagi)

  • Look on the bright side

Idiom ini jika diterjemahkan akan menjadi “lihatlah sisi terangnya”. Idiom ini mengajak kita untuk menjadi positif dan berpikir positif.

Contoh: I know that we lost, but look on the bright side. Now we know what things to improve to be the better team. (Aku tahu kita kalah, tetapi lihatlah sisi terangnya. Sekarang kita tahu apa yang harus ditingkatkan untuk menjadi tim yang lebih baik lagi)

  • Light at the end of the tunnel

Idiom ini berarti “cahaya di ujung terowongan”. Ini artinya suatu tanda bahwa kesulitan kita akan segera berakhir, sehingga kita akan terus termotivasi untuk mengakhiri kesulitan tersebut.

Contoh: We do it better than we did tomorrow. I guess it is the light at the end of the tunnel. (Kita melakukannya lebih baik dari kemarin. Sepertinya ini adalah cahaya di ujung terowongan)

Demikianlah beberapa idiom bahasa inggris tentang motivasi. Semoga saja idiom-idiom ini bisa menjadi idiom yang bisa memotivasi kita untuk mempelajari idiom lainnya dalam bahasa Inggris.