sederet kamus
Translate: Tutorial:

Jawaban Pertanyaan Interview: “What do you like to do outside of work?”

Salah satu pertanyaan yang mungkin akan muncul dalam wawancara kerja adalah, “What do you like to do outside of work?” (Apa yang suka Anda lakukan di luar pekerjaan?). Tentu saja pertanyaan mengenai kemampuan dan pengalaman itu penting. Akan tetapi, melalui pertanyaan “what do you like to do outside of work?”, pewawancara ingin mengenal diri kita secara personal lebih dalam dan ingin tahu apakah kita bisa cocok untuk bekerja bersama mereka.

Pertanyaan lainnya yang serupa dengan “what do you like to do outside of work?”, yakni:

  • What are your hobbies? (Apa hobi Anda?)
  • What are your hobbies and interests? (Apa hobi dan kegemaran Anda?)
  • Do you have any hobby? (Apakah Anda memiliki hobi?)

Kali ini kita akan mencari tahu cara menjawab pertanyaan ini. Kita juga akan melihat beberapa contoh jawaban dari pertanyaan ini dalam bahasa Inggris beserta dengan artinya. Mari kita langsung lihat saja pembahasannya:

How to Answer

  • Jawab dengan jujur

Ketika menjawab pertanyaan mengenai hobi, jawablah apa adanya. Biarkan pewawancara mengenal seperti apa diri kita di luar pekerjaan. Ingatlah selalu bahwa kebohongan yang kita ceritakan saat wawancara kerja bisa menjadi bumerang untuk kita di kemudian hari.

  • Jangan ceritakan hobi kontroversial

Selain harus jujur, ketika menjawab pertanyaan mengenai hobi, kita juga harus memilih hobi mana yang harus kita ceritakan. Memang penting untuk jujur dan menjadi diri sendiri untuk menunjukkan seperti apa diri kita di luar kerja, tetapi beberapa hal lebih baik tidak perlu diceritakan. Misalnya saja kegemaran kita adalah berjudi atau bermain video game sampai tidak tidur. Aktivitas-aktivitas kontroversial seperti ini bisa membuat perekrut tidak menyukai kita, yang pada akhirnya akan membuat wawancara kita gagal. Tentunya kita tidak mau mengambil risiko ini sehingga sebaiknya hanya ceritakan hobi kita yang tidak akan menimbulkan efek negatif pada pekerjaan kita.

  • Jangan terlalu pendek atau terlalu spesifik

Kita harus tetap profesional ketika menjawab pertanyaan yang menyinggung hobi. Walaupun begitu, hobi yang diceritakan juga tidak harus hobi yang berhubungan dengan pekerjaan. Bersikap profesional dalam menjawab pertanyaan “what do you like to do outside of work?” adalah dengan menjelaskan secara spesifik hobi kita kepada pewawancara.

Misalnya hobi kita adalah membaca. Kita bisa menyebutkan apa buku dan pengarang favorit kita, kapan kita biasanya suka membaca, apa efek positif dari membaca kepada kita, dan sebagainya. Dengan menjawab secara spesifik, kita bisa mendorong percakapan dan menunjukkan beberapa keahlian kita. Jangan sampai kita hanya menjawabnya dengan satu kalimat saja, “I like reading books.”. Kita harus menjabarkan lebih spesifik tentang hobi kita tersebut. Meskipun demikian, kita juga tidak boleh bercerita terlalu dalam sebab kita bisa terjebak dalam ocehan yang tidak jelas dan bisa membuat perekrut bosan.

Sample Answers

Di bawah ini adalah beberapa contoh jawaban dari pertanyaan, “what do you like to do outside of work?” dalam bahasa Inggris beserta dengan artinya dalam bahasa Indonesia.

  • Contoh 1

I love running in my leisure time. From Monday to Friday, I like to go for runs around my neighborhood. However, on the weekend, I usually run on a more challenging route with my friends from the local running club. I join the club because I think it great to socialize and be friends with people who share the same hobby as me so that we can motivate and encourage each other. Next month, I am going to participate in the City Marathon to raise money for a charity.

(Saya suka berlari di waktu senggang saya. Hari Senin sampai Jumat, saya suka berlari di sekitar lingkungan rumah saya. Akan tetapi, di akhir pekan, saya biasanya lari di rute yang lebih menantang bersama teman-teman saya dari klub berlari lokal. Saya bergabung dengan klubnya karena saya rasa itu adalah cara bagus untuk bersosialisasi dan berteman dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan saya sehingga kami dapat saling memotivasi dan menyemangati. Bulan depan, saya akan berpartisipasi dalam Maraton Kota untuk mengumpulkan uang amal).

  • Contoh 2

I really enjoy cooking in my free time. I like to watch cooking programs on TV and the internet to learn new dishes and cooking techniques. Sometimes, I also go to a bookstore or the local charity shop to look for a new cooking book. However, most of the time, I do a little experiment in my kitchen to create a brand new dish. I also have my own cooking blog and Instagram page on which I share a new recipe and cooking technique along with a picture of dish.

