sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Pertanyaan Interview: Examples about 90 Days Accomplishment in the Office

Selamat!

Itulah hal pertama yang harus kita ucapkan pada diri kita sendiri di saat kita telah menyelesaikan pendidikan kita dan siap masuk ke dalam dunia kerja. Ketika akan memasuki dunia kerja, yang akan kita lakukan mula-mula adalah mencari kantor yang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi yang kita idamkan, dan kemudian menyiapkan berkas lamaran pekerjaan yang mereka pinta.

Setelah berkas lamaran kita diterima, langkah berikutnya adalah wawancara. Pada umumnya, sebuah wawancara kerja menjadi salah satu penentu utama diterima atau tidaknya kita pada kantor dan posisi yang kita incar. Wawancara kerja, juga, dapat menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian dari kita.

Mengapa demikian?

Dalam wawancara kerja, kita akan diajukan beberapa pertanyaan oleh pimpinan kantor atau instansi tempat kita melamar. Banyak dari pertanyaan yang diluncurkan membuat kita takut salah menjawab dan akhirnya malah terbata-bata dan malah memberi jawaban yang mereka anggap tidak meyakinkan. Terutama apabila kantor yang kita incar adalah kantor atau perusahaan yang menjalin mitra dengan orang asing dan mewajibkan karyawannya fasih berbahasa Inggris.

Wawancara tidak hanya berlaku saat akan melamar kerja saja, namun ketika kita telah menjadi karyawan di kantor tersebut. Biasanya, kita akan diwawancara kembali terkait apa yang akan kita capai dalam 30 hingga 90 hari masa kerja kita di periode berikutnya. Bagi seorang pekerja atau karyawan lama pun, pertanyaan ini juga dapat menjadi momok yang cukup menakutkan.

Lalu, jawaban seperti apakah yang harus disampaikan ketika kita diberikan pertanyaan seperti itu?

Itulah yang akan menjadi topik dalam artikel kita kali ini. Di sini, kita akan membahas beberapa contoh opsi jawaban berikut percakapannya mengenai pencapaian dalam 3 bulan pertama bekerja dalam Bahasa Inggris, baik untuk yang baru pertama kali terjun ke dunia kerja ataupun pekerja lama yang akan melanjutkan kerjasama dengan kantor tempatnya bekerja.

Sudah siap belajar? Kalau begitu, mari kita langsung bahas satu demi satu!

  • If I’m being accepted in this office, my aim for the first 90 days is to learn and understand my job and the office’s environment (jika saya diterima di kantor ini, tujuan saya untuk 90 hari pertama adalah untuk belajar dan memahami pekerjaan saya dan lingkungan di kantor)

Mr. Cipto: Hello, Arya! My name is Cipto and I will be your interviewer for today.

Arya: Nice to meet you, Mr. Cipto.

Mr. Cipto: Nice to meet you, as well! So, I have read your resume and it seems… promising. Now, I would like to know one important thing and I hope you can answer it with honesty.

Arya: Yes, please, Sir. I am going to give my best answer possible.

Mr. Cipto: I like that attitude. If we accept you to be one of our employees of this office, what are your aims for 90 days after you work here?

Arya: If I’m being accepted in this office, my aim for the first 90 days is to learn and understand my job and the office’s environment.

Mr. Cipto: Care to explain about this answer of yours?

Arya: Truthfully, Sir, I’m the type of person that is slow in adapting to new places. So, I would like to learn about the environment, as well. I can learn a lot of things once I know how to adapt or be familiar with my surroundings and environment.

Mr. Cipto: I see what you mean. Well, I think you have a good answer for my question. We will inform the result to you via your e-mail address.

Arya: I will be looking forward to it, Sir.

Terjemahan:

Pak Cipto: Halo, Arya! Nama saya Cipto dan saya yang akan menjadi pewawancara Anda untuk hari ini.

Arya: Senang bertemu dengan Anda, Pak Cipto.

Pak Cipto: Senang bertemu Anda juga! Nah, saya sudah membaca resume Anda dan resume Anda terlihat… menjanjikan. Sekarang, ada satu hal penting yang ingin saya ketahui dan saya harap Anda bisa menjawabnya dengan penuh kejujuran.

Arya: Silahkan, Pak. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan Anda dengan jawaban terbaik sedapat mungkin.

Pak Cipto: Saya suka sikap seperti itu. Apabila kami menerima Anda menjadi salah satu karyawan di kantor kami, apa yang menjadi tujuan-tujuan Anda untuk 90 hari setelah Anda bekerja di sini?

Arya: Jika saya diterima di kantor ini, tujuan saya untuk 90 hari pertama adalah untuk belajar dan memahami pekerjaan saya dan lingkungan di kantor.

Pak Cipto: Apakah Anda bersedia menjelaskan alasan untuk jawaban Anda ini?

Arya: Sejujurnya, Pak, saya adalah tipe orang yang lamban beradaptasi dengan tempat-tempat baru. Jadi, saya pun ingin belajar mengenai lingkungan dimana saya berada. Semakin banyak yang saya pelajari apabila saya sudah tahu bagaimana beradaptasi atau mengenal lingkungan di sekitar saya.

Pak Cipto: Saya paham maksud Anda. Ya, saya pikir Anda punya jawaban yang bagus untuk pertanyaan saya. Kami akan memberitahu hasil wawancara Anda melalui alamat surel Anda.

Arya: Saya akan menunggu pemberitahuan dari Anda, Pak.

