sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”

Salah satu pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan dalam wawancara kerja adalah “out of all other candidates, why should we hire you?” (Dari semua kandidat, mengapa kami harus memilih Anda?). Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu kira-kira nilai apa yang akan kita bawa untuk perusahaan, apa yang kita punya yang tidak dimiliki oleh kandidat lain yang bisa ditawarkan untuk perusahaan, dan mengapa kita adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaannya.

Ada kalimat lain yang memiliki arti serupa dengan pertanyaan “out of all other candidates, why should we hire you?”. kalimat-kalimat tersebut di antaranya, yakni:

  • Why should we hire you? (Mengapa kami harus memilih Anda?)
  • Why are you the best candidate for this position? (Mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk posisi ini?)
  • Why are you the best person for this job? (Mengapa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan ini?)
  • Why would you be a good fit for this position? (Mengapa Anda akan cocok dengan poisisi ini?)

Pertanyaan ini cukup menantang dan tricky karena kita harus membandingkan diri kita dengan kandidat lainnya yang tidak kita kenal. Kita juga tidak boleh terdengar terlalu membesarkan atau merendahkan diri kita saat menjawab pertanyaannya. Lalu, bagaimana cara menjawabnya? Mari kita cari tahu melalui tulisan di bawah ini:

Pelajari Lowongan Kerjanya

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menyusun jawaban dari pertanyaan “out of all other candidates, why should we hire you?” adalah memberikan perhatian yang lebih pada iklan lowongan kerjanya. Di dalam iklan lowongan kerja terdapat deskripsi pekerjaan dan persyaratan atau requirement yang harus dicapai oleh kandidat untuk melamar pekerjaannya. Deskripsi kerja dan persyaratan ini adalah kunci untuk memahami kemampuan, kualitas, dan pengalaman spesifik apa yang dicari oleh perekrut dari kandidat. Carilah persamaan di antara apa yang sedang dicari oleh perekrut tersebut dengan kemampuan, kualitas, dan pengalaman yang kita miliki.

Pelajari Perusahaannya

Selain iklan lowongan kerja, kita juga harus mempelajari perusahaan yang kita lamar. Carilah informasi perusahaan, seperti apa misi mereka, bagaimana kultur kerja mereka, dsb. Informasi ini bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan bagaimana kita terkait dengan nilai-nilai perusahaan dan bagaimana kita bisa membantu perusahaan untuk mencapai misinya.

Ceritakan Latar Belakang Kita yang Relevan

Jelaskanlah latar belakang kita yang relevan dengan pekerjaan dan requirement yang diminta oleh perekrut. Ceritakan juga pencapaian kita yang relevan dengan lowongannya apabila ada. Pencapaian tidak harus pencapaian besar. Pencapaian kecil pun bisa membantu kita dalam mejawab pertanyaannya selama pencapaian tersebut masih berkaitan dengan posisi yang kita lamar.

Tekankan Kualitas Unik Kita

Karena melamar untuk posisi yang sama, kemungkinan besar saingan kita juga memiliki kemampuan dan pengalaman yang sama dengan kita. Agar berbeda dengan kandidat lain, cobalah untuk menceritakan hal unik yang kita miliki yang kira-kira tidak dimiliki oleh saingan kita. Tentunya hal unik ini harus masih terkait dengan pekerjaan yang sedang kita lamar.

Misalnya saja, ketika kita melamar sebagai seorang resepsionis, kemampuan dasar yang pasti dimiliki oleh kita dan kandidat lain adalah menjawab telepon, mengatur pertemuan klien atau tamu dengan orang perusahaan, dan berkomunikasi dengan klien. Untuk membuat diri kita berbeda, kita bisa menceritakan bahwa kita juga bisa menginput data, menyusun jadwal, dan membagikan tugas.

Contoh Jawaban

Di bawah ini ada beberapa contoh jawaban dari pertanyaan “why should we hire you?” dalam bahasa Inggris beserta dengan terjemahannya.

  • Contoh 1

That’s a great question! Based on what I have researched, your company is looking for a skilled marketer to develop your business. In my previous job, I doubled the company’s profit by performing social media advertising. I will carry the same, or even better, innovative spirit to your company. I will prioritize your company’s goals and success.

Terjemahan:

Itu adalah pertanyaan ynag bagus! Berdasarkan yang telah saya pelajari, perusahaan Anda sedang mencari seorang pemasar terampil untuk mengembangkan bisnis Anda. Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menggandakan keuntungan perusahaan dengan menerapkan iklan media sosial. Saya akan membawa jiwa inovatif yang sama, atau bahkan yang lebih baik, ke perusahaan Anda. Saya akan memprioritaskan target dan keberhasilan perusahaan Anda.

  • Contoh 2

The reason why I am the best candidate for this position is due to my skill and experience with web design space. At my previous company, my tasks included maintaining and updating the website of the company. I had to make sure that the website kept updated, worked smoothly, and its interface was not confusing for our customers. I really loved what I was doing, so I was so excited to learn that there was an opening for this position in your company. I would love to bring the coding skills I have learned so far to this job.