(Saya sangat suka memasak di waktu luang saya. Saya suka menonton acara memasak di TV dan di internet untuk belajar hidangan baru dan teknik memasak. Terkadang, saya juga pergi ke toko buku atau toko amal setempat untuk membeli buku resep baru. Akan tetapi, sebagian besar waktu, saya melakukan percobaan di dapur saya untuk menciptakan hidangan baru. Saya juga mempunyai blog memasak dan halaman Instagram memasak saya sendiri yang mana saya berbagi resep baru dan teknik memasak bersama dengan foto hidangan)

  • Contoh 3

Thanks for asking. I enjoy playing guitar. I am actually in a local band called the Kool. We usually perform at cafes. We occasionally perform at various venues all around the city to raise funds for orphanage kids or just for fun. We practice and meet up every Saturday or Sunday. Not only do I play guitar, but also write music, particularly the lyrics, for the band. If you would like to watch us, tomorrow we are going to perform at Café L on the 88th Street. We would be very honored if you come and watch our performance.

(Terima kasih telah bertanya. Saya suka bermain gitar. Saya sebenarnya bagian dari band lokal bernama the Kool. Kami biasanya tampil di kafe-kafe. Kadang kala kami tampil di berbagai lokasi di seluruh kota untuk mengumpulkan uang untuk anak-anak panti asuhan. Kami berlatih dan bertemu setiap hari Sabtu atau Minggu. Tidak hanya saya bermain gitar, saya juga menulis lagu, terutama lirik, untuk band. Apabila Anda ingin menonton kami, besok kami akan tampil di Café L di Jalan 88th. Kami akan sangat terhormat apabila Anda datang dan menonton penampilan kami).

  • Contoh 4

I use my spare time to hang out with my family. On the weekend, we love to go outside and enjoy nature. Our favorite activity is to go picnic at the beach or the park. At least once every three months, we go camping. Spending time with family is a good way to get exercise and to refresh my mind and body before starting on the work week again.

(Saya menghabiskan waktu luang saya berkumpul dengan keluarga saya. Di akhir pekan, kami suka pergi ke luar dan menikmati alam. Aktivitas kesukaan kami adalah pergi piknik di pantai atau di taman. Setidaknya setiap tiga bulan sekali, kami pergi berkemah. Menghabiskan waktu dengan keluarga adalah cara yang bagus untuk olahraga dan menyegarkan pikiran dan tubuh saya sebelum memulai hari kerja lagi).

  • Contoh 5

Thank you for asking that question. I am into mystery stories, particularly detective fiction. Reading mystery novels is my favorite activity during my leisure time. I honestly got hooked on the genre through the Sherlock TV series, but I found reading was more interesting than watching. Moreover, I am so immersed whenever reading a mystery story that I want to be able to create one. I am actually considering taking a writing class so that I can learn to write my own mystery stories.

(Terima kasih telah bertanya pertanyaan tersebut. Saya suka cerita-cerita misteri, terutama cerita detektif. Membaca novel misteri adalah kegiatan kesukaan saya di waktu luang. Saya sebenarnya ketagihan genre misteri dari serial TV Sherlock, tetapi menurut saya membaca lebih menarik daripada menonton. Terlebih lagi, saya suka tenggelam setiap kali membaca cerita misteri sehingga saya ingin bisa menciptakan cerita sendiri. Saya sebenarnya sedang mempertimbangkan untuk mengikuti kelas menulis, jadi saya bisa belajar menulis cerita misteri saya sendiri).

  • Contoh 6

I am a huge foodie. I love trying new restaurants to discover new foods. I usually go exploring the city’s culinary with my friends. Discovering food is a great activity to share with friends. On a long weekend or holiday, we like to go out of the city just to meet different cuisines. We think that the more unusual food is better. Once we took a trip to City X and spent two days in different neighborhoods just to buy and share food from various restaurants.

(Saya sangat suka makanan. Saya suka mencoba restoran baru untuk menemukan makanan baru. Saya biasanya menjelajah kuliner kota bersama teman-teman saya. Menemukan makanan adalah aktivitas bagus untuk dihabiskan dengan teman. Di akhir pekan yang panjang atau ketika liburan, kami suka keluar kota hanya untuk bertemu dengan hidangan yang berbeda. Kami pikir bahwa semakin aneh makanannya, maka semakin bagus. Dulu kami pernah bepergian ke Kota X dan menghabiskan dua hari di lokasi yang berbeda hanya untuk membeli dan berbagi makanan dari berbagai restoran).

  • Contoh 7

I am very interested in football. I played football throughout school and even joined the football club in high school and college. Every once a week, I play football with my friends and neighbors. Not only do I like playing football, but I also follow some football teams. My favorite teams are Chelsea and AS Roma. I have a dream that one day I will be able to watch them play live in stadiums.

(Saya sangat tertarik pada sepak bola. Saya dulu bermain sepak bola semasa sekolah dan bahkan mengikuti klub sepak bola di SMA dan kuliah. Setiap seminggu sekali, saya bermain sepak bola bersama teman dan tetangga saya. Tidak hanya saya bermain sepak bola, tetapi saya juga mengikuti tim sepakbola. Tim sepak bola kesukaan saya adalah Chelsea dan AS Roma. Saya mempunyai impian bahwa suatu hari saya akan bisa menonton mereka bermain dengan langsung di stadion).

Itu tadi cara dan beberapa contoh jawaban dari pertanyaan interview kerja “what do you like to do outside of work?”. Semoga tulisan ini bisa membantu kita semua alam menyusun jawaban kita sendiri. Good luck!