  • My goal for 90 days of me being a teacher in this school is to get familiar with fellow teachers, the students in my class, and also their parents to make my jobs as a teacher easier (tujuan saya dalam 90 hari saya menjadi guru di sekolah ini adalah berusaha akrab dengan sesama guru, para siswa di kelas yang saya pegang, dan juga orangtua mereka untuk membuat pekerjaan saya sebagai guru menjadi lebih mudah)

Principal: Today is your interview schedule and I have seen and read your documents yesterday. You are a graduate from the Teacher Training and Education Faculty in your university.

Lani: Yes, Principal. I just graduate a month ago.

Principal: Alright, allow me ask you just one more question. Suppose we accept you as one of our teachers in this school, have you prepare any goal for 90 days in your first year as a teacher?

Lani: I actually have. My goal for 90 days of me being a teacher in this school is to get familiar with fellow teachers, the students in my class, and also their parents to make my jobs as a teacher easier.

Principal: your 90-days goal sounds so great. Well, Miss Lani, I proudly say that I will accept you as one of the teachers in this school. Tomorrow, you will join your first meeting at 9 a.m. with the other teachers and personalia. I will introduce you to them in that meeting. Please prepare yourself, Miss Lani.

Lani: Thank you so much, Principal. I will not let you down. And, of course I will join my first meeting.

Terjemahan:

Kepala Sekolah: Hari ini merupakan jadwal wawancara Anda dan saya sudah melihat dan membaca semua dokumen Anda kemarin. Anda adalah seorang lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di universitas Anda.

Lani: Benar, Kepala Sekolah. Saya baru saja lulus sebulan yang lalu.

Kepala Sekolah: Baiklah, izinkan saya menanyakan satu lagi pertanyaan untuk Anda. Misalkan kami menerima Anda menjadi salah satu pengajar di sekolah ini, apakah Anda telah menyiapkan rencana untuk 90 hari di tahun pertama Anda sebagai guru?

Lani: Saya sudah menyiapkannya. Tujuan saya dalam 90 hari saya menjadi guru di sekolah ini adalah berusaha akrab dengan sesama guru, para siswa di kelas yang saya pegang, dan juga orangtua mereka untuk membuat pekerjaan saya sebagai guru menjadi lebih mudah.

Kepala Sekolah: Tujuan 90-hari Anda terdengar bagus sekali. Baiklah, Nona Lani, dengan bangga saya katakan bahwa saya akan menerima Anda menjadi salah satu guru di sekolah kami ini. Besok, Anda akan bergabung dalam rapat pertama Anda jam 9 pagi bersama para guru dan pegawai yang lain. Saya akan mengenalkan Anda pada mereka semua dalam rapat tersebut. Tolong persiapkan diri Anda, Nona Lani.

Lani: Terimakasih banyak, Kepala Sekolah. Saya tidak akan membuat Anda kecewa. Dan, tentu saja saya akan berpartisipasi dalam rapat pertama saya.

  • If you hire me back, just like in the previous days, I will give the best result for the company. I will be focusing the target on clients with higher potential in 90 days or, even, less than that (jika Anda mempekerjakan saya kembali, seperti hari-hari yang sudah lewat, saya akan memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan. Saya akan memfokuskan target kepada klien-klien dengan potensi yang lebih tinggi dalam 90 hari atau, bahkan, kurang dari itu)

Manager: As you and I both know, in 3 more months your contract will be coming to an end. But, the director came to speak with me yesterday and he decide to hire you back for another 2 years.

Handi: For real, Ma’am?

Manager: Yes, it’s real. However, the director wants to make sure of one thing. So, I’ll be frank and ask you this on his behalf. If we hire you back, what will you give to the company for another 90 days or 3 months in the next two years?

Handi: I am anticipating that question, honestly. If you hire me back, just like in the previous days, I will give the best result for the company. I will be focusing the target on clients with higher potential in 90 days or, even, less than that.

Manager: That is the answer the director and I are looking for.. We will meet again when you are about to extend your contract.

Terjemahan:

Manajer: Seperti yang Anda dan saya ketahui, dalam 3 bulan lagi kontrak kerja Anda akan berakhir. Tetapi, kemarin direktur datang berbicara dengan saya dan beliau memutuskan untuk merekrut Anda kembali untuk masa kerja 2 tahun.

Handi: Benarkah itu, Bu?

Manajer: Ya, benar. Namun, direktur ingin memastikan satu hal. Jadi, saya akan langsung saja dan menanyakan ini mewakili beliau. Jika kami mempekerjakan Anda kembali, apa yang akan Anda berikan untuk perusahaan dalam masa kerja 90 hari atau 3 bulan selama 2 tahun berikutnya?

Handi: Sejujurnya saya sudah mengantisipasi pertanyaan itu. Jika Anda mempekerjakan saya kembali, seperti hari-hari yang sudah lewat, saya akan memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan. Saya akan memfokuskan target kepada klien-klien dengan potensi yang lebih tinggi dalam 90 hari atau, bahkan, kurang dari itu.

Manajer: Itulah jawaban yang direktur dan saya cari. Kita akan bertemu lagi ketika Anda akan memperpanjang kontrak kerja.

Demikian 3 contoh jawaban dalam Bahasa Inggris mengenai apa yang ingin dicapai dalam waktu kerja 90 hari yang dapat artikel ini berikan. Tetap semangat bekerja dan jangan patah semangat!