sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’

Apakah anda saat ini sedang dalam tahapan mencari pekerjaan? Seperti yang kita ketahui bahwa mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa berada di posisi yang kita inginkan maka kita harus melewati beberapa tahapan ketika melamar sebuah pekerjaan. Mulai dari pengumpulan berkas pada tahap seleksi administrasi, kemudian tahap kedua bisa saja anda akan mengikuti tes psikologi atau tes lainnya, dan yang ketiga adalah tahap wawancara. Banyak sekali orang-orang atau pelamar yang gagal pada tahapan wawancara. Tentu saja banyak faktor yang melandasinya, mulai dari tidak siap karena gugup, atau tidak siap karena sebelumnya tidak berlatih.

Karena banyak sekali pelamar yang gagal pada tahapan interview, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada anda semua mengenai jawaban dari pertanyaan interview : what are your biggest strengths? Atau jawaban dari pertanyaan wawancara : apa kelebihan terbesar yang anda miliki? Sehingga tips di bawah ini bisa membantu anda untuk menjawab pertanyaan dari interviewer. Tak usah menunggu lama, perhatikan ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tips untuk menjawab pertanyaan What are your bigghest strengths? (Apa kelebihan terbesar yang anda miliki?)

Selain ditanya mengenai apa kekurangan anda, biasanya ketika sedang ada di tahap wawancara kita juga bisa ditanya mengenai apa kelebihan atau keunggulan terbesar yang kita miliki. Tentu saja ketika ditanya apa kelebihan, sebagai pelamar kita akan menjawab banyak hal yang baik supaya perusahaan mau menerima kita. Namun ternyata sebuah kesalahan jika kita terlalu menyombongkan apa kelebihan ketika di sesi wawancara. So, berikut ini merupakan beberapa tips untuk menjawab pertanyaan what are your biggest strengths? (Apa kelebihan terbesar anda?)

  1. Berilah jawaban sejujur mungkin

Tips pertama yang harus anda perhatikan ketika anda ditanya apa kelebihan atau keunggulan yang kamu miliki adalah pastinya memberikan jawaban sejujur mungkin. Interviewer tentu saja sudah memiliki berbagai pengalaman dalam mewawancara orang-orang sehingga mereka tahu mana jawaban yang jujur dan mana jawaban yang hanya dibuat-buat. Oleh karena itu ketika ditanya apa kelebihan dan keunggulan terbesarmu, maka berikan jawaban yang jujur. Anda tidak perlu membuat-buat jawaban atau memoles jawaban supaya terlihat lebih ‘wah’ supaya perusahaan mau menerima anda. Cukup anda meyakinkan interviewer bahwa anda memiliki karakter yang anda jelaskan tadi memang benar-benar keunggulan yang anda miliki.

  1. Menjawab kelebihan yang relevan dengan posisi yang dilamar

Ketika anda menyiapkan jawaban untuk pertanyaan interview, maka anda harus memahami apa yang menjadi kelebihan anda ketika anda memutuskan untuk melamar di posisi yang anda inginkan itu. Misalnya saja anda menyebutkan bahwa salah satu kelebihan anda adalah adalah rapi untuk posisi yang membuka untuk semua kualifikasi jurusan. Maka anda juga harus menjelaskan rapi yang seperti apa yang menjadi kelebihan anda dan sesuai dengan posisi yang anda incar itu. Dengan begitu maka itu akan menjadi poin plus anda.

  1. Menambahkan pengalaman

Ketika ditanya apa saja kelebihan anda selama wawancara, maka selain melontarkan apa saja kelebihan atau keunggulan dari diri anda. Maka anda juga sangat perlu untuk menambahkan pengalaman anda yang terkait dengan kelebihan yang anda sebutkan itu. Misalnya saja anda menyebutkan bahwa anda adalah tipe orang yang bisa bekerja dibawah tekanan dan pekerja keras. Anda bisa menjelaskan pengalaman anda terkait kelebihan yang anda miliki yaitu bisa bekerja dibawah tekanan dan pekerja keras. Misalnya saja anda bercerita bahwa ketika anda sedang kerja part-time semasa kuliah, ada client yang meminta pekerjaan tersebut keesokan harinya dan anda berhasil menyelesaikannya semalaman dengan hasil yang maksimal dan memuaskan bagi client. Disitulah, interviewer bisa melihat kelebihan anda.