Terjemahan:

Alasan mengapa saya adalah kandidat terbaik untuk posisi ini adalah karena kemampuan dan pengalaman sama dengan ruang desain web. Di perusahaan saya sebelumnya, tugas saya termasuk merawat dan memperbarui situs web perusahaan. Saya harus memastikan bahwa situ webnya terus diperbarui, bekerja dengan lancar, dan antarmukanya tidak membingungkan untuk konsumen kami. Saya benar-benar menyukai apa yang saya lakukan, jadi saya sangat senang mengetahui bahwa ada lowongan posisi ini di perusahaan Anda. Dengan senang hati saya akan membawa kemampuan coding yang telah saya pelajari sejauh ini untuk pekerjaan ini).

  • Contoh 3

Thank you for asking me that question. I believe I am the best fit for this job because I have worked in the same position with another company for over seven years. As the manager of the marketing department, I led a team of 15 amazing people. My responsibilities included managing and approving budgets. I was also involved in developing campaigns as well. One campaign that I supervised successfully increased the awareness of our target by 30%. As a result, the company’s profit was also increased. Now, I am ready to step ahead in my life and to develop my managerial skill at a bigger company like yours.

Terjemahan:

Terima kasih telah menanyakan saya pertanyaan tersebut. Saya yakin saya orang yang paling cocok untuk pekerjaan ini karena saya telah bekerja di posisi yang sama bersama perusahaan lain selama lebih dari tujuh tahun. Sebagai manajer departemen pemasaran, saya memimpim tim yang terdiri dari 15 orang luar biasa. Tanggung jawab saya termasuk mengatur dan menyetujui anggaran. Saya juga terlibat dalam mengembangkan kampanye. Satu kampanye yang saya urus berhasil menaikkan kesadaran target kami sebanyak 30%. Sebagai hasilnya, keuntungan perusahaan juga meningkat. Sekarang, saya siap untuk melangkah maju di hidup saya dan siap untuk mengembangkan kemampuan manajerial saya di perusahaan yang lebih besar seperti perusahaan Anda.

  • Contoh 4

As a fresh graduate, I acknowledge that I am lacking in a career experience. However, I was a member of the faculty’s Student Executive Board. I was part of the public relations division. My role was to manage the board’s social media. I worked closely with the media and publication team to develop campaigns and posters needed for the board. Being the board member taught me to multitask and prioritize responsibilities which are important skills to have in this job. Besides, I believe that your company will be an excellent place for me to establish and hone my knowledge and skills in the corporate world. I assure you that I will give my best work and contribution to your company.

Terjemahan:

Sebagai lulusan baru, saya menyadari bahwa saya kurang pengalaman karir. Akan tetapi, saya adalah anggota Badan Eksekutif Mahasiswa fakultas. Saya bagian dari divisi hubungan masyarakat. Tugas saya adalah mengelola media sosial BEM. Saya bekerja dekat dengan tim media dan publikasi untuk mengembangkan kampanye dan poster yang dibutuhkan oleh BEM. Menjadi anggota BEM mengajarkan saya untuk melakukan multitugas dan memprioritaskan tanggung jawab yang merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki di pekerjaan ini. Selain itu, saya yakin bahwa perusahaan Anda akan menjadi tempat yang bagus bagi saya untuk membentuk dan mengasah pengetahuan dan kemampuan saya di dunia korporat. Saya jamin Anda bahwa saya akan memberikan performa dan kontribusi terbaik saya untuk perusahaan Anda.

  • Contoh 5

I think I am the best person for this content writer position because I have skill, knowledge, and experience in various types of writing. Being a writer for over eight years and having worked with several companies and clients make me an excellent writer for news, website content, short stories, magazine articles, and formal documents. The versatility I have in the writing world would contribute positively to your company. I also learned that your company values creativity. That is why I believe that my creative writing and my intensive experience in this industry would be suitable for your company.

Terjemahan:

Menurut saya, saya orang terbaik untuk posisi penulis konten ini karena saya memiliki kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman di berbagai macam jenis tulisan. Menjadi penulis selama lebih dari delapan tahun dan telah bekerja dengan banyak perusahaan dan klien menjadikan saya penulis berita, konten situs web, cerita pendek, artikel majalah, dan dokumen formal yang handal. Kepandaian saya dalam berbagai macam tulisan di dunia tulis menulis akan berkontribusi positif kepada perusahaan Anda. Saya juga belajar bahwa perusahaan Anda menghargai kreativitas. Itulah mengapa saya yakin bahwa tulisan kreatif dan pengalamn intensif saya di industri ini akan cocok untuk perusahaan Anda.

  • Contoh 6

I’m glad you asked. Well, for starter, I have all the requirements listed in the job description. I’m sure and confident that with my skills, knowledge, and experience, I can deliver an immediate impact on your company. In my previous job, I had the highest sales numbers in my department. If you choose me for this role, I will bring such high-quality work to your company.

Terjemahan:

Saya senang Anda menanyakannya. Pertama-tama, saya memenuhi syarat yang terdaftar di dalam deskripsi pekerjaannya. Saya yakin dan percaya diri bahwa dengan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman saya, saya bisa segera memberikan impak yang nyata kepada perusahaan Anda. Di pekerjaan saya sebelumnya, saya memiliki angka penjualan tertinggi di departemen saya. Apabila Anda memilih saya untuk posisi ini, saya akan membawakan performa berkualitas tinggi seperti itu untuk perusahaan Anda.