  1. Beberapa jenis kelebihan yang bisa anda jawab

Ketika diberi pertanyaan mengenai kelebihan atau keunggulan dari diri kita, maka sebisa mungkin kita menyiapkan jawaban yang memang benar-benar diri kita. Jika anda masih belum bisa menemukan jawaban untuk pertanyaan ini, maka ada beberapa saran jawaban yang mungkin bisa membantu anda untuk menjawabnya dengan baik. Beberapa jenis kelebihan yang bisa anda jadikan sebagai jawaban adalah percaya diri, rapi, dapat bekerja dengan tim, dapat bekerja di bawah tekanan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, penuh semangat, percaya diri, memiliki komitmen yang tinggi terhadap pekerjaan. Namun jangan menambahkan semua itu ketika ditanya. Periksa dulu diri anda, apakah memang jawaban kelebihan yang kami sebutkan di atas ada pada diri anda atau tidak. Jika misalnya anda bukan tipe orang yang rapi, maka jangan menyebutkan bahwa kelebihan anda rapi, karena itu bisa mengurangi nilai anda.

  1. Buat daftar kelebihan dan rasionalisasinya

Salah satu alasan mengapa banyak pelamar yang gagal ketika tahap wawancara adalah karena sebelumnya mereka tidak menyiapkan jawaban untuk wawancara tersebut. Mereka terlau percaya diri dan pada akhirnya ketika ditanya menjawab seadanya. Oleh karena itu sebelum anda berangkat untuk menjawab pertanyaan, maka anda harus membuat terlebih dulu daftar kelebihan dan juga rasionalisasinya. Misalnya saja anda menjawab kelebihan anda adalah bisa bekerja sama dengan tim, anda juga harus memberikan rasionalisasi mengapa anda menyebut diri anda bisa bekerja sama dengan tim. Jelaskan pengalaman selama misalnya organisasi semasa kuliah, bahwa anda pernah bekerja sama dalam tim.

Jawaban tepat untuk menjawab pertanyaan What are your bigghest strengths? (Apa kelebihan terbesar yang anda miliki?)

Sekarang anda sudah tahu kan apa saja tips yang harus anda perhatikan untuk mempersiapkan jawaban dari pertanyaan what are your biggest strengths? (Apa kelebihan terbesar anda?). Ada baiknya supaya anda menerapkan tips yang tadi kita berikan dalam mempersiapkan jawaban sebelum anda wawancara. Kemudian, jika anda berniat untuk melamar pekerjaan di perusahaan mulitnasioal atau perusahaan internasional, maka tentu saja anda harus menyiapkan jawaban dalam bahasa Inggris bukan? So, kali ini kami akan memberikan beberapa frasa dalam Bahasa Inggris yang bisa anda gunakan untuk menjawab pertanyaan what are your biggest strengths? (Apa kelebihan terbesar anda?).

  • I’m skilled at… (Saya pandai….)

Jawaban pertama yang bisa anda gunakan untuk menjawab pertanyaan what are your biggest strengths? (Apa kelebihan terbesar anda?) adalah I’m skilled at… aku memiliki arti dalam Bahasa Indonesia saya pandai di…. Anda bisa menggunakan kalimat ini untuk menyebutkan kelebihan atau keunggulan yang kita miliki saat wawancara kerja. Dengan menggunakan ini, anda bisa menjelaskan keahlian anda di bidang tertentu dan pastikan bahwa jawaban anda tidak dibuat-buat dan relevan dengan yang dibutuhkan oleh posisi yang sedang anda incar tersebut.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I’m skilled at…. (Saya ahli di…) yang bisa anda gunakan :

    • I’m skilled at using CorelDraw and Photoshop (saya pandai menggunakan CorelDraw dan Photoshop)
    • I’m skilled at analyzing digital data (saya pandai menganalisis data digital)
    • I’m skilled at handling client (saya pandai menangani klien)
    • I’m skilled at using Microsoft Excel (saya pandai menggunakan Microsoft Excel)
  • I’m good at… (Saya bagus dalam hal…)

Jawaban kedua yang bisa anda gunakan untuk memperkenalkan apa saja kelebihan anda ketika ditanya mengenai what are your biggest strengths? (Apa kelebihan terbesar anda?) adalah I’m good at… atau yang memiliki arti saya bagus dalam hal… Dengan menggunakan kalimat ini maka anda bisa menjelaskan kepada si penanya, anda bagus atau ahli dalam bidang seperti apa. Misalnya saja anda mengatakan bahwa anda bagus dalam bermultitasking atau anda bagus dalam mengoperasikan komputer.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I’m good at…. (Saya bagus dalam hal…) yang bisa anda gunakan :

    • I’m good at operating Mac (saya bagus dalam mengoperasikan Mac)
    • I’m good at team working (saya bagus dalam bekerja dalam kelompok)
    • I’m good at working under pressure, I’m also working with enthusiasm (Saya bagus dalam bekerja di bawah tekanan, saya juga bekerja dengan antusias)
    • I’m good at operating that machine (saya bagus dalam mengoperasikan mesin itu)
  • My strength is… (Kelebihan saya adalah)

Jawaban ketiga yang bisa anda coba ketika ditanya mengenai apa saja kelebihan atau keunggulan yang anda miliki adalah kalimat my strength is atau yang memiliki arti sebagai kelebihan saya adalah. Dengan menggunakan frasa ini kamu bisa menggunakannya untuk menjawab, misalnya kelebihan saya adalah saya fast-respond, atau kelebihan saya adalah bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Pastikan supaya anda menggunakan frasa ini untuk menjawab kelebihan anda dengan jujur.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa My strength is…. (Kelebihan saya adalah…) yang bisa anda gunakan :

    • My strength is fast-respond (Kelebihan saya adalah memiliki respon yang cepat)
    • My strenght is my versatility and ability to adapt quickly (Kelebihan saya adalah fleksibilitas saya dan kemampuan untuk beradapatasi dengan cepat)
    • My strength is my problem solving skill (Kelebihan saya adalah kemampuan saya untuk menyelesaikan persoalan)
    • Honestly and punctuality are my strength (Kejujuran dan ketepatan waktu adalah kelebihan saya)
  • I Can… (Saya bisa….)

Selain bisa menggunakan I’m skilled at, I’m good at, dan my strength is. Anda juga bisa menggunakan kata I can atau yang memiliki arti saya bisa. Anda bisa menggunakan I can untuk menjawab apa saja yang bisa anda lakukan yang sesuai dengan posisi yang anda incar dan kenapa itu menjadi kelebihan anda.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I can…. (Saya bisa…) yang bisa anda gunakan :

    • I can work together in a team (Saya bisa bekerja sama dalam tim)
    • I can work independently (Saya bisa bekerja dengan mandiri)
    • I can adapt easly in new situation (Saya bisa beradaptasi dengan mudah di situasi baru)
    • I can type on computer quickly (Saya bisa mengetik di komputer dengan cepat)
  • I Know how to… (Saya tahu….)

Jenis kalimat kelima yang bisa anda coba untuk menjawab pertanyaan what are your biggest strengths? (Apa kelebihan terbesar anda?) adalah I know how to atau yang memiliki arti saya tahu. Dengan menggunakan kalimat ini maka anda bisa memberitahu apa saja hal yang bisa anda lakukan yang menurut anda itu merupakan kelebihan anda.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I know how to…. (Saya tahu…) yang bisa anda gunakan :

    • I know how to fix a broken machine (Saya tahu bagaimana cara memperbaiki mesin yang rusak)
    • I know how to manage my time (Saya tahu bagaimana cara mengatur waktu yang saya miliki)
    • I know how to handle clients (Saya tahu bagaimana cara menangani klien)
    • I know how to use this computer (Saya tahu bagaimana menggunakan komputer ini)

Itu tadi beberapa informasi menarik yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai jawaban dari pertanyaan interview : what are your biggest strengths? Atau jawaban dari pertanyaan wawancara : apa kelebihan terbesar yang anda miliki? Kami sudah memberikan berbagai tips dan contoh jawaban. Semoga ini semua bisa membantu anda!